Teladan yang berjasa dalam perubahan kehidupanku

Sang Teladan dan Motivasi

seorang teladan
Teladan

Pasti di dunia ini kita memiliki seorang yang menjadi teladan bagi diri kita. Biasanya apabila kita telah mengambil seseorang sebagai teladan pasti kita akan berusaha meniru orang tersebut semirip mungkin, mungkin dari cara bergayanya, cara bergaul, cara hidup, atau mungkin perkataan yang keluar dari lisannya diulang-ulang sampai hafal.

Dan semua orang yang menjadi teladan pasti mereka mempunyai suatu kelebihan. Entah dari wajahnya yang tampan atau cantik, atau dari suaranya yang indah ,atau karena perbuatanya yang dirasa baik dan dengan alasan yang lainnya. Tinggal bagaimana kita memandang hal tersebut, biasanya hal ini didasari oleh hobi, lingkungan dan tren.

Teladan kedua setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam

Sebagai seorang muslim wajib untuk menjadikan rasulullah shallallahu alaihi wasallam sebagai teladan dalam hidupnya di dunia. Tetapi disamping rasulullah shallallahu alaihi wasallam  aku juga mempunyai sosok orang yang menjadi inpirasiku yang menjadikan aku semakin giat dalam berusaha dan beribadah.

Dia adalah salah satu guru atau ustadz yang sangat berperan dalam pendidikanku, hingga aku mengenal allah, rasulnya dan merasakan indahnya  islam ini, disamping hidayah dari allah. Beliau adalah seorang yang tanpa pamrih mendidik dan menasehati para santri, dan seorang yang berusaha memajukan Agama Islam ini.

Sebab dan alasan

Seperti yang aku katakan diawal tulisan, menjadikan seseorang menjadi teladan harus mempuyai suatu alasan. Kan gak masuk akal kalo kita meneladani seseorang tanpa ada alasan yang jelas. Tapi hal itu bisa terjadi karena kita hanya ikut-ikutan teman, lingkungan dan tren. Tapi kalo aku nggak haha

  • Selalu menasehati dalam kebaikan

    menasehati dengan baik
    blogsport.com

    Memang pada awalnya aku sering mengeluh saat beliau menyampaikan materi atau memberikan sebuah nasihat kepada kami. Karena pada saat itu aku belum tau dan belum faham dengan apa yang beliau maksud. Ya aku cuma menganggapnya  sebagai suatu yang yang tidak penting dan cuma hal yang membuang waktu.

    Karena semakin hari semakin dewasa, akhirnya aku tau dan paham betul dengan apa yang beliau maksudkan kepada kami. Beliau ingin agar kami berubah menjadi manusia yang baik dan bermanfaat di dunia ini. Tidak cuma itu, beliau juga berharap suatu saat kami bisa ikut andil untuk menentukan (baca,memimpin) nasib dunia ini.

  • Akhlak dan kebiasaan yang baik

    Salah satu faktor yang membuatku seneng dengan beliau adalah akhlak dan kebiasaan yang baik. Beliau juga ramah kepada semua orang, begitupun terhadap kami beliau sering bertanya bagaimana hafalan qur’annya, sudah sampai juz berapa, apa kendala dalam menghafal?

    Beliau juga mempunyai kebiasaan yang baik, kebiasaan yang paling menonjol adalah beliau terkenal dengan kedisiplinan dan kebersihannya. Beliau paling tidak suka melihat orang yang  mendengar adzan dikumandangkan masih bersantai-santai, asyik ngobrol dengan teman.

    karena beliau pernah menyampaikan, amalan sholat adalah cara allah menguji kedisiplinan makhluknya, apabila seseorang selalu sholat tepat waktu apalagi bila dibarengi dengan sholat sunnah sebelumnya bisa dipastikan orang tersebut akan lebih disiplin dalam masalah yang lain.

    Soal kebersihan nggak usah ditanya lagi, beliau sangat benci dengan yang namanya kotor, walaupun hanya sedikit. Apabila beliau melihat suatu tempat kotor maka beliau langsung memanggil anak yang mendapat bertugas membersihkan tempat itu (baca,petugas piket) dan menyuruh anak itu membersihkan ulang.

    Atau apabila beliau tidak memanggil petugas piket, maka beliau akan membersihkan tempat itu sendiri. Agar anak yang mendapatkan tugas piket menjadi sadar bahwa piketnya kurang bersih dan agar anak tersebut juga memiliki tingkat kebersihan yang tinggi.

    Karena beliau pernah menjelaskan “tentang kebersihan sebagian dari iman” beliau mengatakan, “Apabila kita ingin nikmat dalam beribadah maka kita harus memiliki hati yang bersih. Apabila kita ingin melihat hati seseorang bersih atau tidak lihatlah lemarinya bersih atau tidak, kemudian lihatlah piketnya bersih atau tidak, apabila semuanya bersih maka bisa dipastikan anak tersebut memiliki hati yang bersih dan ibadahnya juga bagus.”

    Itu beliau katakan agar para santri lebih sungguh-sungguh dalam memperhatikan kebersihan, karena apabila lingkungan yang kita tempati bersih maka kita akan nyaman berada disana, dan pikiran kita menjadi sejuk karena senang melihat lingkungan yang kita tempati bersih dan indah.

    Begitupun sebaliknya apabila lingkungan yang kita tempati kotor, maka kita tidak akan pernah merasakan yang namanya keindahan. Dan lingkungan yang kotor dapat menjadi sarang penyakit, dan memberikan kesan yang buruk kepada siapapun yang datang ke pondok.

  • Tekad yang kuat

    tekad kuad
    http://www.gbi-bethel.org

    Beliau adalah seorang musafir pada tahun 1998, beliau datang dengan keadaan tangan kosong. Tujuannya ke magetan tidak lain untuk berdakwah dan dengan mendirikan lembaga pendidikan islam. Tetapi beliau hanya membawa beberapa majalah, sebagai alat dakwah.

    Walaupun hanya membawa beberapa majalah, tetapi beliau terkenal dengan sikap pantang menyerah dan mempuyai mental setebal Tembok Konstatinopel. Karena beliau datang dengan sejuta mimpi, dan mimpi itu terus diikhtiari sampai allah memberikan pertolongannya.

    Dengan ikhtiar dan tidak lupa meminta pertolongan kepada allah, pelan-pelan mimpi-mimpi beliau dapat terwujudkan, beliau bisa merintis sebuah pondok pesantren dan bisa menyebarkan islam lewat lembaga yang beliau kelola. Dan hari di sekolah beliau mempunyai banyak santri.

Cara mendidik

Setiap orang pasti memiliki cara memdidik yang berbeda, karena setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda, dan itu adalah salah satu karunia dari allah dan salah satu fitrah manusia. Atau mungkin kerena objek yang dipimpin berbeda, karena kita harus bisa menempatkan sikap dengan tepat.

  • Keras dan tegas

    kuat dan tegas
    pexels.com

    Memang di pondok pesantren beliau terkenal dengan sikapnya yang keras dan tegas, sehingga kalo beliau sedang mengajarkan materi atau memberikan sebuah wejangan kepada para santri, bisa dipastikan semua semua santri diam dan memperhatikan apa yang beliau sampaikan. Karena apabila dari kami ada yang tidak memperhatikan, wah alamat dapet hukuman.

    Dan apabila ada salah santri yang melakukan sebuah kesalahan, maka beliau segera mengambil tindakan yang sepatutnya dilakukan, dan kalo memberikan hukuman beliau melihat kesalahan apa yang dilakukan. Semua itu beliau lakukan agar santri yang melakukan kesalahan menjadi jera dan sadar bahwa dia bersalah.

  • Disiplin

    Karena beliau termasuk orang yang disiplin beliau ingin santri yang menuntut ilmu di sana juga harus  memiliki kedisiplinan yang tinggi. Beliau tidak ingin melihat santrinya bersantai-santai saat pelajaran atau saat adzan telah berkumandang, dan beliau tidak segan menegur siapapun yang melakukan kesalahan tersebut.

    Karena beliau sadar betul apabila hal itu dilakukan terus menerus tanpa ada yang mengingatkan, maka hal itu akan menjadi kebiasaan dan lumrah untuk dilakukan, walaupun itu sesuatu yang tidak baik. Dan apabila sudah menjadi kebiasaan akan sangat sulit untuk diubah, kecuali dengan tekad yang kuat pula

Kesimpulan

menuju kesuksesan
pexels.com

Walaupun dalam mengajar, menasehati beliau tidak selalu menggunakkan kata-kata yang halus, tetapi apa yang beliau sampaikan adalah sesuatu yang baik untukku. Beliau melakukan semua itu bukan karena benci kepadaku dankepada santri yang lain, akan tetapi itu salah satu bentuk kasih sayang yang beliau berikan kepada kami.

Beliau berharap apabila aku telah dewasa dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, bukan malah menjadi orang yang menyusahkan orang lain. Dan yang sering beliau katakan kepada kami adalah  agar kita memanfaatkan potensi yang allah berikan dan tidak membunuh potensi itu.

Dan kata-kata yang sering beliau katakan dalam nasihatnya adalah “Allah tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum itu merubah dirinya sendiri”. Agar semua dapat berfikir dan berusaha merubah diri kita menjadi seorang yang lebih baik lagi.

cerita lainnya

Satu pemikiran pada “Teladan yang berjasa dalam perubahan kehidupanku

Tinggalkan komentar