Merajut ukhuwah dengan Silaturahmi Syawal

Silaturahmi Syawal

Setelah menyelesaikan puasa di bulan ramadhan tiba saatnya kami dengan bulan Syawal. Bulan yang mempunyai banyak keutamaan dan juga keberkahaan. Salah satu keberkahan yang terdapat pada Bulan Syawal adalah banyaknya orang yang melakukan silaturahmi.

Bulan kembalinya umat Islam kepada fitrahnya, setelah melakukan ibadah Ramadhan sebulan penuh. tetapi walaupun telah berpuasa hal itu belum bisa menghapuskan dosa secara keseluruhan. Karena dosa kepada makhluk akan diampuni jika makhluk itu ridho.

Dan Bulan Syawal adalah salah satu moment yang tepat untuk saling memaafkan. Disamping untuk menyempurnakan ampunan Allah juga agar tidak malu. Karena biasanya orang yang ingin minta maaf itu malu kepada orang yang dimintai maaf.

Kegiatan tahunan

silaturahmi syawal
sumber:blogsport.com

Kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Lembaga Hidayatullah adalah Silaturahmi Syawal. Karena aku telah memasuki masa pengabdian maka mereka melibatkan angkatanku untuk ikut acara itu. Agar bisa mengenal lebih dekat tentang lembaga yang mereka kelola.

Supaya saling mengenal antara cabang satu dengan yang lain dan satu da’i dengan da’i yang lain. Juga untuk mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah diantara kita. Dan juga menanamkan kecintaan dan kepedulian kepada muslim tanpa membeda-bedakan.

Karena pada tahun kemarin aku mengikuti maka tahun ini akan adalah acara yang kedua bagiku. Dan semoga menjadikan acara yang berkesan dan mengenang seperti tahun lalu. Karena tahun lalu tempat yang digunakan penuh dan kerennya yang memberi sambutan adalah Wakil Gubernur.

Acara tahunan daerah Hidayatullah seluruh Jawa Timur biasanya diadakan di kota Surabaya. Aku tidak tau apa alasan yang menjadikan Surabaya sebagai tempat acara tahunan itu. Pada intinya acara tahunan yang akan kami hadiri bertempat di Surabaya.

Dari pondok kami akan menghadirkan angkatanku, adek kelasku dan beberapa warga yang ingin ikut. Jika dijumlah maka sekitar tiga puluh orang yang akan ikut belum termasuk para ustadz. Karena ada salah satu ustadz yang membawa mobil sendirikarena keluraganya banyak.

Untuk menempuh perjalanan dari Magetan hingga Surabaya kami menyewa dua mini bus. Selain bisa cepat sampai tutuan dan menikmati perjalanan juga untuk meminimalisir kejahatan. itu salah satu antisipasi dan ikhtiar dari pondok agar mendapatkan sesuatu yang terbaik.

Menuju Kota Pahlawan

kota pahlawan
sumber : blogsport.com

Seperti biasanya aku memilih tempat duduk disamping supir karena itu salah satu kebiasaanku. karena semua peserta telah menepati tempat duduk dan kendaraan telah siap, maka perjalanan dimulai. Perjalanan kami dilakukan pada malam hari, agar jalan tidak macet dan antisipasi keterlambatan.

Pada tanggal 4 juli 2017 tepatnya pukul 00.30 WIB kami berangkat dari pondok menuju Surabaya. Berangkat selarut itu dengan tujuan agar bisa sholat subur dilokasi acara. Agar mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk acara tahunan tersebut.

Tetapi harapan dan rencana kami tidak berhasil terwujud karena mengalami suatu masalah. Dan yang tahu masalah ini tidak banyak karena sebagian kami tertidur pulas di dalam kendaraan. Atau mungkin karena mereka tidak menyadari masalah itu karena asyik bermain handphone.

Masalah utama yang menyebabkan rencana kami gagal adalah sopir mini bus yang  mengantuk. Pada awal perjalanan sih belum ngantuk dan masih bercanda dengan kami. Tetapi saat berada ditengah perjalanan dia mulai gagal fokus karena mulai mengantuk.

Tidak jarang dia menyetir kendaraan dengan keadaan tertidur, tentu sangat membahayakan. Karena aku duduk disamping sopir dan mengetahui masalah yang sedang terjadi aku merasa khawatir. Tetapi karena teman-temanku yang tidak mengetahui hal itu mereka merasa tenang.

Alhamdulillah kami ditakdirkan oleh allah bisa menghadiri acara tersebut, walau begitu keadaannya. Kami masuk kota Surabaya pukul 06.00 WIB dan tepat 30 menit setelahnya kami sampai di tempat acara. Sebelum turun aku mengenakan pakaian yang bagus dan bersih untuk menjaga harga diri dan tampil all out.

Sesudah turun dari mini bus kami disambut beberapa panitia dan juga mempersilahkan kami untuk sarapan . Seperti tahun lalu menu yang disediakan adalah semangkuk soto ayam. Sebelum sarapan aku dan teman harus mengantri untuk seperti yang lainnya.

Persiapan acara

persiapan acara
sumber:pexels.com

Setelah sarapan kami dihimbau untuk segera memasuki ruangan karena acara akan segera dimulai. Sebelum memasuki ruangan aku pergi ke toitet agar saat acara berlangsung aku tidak repot sendiri. Juga mengambil air wudhu agar tidak mengantuk dan agar mendapat ilmu yang barokah.

Selesai menyelesaikan hajatku aku aku segera menuju ruang acara agar bisa mendapat tempat terdepan. Akan tetapi aku berubah pikiran setelah mengetahui bahwa yang duduk didepan adalah para orang tua. dan aku memutuskan untuk duduk disamping teman-temanku yang lain.

Setelah semua peserta telah hadir ke ruang acara maka dimulailah acara yang besar itu. Terlihat para paserta yang hadir memenuhi ruangan dan sangat antusias dengan acara itu. Karena acara ini merupakan acara langka karena hanya dilaksanakan setahun sekali.

Acara pertama adalah Nikah barokah

nikah barokah
sumber:hidayatullah.or.id

Acara pertama yang dilaksanakan adalah nikah barokah, yang akan diikuti oleh 4 pasangan pengantin. Sebelumnya aku sering mendengar tentang nikah barokah dan membuatku menjadi penasaran. Dan ini akan menjadi hal yang sangat menarik karena bisa melihatnya secaranya langsung.

Nikah ini biasanya diikuti oleh para kader da’i Lembaga Hidayatullah. Dengan tujuan agar saat melaksanakan tugas dakwah tidak ada masalah tentang visi dan misi. Kerena mereka memiliki pemikiran dan tujuan yang sama untuk berdakwah di jalan Allah.

Tujuan yang lain adalah untuk mempermudah masalah pernikahan yang merupakan salah satu sunnah rasul. Karena saat ini banyak orang yang mempersulit masalah yang satu ini. Karena di hati mereka terdapat rasa takut bahwa setelah menikah mereka akan kekurangan.

Para mempelai pria datang ke ruangan acara dengan diiringi tim rebana. Kemudian mereka menempati tempat duduk yang telah disediakan para panitia. Wajah mereka terlihat bahagia, karena mereka tau bahwa sebentar lagi agama mereka akan sempurna.

Walau telah berlangsung selama 2 jam tetapi baru satu mempelai yang menyelesaikan akad nikah. Karena waktu yang terbatas maka panitia mengintruksikan agar akad tiga mempelai lainnya ditunda terlebih dahulu. Agar acara utama bisa segera dilaksanakan.

Sambutan-sambutan

sumber:hidayatullah.com

Setelah acara nikah barokah dilewati dimulailah inti acara. Sebelum memasuki acara utama pembawa acara meminta agar acara ini dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an. Yang akan dibacakan oleh salah satu guru atau ustadz yang mengajar disana.

Tujuannya agar acara ini mendapatkan barokah dari Allah dan juga bermanfaat bagi para peserta. Setelah selesai pembacaan ayat suci Al-Qur’an acara selanjutnya adalah sambutan. Yang akan disampaikan oleh Pimpinan Umum Lembaga Hidayatullah dan juga oleh salah satu Dosen UIN.

Untuk memberikan semangat dan motivasi untuk generasi muda agar mereka memiliki mental yang tangguh. Mental yang tangguh dalam rangka untuk menegakkan agama islam ini di muka bumi. Agar mereka belajar dari para sesepuh yang berhasil dalam usaha dakwahnya.

Sesekali aku keluar dari tempat acara untuk mengambil air wudhu karena aku mulai mengantuk. Dikarenakan saat berada di dalam kendaraaan aku tidak bisa tidur karena masalah tadi. Dan juga tempat dudulk yang aku tempati tidak mempunyai tempat untuk bersandar.

Tanpa berlama-lama aku segera kembali untuk mendengarkan sambutan sekaligus nasihat yang disampaikan dosen UIN. Walau telah berwudhu aku tetap merasa ngantuk, karena saking ngantuknya aku tidur dengan posisi duduk. Dan kesempatan yang berharga itu hilang sudah karena selama sambutan aku tertidur pulas.

Giliran kedua akan disampaikan oleh Ustadz Abdurahman Muhammad yang menjabat sebagai pimpinan umum Hidayatullah. Walau masih terasa mengantuk aku memaksa mataku agar bisa tetap terbuka. Untuk bisa mendengarkan nasihat dari beliau, agar mendapatkan ilmu dan pangalaman hidup beliau.

Karena beliau menyampaikan sambutan dengan suara yang lantang hal itu membuat semangatku naik. rasa mengantuk pelan-pelan hilang dan berubah menjadi semangat yang membara. Karena apa yang beliau sampaikan sangat menarik dan bermanfaat untuk didengarkan.

Silaturahmi Syawal

acara inti
sumber:hidayatullah.com

Waktu telah menunjukkan pukul 11.45 saatnya untuk melaksanakan sholat dhuhur. Jadi terpaksa ustadz Abdurrahman Muhammad mengakhiri sambutannya, untuk segera melaksanakan sholat. Setelah sholat dhuhur dilanjutkan dengan menjama’ sholat Ashar, bagi yang rumahnya jauh.

Setelah selesai menjama’ sholat pembawa acara kembali maju dan menyampaikan perihal acara inti. Acara inti pada acara tersebut adalah saling bersalam-salaman antara satu dengan yang lain. Agar apabila diantara kami mempunyai suatu kesalahan agar bisa dimaafkan.

Panitia memanggil para pengurus daerah untuk maju kedepan untuk memulai acara itu. Acara dimulai dengan para pengurus daerah berjalan dahulu bersalaman dari shaf depan hingga shaf belakang. Dan dilanjutkan oleh semua orang yang berada di shaf depan.

Karena peserta yang hadir banyak maka acara ini memakan waktu yang agak lama. Kami memulai acara ini pukul 12.00 walau aku berada di shaf depan aku selesai pukul 12.30. Aku saja yang berada di shaf depan selesai begitu lama apalagi yang berada di shaf belakang.

Selesai acara itu kami langsung menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh panitia. Sambil menikmati hidangan sesekali aku dan temanku berbincang tentang acara ini. Dan setelah menghabiskan hidangan kami segera menuju kendaraan untuk segera pulang ke pondok.

 

 

Satu pemikiran pada “Merajut ukhuwah dengan Silaturahmi Syawal

Tinggalkan komentar