Jenis Tanaman Air yang Mempercantik Rumah

tanaman air

Kamu dapat mempercantik rumahmu dengan jenis tanaman air yang terlihat sangat menarik dan menawan. Nah, model bunga air biasanya dapat disimpan di dalam gelas air, mangkuk, akuarium, pot, dan bisa juga digunakan untuk menghiasi aquarium dan kolam ikan di pekarangan rumahmu agar terlihat lebih indah dan asri

Pilihlah jenis tanaman air yang memang kamu sudah paham cara merawatnya agar terlihat indah. Sebenarnya, fungsi bunga air tidak hanya untuk mempercantik ruangan tetapi beberapa jenis tanamannya juga bisa membersihkan air loh.

Di Indonesia, kita juga sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis tanaman hias mulai dari lotus, teratai, eceng gondok, dan lainnya. Setiap jenis tanamannya memiliki keunikan masing-masing dari bentuk daun, warna daun, warna bunga, ukuran batang, dan ukuran daunnya.

Jenis Tanaman Air yang Mempercantik Rumah

Ketahui beberapa jenis tanaman air yang dapat mempercantik desain rumahmu dengan cara perawatan yang cukup mudah, ini dia ulasan lengkapnya.

Melati Air

Sumber : klikhijau.com

Tanaman Melati Air atau yang dikenal dengan Echinodorus palaefolius merupakan salah satu jenis tanaman populer di Indonesia. Tidak hanya dijadikan sebagai hiasan rumah, tentunya melati air juga memiliki fungsi yang baik untuk menyerap kotoran di dalam air dari akarnya.

Nah, keindahan dari jenis tanaman melati air yaitu berwarna putih yang tumbuh berderet pada tangkainya yang berukuran panjang.

Amazon Lily

Sumber : shopeeindonesia.com

Amazon Lily atau dikenal dengan Eucharis amazonica hidup di air yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman bunga yang satu ini wanginya enak. Selain itu, warnanya juga bervariasi terdiri dari putih dan ada juga yang terarsir pink.

Tanaman Amazon Lily ukurannya cukup besar sehingga harus menanamnya di kolam besar di pekarangan rumah. Tanamlah Amazon Lily di tempat yang terkena sinar matahari penuh agar dapat tumbuh dengan baik.

Eceng Gondok

Sumber : KKPnews.com

Eceng Gondok disebut juga Eichhornia crassipes dianggap sebagai tanaman hias yang seringkali kita jumpai di kolam ataupun sungai. Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai hiasan rumah.

Tetapi, disarankan untuk menanam jenis tanaman ini sedikit saja karena sangat mudah berkembangbiak. Nah, jangan lupa untuk melakukan penataan tanaman agar terlihat indah dan menarik.

Lotus

Sumber : namera.com

Lotus atau Nelumbo nucifera memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tanaman yang hidup di air ini biasanya diletakan dalam pot yang besar dan tinggi.

Ketahuilah, saat mekar tanaman bunga lotus maka akan terlihat lebar, besar, dan cantik. Meskipun, beberapa jenis bunga lotus ini memiliki daun kecil tetapi tangkai tanamannya dapat mencapai ukuran 1 meter lebih sehingga terlihat menjulang ke atas dan menarik.

Arrowhead

Sumber : shopee.com

Arrowhead atau Sagittaria sagittifolia merupakan tanaman air yang bentuk daunnya yang lancip menyerupai mata panah. Selain bentuknya yang menarik, ternyata cara perawatan tanaman ini juga cukup mudah sehingga akan memperindah desain  interior di luar rumahmu.

Nah, banyak orang yang mengira tanaman ini hampir mirip dengan kangkung tetapi saat kamu merawatnya dengan tepat maka akan terlihat indah tatanannya.

Kala Lili

Sumber : Shopee.com

Kala Lili atau Zantedeschia aethiopica dikenal sebagai tanaman air yang memiliki akar umbi. Sebagai salah satu jenis tanaman air yang populer di Indonesia, Kala Lili memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bunga lili pada umumnya yang berbentuk seperti corong.

Keindahan tanamannya dilihat dari warna tanaman putih dengan variasi warna pink dan kuning di bagian putiknya.

Nah, tanaman ini memiliki ukuran yang cukup tinggi sehingga disarankan untuk meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Marsh Marigold

Sumber : 123RF.com

Marsh Marigold atau Caltha palustris merupakan tanaman mungil berwarna kuning yang memiliki ukuran kecil sehingga terlihat cukup minimalis.  Kamu dapat memilih jenis tanaman air yang satu ini untuk untuk menghiasi desain interior rumah di bagian halaman maupun di dalam ruangan.

Nah, kamu juga bisa meletakan jenis tanaman yang satu ini ke dalam gelas, mangkok, ataupun jenis pot kecil yang akan menambahkan nilai estetikanya.

Teratai

Sumber : rumah.com

Terdapat jenis tanaman air Teratai atau Water Lily yang hampir mirip dengan bunga lotus. Tetapi, bunga yang satu ini mempunyai  kelopak yang lebih besar dan lebar dengan bentuknya tidak teratur.

Teratai yang bentuknya teratur dan berujung lancip sehingga dapat membuat desain interiormu makin estetik apabila dirawat dengan baik.

Ketahuilah, perbedaan bunga teratai dan lotus juga dilihat dari tempat tumbuhnya, lotus tumbuh di lumpur dan batangnya tumbuh tinggi melebihi permukaan air. Sedangkan teratai daunnya menempel di permukaan air.

Powdery Thalia

Sumber : Wikipedia.com

Tanaman Powdery atau Thalia dealbata mempunyai tekstur yang unik, karena pada tanamannya terdapat bubuk putih seperti bedak. Memang cukup sulit mencari jenis tanaman yang satu ini. Tetapi, jenis tanaman ini dapat memperindah desain interiormu karena bentuknya yang bagus dan unik.

Ya, keunikannya terlihat dari bentuk tanamannya yang tidak sama seperti tanaman air yang lainnya. Jangan khawatir, kamu bisa merawat tanaman air yang satu ini dengan mudah. Tetapi, hal yang harus diperhatikan yaitu meletakkannya di luar yang luas dan terbuka agar terbuka dengan paparan sinar matahari.

Nah, itulah beberapa jenis tanaman air yang dapat kamu pilih untuk menghiasi desain interior rumahmu agar terlihat lebih segar dan asri. Pastikan kamu memilih jenis tanaman yang tepat sesuai dengan lokasi di sekitar rumahmu yang tersedia.

Leave a Comment