8+ Contoh Pidato Singkat & Trik Berpidato Untuk Pemula

Pidato Singkat – Hai teman-teman bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan dalam lindungan Allah yah. Baik teman-teman semua, setelah kita belajar mengenai pidato perpisahan pada artikel sebelumnya. Pada kali ini saya akan sedikit berbagai info mengenai contoh pidato singkat.

Mungkin kebanyakan dari kita tidak asing lagi dengan istilah pidato. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyampaikan gagasan atau pendapat si pembicara. Atau juga bisa digunakan untuk memberikan sebuah nasehat atau sebuah perintah kepada bawahan.

Selain berbagi tentang contoh pidato singkat, pada artikel kali ini saya juga akan sedikit berbagi ilmu mengenai pidato perpisahan dan tentang cara berpidato yang baik dan benar. Tentunya dengan metode yang baik dan benar seperti yang disampaikan oleh para orator hebat. Untuk mempersingkat waktu, berikut penjelasan dan contoh pidato singkat.

Baca Juga: 20+Contoh Pembukaan Pidato Yang Baik, Benar & Mudah dihafalkan

Selamat Membaca

Cara Berpidato

Contoh pidato singkat
Pidato Singkat-Pexels.com

Seperti yang saya katakan di atas, selain membahas mengenai contoh pidato singkat saya juga akan sedikit berbagi tips berpidato. Yah, harapan saya sih agar saat kita mendapatkan tugas untuk berpidato/bicara di depan umum, kita tidak gugup dan salah tingkah.

Karena materi ini bukan inti pembahasa kita, agar cepat bisa menginjak materi utama. Langsung saja kita mulai pembahasa mengenai cara berpidato. Berikut tips dan trik berpidato yang baik dan benar menurut saya.

Membuat Naskah Pidato

Langkah awal yang harus kalian kerjakan adalah membuat naskah pidato. Sebelum kalian menyusun sebuah naskah pidato kalian harus menentukan tema apa yang akan kalian sampaikan. Untuk mempermudah kalian pilihlah tema yang sudah kalian kuasai sebelumnya.

Selain dapat menambah rasa percaya diri hal tersebut juga dapat membuat pidato yang kita sampaikan menjadi lebih menarik. Kita kembali ke naskah pidato, naskah pidato yang baik adalah naskah pidato yang berjalan runtut dan saling berkaitan, usahakan tidak melakukan pengulangan materi.

Setelah menentukan tema kita hal yang harus kita lakukan selanjutnya adalah menentukan inti dari permasalaha tersebut/tema. Kembangkan tema tersebut dengan sedetail-sedetailnya, agar kita sebagai pembicara terlihat meyakinkan di hadapan pada pendengar.

Mencari Refrensi Materi

Ketika kita telah membuat gambaran tentang materi yang akan kita sampaikan, kita perlu refrensi atas tema yang kita tentukan. Refrensi ini bisa kita dapatkan dari berbagai macam media, bisa kita cari di artikel-artikel, buku atau di youtube.

Akan tetapi jika kita sudah yakin bahwa kita telah menguasai materi yang akan kita sampaikan, mungkin hal ini bisa kita lewati. Tetapi akan lebih baik jika kita juga mengambil materi dari sumber-sumber yang ada, agar pidato yang kita sampaikan menjadi lebih lengkap.

Berlatih Sebelum Berpidato

Semua orang itu terlahir dalam keadaan tidak bisa apa-apa, dia bisa melakukan suatu hal karena ada kemauan dan usaha. Jadi hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah bosan untuk latihan. Kalo masih takut untuk ngomong di depan orang, lakukan latihan dengan cara bercermin.

Hal itu setidaknya akan menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri kita, bila latihan di hadapan cermin sudah mulai lancar. Cobalah untuk melakukannya di hadapan teman-teman kalian, suruh teman-teman kalian untuk menilai penampilan kalian. Dengan begitu kita akan tau kekurangan apa yang perlu kita benahi.

Pidato Singkat Islami

pidato singkat islami
Pidato Singkat Islami-Pexels.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kita memuji kepada Allah rabb alam semesta, tidak ada tuhan yang patut kita sembah selain Dia. Berkat nikmat dan hidayah yang Allah berikan kepada kitalah yang membuat kita dapat berkumpul pada kesempatan hari ini dalam keadaan iman dan islam.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda, Nabi sallallahu alaihi wasallam. Seorang manusia yang patut kita jadikan teladan dalam hidup kita, karena berkat perjuangan beliaulah, sehingga kita dapat merasakan nikmatnya agama islam.

Nikmat terbesar yang Allah berikan pada manusia, nikmat yang hanya Allah berikan kepada manusia pilihan Allah adalah nikmat Islam. Seperti yang di firmankan Allah dalam Surat Al-imron ayat 19 : “Sesungguhnya agama disisi Allah adalah islam….”

Jadi sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita bersyukur atas nikmat Islam yang Allah berikan kepada kita. Karena tanpa nikmat islam, seluruh perbuatan baik kita tidak akan diterima oleh Allah, sebaik apapun itu. Karena bersaksi Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasul adalah kunci pembukan diterimanya amal sholeh.

Tanpa memiliki kunci tersebut, sebesar apapun perbuatan baik yang kita lakukan tidak akan bernilai dihadapan Allah. Apakah kalian tahu siapa itu Abu Thalib? Abu Thalib adalah paman rasulullah, seorang yang membela, melindungi Nabi dari kaum Quraisy, ketika beliau berdakwah.

Akan tetapi salah satu riwayat menyebutkan bahwa Abu Thalib masuk neraka dengan siksaaan yang paling ringan. Bahkan rasulullah menangis saat pamannya (Abu Thalib) meninggal, begitu besar jasa yang Abu Thalib berikan pada Rasulullah. Akan tetapi mengapa dirinya tidak masuk surga, jawabannya adalah dia meninggal dalam keadaan tidak memeluk islam.

Karena begitu besarnya nikmat islam ini, kita harus senantiasa menjaga dan memohon kepada Allah agar nikmat islam ini selalu diberikan kepada kita. Agar kita di matikan Allah dalam keadaan iman dan islam, agar di akhirat kelak kita bertemu dengan Allah dalam keadaan Allah ridha pada kita.

Mungkin hanya itu yang dapat saya nasihatkan kepada diri saya dan kepada tamu undangan sekalian. Semoga yang sedikit tadi bisa dijadikan sebuah motivasi untuk lebih serius lagi dalam hal ibadah dalam rangka menjaga nikmat yang Allah berikan kepada diri kita.

Apabila dalam pidato singkat tadi terdapat kesalahan dari tutur kata, tingkah laku atau perkataan yang kurang berkenan saya mengucapkan mohon maaf. Sekian yang dapat saya sampaikan atas segala perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat tentang Bahaya Merokok

pidato singkat bahaya merokok
Pidato Singkat Bahaya Merokok-Pexels.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur tak henti-hentinya kita haturkan kehadirat Allah, yang telah memberikan berbagai nikmatnya kepada kita semua. Sehingga pada pagi yang berbahagia ini kita dapat berkumpul berkumpul dalam rangka mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Manusia mulia yang telah memperjuangkan agama Islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah. Kita berharap semoga pada hari kiamat kelak kita termasuk umatnya yang mendapatkan syafaat dari beliau.

Berdirinya saya disini, saya akan sedikit menyampaikan mengenai bahaya rokok bagi kesehatan kita. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari khususnya di Indonesia, tidak lagi asing dengan benda yang bernama Rokok. Bahkan di Indonesia sendiri, merokok adalah salah satu kebiasaan yang sudah dilakukan oleh kebanyakan masyarakat.

Bahkan kebiasaan ini semakin meningkat dari tahun-ke tahun, bahkan parahnya anak-anak kecil mulai ikut melakukan kebiasaan ini. Karena dengan melakukan kebiasaan ini mereka merasa bahwa dirinya akan terlihat gaul dan keren.

Terlepas dari hal itu, mereka mengetahui bahaya yang akan mereka terima apabila mereka terus menerus melakukan kebiasaan itu. Dalam satu batang rokok terdapat beribu-ribu zat yang dapat memicu tumbuhnya penyakit dalam tubuh kita.

Bahkan penyakit yang ditimbul dari kebiasaan ini tidak tanggung-tangguh, kanker, serangan jantung dan dampak paling buruk adalah kematian.

Dalam rokok yang menjadi kebiasaan kebanyakan orang terdapat satu zat yang tidak asing lagi di telinga kita. Yaitu zat nikotin, zat nikotin adalah sebuah racun saraf potensial yang biasa dipakai untuk bahan baku insektisida. Dan dampak dari nikotin sendiri dapat membuat penggunanya menjadi ketagihan.

Itu hanya salah satu zat dari ribuan zat beracun yang terdapat pada batang rokok. Oleh karena itu saya mengajak para tamu undangan semua agar dalam kehidupan kita, kita selalu menjaga kesehatan dengan jalan tidak merokok. Untuk anda yang sudah terlanjur merokok segera hentikan kebiasaan itu sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Moral

pidato singkat pendidikan moral
Pidato Singkat Pendidikan Moral-Pixabay.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji hanya milik Allah, rabb penguasa langit dan bumi, rabb yang menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Kita bersyukur kepada-Nya karena hingga saat ini Allah masih memperkenankan kita untuk berkumpul dalam keadaan sehat.

Yang kedua di memohon kepada Allah agar senantiasa mencurah limpahkan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Seorang manusia yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak. Dan semoga kita dibangkitkan di hari kiamat kelak berada di dekat beliau dan menjadi umat Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.

Berdirinya saya disini, saya akan sedikit menyampaikan tentang pentingnya pendidikan moral bagi anak kita. Memberikan pendidikan bagi anak adalah sebuah kewajiban dari setiap orang tua. Mungkin di bayangan kita, yang namanya pendidikan itu sebatas memberikan pengetahuan dan wawasan saja.

Akan tetapi tidak sesederhana itu, selain di bidang iptek, sebagai seorang orang tua, kita juga harus memberikan pendidikan moral pada anak kita. Agar saat mereka sudah memiliki dewasa (tidak dalam pengawasan orang tua) mereka bisa menjaga dirinya dengan baik.

Saya katakan jaman kita sekarang ini adalah suatu jaman dimana pendidikan moral tidak lagi dikedepankan. Buktiya jaman sekarang ini banyak sekali tindak kejahatan seperti pencurian, begal, pemerkosaan dan lain sebagainya. Itu adalah suatu bukti nyata dimana seorang tidak memiliki sebuah moral.

Apabila hal ini terus-menerus terjadi, hal ini dapat merusak bangsa ini, bangsa yang kita cintai ini. Oleh karena itu kita sebagai orang tua, selain memberikan pendidikan intelek kepada anak kita. Kita juga harus menjadikan pendidikan moral sebagai prioritas pendidikan pada sang buah hati.

Agar dalam kehidupan mereka di masa depan, mereka tidak melakukan hal-hal yang buruk seperti yang saya sebutkan diatas. Karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa ini, apabila penerus bangsanya saja tidak memiliki moral, terus bagaimana nasib rakyatnya.

Agar negeri yang kita cintai ini bisa tumbuh di esok hari, mari kita jaga anak kita dari hal-hal yang dapat merusak moral mereka. Kita tanamkan kepribadian baik, santun dan kepribadian yang positif lainnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya haturkan pada kesempatan kali ini. Apabila ada baiknya bisa dijadikan sebuah nasihat, dan apabila ada salahnya saya mohon maaf. Atas segala perhatian saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Handphone

pidato singkat tentang handphone
Pidato Singkat Tentang Handphone-phillyvoice.com

Assalamualaikum

Pertama saya mengajak diri saya dan kalian semua untuk bersyukur kehadirat Allah yang masih memberikan kita kesempatan untuk berkumpul pada pagi hari ini dalam keadaan iman dan islam.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan peda Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Manusia mulia yang kita nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak,semoga kita dikumpulkan berada dekat dengan rasulullah. Amin

Di jaman sekarang ini, bisa dipastikan semua orang membutuhkan sebuah alat yang bernama telepon/Handphone. Seakan-akan manusia yang hidup di jaman sekarang ini tidak bisa hidup tanpa benda ini. Dengan menggunakan Handphone kita diberikan beberapa kemudahan, seperti berkomunikasi, browsing, chatting dan lain sebagainya.

Apabila benda ini di pegang oleh orang yang benar, maka benda ini akan mempunyai banyak manfaat. Akan tetapi yang jadi masalah hari ini, banyak orang yang menyalahgunakan benda ini, sehingga tidak sediki orang yang terlena karena benda ini.

Kebanyakan penyalahan gunaan handphone ini terjadi pada kalangan remaja. Ada yang menggunakan benda ini sebagai sarana untuk berpacaran, untuk bermain game dan lain sebagainya. Apabila hal ini terus di biarkan, mau jadi apa negara ini, karena generasi mudanya saja sudah terlena begini.

Sebagai orang tua kita harus sadar bahwa kita tidak harus menuruti kemauan anak kita, karena itu salah satu bentuk pendidikan kita kepada mereka. Saya mengajak segenap keluarga yang hadir pada acara ini, agar senantiasa mengawasi kegiatan yang dilakukan buah hatinya sehari-hari.

Mungkin jika hanya sedekar untuk hiburan semata, kita beri dia kesempatan untuk bersantai. Akan tetapi jika telah melampaui batas wajar sebagai orang tua kita harus menegur mereka. Sebelum mereka menjadi kecanduaan dengan handphone. Marilah kita menjaga anak-anak kita dari pengaruh negatif dari handphone, karena mereka adalah penerus bangasa ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, jika ada kesalahan tutur kata tingkah laku dan kata yang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian yang diberikan saya haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

pidato singkat tentang pendidikan
Pidato Singkat Pendidikan-arrisalah.net

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbalamin, kita bersyukur kepada Allah karena berkat limpahan rahmat dan hidayahnya. Sehingga pada kesempatan pagi hari yang berbahagia ini kita masih dapat berkumpul dalam keadaan sehat.

Tak lupa, shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Kepada keluarganya, shahabatnya dan kepada umatnya yang selalu berjuang untuk mengikuti sunnah sunnah beliau.

Dalam kesempatan yang berbahagian ini, saya berdiri di hadapan teman-teman semua izinkan saya sebagai salah satu siswa dari (nama sekolah) untuk berbagi ilmu mengenai pentingnya pendidikan bagi manusia.

Apa itu pendidikan? Dan mengapa setiap manusia yang hidup di bumi ini memerlukan sebuah pendidikan?

Teman-teman yang saya cintai, pendidikan adalah pemberlajaran mengenai sebuah ilmu dalam sebuah masalah yang diturunkan dari generasi sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, dalam setiap permasalahan yang ada pasti terdapat jalan keluarnya, jika kita memiliki ilmu.

Dan ilmu itu kita peroleh dari pendidikan, oleh karena itu betapa pentingnya ilmu dalam kehidupan kita. Karena begitu pentingnya ilmu dalam kehidupan kita sehari-hari khususnya, kita harus selalu mencari ilmu tersebut. Agar semua perkejaan yang kita lakukan dapat mendapatkan hasil yang sempurna.

Apalagi di jaman sakarang ini, jaman yang sangat canggih, bahkan kebanyakan perkerjaan dikerjakan oleh mesin. Apabila kita tidak memiliki ilmu untuk mengikuti perkembangan jaman, maka kita akan mengalami berbagai kesulitan.

Oleh karena itu saya mengajak diri saya pribadi khusunya dan para tamu undangan pada umumnya. Walaupun kita sudah tidak bisa dikatakan muda lagi. akan tetapi jangan jadikan faktor usia tersebut sebagai alasan untuk berhenti menuntut ilmu.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan dalam pertemuan kita di kesempatan yang berbahagia ini. Bila ada salah kata, perilaku dan perkataan yang kurang berkenan saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

pidato singkat kesehatan
Pidato Singkat Kesehatan-solusisehatku.com

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi semuanya, bagaimana keadaan pagi hari ini? Kita berharap kepada Allah agar Dia tetap melimpahkah nikmat kesehatan ini pada diri kita. Kesehatan adalah salah satu nikmat yang sering dilalaikan oleh kebanyakan manusia.

Yang kedua kita berharap kepada Allah agar shalawat serta salam tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Karena berkat perjuangan beliaulah, di hari ini, di pagi ini kita dapat merasakan manisnya iman dan manisnya islam.

Seperti yang saya katakan di awal pidato, nikmat kesehatan adalah salah satu nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia. Kebanyakan dari kita nikmat kesehatan ini adalah nikmat yang biasa saja.

Padahal nikmat kesehatan adalah salah satu nikmat terbesar yang Allah berikan kepada kita. Kita bisa lihat berapa uang yang dikeluarkan seseorang yang sedang sakit. Apa yang mereka inginkan? Sampai-sampai mereka mengeluarkan uang yang begitu banyak, mereka menginginkan kesehatan teman-teman.

Oleh karena itu, untuk mensyukuri nikamt sehat yang Allah berikan pada kita, kita harus senantiasa menjaga diri kita agar tetap sehat. Salah satu utama yang menyebabkan seseorang terserang penyakit adalah lingkungan yang kotor.

Seperti yang kita ketahui, apabila tempat yang kita tempati sehari-hari kotor, kemungkinan besar kita akan mudah terserang penyakit. Karena kuman-kuman/bibit penyakit merasa nyaman untuk berkembang biak di tempat yang kotor.

Salah satu contoh penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor adalah demam berdarah. Disebabkan kurang terurusnya lingkungan kita, mengakibatkan nyamuk DB bisa berkembang biak dengan sempurna.

Ketika mereka telah berkembang biak menjadi banyak, dengan cepat mereka akan menyerang manusia yang dekat dengan tempat tersebut. Jadi tidak heran apabila banyak sumber penyakit yang muncul dari lingkungan yang kotor.

Jadi alangkah baiknya apabila kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain akan terhindar dari berbagai penyakit bila lingkungan kita bersih, insyaallah akan menjadikan kita betah berada di rumah.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kita pada pagi hari ini. Semoga pesan singkat mengenai kesehatan tadi bisa membuat kita sadar akan pentingnya kesehatan pada diri kita. Atas segela perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

 

 

Pidato Singkat Tentang Narkoba

pidato singkat kesehatan
Pidato Singkat Narkoba-bergamonews.it

Assalamualaikum Warahnatullahi Wabarakatuh

Para tamu undangan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa. Karena berkat hidayah dan nikmatnyalah sehingga pada kesempata yang berbahagia ini kita masih dikumpulkan dalam keadaan sehat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, sahabat, keluarga dan umatnya yang setia memperjuangkan jalan dakwah beliau.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk sedikit berbagi ilmu mengenai bahaya narkoba bagi diri kita. Narkoba adalah suatu jenis bahan obat-obat yang dikonsumsi secara berlebihan yang menyebabkan beberapa dampak buruk bagi mental ataupun tubuh manusia.

Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi narkoba dapat menyebabkan berbagai penyakit, dan penyakit yang timbul karena narkoba tidak tanggung-tanggung.

  • HIV AIDS.
  • Hepatitis B dan C.
  • Kemampuan kognitif menurun.
  • Gangguan pada hati (liver) dan ginjal.
  • Gangguan paru-paru dan pernapasan.
  • Infeksi menular seksual.
  • Gangguan jiwa.

Itu penyakit yang timbul karena mengkonsumsi narkoba, dan dampak terburuk dari mengkonsumsi narkoba adalah kematian. Tidak cukup itu, dampak yang terjadi pada mental penggunanya juga tidak kalah berbahaya dari dampak fisik. Menurut saya pribadi dampak mental ini lebih buruk dari pada dampak fisik, karena dampak ini dapat membahayakan orang lain.

Tidak menjadi rahasia lagi, bahwa banyak kejadian kriminalitas yang dilakukan oleh pengguna narkoba. Hal itu seperti pencurian, perampokan, pemerkosaan dan masih banyak dampak negatif yang lainnya.

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang peduli dengan kemajuan bangsa ini, sudah sepatutnya kita mendukung acara anti narkoba. Mengingat besarnya dampak negatif yang disebabkan oleh benda ini. Dan kita berharap agar hukum di negara kita ini lebih tegas dalam menanggapi masalah ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada pertemuan yang berbahagia ini. Atas segala kekurangan dan kesalahan saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas segala perhatian saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Pidato Singkat Perpisahan

pidato singkat perpisahan
Pidato Singkat Perpisahan-Karyapemuda.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji hanya milik Allah rabb alam semesta, rabb yang menciptakan langit tujuh lapis dan juga dunia seisinya. Kita memuji kepada-Nya karena berkat nikmat dan karunia yang Dia berikan, yang dapat mempertemukan kita dalam ruangan yang insyaallah berbarokah ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Seorang manusia mulia yang menjual dirinya untuk menegakkan agama Allah (agama islam). Sehingga pada hari ini kita bisa menikmati manisnya iman, manisnya islam, semua itu kita rasakan karena perjuangan beliau.

Teman-temanku yang saya cintai, sudah genap 3 tahun kita menuntut ilmu di (nama sekolah). Pada hari ini, tibalah saatnya kita harus meninggalkan sekolah yang kita cintai ini untuk melanjutkan, meraih, mewujudkan cita-cita yang selalu kita impi-impikan.

Setelah perpisahan ini kita akan masuk ke level pendidikan yang lebih tinggi lagi, pendidikan yang lebih sulit dari yang telah kita lewati. Akan tetapi, kita harus selalu berusaha untuk berjuang, berjuang dan berjuang untuk melewati setiap masalah yang kita hadapi.

Kita harus senantiasa berusaha memecahkan masalah, mencari jalan keluar atas segala masalah dan tidak lupa bedoa agar masalah tersebut dapat cepat selesai. Dan jangan jadikan perpisahan ini sebagai pemutus persaudaraan, tali silaturahmi dan persahabatan di antara kita, wahai teman-temanku.

Walaupun kita nantinya tidak belajar di satu sekolah yang sama, di kelas yang sama. Tapi ingat teman-temanku, kita memiliki cita-cita yang sama yaitu untuk memajukan negeri tercinta ini. Oleh karena itu, selepas perpisahan ini janganlah di antara kita saling berjauhan, bermusuhan dan saling bercerai berai.

Selain itu kita juga harus selalu ingat dengan jasa yang diberikan oleh guru-guru kita. Seorang manusia mulia yang meluangkan waktunya demi untuk mendidik kita, seorang pahlawan tanpada tanda jasa. Kita harus selalu mengenang jasa mereka -mereka, karena tanpa lahirnya mereka apa artinya diri kita.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada acara perpisahan yang mengharukan di pagi hari ini. Semoga nasihat yang sedikit tadi dapat masuk ke hati, dan semoga tidak terlupakan oleh hati. Apabila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Penutup

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan perihal materi pidato singkat. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat, mengispirasi dan membantu menyelesaikan masalah kalian. Apabila ada kurangnya atau kesalahan dalam segala aspek mohon dimaafkan. Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih. Bye 🙂

 

Tinggalkan komentar