6+Contoh Pidato Pepisahan (Kelas 6, 9, 12, Guru & Karyawan)

Pidato Perpisahan – Hai temen-temen semua bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap dalam keadaan sehat yah. Oke temen-temen pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit berbagi tentang contoh pidato perpisahan.

Pernah nggak sih kalian mengalami sebuah perpisahan, maksudnya pepisahan dalam hal resmi gitu. Kaya perpisahan sekolah, wisuda, perpisahan seorang guru dan lain sebagainya. Pasti di acara-acara seperti itu, akan menampilkan sebuah sambutan atau yang lebih kita kenal dengan pidato perpisahan.

Biasanya pidato perpisahan ini berisi mengenai ucapan terima kasih, ucapan maaf atau bahkan sebuah wasiat/nasihat. Oleh karena itu sebagai manusia yang memiliki akal pikiran, kita tidak ingin moment yang berharga ini hilang begitu saja. Tanpa meninggalkan sebuah kenangan, kesan bahkan mungkin terlupa begitu saja.

Sungguh kita tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, sebelum peristiwa tersebut menghampiri kita, alangkah baiknya bila kita mempelajari materi tersebut terlebih dahulu. Agar saat moment itu datang pada kita, kita tidak kebingungan mencari-cari pidato perpisahan yang akan kita sampaikan.

Selain membahas mengenai contoh pidato perpisahan, pada artikel ini saya juga akan mengupas materi mengenai pidato. Jadi selain kalian bisa melihat bagaimana contoh pidato perpisahan kalian juga akan memdapatkan ilmu tentang pidato itu sendiri.

Karena hari semakin sore, agar ilmu kita semakin bermanfaat marilah kita awali artikel ini dengan bacaan basmalah. Langsung saja berikut ini beberapa pemaparan materi mengenai pidato dan beberapa contoh pidato perpisahan.

Selamat Membaca!!

Pengertian Pidato

pengertian pidato perpisahan
Pidato Perpisahan-Pexels.com

Sebelum kita melangkah jauh mengenai pidato, sudah menjadi kewajiban kita mengetahui definisi pidato itu sendiri. Saya yakin ada di antara kita yang belum mengetahui definisi pidato, walaupun sering mendengarnya.

Apakah itu pidato? Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak umum guna untuk menyampaikan buah pikiran kita dengan cara menjelaskan. Pidato sendiri sering digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi, rapat atau acara resmi yang lainnya.

Bahkan pidato ini juga sering digunakan sebagai sarana menasehati, menegur, atau memberikan sebuah perintah. Karena digunakan dalam acara resmi, pidato harus disampaikan dengan menggunakan bahasa baku dan sopan.

Orang yang menyampaikan pidato bisa juga disebut dengan orator.

Bagian bagian Pidato

Bagian pidato
Bagian-bagian Pidato-Pexels.com

Untuk mempermudah para masyarakat yang akan berpidato, pidato memiliki beberapa bagian-bagian. Seperti yang kita ketahui semua, bagian pidato ialah pembukaan pidato, isi dan penutup pidato.

Dalam artikel ini saya hanya akan mengulas materi mengenai materi ini untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi halaman kami mengenai pembukaan dan penutup pidato. Berikut beberapa ulasan mengenai bagian-bagian pidato yang harus kalian ketahui.

Pembukaan Pidato

Bagian pertama yang akan kita bahas adalah pembukaan pidato, pembukaan pidato adalah sebuah kalimat singkat yang biasanya berbentuk ucapan syukur. Agar pidato yang kita sampaikan menjadi lebih bagus, disarankan dalam menyampaikan pembukaan ini tidak perlu berlama-lama, cukup 4-5 kalimat saja.

  • Contoh Pembukaan Pidato

Assalamualaikum

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah karena berkat rahmat dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan iman dan islam. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad, manusia mulia yang pernah menginjankan kakinya di muka bumi ini.

Seorang yang kita harapkan pertolongannya di hari kiamat kelak, dan seorang manusia yang telah berjasa membawa ajara islami ini dari jaman kegelapan menuju jaman sekarang ini.

Isi Pidato

Mungkin untuk bagian yang satu ini saya tidak perlu menulisnya pada paragraf ini, karena seperti yang kita ketahui bagian isi adalah bagian yang mengungkapkan maksud atau tujuan seorang pembicaran. Karena pada artikel ini kita membahas mengenai perpisahan, insyaallah pada pembahas mengenai contoh pidato perpisahan nanti saya akan memberikan contohnya.

Penutup Pidato

Seperti namanya, bagian penutup adalah bagian terakhir dalam susunan pidato. Seperti halnya bagian pembukaan, agar terlihat menarik, saat berada pada bagian penutup anda tidak disarankan berlama-lama. Pada bagian ini anda cukup berbicara sepatah atau dua patah kata saja.

Bagian penutup pidato biasanya digunakan untuk mengucapkan terima kasih, permohonan maaf atau bisa juga digunakan untuk memberikan kata kata motivasi kepada para pendengar. Atau apabila anda sedang berpidato di acara-acara yang berkaitan dengan agama, seperti maulid nabi, idul fitri dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya apabila penutup pidato ini juga mengandung sebuah doa. Pada intinya anda harus menyesuaikan kondisi dan situasi, dimana anda berpidato. Hal ini bertujuan agar pidato anda dapat lebih masuk(berkesan) di hati para pendengar, hal ini juga berlaku untuk pembukaan pidato.

  • Contoh Penutupan Pidato

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada perjumpaan kita pada acara (……..) pada (tergantung waktu). Semoga yang sedikit tadi bisa memberikan nasihat kepada diri saya pribadi dan para tamu undangan pada umumnya.

Tak lupa saya juga minta maaf bila dalam pidato saya terdapat banyak kekurangan, atau mungkin kurang berkenan di hati pada tamu undangan, saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Teknik Berpidato

metode pidato perpisahan
Teknik Berpidato-Pexels.com

Mungkin kebanyakan dari kita belum mengerti bagaimana cara berpidato yang baik dan benar. Semua orang pasti memulai keahlian mereka dari ketidakbisaan. Oleh karena kita belum bisa berpidato dengan baik dan benar (seperti pada ahli) setidaknya ada kemauan dalam diri kita untuk belajar, bagaimana cara berpidato yang baik dan benar?

Nah pada artikel kali ini saya juga akan berbagi beberapa terknik yang sering digunakan oleh para orator hebat. Bagaimanakah trik-trik yang digunakan para orator untuk menyampaikan perdapatnya melalui pidato? Kita simak beberapa penjelasan teknik pidato di bawah ini.

Metode Manuskrip (Naskah)

Metode pertama yang akan saya bahas adalah metode manuskrip (dengan naskah). Dari melihat namanya saja sudah bisa ketahui bahwasanya metode manuskrip adalah metode pidato dengan cara membaca. Orator menyampaikan pidatonya dengan cara membaca teks pidato yang telah dituliskannya.

Pidato semacam ini biasanya digunakan pada acara-acara resmi. Kelemahan metode ini, pembicara akan terlalu sering memandang teks pidato dari pada memandang para pendengar. Dan menurut saya pribadi hal ini akan mengurangi keindahan penyampaian pidato.

Metode Memoriter (Menghafal)

Yang selanjutnya adalah dengan menggunakan metode memoriter/menghafal. Metode ini dilakukan dengan cara orator menyampaikan pidatonya dengan cara menghafalakan teks pidato. Apabila kita memiliki ingatan hafalan yang kuat, bolehlah sesekali kita menggunakan metode ini.

Metode memoriter ini juga membutuhkan persiapan materi yang sangat matang agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Jujur saja, jika kalian seorang yang tidak terbiasa berpidato di depan umum, dan kita akan melakukan hal ini. Dan hasilnya, karena gugup materi yang telah kita hafal menjadi hilang entah kemana, hehe

Metode Ekstemporar (Catatan Kecil)

Metode selanjutnya ialah metode ekstemporar (catatan kecil). Metode ini lebih mirip dengan metode manuskrip/membaca. Akan tetapi pada metode ini, sang pembicara hanya membawa catatan kecil dari materi yang akan ia sampaikan bahasa mudahnya kerangkara materi.

Catatan tersebut berfungsi sebagai alat pengingat apabila sang pembicara lupa dengan materi yang akan disampaikan. Menurut saya cara ini adalah cara yang sangat efektif digunakan, karena pembicara tidak terlalu banyak memandang teks.

Metode Impromptu (Spontan)

Metode yang terakhir ialah metode impromptu atau sering juga disebut dengan metode spontan. Metode yang satu ini benar-benar dilakukan dengan spontan, bisa jadi pembicara tidak melakukan persiapan apapun sebelum berpidato. Cara ini biasanya digunakan oleh para orang yang telah terbiasa berbicara di depan umum.

Tentunya orang yang telah tekenal, atasan atau seorang yang memiliki pengetahuan yang luas. Biasanya metode ini banyak digunakan untuk sambutan-sambutan di acara-acara resmi.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

contoh pidato perpisahan sekolah
Contoh Pidato Perpisahan-Pixabay.com

Nah, setelah kita membahas mengenai beberapa materi dasar tentang pidato, sampailah kita pada inti artikel kali ini. Apakah itu? Dia adalah pidato perpisahan, disini saya akan memberikan contoh pidato perpisahan antara 3-5 saja. Insyaallah contoh tersebut cukup untuk dijadikan contoh untuk belajar.

  • Berikut Contoh Pidatonya

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah, karena Dia masih memberikan kita nikmat sehat dan nikmat kesempatan. Sehingga kita masih dapat berkumpul dalam acara kita pada pagi hari ini.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, yang telah membawa risalah islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah, seperti yang kita rasakan sekarang ini.

Tidak terasa waktu yang berlalu begitu cepat, tidak terasa bahwa saya dan teman-teman sudah menuntut ilmu di (nama sekolah) selama 3 tahun. Di hari ini kami telah dinyatakan lulus, dan akan melanjutkan kejenjang yang selanjutnya.

Hari ini adalah salah satu hari yang saya takuti. Karena dengan datangnya hari ini, kita semua harus saling meninggalkan dan saling berpisah. Akan tetapi saya juga sadar bahwa dengan adanya hari ini akan menjadikan diri saya menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

Dengan adanya hari ini kita bisa berkelana, berpetualang untuk meraih cita-cita yang kita inginkan.

Saya sebagai perwakilan dari para siswa mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru. Karena tanpa kehadiranmu kami tidak akan bisa melakukan apapun, engkaulah seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Akan tetapi engkaulah manusia-manusia yang telah berjasa untuk mencerdaskan para manusia.

Tanpa pamrih engkau mendidik kami, engkau hanya berharap agar kelak kami menjadi manusia yang bermanfaat bagi dunia ini.

Mungkin selama masa pendidikan diri kamu sering nakal, membantah dan sikap-sikap buruk yang lain. Akan tetapi engkau selalu memberikan belas kasihanmu, kasih sayangmu agar kami tidak bosan untuk belajar.

Wahai guruku kami selaku siswa memohon maaf apabila kami sering membuat engkau marah kepada kami. Kami mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya, tanpa dirimu mungkin kami tidak akan bisa menjadi manusia yang hebat seperti ini, guruku engkaulah pahlawan hidupku.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam sambutan kali ini. Apabila terdapat kesalahan mungkin dalam penyampaian, tutur kata dan tingkah laku saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dari saya atas seluruh perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

contoh pidato perpisahan kelas 6
Pidato Perpisahan-Pixbay.com

Salah satu acara sering kita dapati dalam kehidupan kita adalah acara perpisahan kelas. Dalam acara perpisahan kelas ini pasti akan ada sekurang-kurangnya 1 perwakilan dari siswa yang akan berpidato. Untuk itu saya akan sedikit berbagi contoh pidato perpisahan kelas 6 sd.

  • Berikut contohnya

Assalamualakum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang masih memberikan kita semua hidayah sehingga kita masih dapat berkumpul di tempat ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam, yang kita nanti-nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak.

Wahai teman-temanku, waktu berjalan begitu cepat sehingga kita bertemu dengan hari dimana kita harus berpisah dengan sekolah tercinta kita ini. Waktu 6 tahun terasa begitu cepat, mulai dari kita tidak bisa membaca, menulis sampai saat ini kita telah mempunyai kemampuan keduaanya.

Teman-teman tercinta, kita telah sampai di ujung pembelajaran kita di sekolah dasar ini. Dan ini bukanlah akhir dari usaha kita untuk menuntut ilmu. Karena jalan yang harus kita hadapi untuk mencapai kesuksesan masih sangat panjang dan terjal.

Kita masih harus melewati SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Maka dari itu, saya nasihatkan kepada diri saya dan teman-teman semua, agar tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Saya sebagai perwakilan dari para siswa mengucapkan banyak terima kasih untuk guru-guruku. Dimana engkau tanpa pernah lelah mendidik dan membimbing kami, agar kami bisa menjadi orang yang sukses di hari esok.

Apabila dalam proses belajar mengajar kami sering melakukan kesalahan atau sering nakal kami mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Wahai guruku, engkau akan selalu kami kenang dalam kehidupan kami, walau sampai kapanpun.

Sekian yang dapat saya sampaikan atas segala perhatian yang diberikan saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9

contoh pidato perpisahan kelas 9
Pidato Perpisahan Kelas 9-Pexels.com

Seperti yang saya katakan diatas, acara perpisahan adalah acara yang langka dalam kehidupan kita. Pada dasarnya diri (hati) kita sulit untuk menerima hal tersebut, karena pada dasarnya perpisahan adalah yang hal menyakitkan.

Karena pada contoh sebelumnya kita membahas mengenai contoh pidato perpisahan kelas 6. Akan saya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu pidato perpisahan kelas 9 (kelas 3 SMP). Akan tetapi isi pidato ini sama dengan yang sebelumnya, tapi nggak papa saya akan tetap memberikan contohnya.

  • Ini dia contoh pidato perpisahan kelas 9 yang baik dan benar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa. Karena berkat nikmatnya yang membuat kita masih bisa bertemu dalam acara pada pagi hari ini. Tak lupa semoga shalawar serta salam tetap tercurah limpahkan kepada manusia mulia yang pernah lahir di muka bumi, Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.

Seorang manusia yang kita nantikan syafaatnya di hari kiamat kelak, semoga beliau berkenan menerima kita sebagai umatnya. amin amin ya robbal alamin

Tidak terasa, saya dan teman-teman semua telah menuntut ilmi di (nama sekolah) selama kurang lebih 3 tahun. Dan bertepatan pada hari ini kita akan benar-benar lululr dari sekolah tercinta ini.

Hati ini sungguh berat untuk meninggalkan sekolah tecinta ini. Kepada kepala sekolah, kepada guru-guru dan staf yang turut andil dalam sekolah ini. Bagi kami akan sangat sulit untuk meninggalkan kalian semua, bahkan kami tidak akan pernah bisa membalas jasa kalian kepada kami selama ini.

Karena tanpa adanya dirimu apa arti kami, dengan gigih engkau mendidik kami agar menjadi manusia yang bermanfaat. Tanpa pernah mengeluh engkau membimbing kami agar kami menjadi seorang yang memiliki budi perkerti luhur.

Dan engkau selalu lantunkan nasihat-nasihat bagi diri kami. Begitu banyak ilmu yang telah engkau sampaikan kepada kami. Maafkanlah diri kami apabila selama masa belajar kami selalu membuatmu marah mungkin membuatmu menangis, kami memohon maaf yang sebesarnya.

Sekian yang dapat saya haturkan dalam sambutan pada acara pagi ini, apabila ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya, sekian terima kasih.

Pidato Perpisahan Kelas 12

contoh pidato perpisahan kelas 12
Pidato Perpisahan Kelas 12-Pexels.com

Agar contoh pidato perpisahan untuk acara perpisahan sekolah menjadi lengkap, saya juga akan memberikan sedikit contoh tengan pidato perpisahan kelas 12 (3 SMA). DI jenjang inilah seorang siswa harus bisa memberikan kesan kepada gurunya, karena pada jenjang inilah seorang siswa sudah bisa dikatakan dewasa.

Yang saya maksud memberikan kesan disini adalah ketika acara perpisahan. Karena kita sedang membahas mengenai pidato, seorang siswa SMA harus bisa memberikan kesan yang baik saat menyampaikan pidato perpisahannya.

Oleh karena itu, dalam menyampaikan pidato perpisahan kelas 12 kita harus menampilkan pidato yang lebih baik daripada jenjang sebelum-sebelumnya. Baiklah, bagaimana pidato yang baik untuk acara perpisahan kelas 12.

  • Berikut Contoh pidato perpisahan kelas 12

Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang maha kuasa. Karena berkat hidayah dan petunjuknya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhamaad sallallahu alaihi wasallam.

Manusia mulia yang pernah menginjakkan kakinya dimuka bumi ini. Karena kita merindukan perjumpaan dengan beliau, kita selalu ingin mengiru setiap perbuatan beliau dan menghafalkan setiap perkataan beliau. Semoga di hari kiamat kelak, kita diakui sebagai umatnya, amin

Waktu 3 tahun berlalu dengan cepat, tidak terasa bahwa kita sudah sampai di ujung belajar di sekolah tercinta ini. Hari ini merupakan hari yang sangat berkesan bagi kami, kami sebagai siswa (nama sekolah) harus berpisah dengan orang-orang yang telah berjasa mendidik kami.

Merekalah guru-guru kami, mereka dengan gigih mendidik kami, agar kami menjadi manusia yang bermaanfaat. Tak cukup itu, saat kami nakal mereka selalu datang dengan beribu-ribu nasihat dan juga harapan agar kami bisa berubah menjadi lebih baik.

Kami sebagai murid-murid bapak ibu guru mengucapkan banyak terima kasih, karena saat belajar di (nama sekolah) engkau dengan sabar mendidik kami. Nama kalian akan selalu ada di hati kami, nasihat-nasihat kalian akan selalu menjadi perkataan yang berharga bagi hidup kami.

Teman-teman tercinta, masih panjang masa depan yang harus kita lewati. Lulusnya kita dari (nama sekolah) tidak menjadikan kita untuk berhenti belajar. Akan tetapi kita akan menjalani kehidupan yang sebenarnya, kehidupan tanpa nasihat-nasihat dari guru kita.

Teman-teman ayo kita sama-sama berjuang, sama-sama memberi semangat untuk meraih cita-cita yang kita inginkan. tak lupa agar perjalanan kita menjadi lebih mudah, kami selaku murid meminta doa restu dari bapak ibu guru semua, agar senantiasa diberikan kemudahan dalam meraih cita-cita kami.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada sambutan kali ini, atas segala kekurangan saya mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian yang diberikan yang mengucapkan terima kasih.

Contoh Pidato Perpisahan Guru

Contoh pidato perpisahan guru
Pidato Perpisahan Guru-Blogsport.com

Karena pada contoh sebelumnya kita telah membahas mengenai contoh pidato perpisahan untuk siswa. Pada contoh yang satu ini kita akan bahas contoh pidato perpisahan untuk guru yang akan meninggalkan tempatnya mengajar.

Mungkin bisa disebabkan oleh bergantinya tugas kerja, peralihan tugas atau bisa juga disebabkan karena masa tugas yang telah usai (pensiun). Pada moment seperti ini biasanya sang pembiacara (guru) memberikan sebuah nasihat kepada muridnya, untuk lebih jelasnya berikut contoh pidatonya.

  • Berikut contoh pidato perpisahan guru

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Tiada ada kalimat yang bisa mewakili semua nikmat yang Allah berikan kepada kita selain kalimat syukur. Karena dengan nikmat dan petunjuk dari Allah lah yang membuat kita dapat berkumpul pada pagi hari dengan keadaan iman dan islam.

Sebuah nikmat yang tidak diberikan kepada seluruh makhluknya, oleh karena itu kita patut bersyukur. Karena Allah memilih kita untuk menjadi manusia-manusia yang mulia dihadapan Allah.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Manusia yang berjasa, yang telah memperjuangkan islam ini dari jaman jahiliyah menuju jaman islamiyah seperti saat ini yang kita rasakan.

Murid-muridku yang saya cintai, tibalah masa dimana usia memaksa saya untuk meninggalkan kalian. Tibalah saya di hari ini, hari dimana saya harus meninggalkan perkejaan saya sebagai tenaga pengajar.

Mungkin ini akan menjadi yang kesempatan terakhir saya untuk memberikan nasihat kepada kalian semua. Para siswa yang saya cintai, saya berharap kalian sadar bahwa kalian adalah manusia yang akan menjasi penerus bangsa ini.

Oleh karena itu, kalian harus memiliki cita-cita yang besar untuk memajukan bangsa ini. Kalian harus lebih giat dalam belajar, selalu taat kepada setiap peraturan yang ada dan selalu menghormati guru yang mengajar.

Jika selama mengajar saya pernah menghukum, mencubit, memukul kalian saya minta maaf. Semua itu saya lakukan sebagai bentuk kasih sayang saya kepada kalian semua. Agar kalian menyadari bahwa kalian melakukan sebuah kesalahan, dan supaya kalian mau merubah diri menjadi lebih baik lagi.

Saya melakukan itu semua bukan berdasarkan kebencian saya kepada kalian, tidak sama sekali. Jadi apabila selama mengajar saya memiliki kesalahan dari perkataan, tutur kata, cara mengajar dan lain sebagainya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Tak lupa saya berharap semoga sekolah ini tetap menjadi sekolah yang berprestasi dan melahirkan bibit unggul bangsa ini. Yang terakhir saya mengucapkan terima kasih karena selama mengajar kalian semua menghormati saya sebagai guru kalian.

Mungkin itu saja yang dapat saya haturkan pada kesempatan pagi hari ini, atas perhatian yang diberikan saya mengucapkan terima kasih.

NB: Pidato tersebut disampaikan kepada para siswa saat melaksanakan upacara bendera

Pidato Perpisahan Karyawan Kantor

contoh pidato perpisahan karyawan kantor
Pidato Perpisahan Karyawan Kantor-Pexels.com

Contoh pidato perpisahan yang terakhir adalah tentang karyawan yang akan resign dari tempat kerjanya. Mungkin hal ini jarang kita temukan, karena moment seperti ini hanya berlaku untuk orang yang telah memiliki jabatan/nama di perusahaan tersebut.

  • Berikut Contoh Pidato Perpisahan Karyawan Kantor

Asslamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah, karena berkat nikmatnya yang masih memperkenankan kita untuk berkumpul di tempat ini. Yang kedua shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga hari kiamat kelak.

Teman-temanku semua, hari ini mungkin akan menjadi hari terakhir saya untuk bekerja, berjuang bersama kalian. Karena saya harus berpindah tugas ke luar kota, yang membuat kita harus berpisah. Walaupun begitu saya tetap berharap agar kita selalu ingat antara satu sama lain.

Jangan jadikan perpisahan ini sebagai alasan kita untuk memutuskan tali silaturahmi di antara kita. Saya berharap teman-teman tetap semangat bekerja, dan menjadi seorang yang turut andil dalam kemajuan perusahaan. Semoga perusahaan kita ini bisa tetap berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya karena selama bekerja disini kalian menerima saya dengan segala kekurangan. Melalu ramah, membantu setiap masalah yang tidak saya bisa selesaikan, tanpa hadirnya kalian mungkin saya tidak bisa menjadi sehebat ini.

Tak lupa saya juga mohon maaf jika selama bekerja saya mempunyai kesalahan kepada kalian semua, yang diketahui atau yang tidak di ketahui saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga kepergian saya tidak mengurangi rasa cinta kalian kepada saya. Atas segala perhatiaannya saya ucapkan terima kasih.

Penutup

Nah mungkin itu dia temen-temen contoh pidato perpisahan yang dapat saya sampaikan pada artikel saya kali ini. Semoga yang sedikit tadi bisa bermanfaat dan membantu permasalahan kalian semua, jika ada lebihnya mungkin bisa di bagikan kepada temen-temen kalian semua.

Tapi kali ada salahnya, mungkin dari perkataan, pernulisan atau apalah. Mohon sampaikan kepada saya melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Atas kunjungannya ke halama ini saya mengucapkan terima kasih.

Tinggalkan komentar