14 Makanan Khas Sumatera Barat, Tidak Kalah Enak dari Rendang!

Kita semua tentu kenal dengan makanan yang bernama nasi padang, bahkan mungkin Anda sering memakan makanan ini. Nasi padang adalah salah satu makanan khas Sumatera Barat yang paling banyak cabangnya, di setiap daerah pasti ada saja yang menjual nasi padang.

Padang merupakan salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat yang terkenal dengan makanan berbahan dasar santan dan daging. Mayoritas masyarakat Minangkabau lebih suka pedas, jadi kebanyakan masakan mereka memiliki rasa pedas.

Selain nasi padang, ternyata masih banyak makanan khas Sumatera Barat yang tidak kalah enak. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi makanan khas Sumatera Barat paling populer dan enak selain nasi padang dan rendang.

Gulai Gajeboh

Makanan yang pertama tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Sumatera Barat adalah gulai gajeboh. Padang bukan cuma terkenal akan olahan rendangnya saja, gulai gajeboh ini tidak kalah enak dengan rendang.

Makanan ini terbuat dari daging punuk sapi yang memiliki banyak lemak. Kuah pada gulai gajeboh ini memiliki campuran rasa santan dan rasa asam padeh yang menjadi satu. Selain gurih dari daging lemak, kuah gulai ini juga terasa pedas yang membuatnya semakin nikmat.

Kacimuih

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah kacimuih. Dari namanya memang terlihat asing, namun sebenarnya makanan ini memiliki rasa yang manis dan cocok sekali dijadikan cemilan di saat sore hari.

Makanan ini wajib Anda coba ketika Anda berkunjung ke Sumatera Barat, rasa manis dari makanan ini akan membuat Anda ketagihan.

Galamai

Galamai adalah kuliner khas Sumatera Barat yang sangat populer, makanan ini mirip jenang atau dodol. Bahan pembuatannya pun hampir sama, yaitu menggunakan santan, beras ketan, gula aren, dan kacang.

Yang membedakan galamai ini dengan dodol adalah adanya taburan kacang tanah yang menghiasi makanan ini. Taburan kacang ini membuat rasa baru dan berbeda dari dodol atau jenang.

Nasi Kapau

Nasi kapau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi padang, yang membedakan kedua nasi ini adalah pada cara penyajiannya. Biasanya nasi lauk pauk nasi kapau akan langsung ada di atas meja. Lauknya sendiri cukup berbeda dengan nasi padang dari segi rasanya.

Makanan ini adalah gulau kapau yang dibuat dari kol, nangka, dan kacang panjang. Gulau ini mempunyai rasa yang sedikit asam dan kuahnya berwarna kuning.

Keripik Sanjai

JIka Anda sedang mencari makanan khas Sumatera Barat yang bisa dijadikan oleh-oleh, maka jawabannya adalah keripik yang satu ini. Keripik sanjai terbuat dari singkong yang memiliki rasa manis dan pedas dengan sensasi legit yang membuat Anda tidak bisa berhenti memakannya.

Kalio

Kalio adalah sebutan lain dari rendang yang setengah jadi, jadi kalio ini lebih berwarna kecokelatan dibandingkan rendang yang sudah jadi dimana warnanya cokelat kehitaman. Makanan ini memiliki tekstur yang lengket dan basah serta aroma karamelnya sangat kuat.

Biasanya kalio ini dijual di Rumah Makan Padang di Sumatera Barat karena proses memasaknya yang lebih singkat dan lebih praktis. Rasa dari kalio ini juga tidak terlalu pedas dan dagingnya juga tidak terlalu keras.

Sala Lauak

Makanan berikutnya adalah sala lauak di mana makanan ini sering hadir dalam acara adat di kota Padang, khususnya di wilayah pesisir. Sala lauak ini ada dua jenis, yaitu yang teksturnya lunak dan keras. Bedanya ada pada jenis ikan yang dipakai.

Sala lauak yang keras dibuat dari ikan asin, sedangkan sala lauak yang lunak terbuat dari ikan situhuak. Makanan ini memiliki sensasi renyah di luar dan lembut di dalamnya ketika dimakan.

Soto Padang

Soto padang merupakan kuliner khas Sumatera Barat yang harus Anda coba selain rendang. Soto padang ini juga cukup populer dan bisa Anda temukan di luar Sumatera Barat. Soto padang menggunakan kaldu sapi yang dihidangkan dengan irisan daging sapi kering.

Kuah soto padang menggunakan berbagai rempah seperti daun jeruk, cengkeh, bunga lawing, sampai dengan kapulaga sehingga rasanya sangat kuat. Untuk pelengkap, biasanya soto padang dihidangkan dengan kerupuk merah muda.

Dadih

Apakah Anda tahu dadih? Dadih ini semacam yogurt tradisional yang diolah secara manual. Susu kerbau difermentasi di dalam bambu yang ditutup dengan daun pisang yang sudah dilayukan.

Proses fermentasi untuk membuat dadih ini sekitar 2 sampai 3 hari. Dadih umumnya dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari dengan dicampur emping dan gula merah. Dadih bisa menjadi lauk untuk pendamping nasi.

Gulai Banak

Gulai banak ini memiliki bumbu yang tidak jauh berbeda dengan gulau lain pada umumnya. Yang membedakan gulai banak ini adalah daging sapi atau ayam diganti dengan otak sapi. Sehingga tekstur dari gulai ini sangat lembut.

Sebagai kota yang mempunyai makanan terenak di dunia, tentu tidak heran jika Sumatera Barat memiliki banyak menu andalan yang tidak kalah enak.

Gulai Itiak Lado Mudo

Makanan khas Sumatera Barat yang selanjutnya adalah gulai itiak lado mudo, yang unik dari gulau ini adalah dalam proses pengolahannya tidak menggunakan santan. Gulai ini menggunakan daging bebek mudah untuk menciptakan tekstur daging yang gurih dan empuk.

Sensasi pedas dan gurih dari gulai ini akan membuat Anda selalu mengingat rasanya. Jika Anda bosan dengan gulai biasa, Anda bisa coba gulai yang satu ini.

Pinyaram

Makanan khas berikut ini mirip dengan kue cucur dari Betawi. Pinyaram ini biasanya disajikan untuk berbuka puasa di bulan Ramadhan atau untuk acara pernikahan. Rasa dari makanan ini sangat empuk dan manis sehingga cocok dimakan bersama kopi atau teh.

Pinyaram memiliki dua varian, yaitu pinyaram hitam yang terbuat dari beras hitam dan pinyaram putih yang terbuat dari beras biasa atau beras putih. Untuk rasanya sendiri ada beberapa variasi seperti durian, pisang, dan sebagainya.

Ayam Pop

Untuk Anda pecinta masakan Padang tentu sudah tidak asing dengan ayam pop. Ayam pop ini terbuat dari ayam kampung, bawang merah, lengkuas, bawang putih, garam, daun salam, dan jeruk nipis sehingga menghasilkan rasa yang gurih.

Kuliner khas Sumatera Barat ini sangat enak dimakan bersama dengan nasi yang hangat, apalagi ditambah dengan rendang dan gulai serta lalapan akan membuat ayam pop semakin nikmat untuk disantap.

 Lempong Sagu

Kuliner khas Sumatera Barat yang terakhir adalah lempong sagu, makanan ini terbuat dari tepung sagu, gula merah, parutan kelapa, santan dan pisang raja atau kepok. Makanan ini memiliki rasa manis yang dominan.

Bentuk lempong sagu ini cukup unik, makanan ini biasanya disajikan di atas piring dengan bentuk kotak dan taburan kelapa di atasnya.

Nah itulah beberapa makanan khas Sumatera Barat selain rendang yang harus Anda coba karena rasanya tidak kalah nikmat.

Tinggalkan komentar