5 Khasiat & Manfaat Buah Plum Bagi Tubuh kita

Apakah kamu sudah tahu buah plum? Bagi sebagain orang, mungkin masih aneh mendengar kata buah plum, apalagi melihat bentuk dan rasanya. Namun bagi sebagian yang lain cukup populer karena manfaat buah plum itu sendiri.

Jika di telusur, memang bagi masyarakat indonesia buah ini jarang sekali di temukan, tidak seperti buah buah yang lain. Buah plum merupakan buah yang di impor dari daratan eropa, jadi untuk dapat menikmati buah ini kita harus impor terlebih dahulu.

Kamudiah apa sih yang istimewa dari buah ini? Yaps buah ini diyakini dapat menurutkan berat badan, maka sering dimanfaatkan sebagai buat untuk diet.

Jika dilihat dari warna buahnya, memang menggiurkan dengan rasanya yang segar. Nah bagi kalian yang belum tahu kandungan yang terdapat di buah ini adalah

  • vitamin A
  • magnesium
  • zat besi
  • kalium
  • vitamin C
  • vitamin B
  • vitamin K
  • serat
  • mineral
  • fenol serta beberapa kandungan lainnya

Namun yang akan dibahas pada tulisan ini yaitu 5 manfaat yang terdapat dalam buah plum, berikut penjelasannya

Melancarkan Pencernaan Tubuh

Manfaat buah pulm
satujam.com

Khasiat buah plum yang pertama yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Sebagai mana manfaat buah lain kandungan zat mineral dan vitaminnya dapat merangsang sismtem pencernaan lebih baik.

Selain itu dengan mengkonsumsi buah plum hitam, toxic atau racun racun yang terdapat dalam tubuh dapat dikeluarkan oleh kandungan yang terdapat dalam buah ini.

Melindungi Dari Paparan Radikal Bebas

manfaat buah plum
hallosehat.com

Dengan mobilitas yang sangat tinggi, apalagi kita yang bekerja dan beraktifitas di luar ruangan, sangat memungkinkan untuk terkena radikal bebas. Kondisi lingkungan yang semakin rusak memicu terjadinya radikal bebas, dan tidak menutup kemungkinan kita terkena.

Salah satu kegunaan dari buah plum ini adalah menangkal dari radikan bebas. Kandungan antioksidan dalam buah plum dapat menghalau serangan dari racun dan virus yang mau menyerag kita.

Mengurasi Resiko Terkena Diabetes

manfaat buah plum
cloudinary.com

Diabetes meruapakan salah satu penyakit yang cukup banyak memakan korban jiwa. Memang ada sebagian pendapat bahwa gen sangan menentukan untuk terkena atau tidaknya penyakit ini. Namun kondisi sebenarnya, bagaimana kita mengatur pola hidup dan pola makan.

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula seseorang menumpuk dalam tubuhnya karena tidak bisa di olah oleh sel. Hal tersebut dikarenakan rusaknya pabrik insulin yaitu pankreas. Banyak alternatif untuk memperkecil terkena diabetes, mungkin ada yang tahu manfaat daun bidara ? ternyanta daun ini bisa digunakan untuk itu.

Nah salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi buah plum. Kandungan hiperglikenik dalam buah plum bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Menurut penelitian buah plum bisa mengontrol penyakit diabetes tipe 2.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

manfaat buah plum
detik.net

Imun adalah satu sistem yang terdapat dalam tubuh guna menjadi barier atau penghalang segala jenis virus penyakit dalam tubuh kita. Jika sistem imun kita baik, maka semakin sehat juga kondisi dalam tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi buah plum kita dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga tidak mudah terkena penyakit atau virus. Kandungan Vitamin C yang tinggi menjadi salah satu sebab kenapa buah plum banyak di konsumsi oleh orang barat.

Dapat Mencegah Kangker

manfaat buah plum
tstatic.net

Hampir sebagian besar kasus kematian yang di sebabkan oleh penyakit, kangker menjati 3 terbesar penyumbang penyebab kematian pada manusia. Sampai saat ini belum ada obat yang pasti bisa menyembuhkan kangker.

kandungan zat antosianin dan fitonutrien yang dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker tetapi tanpa membunuh sel-sel sehat di dalam tubuh kita

Penutup

Sebagai penutup, pada dasarnya semua buah berfungsi sebagai obat karena kandungan zat dan vitamin yang ada di dalamnya. Jadi mari kita konsumsi buah agar kesehatan kita tetap terjaga, semoga tulisan ini bermanfaat, Terima kasih

Tinggalkan komentar