√ Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan Global – Halo teman-temanku, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat dan tetap semangat yah. Sebelum masuk pada pembahasan, saya ingin mengucapkan terima kasih karena kalian sudah bersedia untuk mengunjungi halaman ini.

Baik teman-teman, pada kesempatan kali ini kita akan sedikit belajar mengenai pemanasan global. Apa sih itu pemanasan global? Hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan pemanasan global? Apa akibat pemanasan global?

Dan masih banyak materi lain yang akan kita pelajari mengenai pemanasan global. Jadi untuk kalian yang sedang mencari refrensi/wawasan mengenai pemanasan global. Artikel ini sangat cocok untuk kalian jadikan refrensi.

Baik, untuk mempersingkat waktu. Berikut ini pembahasan mengenai pemanasan global menurut karyapemuda, selamat membaca. 🙂

Proses Pemanasan Global/Global Warming

Proses Pemanasan Global
Proses Pemanasan Global-Kasihberita.com

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming adalah sebuah fenomena meningkatnya suhu di seluruh permukaan bumi. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dalam 100 tahun terakhir peningkatan suhu di bumi mencapai angka 0,18 derajat cercius.

Meningkatnya suhu bumi ini sudah terjadi sejak abad 20 lalu, dengan faktor utama meningkatnya efek rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas manusia sehari-hari.

Peningkatan suhu di bumi ini akan mengakibatkan naiknya air permukaan laut yang disebabkan melelehnya gunung-gunung es di kutub. Dalam jangka panjang hal ini berpotensi menenggelakan bumi kita ini.

Selain itu, meningkatnya suhu di permukaan bumi juga memiliki dampak lainnya untuk bumi ini. Seperti perubahan cuaca yang ekstrim, punahnya spesies hewan dan lain sebagainya.

Pengertian Pemanasan Global

pengertian pemanasan global
Definisi Pemanasan Global-dictio.id

Apa sih yang dimaksud dengan pemanasan global? Mungkin kebanyakan dari kita hanya sebatas faham mengenai pemanasan global.

Akan tetapi jika kita diminta untuk menjelaskan perihal pengertian pemanasan global kita kebingungan bahkan tidak mengetahuinya. Nah untuk itu, pelajaran pertama yang kita bahas pada artikel ini adalah pengertian pemanasan global.

Pemanasan global merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu dipermukaan bumi akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Femomena pemanasan global tidak bisa terlepas dengan rusaknya ekosistem di bumi ini.

Salah satu penyebab utama fenomena ini adalah pencemaran lingkungan yang berlebihan. Selain itu penebangan hutan dan polusi udara juga tidak kalah berperan dalam fenomena ini. Untuk penyebab pemanasan global yang lebih detail/lengkap akan kita bahas juga dalam artikel ini.

Apabila fenomena ini tidak kita tanggapi dengan segera, fenomena ini akan berdampak buruk bagi bumi yang kita tempati ini. Dampak yang paling sering kita dengar, yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi yang mengakibatkan gunung-gunung es di kutub mencari, yang berpotensi menenggelamkan bumi ini.

Penyebab Pemanasan Global

Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, akan tetapi terjadi karena beberapa hal yang dikerjakan. Entah dari fenomena alam maupun dari perbuatan manusia itu sendiri.

Penting untuk kita ketahui beberapa hal yang berpotensi memicu terjadinya fenomena ini. Dengan harapan, setelah mengetahui penyebab-penyebab pemanasan global kita lebih berhati-hati, dan berusaha meninggalkan kegiatan tersebut.

Dibawah ini akan saya tampilkan beberapa hal yang berpotensi menimbulkan pemanasan global. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab sekaligus penjelasan singkatnya.

Efek Rumah Kaca

penyebab pemanasan global
Efek Rumah Kaca-Karyapemuda.com

Yang pertama adalah efek rumah kaca. Apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca merupakan proses naiknya suhu dipermukaan bumi akibat perubahan atmosfer bumi.

Yang menyebabkan sinar matahari harusnya dipantulkan ke luar angkasa. Tidak dapat dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar tersebut tetap berada di dalam atmosfer.

Dan dari sebab itulan yang mengakibatkan naiknya suhu bumi dan berpotensi melelehkan gunung-gunung es di kutub. Dan dampak terbesarnya dapat adalah naiknya air permukaan laut yang dapat menenggelamkan bumi kita ini.

Sebenarnya efek rumah kaca merupakan fenomena yang bermanfaat/baik untuk bumi kita. Dengan catatan, dengan porsi yang pas, tidak seperti yang sedang terjadi di jaman sekarang ini.

Salah satu manfaat rumah kaca bagi bumi kita adalah, dengan adanya efek rumah kaca menjadikan suhu di muka bumi stabil. Yang menjadikan selisih suhu yang terjadi pada siang dan malam hari tidak begitu jauh berbeda.

Akan tetapi jika porsi rumah kaca ini berlebihan, akan sangat berbahaya bagi kelangsungan kehidupan di muka bumi ini. Dan berpotensi mengakibatkan pemanasan global dan dapat mengganggu iklim bumi ini.

Meningkatnya Gas Karbonmonoksida

penyebab pemanasan global
Karbonmonoksida-suarajakarta.co

Sebab yang selanjutnya adalah meningkatnya gas karbonmonoksida. Salah satu teknologi yang berkembang pesat di jaman sekarang ini adalah kendaraan bermotor. Seperti motor, mobil, bus dan lain sebagainya.

Kendaraan bermotor terbukti menjadi salah satu alat yang begitu membantu pekerjaan manusia dalam hal transportasi. Yang tadinya harus berjalan atau mengayuh sepeda, sekarang cukup injak gas.

Tentunya dengan kendaraan bermotor kita dapat sampai di tempat tujuan lebih singkat. Tanpa merasaka lelah seperti halnya dengan berjalan atau mengayuh sepeda.

Dibalik manfaatnya yang begitu besar, ternyata kendaraan bermotor juga berpotensi memicu terjadinya pemanasan global. Karena efek/asap yang dikeluarkan dari knlapot adalah gas karbonmonoksida.

Dimana gas tersebut dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Selain menyebabkan efek rumah kaca, karbon monoksida juga dapat mengganggu metabolisme pernafasan manusia jika memiliki konsentasi yang tinggi dan serius.

Polusi Udara dari Industri Pabrik

penyebab pemanasan global
Polusi Udara Industri Pabrik-nusantaranews.co

Penyebab yang selanjutnya adalah polusi udara dari industri pabrik. Seiring berkembangnya jaman, begitu banyak kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Mulai dari segi makanan, pakaian, teknologi dan lain sebagainya.

Hal tersebut menjadi ladang usaha bagi sebagian orang, sehingga mereka berlomba-lomba untuk menjalankan uhasa tersebut. Salah satu usaha yang banyak dijalankan oleh orang jaman sekarang yaitu dengan mendirikan industri pabrik.

Karena kebutuhan manusia yang bisa dikatakan tidak ada habisnya. Menjadikan industri pabrik ada di setiap kota, dengan jumlah yang bisa dikatakan sangat banyak.

Pada dasarnya pabrik memang baik untuk kelangsungan kehidupan di bumi ini. Akan tetapi jika jumlahnya semakin hari semakin banyak dan tidak terkontrol lagi. Inilah yang membuat industri pabrik dapat merusak kelestaria bumi ini.

Seperti yang kita ketahui, industri pabrik sangat berpotensi merusak lingkungan kita. Karena dari industri pabrik ini akan kita temukan sebuah benda yang dinamakan limbah. Selain berpotensi merusak air maupun tanah, industri pabrik juga dapat merusak kualitas udara karena asap yang dihasilkannya.

Karena kita berbicara mengenai pemanasan global, asap pabrik inilah menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu asap pabrik juga dapat menuruhkan daya tubuh manusia dan juga menyebabkan beberapa penyakit penafasan.

Asap pabrik mengandung beberapa gas berbahaya seperti halnya. Gas monoksida, gas karbondioksida dan juga gas metana. Dimana gas-gas tersebut berpotensi memicu hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Penggunaan CFC yang Berlebihan

Penyebab yang selanjutnya adalah penggunaan CFC yang berlebihan. Mungkin sebab yang satu ini terdengar asing di telinga kita. Apa itu CFC? CFC atau cloro four karbon merupakan sebuah sabatin organik yang berfungsi untuk melindungi karbon.

CFC merupakan salah satu penyebab pemanasan global yang masih bersifat ringan/masih dapat dibenahi. Gas CFC sendiri biasanya dihasilkan oleh alat-alat pendingin seperti kulkas dan AC.

Desain Rumah Modern

penyebab pemanasan global
Desain Rumah Modern-worldstopmost.com

Sebab yang berikutnya adalah desain rumah modern. Apa hubungannya desain rumah dengan pemanasan global? Jika dilihat secara sekilah antara dua hal ini tidak ada kaitannya bahkan terdengat aneh. Agar menjadi logis berikut ini penjelasannya.

Di jaman sekarang ini banyak desain rumah yang banyak menggunakan kaca. Hal tersebut memang terbukti dapat memperindah sekaligus menghemat biaya pembuatan rumah.

Akan tetapi secara tidak langsung, hal tersebut dapat memicu terjadinya pemanasan global. Mengapa demikian? Karena kaca yang dipasang pada bagian tertentu pada rumah bersifat memantulkan cahaya.

Sehingga sinar matahari yang seharunya diserap oleh tanah, kembali memantul ke atas. Sehingga menyebabkan menipisnya lapisan ozon di bumi kita ini.

Mungkin hanya itu pembahasan mengenai penyebab pemanasan global. Sebenarnya masih banyak lagi penyebab-penyebab yang lainnya. Mungkin untuk lebih lengkapnya silahkan googling aja sendiri. 🙂

Dampak Pemanasan Global

Semakin hari bumi yang kita tempat ini menjadi semakin tua. Sehingga bumi kita ini renta dengan penyakit-penyakit yang berpotensi merusaknya. Salah satu penyakit yang memungkinkan merusak bumi ini adalah pemanasan global.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa pemanasan global bukan sebuah fenomena yang bisa dianggap enteng. Akan tetapi sebaliknya, fenomena ini sangat memungkinkan menjadi sebuah fenomena yang menjadi awal kerusakan bumi ini, apabila tidak segera kita benahi.

Untuk itu, agar kita menjadi lebih tersadar dengan fenomena ini. Dibawah ini beberapa dampak yang akan kita rasakan jika fenomena ini terus menerus terjadi. Dalam jangka panjang maupun dalam jangka pendek, berikut :

Perubahan Cuaca dan Iklin di Dunia

dampak pemanasan global
Perubahan Iklim di Dunia-outdoorcafeindonesia.com

Dampak pertama yang akan kita rasakan dari fenomena besar ini adalah perubahan iklim dan cuaca di muka bumi. Dalam satu abad terakhir banyak perubahan iklim dan cuaca di seluruh bagian yang disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi. Berikut beberapa pengaruh pemanasan global bagi cuaca dan iklim di muka bumi.

  • Melelehnya gunung-gunung es di benua antartika akibat meningkatnya suhu bumi
  • Berkurangnya es yang terapung di laut benua antar tika
  • Es yang ada pada Gunung-gunung di daerah subtropis akan semakin berkurang, sekaligus menyebabkan proses melelehnya salju semakin cepat
  • Melelehnya es pada Puncak Gunung Jayawijaya yang berada di Negara Indonesia. Yang menjadi sebuah sinyal bahwa fenomena ini sudah menimpa negara kita ini
  • Proses penguapan air tanah menjadi lebih cepat yang menyebabkan beberapa daerah di bumi ini akan mengalami kekeringan
  • Perubahan cuaca atau iklim menjadi tidak terkendali, tidak dapat diprediksi dan juga sangat ekstrem. Yang memungkinkan terjadinya hujan ekstrem atau kekeringan yang ekstrem
  • Pola angin akan berubah, yang menyebabkan angin betiup semakin kencang yang dapat memicu terjadinya bencara angin puting beliung
  • Meningkatnya curah hujan dan juga berpotensi mendatangkan badai yang akan sering terjadi

 Kenaikan Air Permukaan Laut

dampak pemanasan global
Permukaan Laut Naik-okeinfo.net

Naiknya suhu bumi akan menyebabkan melelehnya gunung-gunung es di benua Antartika sehingga membuat air permukaan laut semakin tinggi. Tentunya hal ini memiliki dampak yang kurang baik untuk kelangsungan hidup kita. Berikut ini beberapa dampak yang akan kita rasakan akibat naiknya air permukaan laut.

  • Jika kenaikan air pada permukaan laut mencapai angka 100 cm. Maka hal ini akan menyebabkan negara belanda harus kehilangan 6% wilayahnya, 17,5% wilayah banglade akan tenggelam dan hilangnya pulau-pulau kecil.
  • Negara Indonesia akan kehilangan daratan sekitar 405.hektar yang berada pada 81.000 di garis pantai
  • Jika hal ini mencapai wilayah muara pantai, hal ini akan menyebabkan terjadinya banjir bandang karena air pasang
  • Akan menyebabkan rawa-rawa di daerah sekitar pantai menjadi lebih luas, karena kiriman air dari laut saat air pasang

Pengaruh Terhadap Tanaman dan Hasil Pertanian

Salah satu pihak yang dirugikan atas peristiwa pamanasan global adalah para petani. Karena fenomena ini sangat berpengaruh terhadap tanaman dan hasil pertanian. Hal ini banyak merugikan negara-negara berkembang, khususnya yang mengandalkan hasil pertaniannya.

Dikarenakan perubahan iklim dan cuaca yang terjadi karena pemanasan global. Dibawah ini akan saya paparkan beberapa kerusakan/kerugian dari sektor pertanian sekaligus dampak bagi hewan dan tumbuhan.

  • Meningkatnya suhu bumi dapat menyebabkan kekeringan, yang mengakibatkan banyak tumbuhan mati karena kekurangan air
  • Akan menyebabkan banjir karena cuaca yang tidak menentu, sehingga tanaman akan terendam air dan menyebabkan petani gagal panen
  • Hama dan berbagai penyakit akan bersamaan menyerang tanaman petani dan tanaman yang ada di hutan
  • Populasi pinguin akan berkurang mencapai angka 25-30% karena habitatnya yang semakin berkurang
  • Punahnya populasi burung kutub akibat sulitnya mencari makanan akibat menurunya lapisan es
  • Akan menyebabkan keasaman air laut meningkat yang menyebabkan populasi koral terancam punah

Dampak Terhadap Manusia

Selain berdampak pada alam, ternyata pemanasan global juga berbahaya bagi internal manusia. Hal ini dikarenakan perubahan iklim yang membuat daya tahan tubuh manusia semakin berkurang. Di lain sisi perubahan iklim juga akan mendatangkan berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa dampak pemanasan global bagi kesehatan manusia :

  • Perubahan iklim akan menyebabkan udara menjadi lebih hangat, yang akan berakibat meningkatnya berbagai penyakit seperti alergi dan penyakit pernafasan
  • Mudahnya seseorang terserang berbagai penyakit seperti DBM, malaria dan lain sebagainya
  • Penyakit infeksi yang awalnya hanya menimpa hewan, kemungkinan besar juga akan menimpa manusia
  • Banyaknya korban yang berjatuhan akibat penyakit yang dipicu oleh cuaca yang panas. Seperti Stress, serangan jantung, dehidrasi, stroke dan penyakit ginjal.

Cara Mengatasi Global Warming/Pemanasan Global

Agar fenomena ini tidak semakin meluas, yang berpotensi menghancurkan bumi. Perlu kita ketahui beberapa upaya yang harus kita lakukan agar fenomena ini bisa hilang, atau setidaknya berkurang. Berikut ini beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global.

Melakukan Reboisasi

mengatasi pemanasan global
Menanam Pohon-radarbangka.co.id

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah melakukan reboisasi (menanam pohon). Salah satu penyebab pemanasan global adalah meningkatnya zat karbondioksida di pemukaan bumi. Sehingga menyebabkan suhu bumi meningkat yang menyebabkan lelehnya gunung es di antartika.

Salah satu manfaat/fungsi pohoh adalah untuk mengubah zat karbondioksida menjadi zak oksigen. Jika di dunia ini terdapat banyak pohon, secara otomatis zat karbondioksida yang ada di bumi ini semakin berkurang. Sehingga bumi yang kita tempat ini menjadi semakin sejuk karena efek dari zat oksigen tadi.

Mungkin cara tersebut terlihat sepele dan mudah untuk dilakukan. Akan tetapi pada prakteknya tidak banyak orang yang mau menyisihkan sedikit waktunya untuk melakukan hal tersebut.

Mengurangi Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Karena dengan adanya alat ini seseorang dapat menempuh berkilo-kilo meter hanya dengan beberapa saat saja.

Selain memiliki dampak baik bagi kehidupan, kendaraan bermotor juga berpotensi menimbulkan pemanasan global. Agar fenomena ini tidak belangsung secara berkelanjutan. Ayolah, kita usahakan diri kita untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Hal ini juga sudah diterapkan di beberapa kota besar, mereka mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan car free day. Dengan harapan, hal ini bisa memotivasi masyarakat agar mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Mengingat nasib yang akan dirasakan bumi kita di masa yang akan datang.

Mengurangi Penggunaan Listrik

cara mengatasi pemanasan global
Menghemat Listrik-komunita.id

Listrik merupakan salah satu energi yang dibutuhkan seluruh manusia. Karena sebagian besar peralatan rumah tangga yang kita miliki hanya dapat bekerja dengan menggunakan bantuan tenaga listrik.

Akan tetapi tahukan kamu, ternyata penggunaan listrik secara berlebihan dapat menyebabkan pemanasan global. Hal tersebut disebabkan, kebanyakan pembangkit listrik yang dijalankan menggunakan bahan bakar fosil. Dimana penggunaan bahan bakar fosil akan menghasilkan karbondioksida.

Seperti yang kita ketahui karbondioksida meruapakan salah satu zat yang menyebabkan fenomena ini. Oleh karena iti semakin banyak pembangkit listrik, semakin banyak pula karbondioksida yang dihasilkan. Sehingga wajar saja jika hal ini menimpa bumi ini.

Jadi solusinya, apabila kita mengurangi penggunaan listrik secara otomatis kebutuhan listrik kita juga akan berkurang. Sehingga pembangkit listrik yang tadinya begitu banyak secara perlahan dapat dikurangi.

Penutup

Demikianlah artikel tentang pemanasan global, semoga artikel singkat ini dapat difahami dan bermanfaat. Selaku admin, saya mengucapkan permintaan maaf, jika artikel ini tidak sempurna dan memiliki banyak kesalahan.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa menyadarkan kita semua akan bahaya pemanasan global. Dan membuat kita tergerak untuk berusaha menjaga bumi dari berbagai kerusakan.

Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih, karena telah berkenan menyisihkan waktu kalian untuk berkunjung kehalaman ini. Jika informasi ini penting silahkan beritahu teman-teman kalian, dengan cara share di kolom share. Sekian terima kasih. 🙂

Tinggalkan komentar