14 Makanan Khas Padang yang Menggugah Selera!

Padang dikenal karena memiliki makanan khas yang cita rasanya lezat dan menggugah selera. Bukan cuma nasi padang saja yang terkenal dan populer di Indonesia, ada banyak juga kuliner khas Padang lain yang tidak kalah dari nasi padang.

Masakan padang mempunyai cita rasa yang khas dan sangat kuat, oleh karena itulah banyak orang yang menyukai masakan khas Padang. Ada banyak makanan khas padang seperti sate padang dan rendang yang sangat terkenal.

Untuk mendapatkan makanan padang tersebut sangatlah mudah karena banyak sekali yang menjual makanan tersebut. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa kuliner khas padang yang enak dan bisa menggugah selera makan Anda.

Dendeng Balado

Makanan padang yang pertama adalah dendeng balado, dendeng ini terbuat dari irisan daging sapi yang tipis dan lebar. Irisan tersebut telah dikeringkan kemudian digoreng yang membuat teksturnya garing dan renyah.

Dendeng balado ini sebenarnya memiliki dua jenis, yaitu yang basah dan kering. Dendeng balado kering tidak memakai kuah, sedangkan dendeng balado basah menggunakan kuah minyak hasil dari rebusan cabai.

Gulai Itiak

Sumber : KSMtour.com

Itiak atau itik adalah bahan dasar dari makanan khas Padang yaitu gulai itiak. Bumbu yang digunakan dalam makanan ini adalah laos, cabai keriting hijau, jahe, kunyit, daun kunyit, daun salam, dan daun jeruk.

Yang membuat gulai itiak ini spesial adalah karena daging yang digunakan adalah daging itik muda sehingga tekstur dagingnya sangat empuk dan nikmat ketika dimakan. Ditambah lagi rasa pedas dari cabainya membuat gulai ini semakin istimewa.

Cancang

Cincang atau cancang adalah makanan yang berupa olahan daging sapi yang dipotong kecil-kecil kemudian dijadikan gulai. Daging yang digunakan biasanya yang memiliki banyak lemak, selain menggunakan daging sapi, ada juga cancang yang menggunakan daging kambing.

Cancang menggunakan bumbu yang memiliki cita rasa serta aroma yang khas, hal ini membuat cancang semakin enak untuk dimakan.

Sumber : tribun.com

Lamang Tapai

Makanan khas Padang yang selanjutnya adalah lamang tapai, makanan ini terbuat dari bahan dasar ketan putih yang dibakar kemudian disajikan bersama tapai yang dibuat dari ketan hitam.

Proses pembuatan lamang tapai ini cukup unik, yaitu memakai batang bambu muda. Makanan yang satu ini biasa ditemui pada acara-acara tertentu. Lamang cocok sekali dijadikan sebagai cemilan karen rasanya manis dan lezat.

Lemong Sagu

Lemong sagu adalah kue khas Minang yang terbuat dari tepung sagu. Cara pembuatannya adalah tepung sagu diolah bersama dengan santan, pisang kepok, kelapa, dan gula aren.

Pembuatan lemong sagu ini adalah dengan cara dipanggang sehingga makanan ini mempunyai aroma panggang yang sangat khas. Lemong sagu mempunyai rasa yang manis dan gurih serta teksturnya kenyal.

Sate Lokan

Sate kerang atau sate lokan adalah salah satu makanan hasil olahan laut yang sangat terkenal. Kerang yang digunakan untuk membuat sate ini adalah kerang hijau, setelah dimasak warna daging kerang menjadi oranye kemerahan.

Sate lokan ini disajikan dengan cara disiram kuah kental yang terbuat dari rebusan rempah-rempah dan kerang sehingga memiliki rasa yang khas.

Ikan Balado

Sumber : Selerarasa.com

Masakan khas padang sangat identik dengan rasanya yang pedas, tidak terkecuali makanan yang satu ini. Ikan balado biasanya menggunakan bahan dasar ikan tenggiri atau ikan nila yang digoreng dan menghasilkan tekstur yang renyah dan gurih.

Setelah digoreng, ikan kemudian ditambahkan dengan sambal balado merah supaya menghasilkan cita rasa pedas. Kombinasi dari ikan dan balado ini akan membuat lidah Anda ketagihan untuk menyantap makanan ini.

Kerupuk Jangek

Biasanya kerupuk jangek ini terbuat dari kulit hewan, meskipun sekarang ini sudah banyak kerupuk jangek yang mulai menggunakan tepung sebagai bahan pembuatannya. Kerupuk jangek yang asli berbahan dasar kulit kerbau, sapi, atau kambing.

Kerupuk ini mempunyai rasa yang gurih karena campuran garamnya. Kerupuk jangek sangat cocok dijadikan pelengkap makanan maupun cemilan sehari-hari.

Es Tebak

Selain makanan, ada juga minuman atau es khas Padang yaitu es tebak. Es tebak ini cukup unik karena terbuat dari olahan tepung beras ketan yang dicampur tepung sagu kemudian dimasak dengan garam dan air sirih.

Olahan ini dinamakan tebak, jika dilihat sekilas es ini mirip seperti es cendol. Es tebak ini memiliki rasa yang manis dan segar dengan campuran sirup merah, susu kental manis, dan es batu serut sangat cocok melepas dahaga Anda.

Teh Talua

Teh telur atau teh talua adalah minuman khas Padang lain selain es tebak. Bahan pembuatan minuman ini adalah telur, gula, teh, dan sedikit perasan dari jeruk nipis. Telur yang digunakan dalam es ini biasanya telur kampung.

Teh talua dibuat dengan cara dikocok sampai muncul busa di bagian atas tehnya. Rasa dari teh ini cukup unik dan membuat teh ini cukup banyak digemari. Selain itu teh talua ini juga bisa menambah stamina Anda.

Dadiah

Makanan khas Padang yang berikutnya adalah Dadiah, dadiah merupakan makanan yang cukup unik. Dadiah dibuat dari susu kerbau yang difermentasi secara alami dengan menggunakan ruas batang bambu. Proses pembuatan makanan ini sekitar satu hari penuh.

Dadiah mempunyai tekstur yang sangat lembut dan rasa yang asam mirip seperti yogurt. Ciri khas dari dadiah ini adalah bahan dasarnya berupa susu kerbau, makanan ini juga sering dijadikan sebagai lauk pauk.

Kalio Jariang

Sumber : youtube.com

Selain daging, di Padang juga terdapat makanan olahan yang terbuat dari jariang atau jengkol dalam bahasa Minang. Kalio jariang mempunyai kuah yang kental dan bumbunya yang sangat khas. Makanan yang satu ini juga sering disebut dengan rendang setengah matang.

Makanan ini sering disajikan di rumah makan Padang karena proses memasaknya yang lebih cepat dibanding rendang. Kalio jariang mempunyai rasa yang enak dan bisa menggugah selera Anda.

Palai Rinuak

Makanan berbahan dasar ikan khas padang lainnya adalah palai rinuak, makanan ini berbahan dasar ikan air tawar dari danau Maninjau. Palai rinuak ini dibuat dengan cara dipepes atau digoreng, sebelum itu ikan diberi parutan kelapa terlebih dahulu dan dibungkus dengan daun pisang.

Rasa palai rinuak sangat gurih dan sangat cocok dijadikan sebagai lauk dimakan bersama dengan nasi hangat.

Asam Padeh

Sumber : IDMtimes.com

Kuliner khas Padang yang terakhir adalah asam padeh, berbeda dengan makanan Padang lain asam padeh ini tidak mengandung santan di dalamnya. Asam padeh terbuat dari ikan laut seperti sarden, tongkol, atau bisa juga menggunakan daging sapi.

Sekilas asam padeh ini mirip dengan gulai, bumbu yang digunakan dalam makanan ini adalah bawang, lengkuas, sere, kemiri, dan lain-lain. Untuk rasanya sendiri asam padeh memiliki cita rasa asam.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan khas padang terbaik yang bisa menggugah selera makan Anda. Jika Anda berkunjung ke kota Padang, jangan lupa untuk mencoba makan-makan di atas ya.

Tinggalkan komentar