Tanaman Talas: Jenis-Jenis dan Cara Merawatnya

tanaman talas

Tanaman talas merupakan tanaman yang belakangan ini sedang populer dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Mulai dari janda bolong, caladium, sampai dengan algonema sangat populer sekarang ini.

Tanaman talas (Araceae) adalah salah satu jenis tumbuhan monokotil. Family Araceae ini sendiri mempunyai 114 genus dengan 3750 spesies. Salah satu contohnya adalah bunga yang terkenal akan baunya, yaitu bunga bangkai raksasa.

Tanaman ini mempunyai banyak sekali kegunaan, mulai dari digunakan sebagai bahan makanan, menjadi tanaman hias, sampai sebagai gulma. Nah berikut ini adalah beberapa jenis tanaman talas yang populer di Indonesia.

Jenis-Jenis Tanaman Talas

Jenis tanaman talas ada banyak sekali, namun tidak semua tanaman talas populer. Kebanyakan tanaman talas yang populer merupakan tanaman talas sebagai tanaman hias di rumah yang memiliki nilai kecantikan tersendiri. Berikut beberapa jenis tanaman hias talas yang populer:

Caladium

Sumber : olx.com

Keladi atau caladium merupakan tanaman talas yang banyak dicari untuk menghiasi pekarangan rumah dan juga sudut dalam ruangan. Keladi atau Caladium ini mempunyai bentuk daun seperti anak panah.

Warna pada daun caladium merupakan perpaduan dari warna hijau, putih, dan merah. Beberapa jenis keladi yang populer diantaranya adalah caladium green spider, dan caladium candidum. Bagi Anda yang sedang mencari tanaman hias, bisa coba membeli caladium ini.

Monstera

Sumber : brilio.net

Jenis tanaman talas populer selanjutnya adalah Monstera, monstera ini merupakan tanaman hias yang sempat viral karena keunikan bentuk daunnya. Pasalnya daun pada tanaman monstera ini bolong-bolong seperti tanaman janda bolong.

Monstera ini mempunyai warna daun dengan perpaduan warna antara putih dan hijau serta bentuk daunnya tidak memiliki bentuk tertentu alias tidak beraturan.

Aglonema

Sumber : popbela.com

Sri Rezeki atau bunga algonema merupakan bunga yang mempunyai perpaduan warna sangat cantik, yaitu antara putih, merah, dan hijau.

Bunga aglonema ini sendiri ada beberapa jenisnya, yang paling banyak dicari dan diminati masyarakat adalah jenis Aglonema modestum, Aglonema sultan brunei, dan Aglonema red peacock. Anda bisa memilih salah satu diantaranya jika ingin membeli tanaman aglonema ini.

Bunga Lili

Sumber : threebouquets.com

Spathiphyllum atau bunga lili merupakan salah satu tanaman dalam keluarga Araceae atau talas yang memiliki tampilan indah. Daun dan bunga dari bunga lili ini sangat cantik dan menawan sehingga membuat bunga ini menjadi primadona dari waktu ke waktu.

Selain sebagai tanaman hias, bunga lili ini juga sering dijadikan sebagai bunga potongan yang dijual sebagai hadiah untuk orang terkasih.

Anthurium

Sumber : IDNtimessulsel.com

Jenis tanaman talas yang populer di Indonesia terakhir adalah tanaman Anthurium, tanaman ini juga sering disebut dengan nama kuping gajah karena bentuk daunnya yang unik dan terlihat seperti kuping hewan gajah.

Anthurium adalah tanaman dengan genus terbanyak dalam keluarga tanaman talas. Selain sebagai tanaman hias, bunga anthurium juga sering dijadikan bunga potong.

Cara Merawat Tanaman Talas

Bagi Anda yang mau membeli atau sudah memiliki tanaman talas di rumah, berikut adalah cara merawat tanaman talas supaya bisa tumbuh dengan baik.

Siram Sesuai Kondisi

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang hidup dalam kondisi lembab atau basah. Karena itulah Anda harus menyiram tanaman talas ini dua kali sehari ketika musim kemarau. Saat musim hujan, Anda cukup menyiram tanaman ini satu kali sehari.

Meskipun tanaman ini memerlukan cukup banyak air, Anda tetap harus memastikan tanaman menerima tanaman tidak kelebihan air. Tanaman talas yang terlalu banyak disiram bisa terjadi pembusukan.

Sterilkan Media Tanam

Sumber : cybex.co.id

Selain harus memperhatikan asupan air pada tanaman, Anda juga harus memperhatikan media tanam yang Anda pakai. Media tanam terbaik adalah daun bambu yang diiris dengan halus, sekam, dan sekam bakar.

Sebelum menggunakannya, Anda harus mengukus media tanam supaya bakteri di dalamnya mati. Setelah itu campurkan ketiga bahan dengan proporsi 1:1:1. Jika kesulitan mengumpulkan ketiga bahan, Anda bisa gunakan salah satu saja.

Beri Sinar Matahari

Anda harus memberikan asupan sinar matahari sesuai dengan jenisnya. Untuk tanaman talas genus alocasia harus ditaruh di tempat teduh seperti samping jendela yang ditutup gorden atau di atas meja teras rumah.

Sedangkan untuk jenis caladium Anda bisa menaruh tanaman ini di tempat yang terbuka karena jenis tanaman talas ini membutuhkan lebih banyak cahaya.

Beri Pupuk pada Tanaman

Sumber : bukareview.com

Sama halnya seperti manusia, tanaman talas juga membutuhkan nutrisi supaya bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Nah pupuk disini berperan sebagai nutrisi untuk tanaman, jadi berilah tanaman pupuk ketika umurnya sudah mencapai 5 mingguan.

Anda harus memilih pupuk organik lengkap seperti pupuk pelet udang dan sejenisnya. Pastikan kadar zat N dalam pupuk yang Anda pakai tidak lebih dari zat lainnya. Zat N ini bisa memancing klorofil tanaman sehingga tidak cocok untuk keladi yang berwarna selain warna hijau.

Pastikan Bebas dari Hama

Sumber : Rimbakita.com

Terakhir Anda harus memastikan bahwa tanaman talas Anda terhindar atau tidak diserang oleh hama. Hama ini bisa berupa serangga seperti belalang dan ulat daun. Dua serangga ini sering sekali memakan daun dari tanaman keladi.

Karena itulah Anda harus melakukan langkah untuk mencegah supaya kedua hewan ini tidak menyerang tanaman Anda.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan tentang tanaman talas. Semoga dengan informasi di atas Anda jadi bisa mengetahui jenis-jenis tanaman talas populer dan cara merawatnya supaya tanaman menjadi subur dan tumbuh dengan baik.

Leave a Comment