Pembahasan Mengenai Apa Itu Cinta? Sejati, Pertama & Bertepuk Sebelah Tangan

Apa itu cinta – Hai teman-teman bagaimana kabarnya hari ini? Kita berharap semoga Allah selalu memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Oke temen-temen, tahukah kalian apa itu cinta? Istilah cinta merupakan salah satu kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan istilah cinta ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya untuk anak usia remaja.

Tetapi kebanyakan dari kita belum mengetahui arti atau definisi cinta yang sebenarnya. Mungkin apabila ditanya seseorang, mengenai apa itu cinta? Mungkin kita kebingungan untuk menjawabnya. Karena cinta ini seperti angin, bisa dirasasakan tapi tidak bisa dilihat, pokoknya susah deh ngejelasinnya.

Oke temen temen, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang apa itu cinta? Agar pemahaman kita menjadi benar, dan tidak menjatuhkan hati kita untuk mencintai seseorang yang salah.

Apa Itu Cinta

apa itu cinta
Apa Itu Cinta-Karyapemuda.com

Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya pada diri kalian tentang apa itu cinta? Jika disebutkan kata kata cinta, mungkin yang pertama kali muncul di otak kita adalah tentang pacaran, menikah, kekasih, mantan dan seterusnya.

Akan tetapi menurut beberapa sumber yang telah saya pelajari menyebutkan. Cinta merupakan sebuah perasaan yang diberikan oleh Allah kepada setiap manusia. Yang menyebabkan manusia tersebut memiliki rasa saling peduli, saling sayang, saling perhatian dan lain sebagainya.

Cinta juga dapat diartikan sebagai sebuah perasaan yang diberikan kepada sepasang kekasih untuk saling mencintai, perhatian dan peduli. Cinta merupakan rasa yang tidak bisa dipaksakan, akan tetapi rasa ini sering datang secara tiba-tiba.

Pada dasarnya cinta itu bersifat indah atau menyenangkan, akan tetapi jika kita mencintai sesuatu yang salah. Tidak menutup kemungkinan, cinta yang tadinya indah berbalik menjadi sedih dan menyakitkan.

Apa Itu Sayang

apa itu cinta sejati
Apa Itu Cinta Sejati-Karyapemuda.com

Perasaan sayang porsinya lebih sedikit dari rasa cinta, ibarat anak tangga rasa sayang tepat di bawa rasa cinta. Rasa sayang berawal dari rasa suka yang berkelanjutan.

Rasa sayang adalah rasa ingin bertemu dengannya setiap waktu dan juga tidak ingin berpisah walaupun hanya sesaat.

Kita bisa dikatakan sayang dengan seseorang apabila, kita selalu ingin bertemu dengan seseorang yang kita sayang. Ketika kita sayang terhadap seseorang, kita melihat dia bukan sekedar dari wajah, tampilan, style.

Akan tetapi kita mengenali dirinya secara menyeluruh, sehingga kita mengetahui sifat, perilaku, kebiasaan dan aktivitasnya. Dan disaat kamu mengetahui atau mendapati pada dirinya terdapat sifat buruk, kamu akan bergegas menasihati dan mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Karena rasa sayang yang benar akan menuntun kita untuk peduli kepada orang yang kita sayang, salah satunya dengan mengubah menjadi lebih baik. Dan ketika kamu benar-benar sayang terhadap seseorang, kamu akan selalu berusaha agar kamu berharga di mata orang yang kamu sayang.

Kamu akan berusaha untuk mencari cara agar kamu di persatukan dengan orang yang kalian sayang, saling memiliki selamanya. Dan akan berusaha untuk menjadi yang terbaik yang selalu menemaninya di segala kondisi, senang maupun sedih.

Apa Itu Cinta Pertama

cinta pertama
Apa Itu Cinta Pertama-Karyapemuda.com

Mungkin cinta pertama adalah sebuah kisah cinta yang sangat sulit untuk kita lupakan. Kisah ini menjadi pembuka kisah dari ribuah kisah cinta yang telah di alami seseorang. Maka dari itu cinta pertama adalah salah satu kisah yang susah untuk dilupakan.

Disini saya akan sedikit infomasi mengenai perbedaan cinta pertama dengan pacar pertama. Memang sekilas kedua hal ini tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi jika diterusuri lebih dalam ada beberapa perbedaan dari dua hal ini, penesaran? Berikut perbedaan antara cinta pertama dan pacar pertama.

Cinta Pertama

  1. Seseorang yang telah mengubah hidup kalian menjadi aneh, sering bicara sendiri, senyum sendiri, ketawa sendiri, males makan dan hal aneh lainnya.
  2. Seseorang yang membuat kita bercermin untuk pertama kalinya.
  3. Seseorang yang membuat kita menjadi grogi, gugup, salting saat bertemu, ngeliat atau ngobrol dengannya.
  4. Seseorang yang membuat kalian untuk selalu tampil perfect ketika akan bertemu dengannya.
  5. Seseorang yang membuat detak jantung kita berdetak lebih cepat saat berasa di dekatnya, bersamanya.
  6. Seseorang yang sering kalian perhatikan walaupun ngelihatnya dari jarak yang jauh, karena kalo ngeliatnya dari deket nggak berani.
  7. Seseorang yang selalu hadir dalam pikiran kita, sehingga dia selalu terbayang dalam semua aktivitas yang kita lakukan. Dan parahnya dia sering terbayang saat akan tidur, sehingga dia membuat kita susah tidur.
  8. Seseorang yang bikin kamu nangis sampe seharian kalo dia jalan sama orang lain.
  9. Seseorang yang membuat kita merasa kangen ketika dia nggak berada dideket kita.

Pacar Pertama

  1. Seseorang yang pertama kali ngungkapin perasaan ke kamu, atau sebaliknya.
  2. Seseorang yang membuat ramai handphone kamu dengan chat nggak pentingnya, kadang-kadang bikin males juga. hehe
  3. Seseorang yang memanggil kalian dengan sebutan-sebutan alay seperti yang, beb, cintaku dan lain-lain.
  4. Seseorang yang sering ngajakin kamu keluar saat malem minggu, jalan-jalan, makan malam,dan maen ps. hehe
  5. Seseorang yang selalu ingin diprioritaskan dalam hidup kalian.
  6. Seseorang yang selalu melindungi atau ingin dilindungi oleh kalian.
  7. Seseorang yang selalu ngatur hidup kita, dengan aturan-aturan yang nggak jelas.
  8. Seseorang yang selalu cemburu saat kita deket sama temen cewe atau cowok, walaupun dia tahu mereka adalah temen kita.
  9. Seseorang yang selalu sms atau telfon setiap hari, tanpa mengenal hari libur. Hanya sedekar tanya “ada dimana, lagi apa, udah makan belom” dan pertanyaan sepele lainnya. hehe

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

cinta bertepuk sebelah tangan
Apa Itu Cinta Bertepuk Sebelah Tangan-Karyapemuda.com

Seperti yang kita ketahui perasaan cinta kepada manusia tidak selalu berakhir dengan kisah senang, bahagia, happy. Akan tetapi dibalik rasa senang itu terselip rasa sedih di dalamnya, akan tetapi tidak banyak yang mengetahui ini.

Kebanyakan kita menggangap cinta kepada makhluk akan mendatangkan kesenangan, kebahagiaan, perhatian dan lain lain. Tanpa melihat lain sisi, padahal saat kita mencintai seseorang kita membuka dua perasaan masuk dalam diri kita, sedih dan senang.

Perasaan sedih yang kerap di alami oleh orang yang mencintai adalah cinta bertepuk sebelah tangan. Cinta bertepuk sebelah tangan yaitu ketika kita mencinta seseorang, akan tetapi orang yang kita cinta tidak suka dengan kita, bisa jadi mereka suka dengan orang lain.

Jika kalian pernah mengalami hal ini, pasti kalian mengetahui bagaimana rasanya berada di posisi ini. Ketika kita menginginkan dia bersama kita, tetapi dia malah menginginkan orang lain. Saran saya sih, kalo kalian berada di posisi ini cepetan move on deh, karena masih banyak ikan dilautan (masih banyak yang lain). hehe

Tapi kalo kalian benar-benar cinta kepada si dia, kalian harus tunjukkan cinta kalian kepada mereka. Bahwa di sampingnya ada orang yang selalu ada dan selalu menjadi yang terbaik untuk hidupnya.

Apa Itu Cinta Sejati

cinta sejati
Apa Itu Cinta Sejati-Karyapemuda.com

Selain kata cinta, istilah cinta sejati juga tidak kalah populer dengan istilah cinta. Apa sih cinta sejati itu? Mungkin hal pertama yang muncul di otak kita, tentang cinta sejati adalah seseorang yang selalu ada di hidup kita.

Definisi diatas memang benar, akan tetapi menurut saya pribadi definisi yang paling tepat mengenai cinta sejati adalah cinta karena Allah dan Rasul-Nya. Karena mencintai ketika kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, kita tidak akan merasakan sebuah kesedihan atau patah hati.

Dan kita dapat bertemu dengan orang yang kita cinta di dua alam, yaitu alam dunia dan alam akhirat. Jadi cinta sejati yang sebenarnya adalah sebuah rasa cinta yang tidak menyalahi aturan yang Allah tentukan.

Jenis jenis Cinta

Setelah mengetahui beberapa penjelasan/definisi seputar cinta, kita akan lanjutkan pembahasan dengan mempelajari jenis-jenis cinta berdasarkan psikologi. Bagaimana penjelasannya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Eros

Eros merupakan cinta yang muncul karena hawa nafsu (seksual) yang ada pada diri manusia. Dan juga rasa ingin memiliki seeorang yang ia sukai. Dalam jenis yang pertama ini, seseorang yang dicintai hanya dipandang sebagai objek, bukan sebagai subjek.

Jenis cinta ini merupakan jenis cinta kepada seseorang guna memenuhi kepuasan pribadi, dengan kata lain untuk diri kita sendiri.

Lodus

Yang selanjutnya adalah jenis cinta lodus, lodus adalah jenis cinta yang lebih bersifat main-main. Dalam cinta seperti ini tidak ada unsur keseriusan dari para pelakunya. Dan pelaku cinta seperti ini, biasanya memiliki sikap kekanak-kanakan dan tidak dewasa.

Suka memberikan janji-janji palsu kepada pasangannya, hanya untuk membuat pasangan merasa kagum atau terpukau. Pada jaman sekarang cinta seperti ini juga sering diartikan sebagai modus, modal dusta.

Storge

Storge adalah jenis cinta yang lebih condong pada kisah persahabatan,  akrab, hangat dan sahabat sejati. Cinta jenis ini tidak atau kurang  mementingkan unsur hawa nafsu, tetapi lebih condong untuk melidungi orang yang dicintainya.

Pragma

Cinta yang satu ini agak ngeri dan menurut saya pribadi kurang baik. Karena cinta jenis ini hanya memandang seseorang dari sudut pandang materi, harta dan kekayaan. Agar seseorang mendapatkan harta dari mencintai seseorang.

Mania

Cinta jenis mania merupakan sebuah cinta yang posesif, dan pada umumnya bersifat mengekang, memaksa pasangan agar mau menuruti kemauannya. Pelaku cinta jenis ini biasanya memiliki rasa cemburu yang besar, berlebihan dan parahnya mereka tidak ingin pasangannya melakukan hal-hal yang menurutnya tidak baik.

Agape

Cinta jenis agape merupakan jenis cinta yang dididam-idamkan oleh semua orang. Karena jenis cinta seperti ini akan membuat seseorang berlaku tulus, rela berkorban dan tanpa pamrih saat mencintai pasangannya.

Pada umumnya jenis cinta seperti ini tidak menuntut balasan dari pasangannya. Dan cinta seperti ini tidak butuh banyak kata kata akan tetapi hanya perlu dibuktikan.

Philia

Yang terakhir adalah jenis cinta philia, jenis cinta inibersifat relasional. Jenis cinta ini dipandang seseorang memiliki banyak ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis cinta yang lain.

 

 

Tinggalkan komentar