Contoh Kata Pengantar– Dalam menulis sebuah karya tulis, penulis diharuskan meyusun karyanya sesuai dengan kaidah yang ditentukan. Mulai dari cara penulisannya, cara menyusunnya dan lain sebagainya.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi penulis dalam menyusun karya yaitu dengan mencantumkan kata pengantar. Pada umumnya, kata pengantar merupakan sebuah rangkaian kata yang berguna untuk menghantarkan pembaca pada isi karya tersebut.

Biasanya kata pengantar digunakan penulis untuk mengucapkan rasa syukur atas terciptanya sebuah karya. Rasa syukur kepada Allah, Orang tua, teman dan pihak-pihak yang turut andil dalam terciptanya karya tersebut.

Oleh karena itu,pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan belajar lebih jauh mengenai contoh kata pengantar. Semoga artikel tentang contoh kata pengantar ini memudahkan kalian dalam menyusun kata pengantar.

Selamat Membaca!!

Pengertian Kata Pengantar

Sebelum memasuki materi mengenai contoh kata pengantar, sudah sepatutunya jika kita mengetahui definisi kata pengantar itu sendiri.

Langsung saja, seperti yang sudah saya katakan di awal. Kata pengantar merupakan sebuah halaman yang berisi ucapan-ucapan penulis atas keluarnya sebuah karya.

Sebagaimana namanya, kata pengantar berisi rasa syukur/ucapan terima kasih penulis atas selesainya sebuah karya. Rasa syukur tersebut dapat berupa syukur kepada Allah, atau sebuah ucapan terima kasih terhadap pihak-pihak yang turut andil dalam proses penyusunan karya tersebut.

Selain ucapan syukur, kata pengantar juga berisi harapan penulis dan juga penjelasan singkat mengenai karya yang telah ia susun.

Contoh Kata Pengantar Singkat

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah tuhan semesta alam, yang senantiasa memberikan nikmat hidayahnya kepada kita semua.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, karena sebab perjuangan beliaulah sehingga nikmat islam bisa kita rasakan pada jaman kita ini.

Alhamdulillah saya sebagai penulis banyak-banyak mengucap rasa syukur kepada Allah. Karena berkat petunjuk dan bimbingan-Nya, tulisan sederhana ini dapat hadir di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ayah dan bunda. Karena dengan dorongan merekalah yang membuat saya menjadi lebih semangat dalam menulis buku ini.

Tak lupa ucapan terima kasih saya haturkan kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Karena berkat tanpa dukungan dan bantuan mereka saya sebagai penulis tidak dapat menyelesaikan buku ini.

Demikianlah sambutan hangat dari penulis. Saya berharap semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan menginspirasi pembaca. Apabila terdapat banyak kesalahan dalam tulisan ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Contoh Kata Pengantar Baik dan Benar

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah, satu-satunya tuhan yang wajib diimani, juga diibadahi. Penulis bersyukur kepada Allah yang kembali memudahkan pena untuk merangkai kata, memperkenankan buku ini lahir untuk pembaca.

Shalawat serta salam semga selalu tercurahkan pada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Nabi terakhir yang akhlaknya selalu dirindukan, sosok rasul yang sikap dan tuturnya menjadi panutan.

Saudaraku, semoga Allah memuliakan anda, terlebih saat membaca tulisan ini. Sungguh buku ini ditulis untuk membantu anda dalam menuntut ilmu, mencatat setiap hal yang dipelajari. Ini menjadi penting karena focus dapat menghadirkan kualitas ilmu yang palipurna. Sedang catatan dapat mengikat hal yang terlupa.

Buku ini dinamai “ Catatan Penuntut Ilmu” karena isinya memang lebih banyak menyajikan ruang untuk mencatat. Penulis hanya sedikit memberi pengantar untuk sekedar mengarahkan pembaca memilih ilmu yang tepat dan benar dalam mencatat.

Inti buku ini terbagi menjadi tiga bagian utama. Uraian tentang keutamaan menuntut ilmu akan mengawali bagian pertama. Penulis sungguh berharap bab ini ,motivasi kuat dalam belajar, mengejar keutamaan pahala dan kemuliaan derajatnya.

Bagian kedua akan mengurai pedoman singkat dalam belajar. Bagian ni penulis tampilkan demi mengarahkan penuntut ilmu agar focus belajar. Setidaknya ada Sembilan poin yang penulis urai berdasar petunjuk Al-Quran dan sunnah. Semoga dengan itu keberkahan ilmu dapat diraih dan melahirkan manfaat yang luas.

Adapun bagian ketiga dari buku ini adalah bentangan luas yang penulis hamparkan untuk mencatat segala pengetahuan yang mungkin didapat. Anda dapat mengisinya dengan berbagai informasi penting dari ta’lim yang diikuti, atau sekedar menyadur intisari dari bacaan yang anda nikmati.

Semuanya dapat anda tuangkan di ruang ini agar dapat dibuka kembali kapanpun anda ingini, di manapun anda kehendaki, insyaallah.

Penulis mengakhiri buu catatan ini dengan menampilkan informasi singkat seputar Pusat Studi Islam Quantum Akhyar Institute (QAI) dan kalender Taklim 1438 Hijriyyah. Pembaca barangkali dapat meraih manfaat dari berbagai program dan informasi yang disajikan di akhir catatan ini, Bila pun kurang berkenan untuk membacanya, setidaknya anda masih dapat mengenalnya, itu saja, tidak lebih.

Demikianlah, semoga Allah memudahkan anda untuk belajar dan memberikan manfaat pada ilmu yang telah didapat, berkah dunia dan akhirat.

Dikutib Dari “Buku Catatan Penuntut Ilmu” Karya Ustadz Adi Hidayat

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur sudah sepatutnya kita panjatkan kehadirat Allah, karena berkat nikmatnya yang luar biasa sehingga kita masih dapat menghirup udara segar. Dan berkat bimbingan-Nya makalah ini bisa hadir di tengah-tengah pembaca.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjugan kita, Nabi Muhammad. Kepada para keluarganya,shahabatnyadan kepada seluruh umatnya yang setia meniti dan memperjuangkan jalan dakwah beliau.

Saya sebagai penulis merasa seneng sekali, karena makalah singkat ini akhirnya dapat terselesaikan. Namun makalah ini tidak akan selesai, tanpa ada bantuan dan dukungan dari teman-teman, orang tua dan juga pihak lainnya.

Untuk itu, saya sebagai penulis saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan dan dukungan yang kalian berikan.

Terlepas dari itu semua, makalah yang saya buat ini jauh dari kata sempurna dan masih memiliki banyak kesalahan dan kekurangan. Untuk itu, dengan lapang dada saya akan menerima setiap kritik dan saran dari pembaca, untuk menjadi bahan koreksi bagi makalah saya.

Demikianlah sepatah kata dari penulis. Penulis berharap agar makalah yang telah hadir di tengah-tengah pembaca ini bermanfaat dan berguna. Sekian terima kasih

Surabaya, 15 Mei 2008

 

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Tentang Agama

Alhamdulillah, puji syukur sudah hanya milik Allah, tuhan langit dan bumi. Tidak ada tuhan dan ilah yang patut di sembah dan diibadahi selain Dia. Kita bersyukur kepada Allah karena berkat nikmat dan hidayahnya kita masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi kita, Nabi Muhammad. Seorang manusia mulia yang telah memperjuangkan agama Islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah. Semoga kelak di hari kiamat kita dibangkitkan menjadi umat Nabi Muhammad.

Saya bersyukur kepada Allah,karena berkat bembingan-Nya, makalah ini dapat diselesaikan. Selain itu saya juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang turut andil dalam proses pembuatan makalah ini.

Makalah ini akan membahas mengenai tata cara sholat yang benar. Seperti yang kita ketahui semua, bahwasanya sholat merupakan rukun islam yang kedua setelah syahadat. Dan menjadi amalah yang pertama kali dihisab oleh Allah pada hari kiamat kelak.

Oleh karena itu penting untuk kita ketahui tata cara sholat yang benar, agar sholat kita bisa menjadi penolong di hari kiamat kelak.

Saya juga menyadari, bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis berlapang dada, apabila pembaca ingin memberikan saran dan kritik untuk makalah ini. Yang nantinyahal itu akan kami jadikan koreksi untuk makalah kami yang selanjutnya.

Demikianlah sambutan yang dapat penulis sampaikan. Penulis sangat berharap agar makalah ini bermanfaat dan membantu pembaca pada umumnya. Mungkin hanya itu sambutan dari penulis,ada salah kata saya mohon maaf, sekian terima kasih.

 

Tinggalkan komentar