5+ Contoh Pidato bahasa Indonesia Berserta Tips Berpidato

Pidato Bahasa Indonesia – Halo temen-temen semua, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita selalu diberikan nikmat kesehatan dan kesempatan oleh Allah. Baik teman teman semua, setelah membahas mengenai pidato singkat pada artikel sebelumnya.

Pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing dengan mengenai contoh pidato bahasa indonesia. Selain itu, saya juga akan sedikit menyampaikan tentang bagian-bagian, dan tips mudah berpidato. Jadi untuk kalian yang sedang mencari materi/contoh mengenai pidato artikel ini sangat cocok kalian jadikan refrensi.

Tips Mudah Berpidato

Sebelum kita masuk pada materi inti, kita akan sedikit belajar mengenai tips berpidato. Agar saat berpidato di depan, kita memiliki kepercayaan diri atau bahasa mudahnya tidak grogi. Namun tips yang saya sebutkan dibawah ini, bukan satu-satunya cara yang dapat kalian terapkan saat berpidato.

Namun tips di bawah ini, satu dari sekian ribu cara yang menurut saya paling efektif untuk diterapkan. Untuk itu, langsung saja berikut ini beberapa tips yang saya rekomendasikan ketika kalian berpidato.

Menentukan Tema

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai berpidato adalah menentukan tema/materi yang akan kalian sampaikan. Hal ini berlaku untuk pidato yang memakai teks ataupun pidato yang tidak menggunakan teks.

Apabila kalian belum terbiasa berpidato (newbie), saya sarankan untuk tidak menggunakan metode tanpa teks. Karena pengalaman saya, metode ini hanya digunakan oleh orang yang sudah terlatih dan sudah terbiasa berbicara di depan umum.

Ketika seorang pemula menggunakan metode ini, kemungkinan besar tema/materi yang sudah dipersiapkan akan hilang seketika, setelah berada didepan penonton. Karena berpidato tidak hanya persiapan materi, tetapi juga harus mempersiapkan mental.

Agar pidato kalian berjalan dengan baik, alangkah bijaknya jika kalian mengambil tema/materi yang telah kalian kuasai. Hal itu akan mempermudah kalian saat berpidato di depan teman-teman kalian.

Merangkai Kerangka Karangan

Setelah menentukan tema/materi, langkah berikutnya adalah merangkai kerangka karangan. Kerangka karangan ini akan mempermudah kalian ketika berbicara di depan. Dengan menggunakan kerangka karangan kalian tau harus memulai materinya dari mana.

Dengan begitu pidato yang kalian sampaikan akan runtut dan tidak acak, yang bisa menyebabkan seseorang gagal paham.

Membuat Teks Pidato

Apabila cara berpidato menggunakan kerangka karangan masil terlalu sulit untuk kalian lakukan, mungkin metode teks adalah cara yang cocok untuk anda. Menurut saya pribadi cara inilah cara yang paling mudah untuk digunakan seorang pemula, termasuk saya.

Cara seperti ini bisa dibilang dengan membaca didepan umum. Karena cara ini, sebagian besar memang membaca teks pidato, dan sesekali menghadap kepada pemirsa. Akan tetapi jika kita sudah terbiasa dengan metode ini,pidato kita juga akan terdengan keren dan menarik.

Dengan ekspresi, mimik dan nada yang tepat akan menarik penonton untuk mendengarkan pidato yang kita sampaikan. Masalahnya, jika hal diatas tidak kita terapkan, atau kita hanya membaca dengan nada datar. Tidak menutup kemungkinan pidato yang kita sampaikan akan garing/tidak menarik perhatian orang lain.

Jadi jika kalian memilih untuk berpidato menggunakan metode yang satu ini, usahakan kalian bisa menyampaikannya dengan ekspresi dan nada yang baik. Agar nantinya pidato yang disampaikan tidak garing, dan krispi, hehe.

Jangan Lupakan Latihan

Aku tidak takut kepada orang yang berlatih 1000 jenis tendangan, tapi aku takut kepada orang yang berlatih 1 tendangan yang diulang 1000 kali, begitulah yang dikatakan bruce lee.

Jadi sebelum kalian melakukan sebuah pidato yang sesungguhnya, latihlah kempuan berpidato anda. Kalian bisa meminta tolong kepada teman, sahabat, do’i atau orang tua untuk mendengarkan kalian berbicara. Jika dengan mereka kalian masih merasa malu, lakukanlah sendiri dengan cara berpidato dengan bercermin.

Hal itu akan mempermudah saat kalian melakukan pidato yang sesungguhnya, seminimal-minimalnya akan mengurangi rasa grogi kalian.

Contoh Pidato

Oke teman-teman, setelah panjang lebar menyampaikan mengenai tips berpidato menurut saya sendiri. Sampailah kita pada inti sari artikel ini, yang akan membahas mengenai contoh pidato.

Dalam artikel ini saya akan mengambil beberapa pidato yang telah disampaikan oleh orang-orang besar (para tokoh). Selain menyajikan pidato dari para tokoh, saya juga akan menyajikan beberapa contoh pidato lainnya. Yang tentunya bisa kalian jadikan refrensi/contekan ketika mendapatkan tugas membuat pidato.

Langsung saja berikut ini beberapa contoh pidato baik dan benar yang bisa kalian jadikan refrensi.

Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Assalamualaikum

Hadirin yang saya Hormati
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah, karena berkat limpahan nikmat dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul untuk menghadiri acara pagi hari ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Karena berkat perjuangan beliaulah pada pagi hari ini kita dapat merasakan indahnya Islam, manisnya iman. Kita selalu berharap semoga di hari kiamat kelak kita mendapatkan syafaat dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Siswa-siswa yang berbahagia
Disiplin merupakan sebuah sikap penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan memiliki sikap disiplin semua kegiatan dan aktivitas akan menjadi teratur, terarah dan akan terkonsep dengan baik yang akan menghanarkan kepada hasil yang memuaskan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentunya tidak hanya menerapkan disiplin dalam satu lingkup kerja saja. Akan tetapi kita harus menerapkan sikap disiplin dalam semua lingkup kehidupan. Misalnya kita selalu mengatur waktu dalam setiap hal, selalu datang tepat waktu di sekolah dan berbagai perkerjaan yang lainnya.

Hal tersebut memang terlihat sebagai hal yang sepele, saking sepelenya kita sering meremehkan hal tersebut. Yang akhirnya, kita tidak mengerjakan hal tersebut.

Padahal dari hal kecil tersebut, kita akan terlatih dengan hal yang besar. Oleh karena itu, selama kita menjadi seorang pelajar kita harus mengatur setiap kegiatan kita. Agar waktu yang kita miliki bisa dimaksimalkan sebaik mungkin.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan berguna bagi para siswa. Bila ada kesalahan dari tutur kata dan tingkah laku dari saya mohon dimaafkan, sekian terima kasih.

Wassalamualaikum

Penutup

Demikianlah artikel mengenai contoh pidato bahasa indonesia yang dapat admin sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah kalian semua.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena telah berkenan berkunjung ke halaman ini. Satu lagi, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, sekian terima kasih.

 

 

 

Tinggalkan komentar