Pengertian dan Jenis-jenis Karya Tulis

Karya Tulis – Apabila Kita pernah duduk di bangku sekolah pasti kita akan menjumpai banyak mata pelajaran. Salah satu pelajaran yang penting dan termasuk pelajaran yang masuk dalam ujian nasional adalah pelajaran bahasa Indonesia. Karena Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan Bangsa Indonesia.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang salah satu pelajaran bahasa Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang karya tulis. Mulai dari pengertiannya, jenis-jenisnya dan juga contoh-contohnya.

Baca Juga: Pengertian Dan Contoh Karya Ilmiah

Selamat membaca!!

Pengertian Karya Tulis

pengertian karya tulis
sumber:pexels.com

Sebelum berbicara banyak tentang karya tulis alangkah baiknya apabila kita mengetahui pengertian karya tulis itu sendiri. Karya tulis adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk tulisan. Yang merupakan hasil dari sebuha penelitian, pengamatan, tinjauan dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis.

Secara bahasa karya tulis disusun dari dua kata yang berbeda yaitu karya dan tulis. Kata karya dalam KBBI memiliki arti pekerjaan, buatan, ciptaan dan hasil perbuatan (terutama untuk hasil karangan). Sedangkan tulis berarti sebuah huruf atau angka yang dibuat dengan pena atau alat tulis lainnya.

Dari pengertian masing-masing kata diatas, maka kita dapat mengambil kesimpulan. Bahwa karya tulis adalah sebuah karangan yang kita tuliskan dalam suatu bidang. Atau sebuah karangan hasil dari sebuah pemikiran, pengamatan dalam bidang tertentu yang ditulis secara terarah.

Ada juga yang mengatakan bahwa karya tulis adalah gagasan seseorang yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Perlu kalian ketahui bahasa Indonesia bukanlah  ilmu pasti seperti halnya matematika. Wajar saja apabila terjadi sebuah perbedaan dalam menjelaskan, namun pada dasarnya maknanya tetap sama.

Jenis-jenis Karya Tulis

Setelah mengetahui beberapa penjelasan tentang karya tulis. Alangkah baiknya apabila kita juga mengertahui jenis-jenis karya tulis itu sendiri. Agar kita bisa membedakan antara karya tulis satu dengan karya tulis yang lain.

Karya tulis dibagi menjadi 3 jenis, yaitu karya tulis ilmiah, karya tulis non ilmiah dan karya tulis populer. Setiap jenis karya tulis memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain. Entah dari ciri-ciri karangannya atau dari fungsi dan kegunaan karya tulis itu sendiri.

1. Karya Tulis Ilmiah

pengertian karya ilmiah
sumber:pexels.com

Karya Tulis ilmiah atau biasa disingkat dengan karya ilmiah ( Scientific paper). Adalah sebuah karangan atau laporan yang ditulis berdasarkan pemikiran atau penelitian dalam masalah tertentu. Atau pengkajian suatu masalah oleh seseorang dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan.

Karya ilmiah sering juga disebut dengan sebutan tulisan akademis (academis writing). Karena karya ilmiah sering ditulis dan dibuat oleh kalangan kampus, mahasiswa maupun dosen. Karangan ini berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berupa pengawasan, penjelasan dan prediksi.

Ciri-ciri karya ilmiah

  1. Netral.
  2. Objektif.
  3. Sistematis.
  4. Logis.
  5. Menyajikan sebuah fakta.
  6. Tidak berbelit-belit.
  7. Menggunakan bahasa formal.

Tujuan Karya ilmiah

  1. Melatih seseorang untuk mengungkapkan pemikirannya sesuai dengan hasil pengamatan, penelitian yang disusun secara sistematis dalam bentuk tulisan.
  2. Karya ilmiah juga bertujuan sebagai sumber informasi yang bermanfaat kepada para pembacanya.
  3. Karya tulis adalah bukti nyata bahwa pelajar memiliki pengetahuan dan potensi ilmiah untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah.
  4. Melatih ketrampilan seseorang untuk melakukan sebuah penelitian ilmiah.
  5. Menciptakan seorang pelajar yang memiliki kemampuan dalam membuat karya tulis dalam bidang pengetahuan.

Jenis-jenis karya lmiah

Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri dan juga tujuan pembuatan karya ilmiah. Saya akan melanjutkan pembahasan ini dengan mengenalkan jenis-jenis karya ilmiah yang sering kita temui. Karena pada setiap jenis karya ilmiah memiliki ciri-ciri dan fungsi yang berbeda.

1. Makalah

pengertian makalah
sumber:pexels.com

Secara umum makalah adalah salah bentuk karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan masalah tertentu. Berdasarkan hasil dari penelitian, pengamatan, peninjauan dan hasil kajian teori. Pada umumnya tujuan pembuatan makalah untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik atau tugas non akademik.

Selain itu makalah juga bisa dijadikan sebagai sumber informasi, dan untuk mengetahui pemahaman penulis tentang suatu masalah. Karya tulis ini dibuat bukan sekedar rangkuman dari sebuah masalah tertentu. Akan tetapi juga sebagai sarana menunjukkan kemampuan seseorang untuk memahami sebuah masalah.

3. Tesis

pengertian karya ilmiah
sumber:pexels.com

Tesis adalah sebuah penyataan atau teori yang disertai oleh argument yang dikemukakan dalam bentuk karya ilmiah. Tujuan pembuatan tesis adalah untuk mendapatkan gelar sarjana pada sebuah perguruan tinggi tertentu. Tesis juga dapat diartikan sebagai karya ilmiah resmi akhir seorang pelajar.

Selain itu tesis juga merupakan sebuah bukti nyata atas kemampuan seorang pelajar dalam melakukan sebuah penelitian. Juga untuk sarana mengembangkan keilmuan seorang pelajar dalam memahami suatu masalah tertentu. Sesuai dengan ilmu dan pengetahuan yang telah dimilikinya.

4. Surat Pembaca

pengertian karya tulis
sumber:pexels.com

Surat pembaca adalah sebuah karangan yang berbentuk surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat ke dalam koran, surat kabar, majalah. Biasanya isi surat pembaca berbentuk saran, kritik, keluhan, ajakan, himbauan atau bahkan ucapan terima kasih. Yang diberikan pembaca kepada pihak tertentu.

Salah satu contoh atau penerapan penggunaan karya tulis ini paling banyak adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat. Sebagai contoh salah seorang yang melaporkan tentang keluhan yang dia alami. Apabila keluhan itu dimuat di dalam korat atau surat kabar, maka tulisan itu dapat disebut dengan surat pembaca.

Ciri-ciri surat pembaca

  • Memiliki pokok permasalahan.
  • Menggunakan bahasa yang baku, sopan,komunikatif dan mudah dipahami.
  • Tidak berbelit-belit atau singkat padat dan jelas. Pada umumnya surat pembaca hanya terdiri dari 1-4 paragraf, dan isi yang disampaikan harus langsung pada inti permasalahan.
  • Surat pembaca biasanya bersifat umum atau dapat dibaca oleh setiap orang.
  • Surat pembaca adalah surat yang berisikan sebuah saran, kritik atau pujian terhadap suatu pihak.
  • Terdapat nama pembuat atau data yang kongrit.
  • Memiliki informasi kepada siapa surat tersebut disampaikan.
  • Mempunyai sebuah fakta atau alasan berdasarkan pengetahuan.

5. Skripsi

skripsi
sumber:www.adisumaryadi.com

Skripsi adalah sebuah kata yang sering kita dengar dari para mahasiswa yang akan selesai menyelesaikan masa belajarnya. Atau bisa dikatakan sebagai tugas akhir yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Sebagai bukti tentang keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa.

Skripsi adalah sebuah karya ilmiah berupa sebuah paparan tulisan berdasarkan hasil dari penelitian dan pengamatan. Yang membahas tentang sebuah masalah atau fenomena dalam bidang tertentu. Dengan menggunakan aturan-aturan dan kaidah yang telah ditentukan.

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mahasiswa untuk menulis atau menyusun sebuah karya ilmiah. Didalam bidang tertentu berdasarkan ilmu yang telah diajarkan sebelumnya. Apabila mahasiswa berhasil menulis sebuah skripsi, maka dia telah dianggap mampu memadukan antara pengetahuan dan ketrampilan memahami.

Dalam penulisan sebuah skripsi mahasiswa dibimbing oleh sampai dua pengajar yang berstatus dosen dari tempatnya kuliah. Dosen yang membimbing mahasiswa juga disebut dengan sebutan pembimbing satu atau pembimbing dua. Pada umumnya pembimbing satu memiliki dominan lebih dari pembimbing dua.

6. Proposal Penelitian

proposal penelitian
sumber:i.ytimg.com

Proposal penelitian adalah sebuah jenis proposal yang banyak digunakan dalam bidang akademik, khususnya untuk karya ilmiah. Karangan ini juga bisa diartikan suatu bentuk pedoman kerja yang memiliki unsur-unsur pokok dalam proses pembuatan. Karangan harus ini memiliki informasi yang cukup bagi pembacanya.

Proposal penelitian adalah sebuah bukti apakah seorang mahasiswa telah mampu meneliti dan mengembangkan pengetahuannya. Proposal penelitian juga bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keseriusan mahasiswa. Dalam melakukan sebuah penelitian terhadap masalah atau fenomena tertentu.

Ciri-ciri Proposal penelitian

  • Isi prposal penelitian hanya fokus pada satu kasus atau satu pembahasan yang terdapat dalam ilmu tertentu. Disesuaikan dengan program studi atau bidang penelitian yang diambil oleh mahasiswa.
  • Penggunaan data primer sabagai data rujukan, dan dibantu data sekunder untuk penguatan data primer.
  • Ditulis dengan mengikuti kaidah dan aturan yang telah ditentukan.
  • Ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar dan mudah dipahami.
  • Menggunakan kata baku, sesuai KBBI.
  • Hasil data yang akan ditampilakan adalah sebuah data real, bukan data yang diterka.

7. Resensi

resensi
sumber:sahabatnesia.com

Pada dasarnya resensi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa belada yang memiliki arti mengulang kembali. Resensi adalah sebuah karangan dengan tujuan untuk memberikan penilaian terhadap karya tulis lain. Karya yang dinilai bisa berupa sebuah buku, dan karya seni seperti drama dan film.

Menulis sebuah resensi terdiri dari menulis kelebihan atau kekurangan dalam sebuah karya. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari buku atau sumber informasi lainnya. Dan disampaikan kepada masyarakat umum melalui surat kabar.

2. Karya tulis non ilmiah

Setelah selesai membahas tentang karya ilmiah, kita akan melanjutkan pembahasan dengan mengenal karya tulis non ilmiah. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya dan juga jenis-jenisnya. Langsung saja pembahasan tentang karya tulis non ilmiah sebagai berikut.

Karya tulis non ilmiah adalah sebuah karya tulis yang menyajikan fakta pribadi tentang ilmu pengetahuan. Yang ditulis dengan menggunakan bahasa sehari-hari, asalkan mudah difahami. Ciri-ciri karya tulis non ilmiah. dan tidak begantung pada fakta umum.

Ciri-ciri karya tulis non ilmiah

  1. Dituliskan berdasarkan pengalaman pribadi.
  2. Fakta yang disimpulkan harus subyektif.
  3. Gaya penyampaian menggunakan bahasa populer atau bahasa sehari- hari.
  4. Penyajian karangan disertai dengan sejarah.
  5. Tidak mengandung hipotesis.
  6. Bersifat imajimatif.
  7. Situasi karangan ini dibuat dramatisir.
  8. Karangan ini bersifat persuiatif dan tidak didukung oleh bukti.
  9. Jenis- Jenis karangan non ilmiah.

1. Dongeng

jenis karya tulis non ilmiah
sumber:googleusercontent.com

Dongeng adalah sebuah sastra lama yang menceritakan sebuah tentang sebuah kejadian berdasarkan khayalan penciptanya. Tetapi karangan ini kadang-kadang dianggap benar-benar terjadi oleh sabagian orang. Dongeng adalah sebuah cerita tradisional atau cerita yang diceritakan secara turun-temurun, mulai dari nenek moyang.

Karangan ini bertujuan untuk memberikan pesan moral kepada para pembacanya. Selain untuk memberikan pesan moral, dongeng juga bertujuan untuk menghibur para pembacanya. Pada umumnya karangan ini ditujukan kepada anak-anak yang belum duduk dibangku sekolah.

2. Novel

novel
sumber:pixabay.com

Novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang dan mengandung unsur, memiliki unsur intrinsik dan unsur ektriksik. Secara bahasa, kata novel berasal dari bahasa italia yakni novella atau sebuah kisah atau cerita. Dan seorang yang menulis atau membuat karangan ini disebut dengan novelis.

Karya tulis ini memiliki isi atau pembahasan yang panjang, selain itu karangan ini memiliki beberapa alur. Pembahasan dalam karya tulis ini biasanya tentang perjalanan hidup seseorang yang berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Entah dari kisah nyata atau sebuah skenario yang dibuat oleh penulis.

3. Cerpen

cerpen
sumber:sumberchannel.com

Cerpen atau bisa disebut dengan cerita pendek merupakan sebuah karangan yang berbentuk prosa naratif fiktif. Cerita pada sebuah cerpen cenderung lebih singkat dan langsung menuju ke topik pembahasan, jika dibandingkan dengan karya tulis lainnya seperti novel.

4. Drama

drama
sumber:idreamcareer.com

Drama merupakan salah satu cabang karya sastra berupa sebuah pertunjukkan yang dimainkan oleh para tokoh. Pertunjukkan drama menggambarkan tentang kehidupan, watak tokoh dan tingkah laku. Melalui skenario dan dialog yang dilakukan antar tokoh dalam sebuah pertunjukkan drama.

5. Roman

Roman merupakan semacam karya sastra yang berbentuk prosa atau gancaran yang mengisahkan tentang perilaku dan watak seorang tokoh. Pada umumnya roman juga dikenal masyarakat umum dengan sebutan kisah percintaan.

3. Karya tulis populer

Karya tulis populer adalah sejenis karangan ilmiah yang menyampaikan sebuah fakta dengan jujur, cermat netral dan setematis. Sementara dalam cara penyampaiannya jelas, ringkas dan tepat. Tidak berbelit- belit dan langsung kepada topik pembahasan.

Karya tulis populer adalah karya ilmiah yang bentuk, isi dan bahasanya menggunakan metode yang telah ditentukan. Dan cara penyampaiaanya menggunakan bahasa santai tetapi mudah dipahami oleh masyarakat pada umumnya.

Ciri-ciri Karya Tulis Populer

  1. Ditulis berdasarkan fakta yang pernah dialami.
  2. Fakta yang disimpulkan secara subjektif.
  3. Gaya penyampaiannya menggunakan bahasa formal dan populer.
  4. Melebih-lebihkan sesuatu yang menjadi topic pembahasan.
  5. Usulan-usulan yang ada di karangan ini bersifat argumentasi atau persuasive.
  6. Mementingkan diri penulis.

Jenis-jenis karya tulis populer

1. Artikel

artikel
sumber:blogsport.com

Artikel merupakan sebuah karangan faktual yang disajikan secara lengkap dengan panjang tertentu. Dengan tujuan pembuataan untuk dipublikasikan melalui Koran, majalah, buletin bahkan dimedia sosial. Untuk menyampaikan gagasan dan fakta penulis untuk meyakinkan, menghibur, mendidik para pembaca.

2. Sinopsis

Sinopsis yaitu sebuah ikhtisar karangan yang diterbitkan bersamaan dengan karangan asli yang menjadi sumber pengambilan sinopsis. Jadi bisa disimpulkan bahwa sinopsis adalah rangkuman dari sebuah karya tulis lainnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang karya tulis berdasarkan apa yang yang saya ketahui. Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan dapat membantu kalian semua. Dan saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan kalian semua di halaman ini.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar