Study Tour ke Kota Wisata Malang

Study tour ke kota malang – pada saat aku menginjak kelas dua sekolah menengah pertama. Pada saat itu kami akan melaksanakan kegiatan rutin yang diadakan oleh sekolah. Acara yang sangat dinantikan oleh sebagian besar siswa kelas dua khususnya adalah study tour.

Pengumpulan Suara

sumber:pixabay.com

Akan tetapi sebelum dilaksanakan acara yang sangat dinantikan itu ada sedikit masalah yang harus diselesaikan. Yaitu adanya perbedaan pendapat tentang tujuan yang akan dikunjungi untuk acara tersebut. Ada yang ingin pergi ke Yogyakarta dan ada yang ingin pergi ke Malang.

Maka dari itu dari panitia pelaksanan kegiatan segera mengambil tindakan agar masalah itu bisa segera diselesaikan. Panitia menyelesaikan masalah ini dengan cara pengambilan suara terbanyak dari para siswa. Karena cara itu dianggap lebih baik dan dianggap akan lebih diterima oleh semua siswa.

Panitia pelaksan kegiatan memasuki setiap kelas untuk meminta pendapat dari setiap siswa. Panitia memberi dua pilihan dan  setiap siswa memilih salah satu dari dua pilihan tersebut. Yang nantinya akan dihitung untuk menentukan tujuan yang akan dikunjungi pada study tour.

Pada kesempatan itu aku memilih Kota Malang, karena menurutku disana lebih banyak tempat wisata. Dan alasan lainnya bahwa aku juga kurang menyukai rekreasri ke pantai. Jika tempat yang akan dikunjungi Yogyakarta pasti tujuan utamanya adalah pantai, makanya aku memilih Malang.

Setelah menunggu beberapa hari akhirnya datang pengumuman tentang tujuan study tour tahun pada ini. Dan untuk tempat tujuan yang akan dikunjungi pada tahun ini adalah Kota Malang. Yee para pendukung Kota Malang berteriak senang, terutama cewek-cewek lebay.

Persiapan untuk kegiatan

persiapan study tour
sumber:pixabay.com

Karena tempat tujuan untuk study tour telah ditentukan maka saatnya untuk mempersiapkan diri dan peralatan yang harus dibawa. Mulai dari mempersiapkan pakaian, mempersiapkan mental,membawa bekal dan uang saku. Juga bagaimana caraku untuk bisa datang kesekolah untuk mengikuti acara itu.

Para siswa diwajibkan sampai pada pukul 03.00 WIB, karena kami akan berangkat pagi itu juga. Dan masalah yang aku hadapi pada saat itu adalah tidak ada yang mengantarkan aku. Tetapi aku segera mencari jalan untuk bisa keluar dari masalah tersebut.

Alhamdulillah ada salah satu teman yang bernama budi menawari untuk berangkat bersama saat acara itu. Tetapi kami berangkat sebelum maghrib dan bermalam dirumah teman yang bernama dimas. Karena jarak rumah dimas dengan sekolah hanya 2 km.

Dan rencananya kami akan berangkat dari rumah dimas menuju sekolah dengan berjalan kami. Agar sepeda motor yang kami bisa lebih aman karena dititipkan di rumah dimas. Dan itulah salah satu alasan kami berdua untuk bermalam di rumah dimas.

Permasalahan yang mendadak

sumber:pixabay.com

Itulah rencana tentang keberangkatan yang telah kami berdua sepakati. Sesampainya di rumah dimas kami segera pergi ke masjid karena adzan sudah dikumandangkan. Karena tidak ingin merepotkan orang tua dimas kami berdua keluar untuk membeli makanan.

Saat ditengah perjalanan aku dan budi mengalami suatu masalah. Yaitu kami menabrak salah satu pengendara lain yang akan pulang ke rumahnya. Tetapi tidak ada yang terluka atas terjadinya peristiwa tersebut. Hanya saja kendaraan orang yang kami tabrak sedikit rusak.

Karena kami masih anak-anak dan peristiwa itu terjadi di desa orang itu seakan-akan kamilah yang bersalah. Padahal kalo menurutku dialah yang lebih bersalah atas terjadinya peristiwa tersebut. Karena dia berjalan melawan arus lalu lintas dan juga tidak menyalakan lampu.

Dan kami diminta untuk ganti rugi atas kerusakan yang dia alami. Tetapi kami mengatakan bahwa kami tidak mempunyai uang untuk membayarnya. Dia bertanya alamat budi untuk memberitahu peristiwa tersebut kepada orang tuanya dan meminta ganti rugi.

Dengan terpaksa temanku mengaku dan memberitahu alamat rumahnya agar orang tersebut tidak benyak bicara. Berangkatlah mereka berdua menuju rumah budi untuk memberitahu tentang peristiwa tersebut. Dan aku tetap berada di tempat kejadian untuk menjaga motor budi.

Beberapa saat budi kembali dengan wajah tenang, karena sebelumnya dia terlihat sangat ketakutan. Setelah semua urusan beres kami kembali ke rumah dimas untuk segera beristirahat. Dan melupakan kejadian itu agar tidak mengganggu pikiran kami.

Aku bertanya kepada budi apa yang terjadi ketika orang tuamu tau, apakah mereka marah “kataku”. Mereka mengatakan yang penting aku bisa selamat dan mereka akan mengurusi masalah tersebut “balasnya”. Lupakan saja peristiwa itu, aku tidak ingin mengingatnya lagi “katanya lagi”.

Berangkat Study Tour

sumber:pixabay.com

Sesampainya dirumah dimas kami segera istirahat untuk menguatkan tenaga dan melupakan kejadian itu. Kurang lebih pukul 02.00 WIB kami dibangunkan oleh orang tua dimas agar segera persiapan. Setelah semua siap maka kami berpamitan dan segera berangkat ke sekolah agar tidak terlambat.

Karena apabila kami tidak datang pada waktu yang telah ditentukan maka kami akan ditinggal. Karena sudah membayar biaya untuk study tour aku tidak ingin tertinggal. Kan sayang kalo uang yang telah kami dibayarkan hilang begitu saja tanpa ada hasil yang pasti.

Kami sampai di sekolah pukul 02.30 WIB karena terlalu semangat kami menjadi siswa yang datang pertama. Karena dirasa masih sangat lama aku kembali tidur untuk menunggu teman-teman yang lain. Setelah beberapa saat terdengar suara bis yang berhenti di depan sekolah kami.

Aku tau pasti itu adalah bis yang akan kami gunakan untuk menempuh perjalanan menuju Kota Malang. Segera aku menuju ke bis itu untuk mencari duduk yang aku kehendaki dan agar bisa tidur kembali. Karena aku masih mengantuk karena hanya tidur 3 jam.

Setelah menemukan tempat yang aku rasa nyaman aku segera duduk dan segera memejamkan mata. Aku tidak mengetahui apa yang terjadi, tau-tau kendaraan berhenti di masjid untuk melaksanakan sholat. Setelah sholat rasa kantukku hilang karena teman-teman ramai sendiri-sendiri dan itu sangat mengganggu.

Karena tidak bisa tidur aku melihat keluar jendela bis untuk melihat suasana pagi hari saat berada di kota lain. Karena tujuan kami adalah Kota Malang maka kami harus melewati jalan pegunungan. Jalan yang dilewati berbelok-belok, naik dan turun menjadikan sebagian teman-temanku muntah karena pusing.

Hal itu membuatku jijik dan juga menggangguku dan memaksaku untuk menutup mata. Setelah beberapa saat aku kembali tertidur, dan tau-tau sudah sampai sebuah rumah makan. Dan semuanya turun untuk istirahat dan sarapan bersama-sama di tempat itu.

Wisata Batu Secret Zoo

sumber.agenwisatabromo.com

Selesai sarapan kembali kami melanjutkan perjalanan agar cepat sampai tujuan.  Setelah 30 menit perjalanan kami sampai ke tujuan pertama kami. Segera kami bersiap-siap berganti baju dengan kaos yang diberikan panitia pelaksan agar mudah dicari.

Yang akan kami kunjungi pertama adalah tempat wisata bernama Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Batu, Malang, Jawa Timur. Dan buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Wisata Secret Zoo Batu Malang adalah kebun binatang modern yang merupakan bagian dari Jatim Park 2. Sekalipun memiliki luas lebih dari 14 hektar, namun kebun binatang ini terawat dan tertata dengan rapi. Jadi wisata ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain melihat berbagai koleksi satwa, kami juga dapat menikmati berbagai wahana Secret Zoo Batu Malang. Semua wahana permainan di Fantasy Land ini pun dapat kami nikmati sepuasnya. Dan tidak perlu membayar tiket masuk tambahan karena sudah termasuk dalam tiket Batu Secret Zoo.

Kami berada di tempat wisata tersebut kira-kira sampai dengan pukul 12.00 WIB. Sebetulnya kami belum puas dan masih ingin menikmati keindahan tempat itu. Karena waktu yang sempit dan masih banyak tempat yang harus kami kunjungi dengan terpaksa kami meninggalkan tempat itu.

Wisata Jatim park 1

sumber:media-cdn.tripadvisor.com

Jatim Park 1 Malang merupakan salah satu wahana rekreasi keluarga. Yang terletak di lereng bagian timur Gunung Panderman Kota Batu dengan ketinggian 850 MDPL. sehingga tidak saja menawarkan rekreasi yang mengasyikkan namun juga hawa yang sejuk dan panorama yang indah.

Alamat Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika 2, Kota Batu, Jawa Timur atau 30 menit dari Batu Sceret Zoo. Dan wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.30 WIB sampai 16.30 WIB. Di tempat ini  kami hanya diberikan waktu bermain sampai pukul 16.00 WIB

Karena hari itu tanggal merah maka banyak para pengunjung yang datang ke tempat itu untuk berlibur. Kerena tempat itu memang indah, seperti yang kami dengar sebelumnya dari orang- orang. Di tempat itu terdapat berbagai wahana yang menarik yang tidak akan kita jumpai di tempat lain.

Setelah kami mencoba beberapa wahana di tempat itu kami menjadi kecanduan untuk kembali mencoba. Tetapi waktu telah menunjukkan pukul 16.15 WIB dan salah satu temanku menyarankan agar cepat kembali. Karena takut apabila tertinggal oleh rombongan dari sekolah.

Walaupun hanya sebentar disana, kami sudah merasa puas karena tubuh kami sudah mulai capek. Dan ingin segera menuju bis untuk bisa beristirahat setelah bersenang-senang seharian. Setelah semua berkumpul segera kami menuju rumah makan dan ke pusat oleh-oleh.

Untuk mengisi tenaga yang telah terkuras habis untuk bermain-main di tempat wisata tersebut. Dan tak lupa membelikan oleh-oleh untuk keluarga yang berada di rumah. Agar mereka juga bisa merasakan kebahagiaan seperti yang kami rasakan saat berada di Malang.

Setelah semua selesai dan berkumpul kami langsung pulang menuju kota kami. Di perjalanan pulang tidak ada suara yang membuat gaduh di bis. Karena semua anak tertidur dengan pulas dikarenankan kecapekkan dengan aktivitas mereka di siang hari.