5 Kelebihan Yang Akan Kalian Dapatkan Dari Menikah Muda

Menikah Muda– Menikah muda merupakan sebuah hal yang aneh untuk dilakukan, terutama untuk masyarakat Indonesia. Karena ketidaktahuan masyarakat tentang menikah muda. Tidak sedikit orang yang memvonis pelaku nikah muda dengan tuduhan yang tidak-tidak.

Dengan berbagai tuduhan yang tidak enak didengarkan, seperti hamil duluan, sudah nggak kuat dan sebagainya. Pokoknya dihadapan sebagian besar masyarakat menikah muda merupakan hal yang negatif. Semua itu terjadi karena keterbatasn ilmu mereka, untuk kalian para pelaku nikah muda jangan risau dengan tuduhan-tuduhan mereka.

Karena hal yang selalu mereka tuduhkan itu tidak selalu benar. Bahkan menikah muda memiliki banyak manfaat bagi kehidupan masa depan kalian yang melakukannya. Apa saja kelebihan menikah muda? dari pada penasaran, simaklah beberapa keuntungan menikah muda sebagai berikut.

1. Meraih Ridho Allah Dengan Menikah Muda

Kelebihan menikah muda
Menikah muda-Blogsport.com

Untuk kalian yang sedang mengalami masa pubertas, pasti kalian akan mengalami masa-masa suka dengan lawan jenis. Hal itu adalah sebuah hal yang fajar terjadi, tetapi yang menjadikan tidak wajar adalah. Bagaimana cara kita merubah hal tersebut menjadi sebuah hal yang benilai positif.

Karena tidak sedikit yang menyalurkan “rasa suka” menjadi sebuah hal yang dapat merusak masa depan mereka, yaitu dengan pacaran. Dalam islam pacaran merupakan salah satu hal yang diharamkan bagi seluruh umatnya, tidak terkecuali. Selain tidak memberikan dampak posistif, pacaran juga berpotensi merusak masa depan umat islam.

Tetapi, ajaran islam memberikan solusi untuk menyalurkan “rasa suka” tersebut, yaitu dengan jalan menikah. Menikah? Apabila berbicara tentang menikah kita akan membayangkan hal yang tidak-tidak. Salah satunya ialah “pasti memerlukan biaya yang sangat banyak untuk melakukannya”.

Jangan salah dulu, menikah dalam islam tidak serumit acara pernikanah pada umumnya. Yang harus menyewa tendalah, menyiapakan berbagai hidanganlah, mengurus acara persepsilah. Semua hal itu tidak wajib dilakukan untuk kalian yang akan menikah, tetapi hal itu hanya menjadi sunnah dalam islam.

Kalian hanya perlu mekakukan akad nikah, bila kalian sudah melakukan akad kalian bebas melakukan apa saja berdua. Mudah bukan? selain mudah, pernikahan yang anda lakukan semata-mata untuk menjaga kehormatan. Hal itu juga akan mendatangkan keridhoaan dari Allah.

Karena kalian menyalurkan “rasa suka” tersebut dengan cara yang dibenarkan dalam ajaran Islam. Bila kalian sudah mendapatkan ridho allah, saat kalian berada dilembah kesusahan pasti allah akan datang untuk menolong kalian. Jadi untuk kalian yang berkenginan untuk menikah muda jangan pernah ragu dengan hal tersebut.

2. Beradaptasi Dengan Kebiasaan Atau Kesukaan Pasangan

keutamaan menikah muda
Menikah Muda-Emakpintar.asia

Sebagai seorang individu yang berbeda, tentunya kalian memiliki kebiasaan masing-masing yang sering kalian kerjakan di masa lalu. Agar tidak menjadi sebuah masalah yang besar, kalian harus beradaptasi dengan kebiasaan masing-masing. Hingga kalian tidak mempersalahkan kebiasaan pasangan kalian, akan lebih baik bila kalian nyaman dengan kebiasaan pasangan kalian.

(Dengan Syarat Kebiasaan Yang Tidak Melanggar Syariat)

Salah satu contohnya, saat menentukan makanan sehari-hari. Apabila kalian menyukai makanan pedas sedangkan pasangan kalian tidak menyukainya, walaupun sulit jalani saja masa-masa ini. Selain menantang, kalian akan menemukan kebiasaan-kebiasaan baru yang akan merubah hidupmu dan keluargamu.

3. Belajar Menata Rumah Bersama

Kelebihan menikah muda
Menikah Muda-Blogsport.com

Salah satu hal yang menyenangkan bagi seorang anak muda adalah menata rumah dengan berbagai kreasi. Tetapi hal itu akan lebih menyenangkan bila kegiatan tersebut dilakukan bersama pasangan halal kalian. Kalian dapat menentukan tema rumah kalian, seperti dapur ruang tamu dan juga kamar tidur.

Selain menata rumah, kalian juga dapat bercanda tawa dengan pasangan halal anda. Dan itu juga merupakan salah satu hal yang menyenangkan untuk seorang yang menikah pada usia muda. Apalagi untuk kalian yang tidak pernah menjalian hubungan sebelumnya alias “Jomblo Fisabillilah”.

4. Membagi Peran Dalam Keluarga

Keutamaan Menikah Muda
Menikah Muda-Blogsport.com

Salah satu hal yang harus kalian dalam menjalani sebuah keluarga adalah membagi peran dalam keluarga. Agar semua pekerjaan yang ada dapat terbagi rata sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selain memudahkan pekerjaan rumah, membagi peran juga dapat menjaga keharmonisan dan keutuhan keluarga.

Karena dengan adanya pembagian pekerjaan diharapkan tidak menimbulkan iri pada kemudian hari. Jadi akan lebih baik kegiatan ini dilakukan bersama-sama dan dilakukan dengan berdiskusi. Tetapi semua keputusan berasa dalam pihak laki-laki karena “Laki-laki Pemimpin Bagi Wanita”.

Untuk para laki-laki juga harus tau diri, dan tidak memberatkan bebas pasangan halalnya. Jangan mentang-mentang sebagai seorang pemimpin dia melimpahkan semua pekerjaan pada pasangan halalnya (istrinya). Hal tersebut juga tidak baik atau bahkan dilarang Agama Islam, akan lebih baik bila dikerjakan bersama-sama.

5. Belajar Mengalahkan Ego

keutamaan menikah muda
Menikah Muda-cloudfront.net

Menjaga Ego bukanlah masalah yang gampang, apalagi untuk seorang anak muda. Salah satu sebabnya adalah mereka masih memiliki jiwa pemberontak yang tinggi. Dalam menjaga keutuhan berkeluarga mereka harus berusaha untuk mengalahkan ego mereka. Bila tidak dilakukan, bukan tidak mungkin keluarga yang mereka jalani akan akan hancur.

Tidak sedikit pasangan yang hancur hanya karena masalah ini, walaupun sebuah keluarga yang sudah berumur. Apalagi untuk kalian yang baru menjalani sebuah keluarga, maka dari itu mengalahkan ego merupakan hal yang sangat penting.

Nah, mungkin itu dia hal-hal yang akan kalian temui apabila menikah diusia muda. Semoga tulisan ini dapat menggugah jiwa kalian semua untuk melakukan salah satu sunnah rasul, yaitu menikah. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, bila ada salahnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Jangan Lupa Share Yah 🙂

 

 

Tinggalkan komentar