Pengalaman Di Kota Pelajar

Study Tour Ke Kota Pelajar

Pemberitahuan mendadak

Siang itu tepatnya setelah sholat dhuhur,para santri dikumpulkan oleh salah satu pengasuh pondok.kami mengira bahwa akan ada pengumuman tentang liburan semester.karena saat itu kami telah menyelesaikan ulangan akhir semester.amat senangnya kami apabila dapat pulang lebih awal.

Ketika pengasuh tersebut datang seisi ruangan itu menjadi tidak bersuara,krik krik krik.yang tadinya ruangan itu ramai seperti pasar kini ruangan itu seperti kuburan pada saat malam hari.karena itu adalah salah satu adab dan tatakarma yang diajarkan kepada kami saat di pondok pesantren.

Ketika beliau memulai berbicara maka kami berharap apa yang beliau sampaikan sama dengan apa yang kami pikirkan.tetapi alangkah terkejutnya kami mendengarkan pengumuman yang bisa dibilang kontroversi.beliau berkata”semester ini kita akan mengadakan Study Tour ke Yogyakarta”minggu ini,Tegasnya.

Tetapi sebagian besar dari kami banyak yang  protes karena tidak ada pemberitahuaan sebelumnya.karena kami tau betul kalo yang namanya study tour itu gak ada yang gratis.kalo dipikir mau cari uang dimana kalo waktunya sesingkat itu.untuk bayar piknik belum lagi kalo mau beli oleh-oleh apa gak pake uang?

Karena sebagian dari kami banyak yang protes dan banyak yang tidak setuju.akhirnya pengasuh mempertimbangkan keputusannya lagi.ya kami berharap semoga rencana itu dibatalkan,karena apabila dibatalkan akan mempercepat jadwal liburan untuk kami.dan akan lebih menghemat uang agar bisa digunakan untuk liburan di rumah.(bagi yang punya uang)

Sebuah solusi

www.krona.cc

Setelah berdiskusi dengan beberapa pengasuh yang lain akhirnya mereka mengambil keputusan.pengasuh kami kembali mengumpulkan setelah sholat isya untuk membahas perihal rencana study tour ke Yogyakarta.setelah memuji allah dan bershalawat kepada rasulullah,beliau langsung menyampaikan hasil keputusannya.

Beliau menyampaikan hasil diskusi yang telah disepakati.yang mengatakan bahwa study tour tetap akan dilaksanakan dan seluruh santri wajib untuk mengikuti acara tersebut.tetapi akan ada keringanan untuk santri yang benar-benar tidak dapat membayar biaya yang telah ditentukan.

Penentuan Waktu Keberangkatan

Dan setelah semua santri sepakat untuk berangkat,maka dari pihak pengasuh kembali berdiskusi untuk menetukan waktu dan tujuan secara detail.tapi kali ini yang diajak diskusi adalah dari pihak santri.aku sih nurut aja yang penting gak ngabiskan banyak uang.dan jujur saja saat aku disana aku enggak jajan sama sekali.

Tujuannya adalah :

• Salah satu pondok pesantren di Yogyakarta
  • Tempat Wisata Air Terjun Kaliurang
  • Pantai Samas
  • Malioboro

Untuk yang ketiga kalinya pengasuh kami kembali mengumpulkan kami.dan itulah cara yang paling yang efektif untuk menyampaikan pengumuman saat di pondok pesantren.beliau memberi informasi terkait susunan acara,waktu acara dan peralatan yang harus dibawa.dan kami dihimbau agar mempersiapkan dari segi peralatan maupun fisik.

OTW  Kota Pelajar

Semua peralatan yang ditentukan telah terpenuhi.akhirnya pagi kira-kira pukul 03.30 WIB kami berangkat menuju kota Pelajar.sebelum berangkat sebagaimana biasanya,panitia maju kedepan dan memimpin doa.agar saat perjalanan kita bisa sampai tujuan dengan selamat dan kegiatan kita bermanfaat.

Setelah doa selesai dilakukan,sang sopir mulai menjalankan kendaraannya.dan kami pun bersorak gembira,seperti anak kecil yang tidak pernah naik bis.emang kenyataannya gitu boro-boro mau bisa naik bis,sebulan aja hanya boleh keluar 2 kali kok,itu pun kami dibatasi oleh waktu.

Setelah berjalan beberapa saat terdengarlah suara adzan,allahhu akbar allahu akbar.salah satu panitia mendekati sopir dan mengatakan “pak kita berhenti didepan”.dan setelah itu beliau mengintruksikan kepada semua santri agar segera bersiap siap untuk melaksanakan sholat shubuh.

Maka secara bergantian para santri menuruni bis dengan teratur.tetapi ada sebagian santri yang masih mengantuk dikarenakan mereka kurang tidur,mungkin karena gak sabar pengen cepet-cepet piknik.dan ada juga yang gak langsung wudhu karena emang airnya dingin.

Tapi mau gimana lagi dingin gak dingin harus wudhu.setelah semua selesai berwudhu maka dengan dipimpin satu imam kami melaksanakan shotat subuh berjamaah.dan dilanjutkan dzikir dan berdoa secara sendiri-sendiri agar dimudahkan segala urusannya.

Kemudian kami segera bangkit dan berbondong-bondong menuju kedalam kendaraan kami.agar dapat mempercepat perjalanan dan agar cepat sampai tujuan.dan perjalanan kembali dilanjutkan, sebagai adab sebagai seorang penuntut ilmu kami dilarang untuk tidur setelah subuh sampai matahari terbit.

Tapi namanya aja ngantuk mau gimana lagi,tidak sedikit dari kami yang tidur walau pun dari panitia sudah melarang kami untuk tidur.perasaan tidak enakpun mulai muncul dibenakku.perjalanan kami didalam bis kira-kira 6 jam.itu pun belum sampai tempat yang dituju itu baru sebatas melangkahkan kaki di kota Yogyakarta.

Karena kita semua sadar bahwa kita mengalami keterlambatan,maka kita menghapus sebagian rencana untuk mempersingkat waktu dan memaksimalkan waktu yang ada.maka kita semua sepakat akan langsung menuju lokasi kedua.Karena waktu kami yang singkat kami lansung saja menuju lokasi.

Menuju Tempat Wisata Di Kaliurang

www.eksotisjogja.com

Air terjun ini berlokasi tepat di lereng gunung Merapi,Desa Hargobinangun,kec.Pakem kab.Sleman,Yogyakarta lokasi ini memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Yogyakarta kurang lebih jaraknya 28 Km dari pusat kota.

Dan konon katanya di air terjun Kaliuarang merupakan salah satu tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan.oleh karena itu walaupun kami hanya seorang santri kami juga gak mau kalah dengan orang-orang.alasan lain yang membuat kami pergi kesana disamping tempatnya yang indah juga biayanya cukup bersahabat.

Karena tempat wisatanya berada di lereng gunung Merapi,kami melewati jalan yang tidak mudah.tetapi sang supir dengan lihainya memainkan stirnya agar bisa melewati jalan yang terjal itu.perjalanan dari kota menuju lokasi memakan waktu kira-kira 1 jam.

Dan setelah perjalanan yang begitu panjang akhirnya kami sampai ke tempat tujuan yang pertama kami.dan kami pun bergegas turun untuk menikmati pesona yang diberikan tempat wisata Kaliurang.penantian kami terbayar sudar karena keindahan tempat wisata tersebut.

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang memiliki ketinggian sekitar 30-45 meter dengan ketinggian  lokasi 878 MPDL.airnya memiliki suhu 20-25 derajat Celcius sehingga air disana terasa sejuk dan segar pada tubuh.air disana juga merupakan sumber mata air dari lerejng bukit Plawangan.

Tetapi karena singkatnya waktu yang kami miliki kami harus segera meninggalkan tempat yang indah itu.dengan berat hati kami pun meninggalkan tempat itu,menuju tempat yang tak kalah indahnya dan tak kalah kerenya.yaitu salah satu  pantai yang terkenal di daerah Bantul.

Menuju Pantai Samas

www.eksotisjogja.com

Tujuan berikutnya adalah pantai Samas.salah satu tempat wisata yang  terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar. Selain ombaknya yang besar, pantai Samas terkenal dengan angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta pantainya yang berpasir hitam.

Kira-kira pukul 16.00 kami sampai di lokasi.karena kami belum melaksanakam sholat dhuhur dan ashar maka kami sholat teerlebih dahulu.karena belum makan dan perut mulai tidak bisa dibekerja sama maka kami menyantap bekal yang sudah kami bawa dari pondok.

Dan tepat pada pukul 16.30 kami dipersilahkan untuk bermain di pantai Samas.karena waktu itu sore hari air disana pasang dan ombaknya begitu besar.tetapi dengan ombak yang besar itu kami malah menikmatinya.kami bisa mersakan bagaimana rasanya diseret air.

Disamping kami menikmati dengan ombak yang besar,kami juga gelisah karena takut terseret karena ombak yang begitu besar.dan tak lupa aku dan teman-teman mengabadikan moment yang indah itu dengan sebuah kamera.bukannya narsis tapi biar ada buktinya.

Hal Yang Tidak Diinginkan

Dan hal yang tak disangka-sangkapun terjadi.ada salah satu teman yang terseret ombak hingga tangan dan kakinya tidak bisa bergerak.waktu kami semua sedang bermain kami mendengar salah satu teman kami berteriak minta tolong.

Dan kami tidak langsung menolongnya,tetapi kami malah menertawainya.dikira oleh teman-teman yang lain itu paling Cuma bercanda.tetapi setelah agak lama kami sadar bahwa teman kami itu sakit beneran.dengan cepan aku dan teman-teman berlari menghampiri dan membantunya.

Setelah itu kami mencari bantuan pada masyarakat sekitar.merekapun menyarankan segera memanggil tim sar agar temanku segera mendapatkan pertolongan pertama.dan atas bantuan dari tim sar temanku segera dilarikan kerumah sakit;.

Dan kamipun menyusul teman kami yang berada di rumah sakit untuk mengetahui bagaimana keadaanya.dan juga untuk melaksanakan sholat di rumah sakit tersebut.setelah mendengar bahwa teman kami kondisinya tidak terlalu parah dan bisa segera pulang.

Menuju Malioboro

www.eksotisjogja.com

Maka kamipun segera melanjutkan perjalanan,menuju primadonanya wisata di Yogyakarta yaitu Malioboro.mendengar namanya aja kami sudah senang apalagi kalo bisa singgah beberapa saat dan menikmati suasana malam di Malioboro.

Tetapi saat ditengah perjalanan kami diberhentikan di tempat oleh-oleh khas Yogyakarta.diantara kami saling bertanya-tanya “kenapa berhenti”.kok gak berhenti di malioboro sekalian.dan  sekali lagi kami bertanya-tanya dan penasaran dengan apa yang terjadi.

Salah satu dari teman kami datang dengan membawa kabar buruk.yaitu rencana untuk singgah di Malioboro dibatalkan karena waktu telah menunjukkan pukul 20.30.harapan kami untuk bisa melihat malam di Malioboro pun akhirnya pupus sudah.

Dan setelah selesai di tempat khas oleh-oleh kami segera pulang ke kota yang kami cinta. dengan keadaan agak kecewa.tapi mau gimana lagi,marah-marah pun tidak akan merubah keputusan dari panitia.pokoknya hadapi dengan senyuman aja deh.kalo gak bisa hari ini mungkin lain waktu.