Pengertian, Jenis Dan Contoh Paragraf Induktif

Contoh paragraf induktif – Setelah selesai membahas tentang contoh paragraf deduktif, pada artikel sebelumnya. Pada artikel kali ini kita akan belajar bersama tentang contoh paragraf induktif. Selain membahas tentang contoh paragra induktif, kita juga akan belajar mengenai materi tentang paragraf induktif.

Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya dan tujuan pembuatan paragraf induktif, pokoknya lengkap deh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak baik-baik penjelasan dan penjabaran tentang contoh paragraf induktif. Langsung saja penjelasan mengenai paragraf induktif kurang lebihnya sebagai berikut.

Untuk materi mengenai pendidikan-pendidikan yang lainnya dapat kalian pelajari di situs kursus, dijamin deh, gak bakalan nyesel.

Selamat Membaca!!

Pengertian Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf induktif
Pengertian Paragraf Induktif-Pexels.com

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai contoh paragraf induktif, alangkah baiknya apabila kita mengetahui definisi paragraf induktif. Karena mengetahui pengertian suatu hal akan menjadi modal utama untuk mempelajarinya lebih jauh. Maka dari itu penting untuk kita ketahui pengertian dari paragraf induktif.

Langsung saja, paragraf induktif merupakan lawan dari paragraf deduktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki kalimat utama yang berada di akhir paragraf. Pola penyampaian paragraf induktif adalah, memiliki pola penyampaian mulai dari kalimat penjelas menuju kalimat utama, atau dari khusus menuju ke umum.

Jenis Paragraf Induktif

Jenis paragraf induktif
Jenis Paragraf Induktif-pexels.com

Paragraf induktif sendiri memiliki beberapa jenis, dan setiap jenis dari paragraf induktif memiliki perbedaan antara satu sama lain. Sebelum membahas tentang contoh paragraf induktif, kita harus mengetahui jenis paragraf induktif terlebih dahulu. Agar kedepannya kita bisa mengetahui konsep yang diterapkan dalam paragraf ini.

1. Pola Generilasi

Yang pertama adalah pola generilasi, yaitu sebuah paragraf yang bersifat mengembangkan kaliamat atau peritiwa khusus menjadi kalimat yang lebih umum. Yang menghasilakan sebuah kesimpulan dari kalimat yang dituliskan sebelumnya, pola ini juga memiliki pola sebab akibat.

2. Pola Analogi

Yang kedua adalah pola analogi, dalam menuliskan paragraf ini, penulis harus membandingkan dua buah objek. Tetapi objek yang dibandingkan dalam paragraf ini harus memiliki kesamaan sifat. Paragraf induktif jens ini dituliskan berdasarkan fakta yang ada, yang bertujuan untuk mempertegas kesimpulan.

3. Pola Hubungan Kausal

Pola hubungan kausal adalah sebuah paragraf yang dituliskan berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi. Dalam menyampaikan paragraf induktif jenis ini, penulis harus menggunakan menggunakan pola sebab akibat. Paragraf ini juga memiliki kesamaan dengan jenis generilasi yang sama-sama menggunakan pola sebab akibat.

Contoh Paragraf Induktif

Setelah selesai mempelajari beberapa materi tentang paragraf induktif. Kita akan melanjutkan pembahasan artikel  ini dengan mengenal beberapa contoh pargraf induktif. Untuk lebih jelasnya, simaklah beberapa contoh paragraf induktif sebagai berikut.

 

Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Contoh paragraf induktif
Contoh Paragraf Induktif-Fajar.co.id

Pada jaman ini kejahatan di Indonesia semakin merajalela, parahnya yang menjadi pelaku kejahatan adalah generasi muda kita. Salah satu penyebab mereka melakukan hal tersebut adalah narkoba. Ketika para pecandu narkoba ini tidak memiliki uang untuk membili obat-obat mereka akan melakuakan segala cara untuk mendapatkan uang.

Dan salah satu kejahatan yang sering terjadi pada akhir-akhir ini adalah begal. Yaitu seorang penjahat yang memaksa korban untuk memberikan harta yang dimilikinya. Bila mereka tidak memberikan harta yang mereka miliki para begal ini tidak segan untuk membunuh korbannya.

Selain membuat pecandunya melakukan segala cara untuk mendapatkannya narkoba. Semua dokter telah sepakat bahwa mngkonsumsi narkoba secara berlebihan dapat memicu beberapa penyakit berbahaya. Intinya adalah narkoba dapat merusak mental dan fisik para penggunannya

Menjaga pola makan

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Pexels.com

Semua orang yang hidup di dunia ini pasti menginginkan dirinya selalu sehat, karena sehat adalah sesuatu yang mahal. Tidak sedikit orang kaya yang tidak dapat merasakan kebahagiaan karena tubuh mereka selalu sakit. Salah satu yang memicu datangnya berbagai penyakit adalah makanan.

Seorang yang tidak bisa menjaga pola makannya bisa dipastikan ia akan mudah terjangkit penyakit. Dan tidak sedikit orang yang terlihat selalu sehat, karena ia selalu menjaga makanan dan pola makannya. Pola makan adalah salah satu cara yang dapat ditempuh manusia agar selalu sehat.

Manfaat Buah Kurma

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Seruni.id

Kurma merupakan buah yang hanya dapat tumbuh di daerah panas, terutama di negara Arab Saudi. Bahkan di Arab Saudi buah kurma seakan menjadi salah satu makanan wajib masyarakat sekitar. Buah ini memiliki ukuran kecil, berwarna merah tetapi memiliki rasa manis.

Rasa dari buah ini tergantung dari jenis dan kualitas buah kurma itu sendiri. Ada salah satu jenis kurma yang memiliki rasa yang sangat manis dan digemari banyak masyarakat  adalah kurma najwa. Disamping memiliki rasa yang sangat manis kurma jenis ini juga memiliki kandungan gizi yang banyak.

Walaupun begitu jenis-jenis kurma yang lain tidak kalah dengan kurma ajwa, entah dari rasa maupun dari kualitas gizi. Pada dasarnya segala jenis buah kurma memang memiliki rasa yang manis dan kandungan gizi yang banyak. Dan semua peneliti telah mengatakan hal yang sama tentang khasiat kurma bagi tubuh manusia.

Tetapi untuk di Negara Indonesia sendiri, buah kurma akan sering kita jumpai pada saat-saat tertentu saja. Terutama pada saat menginjak bulan ramadhan, pasti kita akan melihat berbagai jenis kurma dijual diberbagai kios toko. Hal ini seakan menjadi hal yang lumrah dan menjadi hal yang rutin terjadi setiap tahun.

Pada dasarnya mereka melakukan hal tersebut bukan atas kemauan mereka sendiri, akan tetapi karena perintah yang dibebankan kepada mereka. Mereka melakukan itu seakan-akan untuk meniru kebiasaan yang diajarkan Nabi Muhammad kepada mereka.

Dan itu mereka lakukan semata-mata karena kecintaan umat Islam kepada Allah dan Rasulnya. Jadi pada intinya selain memiliki berbagai macam kebaikan bagi tubuh, mengkonsumsi kurma juga merupakan salah satu sunnah rasul.

Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Wordpress.com

Akhir-akhir ini banyak maha siswa yang memanfaatkan sampah, mereka menjadian benda ini menjadi berbagai kerajinan. Mereka memanfaatkan sampah karena mereka prihatin mengenai masalah sampah yang tak kunjung selesai. Kerajinan yang mereka buat beragam mulai dari mobil-mobilan, figura dan lain sabagainya.

selain dijadikan sebuah kerajinan mereka juga mebinisiatif untuk mengolah sampah menjadi bahan yang berguna bagi kehidupa. dengan tujuan, agar benda ini tidak selalu merepotkan manusia. Karena dibalik masalah yang membuat pusing ternyata sampah juga memiliki berbagai manfaat bagi manusia.

Kerusakan Hutan

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Brilio.net

Pada jaman sekarang ini, tidak bisa dipungkiri lagi banyak bencana alam yang terjadi di dunia, tidak terkecuali indonesia. Bila berbicara tentang indonesia, tidak akan terlepas dari bencana banjir, bahkan bencana ini telah menjadi hal yang wajar terjadi di Indonesia.

Hampir semua kota besar di indonesis pernah di timpa dengan bencana ini. Bahkan yang sering menjadi langganan bencana banjir adalah ibukota negara indonesia itu sendiri. Salah satu penyebab terjadinya bencana banjir adalah kerusakan hutan yang ada di Indonesia.

Karena sulitnya mencari uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga, tidak sedikit orang yang menghalakan segara cara dalam mencari uang. Salah satu jalan yang ditempuh oleh sebagian orang yaitu dengan menebang hutan secara liar. Mereka tidak memperdulikan akibat kedepannya atas perbuatan yang mereka lakuakan ini.

Selain untuk menyegarakan udara, salah satu fungsi hutan ialah untuk menampung air yang ada ditanah. Apabila hutan yang ada ini telah dirusak, bagaimana hutan bisa menampung seluruh air yang ada ditanah. Oleh karena itu bukan hal mustahil bila bencana banjir sering melanda Indonesia.

Dengan begitu kita harus sadar tentang masalah-masalah yang menimpa negara kita, kita harus lebih memperhatikan kelestarian hutan. Dengan begitu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kerusakan hutan merupakan salah satu pemicu berbagai bencara di Indonesia.

Contoh Paragraf Indiktif Tentang Masyarakat

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Foba1.com

Siapa yang tidak tau dengan Real Madrid, yah sebuah tim sepakbola yang termasuk dalam penguasa sepak bola di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Real Madrid juga menjadi salah satu tim yang ditakuti oleh tim-tim besar lainnya. Buktinya pada musim lalu Real Madrid berhasil memenangkan kompetisi Liga Champion, yang merupakan kompetisi tertinggi dalam sepak bola dunia.

Tidak hanya Liga Champion, Real Madrid juga mengukir beberapa prestasi pada musim lalu. Dan salah satu prestasi yang juga tidak kalah penting adalah Real Madrid mampu mengalahkan Barcelona dalam kompetisi liga. Yang paling penting, semua prestasi yang mereka raih dapat tercapai karena adanya kerja sama tim yang baik.

Handphone Dalam Kehidupan Manusia

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-gedubar.com

Pada jaman sekarang ini, semua kegiatan manusia tidak bisa terlepas dari hanphone. Walaupun benda ini berbentuk kecil, tetapi benda ini memiliki berbagai manfaat bagi kegiatan manusia. Seperti untuk berkomunikasi, untuk memutar video, memutar music dan lain sebagainya.

Karena saking canggihnya benda ini, tidak ada seseorangpun yang bisa terlepas dari benda ini, mungkin bila ada jumlahnya akan sangat kecil. Selain beberapa manfaat yang saya sebutkan diatas, seseorang dapat mengakses atau mencari informasi dengan sangat cepat dengan benda ini.

Selain memiliki sisi positif, handphone juga memiliki sisi negative bagi kelompok yang tidak bisa menggunakan alat ini. Kebanyakan kelompok yang menyalahgunakan alat ini adalah para anak muda dan para pelajar. Tidak sedikit dari kalangan mereka yang menggunakan benda ini hanya sekedar untuk kesenangan mereka saja.

Misalnya dengan bermain game, untuk pacaran bahkan bisa juga untuk melihat sesuatu yang tidak pantas dilihat. Dan semua hal itu bisa saja terjadi, tergantung bagaimana cara kita menggunakan benda ini. Bila kita bisa menggunakannya, benda ini bisa sangat membantu dan bermanfaat bagi kehidupan kita.

Begitu juga sebaliknya, apabila kita tidak bisa menggunakan benda ini. Bukan tidak mungkin handphone akan menjadi salah satu penyebab kegagalan kita dalam meraih cita-cita. Dengan begitu, selain memiliki berbagai manfaat handphone juga memiliki sisi negatif, tergantung bagaimana cara penggunaannya.

Pemandangan Sore hari

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif-Wordpress.com

Langit mulai memerah, dan matahari pun mulai meninggalkan bumi dengan perlahan. Beberapa pedagang juga mulai mengemasi dagagannya, agar dapat segera bergegas pulang kerumah. Tak terkecuali denganku, aku segera mengemasi lapak yang aku gunakan untuk berjualan sehari-hari.

Tetapi ada sebagian pedagang yang memulai aktivitasnya mulai dari sore hari hingga pagi hari. Tetapi untuk pedagang seperti ini biasa didominasi oleh pedagang yang menjual dagangannya dengan jumlah besar. Dan bigitulah pemandangan ketika sore hari di pasar minggu.

Menjadi Pengusaha

Contoh Paragraf Induktif
Contoh Paragraf Induktif

Banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi seorang pengusaha. karena seorang pengusaha dapat menghasilakan uang yang banyak hanya dengan waktu sekejap. Oleh karena itu banyak orang yang berusaha keras agar dapat menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Tidak banyak orang yang bekajar hingga keluar negeri, dengan harapan saat mereka kembali ke Indonesia dapat menjadi seorang pengusaha. Dan tidak sedikit orang yang sukses ketika mereka bekerja dengan keras. Karena berusaha keras adalah salah satu cara yang dapat diusahakan manusia agar menjadi pengusaha.

 

Tinggalkan komentar