Pekarangan Rumah Terasa Hambar? Coba Percantik Dengan Tanaman Hias

tanaman hias

Tanaman hias adalah salah satu tanaman yang menjadi primadona dengan memiliki bentuk yang unik dan tidak memerlukan lahan yang besar. Tanaman hias bisa tumbuh di pot kecil, polybag bahkan di botol bekas yang sudah dimodifikasi. Tanaman hias bisa diletakkan di manapun, seperti diletakkan di rak ataupun digantung menggunakan tali dan kawat.

Tanaman hias sangat cocok bagi pecinta tumbuh-tumbuhan, terutama ibu-ibu yang suka akan keindahan dan warna-warni di pekarangan rumah. Tanaman yang satu ini memiliki banyak macam yang bisa Anda coba untuk merawat. Lalu apa sajakah macam-macam tanaman hias? Bagaimanakah cara merawatnya agar tetap subur? Simak ulasan ini.

Rekomendasi Macam-macam Tanaman Hias yang Bisa Dicoba

Bagi Anda yang ingin mencoba menghias pekarangan rumah dengan tanaman hias, bisa terlebih dahulu mencari tipe tanaman yang cocok dengan lingkungan tempat tinggal Anda. Berikut beberapa rekomendasi tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi Anda, diantaranya:

Kaktus Natal

Sumber : kompas.com

Kaktus natal atau didalam Bahasa latinnya christmas cactus ini merupakan tanaman hias dengan memiliki batang tebal seperti kaktus pada umumnya. Fungsi dari batang tebal yang dimiliki kaktus natal ialah menyimpan cadangan air. Bunga yang terdapat pada kaktus natal biasanya memiliki warna merah tua, peach, putih ataupun berwarna fuchsia.

Selain enak dipandang, kaktus natal termasuk golongan mudah dalam perawatannya. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Namun jika Anda menyiramnya setiap hari justru akan membuat tanah menjadi tergenang sehingga akar dari kaktus natal bisa membusuk. Selain itu, Dalam perawatannya, jangan diletakkan di sinar matahari langsung.

Geranium

Sumber : petalrepublick.com

Berbeda dengan kaktus natal yang perawatannya tidak boleh terkena sinar matahari langsung, bunga geranium haruslah diletakan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman hias yang satu ini memiliki bunga yang cantik serta memiliki aneka warna yang mencolok.

Tanaman geranium memiliki perawatan yang sangat mudah. Media tanam bunga geranium dengan menggunakan tanah yang memiliki porositas yang baik dan jangan menyiramnya terlalu sering.

Jika Anda menginginkan tanaman yang bisa mengusir nyamuk, tanaman geranium menjadi solusinya. Pilihlah bunga geranium dengan jenis scented geranium. Hal ini dikarenakan aroma yang dihasilkan seperti daun serai, sehingga nyamuk pun akan tidak menyukainya.

Oxalis

Sumber : fluwel.com

Oxalis ataupun calincing merupakan tanaman hias dengan memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu dan memiliki daun berwarna ungu. Maka tak heran jika bunga ini sering disebut bunga kupu-kupu.

Pada umumnya tanaman oxalis memiliki daun berwarna ungu. Namun ada beberapa oxalis yang memiliki daun berwarna hijau dan menghasilkan bunga warna kuning. Selain itu, ada juga tanaman oxalis memiliki daun berwarna ungu dengan motif hitam

Amarilis

Sumber : faunadan flora.com

Tanaman yang satu ini memiliki banyak kemiripan dengan bakung. Bahkan tanaman yang satu ini tumbuh seperti bakung dan tulip. Tanaman amarilis ini sangat menyukai tempat yang lembab. Selain itu, bunga akan mekar bisa mencapai 1 bulan. Namun jika Anda memelihara anakannya bunga akan mekar setelah enam minggu.

Jika Anda ingin merawatnya maka pastikan media tanam di potnyaharus lembab dan menyiramnya setiap hari.

Violet Afrika

Sumber : ibadgarden.com

Tanaman hias ini yang memiliki nama latin saintpaulia mempunyai ukuran yang mungil serta mempunyai beraneka ragam warna. Ada warna putih, ungu, dan merah muda. Tanaman violet afrika mempunyai kelebihan berupa bisa berbunga secara terus menerus.

Perawatan dari tanaman hias ini cukup mudah dalam perawatannya. Violet afrika sangat memerlukan sinar matahari dan menyukai kelembaban. Anda cukup meletakan tanaman ini di tempat sinar matahari yang cukup, namun jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung.

Media tanamnya pun tak lupa harus diperhatikan, dan ingat juga bahwa violet afrika sangat suka kelembaban. Jika tidak, maka yang akan terjadi ialah tanaman ini tidak akan tumbuh dengan subur.

Lavender

Sumber : oldfarmer.com

Meski tanaman ini biasa ditanam di tempat seperti ladang ataupun pekarangan, namun tanaman yang satu ini juga bisa ditanam di dalam ruangan. Tanaman lavender dengan memiliki bunga berwarna ungu serta memiliki aroma yang harum bisa menjadi rekomendasi tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias dirumah.

Kelebihan yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini ialah bisa dijadikan pengusir serangga yang dikarenakan aroma dari bunga lavender yang cukup menyengat. Aroma dari tanaman ini sangat tidak disukai oleh serangga terutama nyamuk. Selain itu, tanaman hias yang satu ini juga tergolong tanaman yang memiliki perawatan dengan mudah.

Anda cukup memperhatikan media tanamnya agar tidak terlalu lembab dan tidak terlalu   kering dengan menyiram tanamannya tidak terlalu sering serta kebutuhan akan sinar matahari tercukupi.

Tips Merawat Tanaman Hias Dengan Baik dan Benar

Tanaman hias merupakan salah satu media yang cocok digunakan untuk menghias rumah Anda. Gunakanlah tanaman yang cocok untuk menghias rumah Anda sehingga ruangan tidak terlalu pengap ataupun terlalu ramai. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tentang cara merawat tanaman   hias.  Berikut tips merawat tanaman hias agar tumbuh subur dan tidak mudah layu, diantaranya:

  1. Menggunakan media yang tepat
  2. Memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi rumah Anda
  3. Memperhatikan jenis tanamannya dan intensitas airnya
  4. Mengeluarkan tanaman hias secara teratur
  5. Menjaga kelembabapan di setiap ruangan
  6. Mengganti pot secara berkala
  7. Memangkas tanaman yang sudah kering ataupun rimbun
  8. Menjaga selalu kebersihan tanaman.

Jika rumah Anda terasa hambar dan bingung harus menghias menggunakan apapun tanaman hias bisa menjadi solusinya. Anda bisa mempertimbangan tanaman hias untuk dijadikan solusi dari permasalahan dari rumah Anda. Semoga dengan ulasan ini Anda bisa menemukan jawaban dan bisa merawatnya dengan baik.

Leave a Comment