Contoh Surat Undangan Resmi & Surat Undangan Tidak Resmi

Contoh Surat Undangan– Tahukah kalian apa itu surat undangan? Mungkin kebanyakan dari kita telah mengenal dengan jenis surat yang satu ini. Surat undangan adalah surat yang dibuat dengan tujuan mengajak seseorang atau pihak lain untuk menghadiri sebuah acara tertentu.

Nah, untuk kalian yang akan mengadakan sebuah acara, saya sarankan untuk membaca tulisan ini. Agar saat acara itu akan segera dilaksanakan kalian tidak perlu susah-susah mencari orang untuk membuatkan surat ini. Apalagi kalo harus keluar duit, kan lumayan bisa sedikit lebih hemat. hehe

Mungkin itu sedikit gambaran mengenai contoh surat undangan yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Bagaimana penjelasan yang lebih detailnya, marilah kita simakbaik-baik penjelasan tentang surat undangan sebagai berikut :

Selamat membaca !!

Macam-macam Surat Undangan

Surat undangan adalah surat yang dibuat untuk mengajak seseorang atau pihak tertentu untuk menghadiri acara tertentu. Acara disini, bisa diartikan acara resmi ataupun acara tidak resmi. Oleh karena sebab itu, surat undangan dibagi menjadi dua bagian, yaitu surat undangan resmi dan surat undangan tidak resmi.

Tentunya kedua surat ini memiliki beberapa perbedaan, entah dari penulisannya, cara membuatnya mungkin juga tujuannya. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan tentang perbedaan surat undangan resmi dan tidak resmi, Sebagai berikut :

1. Surat Undangan Resmi

Surat undangan resmi ialah surat undangan yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga yang ditujukan kepada perseorangan atau lembaga lain. Karena bersangkutan dengan sebuah lembaga, jadi surat undangan resmi harus disampaikan dengan menggunakan bahasa yang formal.

Selain itu penulisan surat undangan resmi juga harus mengikuti kaidah yang berlaku. Beberapa kaidah yang harus diperhatikan oleh penulis saat menulis surat undangan resmi. Harus menggunakan kalimat yang baku dan menggunakan EYD. Dan salah satu ciri utama surat undangan resmi ialah menggunakan kop surat.

Ciri-ciri Surat Undangan Resmi

  • Terdapat kepala atau kop surat pada awal surat.
  • Terdapat nomor, lampiran dan perihal dalam surat .
  • Disampaikan dengan bahasa yang formal.
  • Dituliskan dengan kalimat yang baku dan menggunakan EYD.
  • Memiliki tanda tangan dan stempel suatu lembaga yang bersangkutan.

2. Surat Undangan Tidak Resmi

Berbeda halnya dengan surat undangan tidak resmi, dari namanya saja kita sudah bisa menebak pengertian surat ini. Yaps, surat undangan tidak resmi ialah surat yang dituliskan individu untuk mengajak pihak lain untuk menghadiri sebuah acara.

Acara yang dihadiripun tidak sama dengan acara yang dihadiri surat undangan resmi. Biasanya surat undangan tidak resmi banyak digunakan untuk mengajak seseorang menghadiri acara perorangan atau pribadi. Misalnya seperti resepsi pernikahan, tahlilan, aqiqoh, syukuran dan yang semisalnya.

Jadi untuk penulisan surat undangan tidak resmi, tidak sama dengan penulisan surat undangan resmi. Penulisan jenis surat ini lebih luwes dan tidak terlalu dibatasi. Tetapi walaupun begitu, seorang harus tetapi tau diri dan menuliskan surat ini dengan bahasa yang sopan dan santun.

Ciri-ciri Surat Undangan Tidak Resmi

  • Nama dan alamat pengirim ditulis dengan jelas
  • Nama dan alamat penerima ditulis dengan jelas
  • Hari, tanggal, tempat, waktu acara harus ditulis dengan jelas.
  • Disampaikan menggunakan bahasa yang santun, menarik dan komunikatif.

Bagian-bagian Surat Undangan

Setelah membahas tentang macam-macam surat undangan kita akan lanjutkan pembahasan dengan mengenal bagian-bagian. Agar saat kalian memiliki acara kalian tidak perlu repot-repot untuk meminta bantuan orang lain. Menurut saya bagian surat merupakan materi terpenting dalam surat undangan.

Kenapa seperti itu?? Karena saat kalian mengetahui bagian-bagian surat, kemungkinan besar kalian akan bisa menyusun sebuah surat sendiri, walaupun tidak mengetahui pengertiannya. Akan tetapi akan sangat baik bila kalian mengetahui pengertiannya sekaligus mengetahui bagian-bagiannya.

Langsung saja, bagian-bagian yang harus disertakan dalam pembuatan surat undangan sebagai berikut :

1. Kop

Seperti yang saya katakan diatas, untuk surat undangan resmi harus menyertakan kop surat pada bagian awal penulisan. Tetapi untuk surat undangan tidak resmi tidak harus diberi kop surat.

Seperti kop surat pada surat resmi, kop surat pada surat undangan resmi juga bertujuan untuk menunjukkan lembaga yang mengirim surat tersebut. Selain itu, juga untuk menandakan bahwa surat itu benar-benar dikeluarkan oleh lembaga yang menulis surat.

2. Tanggal pembuatan

Seperti jenis surat lainnya, dalam pembuatan surat undangan penulis harus menyertakan tanggal pembuatan. Biasanya penulisan tanggal pada surat ini disertai dengan penulisan nama tempat. Untuk penulisan nama tempat sendiri harus diawali dengan huruf kapital atau huruf besar.

Dan pemisah antara tempat dan tanggal pembuatan surat dengan tanda koma, dan tidak diakhiri dengan tanda titik. Penempatan tempat dan tanggal ini biasanya berada pada bagian kanan atas surat. atau bisa juga ditempatkan pada bagian kiri atas surat, tergantung keperluan.

Contoh :

Jakarta, 10 November 2017, Jakarta, 10-11-2017 atau Jakarta, 10/11/2017

Dalam menuliskan tempat dan tanggal kalian dapat memilih salah satu dari contoh yang saya sebutkan diatas. akan tetapi yang lebih sering digunakan adalah yang pertama kali saya tulis. Untuk surat undangan resmi penulis harus menyertakan tempat dan tanggal pembuatan.

3. Nomor, Lampiran Dan Perihal

Untuk ketiga bagian ini hanya berlaku untuk surat undangan resmi saja dan tidak berlaku untuk surat undangan tidak resmi. Dalam menuliskan tiga bagian ini tidak boleh dituliskan dengan asal-asalah. Apalagi untuk nomor surat, karena setiap huruf dan angka pada nomor surat memiliki makna sendiri-sendiri.

4. Salam pembuka

Setelah menuliskan beberapa bagian yang bisa dibilang dengan bagian awal surat, kita masuk dalam bagian isi surat. Bisi surat yang pertama adalah salam pembuka, salam pembuka biasanya dituliskan dengan kata-kata yang biasa digunakan dialog.

Contoh Salam pembuka : Hormat kami, hormat saya dan lain sebagainya.

5. Bagian Isi

Isi surat merupakan bagian terpenting dalam jenis surat manapun, termasuk surat undangan. Karena maksud dan tujuan dari surat ini di tuliskan pada bagian ini. Biasanya bagian isi surat ini berisi tentang Hari dan tanggal, waktu dan tempat acara, sebagai sarana informasi bagi pembaca.

Dan untuk bagian ini harus dituliskan dengan sejelas-jelasnya, agar pembaca tidak kebingungan dengan apa yang dimaksud penulis. Akan lebih baik apabila bagian isi surat ini disampaikan dengan cepat dan tidak berbelit-belit. Dan bagian ini juga berlaku untuk surat undangan resmi maupun tidak resmi.

6. Penutup

Bagian yang terakhir adalah bagian penutup surat, perlu diketahui penulisan penutup surat undangan resmi tidak sama dengan surat undangan tidak resmi. Untuk surat undangan resmi selain menuliskan paragraf penutup juga harus menyertakan tanda tangan dan stempel dari lembaga yang terkait.

Beda halnya dengan surat undangan tidak resmi, untuk penutup jenis surat ini penulis tidak perlu menyertakan tanda tangan dan stempel. Dan cukup menuliskan paragraph penutup saja, untuk lebih baiknya paragraf penutup tidak perlu dituliskan dengan panjang, cukup 1 sampai 2 baris saja.

Contoh Surat Undangan Resmi

Setelah mengetahui beberapa materi tentang surat undangan. Kita akan melanjutkan pembahasan pada artikel kali ini dengan mengenal beberapa contoh surat undangan. Agar kalian bisa lebih faham dengan penjelasan saya diatas, kita mulai dari contoh surat undangan resmi terlebih dahulu.

Beberapa contoh surat undangan resmi sebagai berikut ;

Contoh Surat Udangan Acara Perusahaan

PT ROCKET MANAJEMEN

Jl.Solo Km. 5,5 Sleman Yogyakarta

Telp (0271) 2424242 Fax ( (0271) 2424245

Email : [email protected] www.rocket manajemen.com

Sleman, 18 Juni 2017

Nomor        :A.004/DTU/PTRM/VIII/2017

Lampiran    : –

Hal               : Undangan Rapat

Kepada Yth.

Bapak Nurul Saputro

General Manger PT.Rocket Manajemen

Jl. Taman Siswa Km. 12 Bantul

Yogyakarta

Dengan Hormat

Sehubungan dengan PT.Rocket Manajemen yang akan melaksanakan rapat kerja nasional ke-7, maka dengan ini mengundang selurh General Manager dan Manager Marrketing Cabang seluruh Indonesia agar dapat menghadiri rapat kerja nasional tersebut. Rapat kerja nasional ini akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   :Senin-Rabu, 28 Juni – 30 Juni 2018

Waktu              : Pukul 09.00-16.00 WIB

Tempat            :    Hotel Grand Royal, Jl Pahlawan Km.17 Bantul Yogyakarta

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat betapa pentingnya acara ini kami sangat berharap kehadiran dari Bapak/Ibu tepat waktu. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

 Direktur

Rocket Manajemen Pusat

 

Dr, Ir, H Sutomo

 

 

Contoh Surat Undangan Acara Rapat

PERUMAHAN CITRA KEBUN MAS

BLOK “K” RT 43 RW 13

Desa Bengle, Kec Majalaya Karawang

Karawang, 14 Febuari 2013

No               : 001/CKM-K/43/II/2013

Lampiran   : –

Kepada Yth.

Bapak-bapak Warga RT 43

Di Tempat

Perihal : Undangan Rapat Warga RT 43

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah, atas rahmat dan nikmatnya yang telah dilimpahkan kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam serta keluarganya dan sahabatnya yang telah berjuang di jalan Allah sampai kepada kita semua sebagai umatnya.

Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi dan tali persaudaraan antar warga serta perntingnya informasi tentang perkembangan lingkungan dank e-RT-an blok K, kami selaku pengurus RT43 mengundang bapak-bapak untuk hari pada :

Hari/Tanggal  : Sabtu, 16 Febuari 2013

Waktu             : Pukul 19.30 s/d 22.00 WIB

Tempat           :  Lapangan Badminton Blok K

Keperluan       : Penyampaian Susunan pengurus Rt yang baru

Mengingat pentingnya acara tesbut, kami selaku pengurus RT 43 sangat mengharapkan kahadiran bapak-bapak tepat waktunya. Demikian surat undangan ini kami sampaikan semoga dapat menjadi perhatian bapak-bapak sekalian, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Ketua RT 43

 

Kaswanto

Contoh Surat Undangan Acara Pembagian Raport

PEMERINTAH KABUPATERN JAKARTA

DINAS PENDIDIKAN

SMP 2 NURUL IMAN JAKARTA PUSAT

Jl. Mawar No.54 Perum Indah Jaya Telp. (022) 5401 1203 Jakarta 40228

Jakarta , 5 Juni 2013

Nomor       : **/**/SMP.02/2013

Lampiran   : –

Perihal       : Pembagian Raport Kenaikan Kelas

Kepada Yth.

Oranga tua/Wali siswa SMP 2 Nurul Iman jakarta

Di Jakarta

Hormat Kami

Setelah selesai melaksanakan  kegiatan ulangan akhir semester pada semester genap, pada tahun ajaran 2012/2013. Sebagaimana biasanya pihak sekolah akan segera melaksanakan acara pembagian raport untuk kelas VII dan VII, oleh sebab itu kami mengundang bapak/ibu agar dapat menghadiri acara tersebut yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal  : Sabtu, 23 Juni 2013

Waktu             : Pukul 08.00 s/d 10.00 WIB

Tempat           : Kelas masing-masing

Acara               :Pembagian Raport Kenaikan Kelas

Sekian surat undangan ini kami sampaikan, semoga surat ini dapat menjadi perhatian dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat Saya

Kepala Sekolah

 

Budi Purnama,. M.M.Pd.

Contoh Surat Undangan Acara Peresmian

KOLAM RENANG DAN PEMANDIAN

DHUTA NALA TIRTA”

Kopmplek Swalayan “NINA” Jl. Raya Mojorejo – Kebonsari – Madiun

Telp. (0351) 385174

Madiun, 16 Juni 2012

Nomor       : Man-DNT/01/16/VI/2012

Lampiran   : 1 (satu)

Perihal       : Undangan

Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarakatuh

salam ukhuwah islamiyah kami haturkan, semoga kita selalu dalam lindungan Allah yang maha esa. Amin

Kami selaku pihak pengelola kolam renang dan pemandian”DHUTA NALA TIRTA” mengundang  Bapak/Ibu/Saudara/Saudari besok pada :

Hari & Tanggal  : Ahad, 17 Juni 2012

Tempat               : Komplek Swalayan Nina Jl.Raya Mojorejo –Kebonsari, Madiun

Waktu                 : Pukul 10.00 WIB s/d Selesai

Keperluan          : Peresmian Kolam Renang dan Pemandian “DHUTA NALA TIRTA”

Surat undangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatian dan kehadirannya kami mengucakan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Manager Dhuta Nala Tirta

 

Muhammad Adi

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Setelah mengenal beberapa contoh surat undangan resmi, mulai dari undangan perusahaan, pembagian raport sampai peresmian tempat. Kita akan lanjutkan pembahasan dengan mengenal beberap contoh surat undangan tidak resmi.

Bagaimana penjelasannya? Untuk lebih jelasnya mari kita simak baik-baik beberapa contoh surat undangan tidak resmi sebagai berikut :

Contoh Surat Undangan Acara Pernikahan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan memohon rahmat dan ridho allah, kami bermaksud melaksanakan acara Walimatul Ursy/Tasyakurn Pernikahan anak kami, yang Insya Allah akan diselenggarakan besok pada :

Hari & Tanggal  : Sabtu, 25 November 2017

Waktu                : 10.00 WIB – Selesai

Tempat               : Gebyok RT. 04/05 Ds. Kletekan Jogorogo, Ngawi

Merupakan suatu kebahagiaan apabila Bapak/Ibu/Saudara/Saudari berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada mempelai.

Atas kehadiran dan Do’a restu Bapak/Ibu/Saudara/Saudari kami mengucapkan termia kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kami yang berbahagia

Bp. Sukardi – Ibu Mariyah

Aprilianni Kartika Sari – Sulthon Zafarrudin

 

Contoh Surat Undangan Acara Ulang Tahun

Sleman, 9 Maret 2017

Untuk Sahabatku

Rani

Di Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Senang sekali rasanya dapat memberikan surat undangan ini kepada kalian semua, dengan surat undangna ini saya berharap kedatangan teman-temanku yang cantik dan yang ganteng ke pesta ulang tahunku yang ke-22

Acara tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari Tanggal   : Juma’at, 10 Maret 2017

Waktu             : Pukul 18.30 WIB

Tempat           : RM. Lezat, Jl.Tomoho No. 32 Sleman Yogyakarta.

Pesta ulang tahun ini tidak akan berkesan tanpa kehadiran sahabatku, aku tunggu kehadiran kalian semua.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Hangat dari Sahabatmu

 

Hardiansyah

Contoh Surat Undangan Acara Tasyakuran

Jakarta, 30 Desember 2011

Kepada Yth.

Bapak/Ibu RT. 04/02

DI Tempat

Asaalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan ini kita memohon rahmat dan puji syukur kehadirat Allah, seta Shalawat serta salam bagi Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam beserta keluarganya semoga Allah senantiasa menyertai, melindungi dan meridhoinya. Amin

Kami bermaksud menundang Bapak/ibu untuk menghadiri acara syukuran atas lahirnya putri pertama kami yang Bernama NASYA AULIA PRATIWI, Insya Allah acara itu akan dilaksanakan pada :

Hari & Tanggal   : Jum’at, 30 Desember 2011

Waktu                 : Pukul 19.30 s/d Selesai

Tempat               : Rumah Bapak Rahmat

Besar harapan kami Bapak/Ibu berkenan hasir untuk memberikan Doa restu kepada putri kami. Mendahului atas kehadiran dan Do’anya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikuim Warahmatullahi Wabarakatuh

Contoh Surat Udangan Acara Reuni Sekolah

Banjarmasin, Maret 2014

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon limpahan rahmat dan hidayah dari Allah yang maha kuasa, tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan bagi Rasulullah. Dengan datangnya surat ini kami sebagai panitia bermaksud untuk mengundang teman-teman semua untuk menghadiri acara “REUNI AKBAR” yang akan diselenggarakan besok pada :

Hari, Tanggal     : Sabtu, 29 Maret 2014

Waktu                : Pukul 19.00 WITA s/d Selesai

Tempat              : Aula Mahligai Pancasila Banjarmasin

Keperluan          : Acara “REUNI AKBAR” Alumni Fakultas Hukum Unlam

Kami sebagai panitia pelaksana kegiatan akan sangat bahagia apabila teman-teman semua meluangkan sedikit waktunya untuk menghadiri acara tersebut. Sekian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Ketua Panitia

 

Budi Amam

Contoh Surat Undangan Acara Aqiqoh

Minggu, 29 April 2012

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Desa Mulyorejo

Di Tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon limpahan hidayah dan anugerah dari Allah. Kami selaku keluarga besar Bapak Rahmat bermaksud mengundang seluruh warga Desa Mulyorejo untuk menghadiri acara AQIQOH untuk cucu pertama kami yang bernama Bilqis Bahira Zulfa. Insya Allah acara tersebut akan kami laksanakan besok pada :

Hari, Tanggal  : Minggu, 29 April 2012

Waktu             : 16.00 WIB (Ba’da Ashar) s/d Selesai

Tempat           : Rumah Bapak Rahmat

Keprluan         : Aqiqoh

Merupakan suatu kebahagiaan apabila saudara/saudari semua bisa datang memberikan doa kepada cucu pertama kami. Sekian surat ini kami sampaikan atas pertatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

 

 

 

1 thought on “Contoh Surat Undangan Resmi & Surat Undangan Tidak Resmi

Leave a Comment