Hewan Omnivora yang hidup disekitar kita

hewan - omnivora

Hewan Omnivora adalah golongan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan serta daging. Atau, istilah lainnya yaitu kombinasi antara hewan karnivora dan herbivora. Hewan ini juga berasal dari darat dan ada juga yang dari air.

Namun, hewan omnivora tidak buas seperti halnya hewan karnivora walaupun sama sama memakan daging.

Sedangkan, omnivora memakan daging dari binatang yang ukurannya lebih kecil dan itupun bukan makanan utama. Omnivora ini sendiri adalah hewan pemakan segalanya yang membuat bentuk serta rangka tubuh memiliki perbedaan dengan kedua jenis hewan karnivora dan herbivora.

Hal ini bisa dilihat dari bentuk gigi dan rahang yang dipakai untuk mencerna berbagai macam makanan.

Habitat Hewan Omnivora

Pada dasarnya hewan omnivora diciptakan untuk dapat hidup diberbagai alam. hal tersebut dikarenakan omnivora dapat memakan semua jenis makanan.

Tidak terbatasi seperti halnya karnivora dan herbivora yang makanan utamanya daging dan tumbuhan. Omnivora dapat memakan daging, tumbuhan, biji-bijian ataupun hewan-hewan kecil.

hal tersebutlah yang menjadi alasan utama bagi omnivora bisa bertahan disegala alam.

Ciri ciri hewan omnivora

Sama halnya dengan hewan karnivora dan hewan herbivora, maka ada beberapa ciri dari hewan pemakan segalanya.

Apa saja itu? Yang pertama adalah hewan ini memakan tumbuhan serta daging. Kemudian memiliki pencernaan yang cukup kompleks dan memiliki gigi tajam pada bagian depan.

Sementara itu, pada bagian belakang ada gigi yang datar.

Contoh Hewan Onmivora

Tanpa kita sadari hewan-hewan omnivora hidup disekeliling kita. Sebagai contohnya adalah ayam dan tikus dan masih banyak lagi. apa lagi contohnya hewan omnivora.

Ayam

Sumber : hewanpedia.com

Ayam adalah salah satu hewan yang kerap dijumpai disekitar kita. Mengapa disebut hewan pemakan segalanya? Karena ayam bisa makan rumput, padi padian, biji bijian, sayur dan buah.

Selain itu, juga memakan cacing tanah, serangga, keong, dan lainnya. Adapun cara yang digunakan yaitu mengais ngais tanah yang ada disekitarnya.

Tikus

Sumber : pikiranrakyat.com

Tikus adalah hewan yang makan tumbuh-tumbuhan seperti jagung, padi atau kelapa. Sementara itu, tikus juga kerap makan makanan seperti daging atau ikan. Itulah yang menjadi penyebabnya mengapa tikus termasuk dalam golongan omnivora.

Ikan Lele

Sumber : cermati.com

Ikan ini mampu bertahan di segala kondisi medan apapun. Adapun makanan utamanya adalah tanaman air, lumut, ikan kecil, cacing tanah, amfibi dan serangga air.

Lele bisa berada di air yang cukup keruh sekalipun serta perairan yang cukup kotor.

Kucing

Sumber : theconversation.com

Kucing adalah salah satu jenis hewan pemakan segalanya. Karena selain suka daging, kucing juga suka makan rumput. Tidak sedikit pemiliknya memberikan nasi yang merupakan biji bijian.

Babi

Sumber : liputan6.com

Bagi adalah salah satu jenis hewan yang kerap dipelihara. Biasanya, makanan yang diberikan adalah rumput, dedak dan biji bijian. Sementara itu, ada juga yang makan serangga.

Udang

Sumber : KKP.com

Udang adalah salah satu hewan laut yang masuk pada kelompok hewan omnivora karena memakan plankton. Selain itu ada juga tumbuhan air dan daging dari hewan yang sudah mati.

Bebek

Sumber : wikipedia.com

Bebek adalah hewan pemakan segalanya dikarenakan bebek bisa makan daun dan cacing dimana keduanya sudah termasuk tumbuhan dan daging.

Jika di air tawar, bebek adalah pemakan segalanya mulai dari serangga, cacing, tanaman, ikan hingga katak kecil.

Gorila

Sumber : theconversation.com

Adalah hewan jenis primata yang memiliki tubuh besar dibandingkan jenis primata lainnya. Hewan ini makan makanan tumbuhan namun tidak jarang memakan serangga.

Sebagai informasi tambahan, Gorilla memiliki DNA yang cukup identik dengan manusia atau sekitar 97-99%.

Adapun kemiripan ini bisa dilihat dari struktur tubuh yang terkesan tegap dan memiliki tangan dan kaki. Bahkan, dari segi intelegensi pun cukup tinggi.

Semut

Sumber : shopback.com

Kita pasti sepakat bahwa hewan ini kerap ditemui dimana mana dan kadang cukup menjengkelkan. Termasuk pemakan segalanya karena suka makan makanan yang diletakkan dimana saja.

Mulai dari tumbuhan, daging, sayur, telur dan lainnya.

Musang atau Luwak

Sumber : pinters.com

Biasanya, hewan ini hidup diatas pohon yang cukup tinggi seperti pohon aren atau pohon kelapa. Musang ini sebenarnya makan pisang dan pepaya serta lainnya namun makan serangga, tikus, moluska dan hewan kecil lainnya.

Burung Jalak

Sumber : jalaksurennet.com

Burung jalak memiliki ukuran tubuh sekitar 20-25 cm yang didominasi warna bulu hitam. Kemampuannya cukup beragam seperti kicaunya yang begitu kuat, lincah dan mampu meniru suara burung lainnya.

Adapun makanan yang dimakan adalah serangga, pisang dan pepaya.

Paus

Sumber : mainmain.id

Hewan ini sangat suka makan crustacea serta cumi cumi, krill dan copepoda dalam jumlah kecil. Paus sendiri memiliki tubuh yang cukup besar dan tinggal di samudra.

Landak

Sumber : arafuru.com

Makanan yang kerap dimakan adalah serangga serta binatang-binatang kecil lainnya seperti jangkrik, siput, katak dan cacing. Selain itu, landak makan daun, batang pohon dan pohon yang punya kulit kayu muda.

Tupai

Sumber : tipswisatamurah.com

Merupakan jenis hewan omnivora yang makan tumbuh tumbuhan seperti jamur, kulit kayu, buah dan biji bijian. Selain itu, serangga kecil yang ada di pohon pun turut dimakan juga.

Kecoa

Sumber : dekoruma.com

Kecoa adalah serangga omnivora serta pemakan oportunistik karena mereka menyantap makanan apa saja yang ditemui.

Anjing Hutan

Sumber : youtube.com

Anjing hutan adalah salah satu jenis omnivora dikarenakan makan berry, buah buahan, carrio, rumput, serta makan hewan yang ukurannya lebih kecil seperti kelinci misalnya. Atau, bisa juga ular, burung, serangga, kadal dan lainnya.

Cacing

Sumber : youtube.com

Siapa yang tidak tau cacing, hewan yang sangat bermanfaat untuk kesuburan tanah. Selain itu terkadang kita juga memanfaatkan caci sebagai umpan saat memancing ikan.

Cacing juga salah satu hewan pengurai yang bisa makan sisa-sisa tumbuhan dan organisme yang sudah mati.

Lumba-lumba

Sumber : detik.com

Lumba-lumba adalah seekor mamalia laut yang termasuk dalam golongan hewan pintar didunia. Tidak jarang kita melihat lumba-lumba tampil dalam acara atraksi.

Lumba lumba adalah hewan air yang makan cumi cumi, plankton, ikan kecil dan lainnya.

Berang-berang

Sumber : urbanasia.com

Untuk hewan yang satu ini, tidak sedikit yang beranggapan bahwa memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Tubuhnya cukup panjang, kakinya pendek dan warna bulunya coklat tua atau hitam.

Disebut hewan pemakan segalanya karena memakan jenis tumbuh tumbuhan dan ikan ikan yang ada di sungai.

Orang Utan

Sumber : theconversation.com

Orang utan salah satu hewan omnivora yang biasanya diidentikkan dengan bulunya yang berwarna kecoklatan dan lengan yang cukup panjang. Orangutan ini sendiri makan tumbuh tumbuhan serta serangga.

Leave a Comment