Jenis Tanaman Aquascape yang Harus Anda Tahu!

TANAMAN AQUASCAPE

Bagi Anda yang suka dengan jenis tanaman Aquascape biasanya memiliki kemampuan untuk mengatur tanaman air, batu karang, dan aksen akuarium lainnya. Kemampuan tersebut tentunya dapat memberikan pemandangan yang menakjubkan bahkan dapat menyempurnakan ruangan di dalam rumahmu.

Apabila Anda mempunyai hobi menata tanaman jenis aquascape maka harus mengetahui beberapa cara perawatannya yang dapat dikatakan sulit karena pertumbuhan tanaman ini pertumbuhannya cepat dibandingkan jenis tanaman biasanya.

Jika kita biasa melihat jenis tanaman aquascape berukuran kecil maka Anda harus tahu bahwa terdapat berbagai jenis tanaman untuk menghiasi akuarium dengan ukuran tanaman yang bervariasi dari yang kecil dan besar sehingga dapat memperindah pemandangan akuarium di rumahmu dengan nuansa yang asri dan rindang.

Jenis Jenis Tanaman Aquascape

Bagi Anda pecinta tanaman aquascape ketahuilah jenis jenis tanaman yang dapat memperindah nuansa di rumahmu dengan tatanan yang indah dan menarik, berikut ini penjelasan lebih detailnya.

Aponogeton Ulvaceus

Sumber : nativeaquatick.com

Tanaman Aponogeton Ulvaceus berasal dari Madagaskar memiliki tampilan yang sangat unik. Keunikan tanamannya terlihat dari bentuk daun yang modelnya agak terpelintir, ketahuilah bahwa jenis tanaman ini cukup mudah dirawat di dalam akuarium loh. Bahkan, bisa tumbuh sendiri hingga ukuran 60 cm dan cocok untuk diletakkan di bagian belakang akuarium.

Meskipun, ukurannya tinggi tetapi tanaman ini tidak terlalu besar sehingga tidak akan membuat akuarium menjadi terlihat sesak atau penuh.

Warna hijaunya yang indah dapat membuat nuansa di dalam akuarium menjadi lebih hidup dan asri. Recomended banget untuk kamu tata dengan baik bersama aksen lainnya!

Tanaman Java Moss atau Pakis Lidah

Sumber : ekor9.com

Berikutnya, tanaman Java Moss menjadi salah satu jenis yang paling kita sering jumpai di dalam akuarium. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini memiliki kekuatan dan ketangguhan sehingga tidak mudah mati.

Bahkan, tumbuhan ini dapat secara ideal yang berada di tempat dengan suhu 21-24 derajat Celcius. Tak hanya itu, tanaman ini juga ideal untuk seorang pemula karena tidak memerlukan pencahayaan khusus.

Hal tersebut pastinya membuatmu lebih mudah dalam melakukan perawatan tanaman di dalam akuarium.

Hygrophila Difformis

Sumber : Aquajaya.com

Tanaman Hygrophila Difformis juga dikenal dengan istilah nama water wisteria yang bisa tumbuh dalam suhu 23-28 derajat Celcius.  Dengan pencahayaan yang sedang, tak membutuhkan pencahayaan banyak maka Anda dapat melakukan perawatan tanaman ini dengan mudah.

Nah, tanaman ini dapat membuat nuansa akuariummu menjadi lebih terlihat asri dan segar. Dengan demikian Anda harus melakukan penataan tanaman dengan aksen akuarium lebih eksotis dan indah.

Tak heran, banyak orang yang menggunakan jenis tanaman ini untuk membuat tampilan akuariumnya menjadi lebih terlihat memukau.

Amazon Sword

Sumber : amazon.com

Berikutnya, terdapat tanaman Aquascape Amazon Sword yang mempunyai keunikan sebagai jenis tumbuhan air. Nah, ketahuilah bentuk tanaman yang satu ini terlihat seperti pedang yang dapat tumbuh dalam suhu 22-28 derajat Celcius dengan bantuan pencahayaan yang moderat.

Selain itu, keunikan tanaman Amazon mempunyai daunnya yang lebar sehingga biasanya ditata di bagian belakang akuarium untuk menambahkan sedikit nuansa asri di sekitar akuarium dengan warna hijau yang cukup memukau.

Lilaeopsis

Sumber : bukalapak.com

Tanaman Lilaeopsis memiliki bentuk yang seperti rumput, lilaeopsis adalah tanaman yang cocok dijadikan “karpet” akuarium. Tentu saja Anda sering melihatnya bukan? Mempunyai tanaman ini tentu saja tidaklah merepotkan perawatannya.

Anda cukup mudah merawatnya karena tumbuhan ini dapat tumbuh sampai 5 cm sehingga harus sering melakukan pemangkasan secara rutin agar terlihat rapi dan menarik.

Tanpa adanya jenis tanaman tersebut maka ruang akuariummu akan terlihat kurang menarik, tetapi saat menambahkan jenis rerumputan ini maka ruang akuarium akan terkesan lebih hidup.

Anubias Nana

Sumber : shopee.com

Tanaman Anubias Nana menjadi salah satu jenis tanaman yang dapat dijumpai dengan mudah dimanapun. Sebagai salah satu jenis tanaman yang tak berukuran cukup besar ternyata dapat tumbuh tinggi sampai 15 cm.

Nah, Anda dapat merawat tanaman tersebut di akuarium dalam kisaran suhu antara 22-28 derajat Celcius. Biasanya, tanaman ini ditata rapi di bagian depan akuarium agar dapat memancarkan keindahannya.

African Water Fern

Sumber : aquascape.com

Tanaman African Water Fern menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah dirawat, tanaman aquascape yang satu ini sangat membutuhkan pencahayaan yang tinggi sehingga pastikan kebutuhan sinar mataharinya agar tanaman ini tidak mati.

Selain itu, tanaman akuarium yang satu ini juga hanya cocok untuk akuarium yang berukuran besar karena ukurannya besar sehingga ketika diletakan di akuarium kecil akan terlihat sesak dan kurang menarik.

Bacopa SP Colorata

Sumber : thegorbasla.com

Tanaman SP Colorata dikenal juga sebagai bacopa pink yang tampilannya tampak mencolok di antara kerumunan berwarna hijau ini sehingga cocok diletakan di tengah akuarium. Saat memilihnya Anda harus memperhatikan peletakan tanaman tersebut sudah mendapatkan cahaya dan karbondioksida yang cukup dan sedang.

Warnanya yang cantik akan membuat akuriummu terlihat lebih indah dan menawan sehingga cukup mempesona penglihatan banyak orang.

Java Fern

Sumber : amazon.com

Tanaman Java Fern merupakan tanaman asal Asia Tenggara yang perawatannya tidak memerlukan jenis substrat seperti pupuk sehingga cukup menanamnya dengan ekosistem yang ideal agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan cepat.

Selain itu, tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan sinar matahari yang banyak. Keunikannya, batang tanaman ini dapat merayap hingga 30 cm dengan daun yang berukuran 4-5 cm tersusun rapi meskipun berlawanan.

Demikianlah seputar ulasan mengenai tanaman aquascape yang wajib kamu ketahui untuk memperindah ruang hias di dalam akuariummu!

Leave a Comment