Mengenal Gelombang Cinta. Tanaman Hias yang Pernah dan Masih Menjadi Primadona

gelombang cinta

bagi Anda para pecinta tanaman hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang pernah gempar pada tahun 2000an ini, bahkan harganya dapat menyentuh berjuta-juta rupiah. Cukup  fantastis bukan? Ya, tepat sekali tanaman hias ini adalah Gelombang Cinta, tanaman yang masih menjadi primadona dari dulu hingga sekarang.

Tumbuhan satu ini merupakan satu jenis Anthurium dengan nama botaninya “Anthurium plowmanii” atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai wave of love. Tanaman ini pernah menjadi salah satu tanaman yang memegang rekor sebagai tanaman termahal yang ada di Indonesia. Tepatnya pada tahun 2000-an hingga 2007 tanaman ini memiliki harga yang fantastis.

Menurut beberapa pengamat tanaman hias, tumbuhan ini bisa memiliki harga yang sangat fantastis karena adanya skenario yang dibuat oleh para pebisnis, sehingga bisa dikatakan tidak terjadi karena kondisi alami. Bagaimana tidak fantastis, salah satu tanaman anthurium jenmanii cobra dapat terjual hingga 250 juta, dan untuk jenis supernova dapat menembus hingga 1 miliar rupiah.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kejayaan dari gelombang cinta terjun drastis dimana harganya menjadi sangat murah. Hal ini yang menyebabkan tanaman hias ini sangat mudah dijumpai. Namun, walaupun harganya turun peminat dari gelombang cinta ini masih lumayan banyak.

Nah, bila tertarik untuk melakukan budidaya tanaman ini Anda dapat menyimak penjelasan berikut.

Cara Menanam Gelombang Cinta Dalam Pot

Sumber : rumah123.com

Memilih Indukan Berkualitas

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengembangkan gelombang cinta ini adalah diawali dengan memilih indukan yang berkualitas. Indukan berkualitas ini akan menghasilkan tumbuhan anakan yang memiliki kualitas, dan tidak jauh berbeda dari induknya. Beberapa ciri-ciri indukan berkualitas adalah sehat dan daunya hijau serta segar.

Perbanyak Tanaman Dengan Metode Split

Setelah berhasil memilih indukan yang berkualitas yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah melakukan metode split. Metode split adalah metode yang mana digunakan untuk melakukan pemisahan anakan yang berasal dari indukan. Pada saat melakukan metode ini ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • Melakukan pemeriksaan kondisi tanaman, jika tanaman benar sehat maka dapat langsung dilakukan metode split. Akan tetapi apabila tanaman terdapat gejala serangan HPT maka tanaman harus disehatkan atau disembuhkan terlebih dahulu
  • Pilih bonggol tanaman yang telah ditumbuhi oleh tunas
  • Gunakan pisau yang tajam untuk melakukan pemotongan bonggol tersebut
  • Ketika memotong jangan tergesa-gesa apabila dalam satu bonggol terdapat lebih dari satu tunas
  • Anda dapat menunggu hingga tunas-tunas tersebut ditumbuhi beberapa helai daun
  • Setelah Anda berhasil memotong bonggol lanjutkan dengan merendam bonggol dengan larutan fungisida 5 gram selama 15-20 menit
  • Oleskan juga fungisida pada potongan di tanaman indukan
  • Anda dapat menyiapkan media tanaman sembari menunggu bonggol siap
  • Pilihlah pot yang berukuran sedang dan sesuaikakn dengan ukuran bonggol yang telah Anda potong
  • Buatlah lubang pada bagian bawah pot kemudian masukan pecahan batu bata bersih ke dalam bagian dasar pot
  • Siapkan media tanam berupa komposisi humus, pasir, dan pupuk kAndang
  • Campur media tanam hingga tercampur secara merata, ayal dan ambil bagian halusnya
  • Setelah itu isikan media kedalam pot hingga pot terisi ¾ bagian
  • Kemudian tanam bagian bonggol tanaman dengan menyisakan tunas pada permukaan media tanam
  • Tambahkan media tanam hingga pada dan akar bonggol tertutup secara sempurna.

Setelah mengetahui bagaimana cara bercocok tanam gelombang cinta yang baik dan benar, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa manfaat serta beberapa jenis dari tanaman gelombang cinta. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini untuk manfaat dari gelombang cinta.

Manfaat Gelombang Cinta

Sumber : tandaseru.com

Sebagai Hiasan

Gelombang cinta merupakan salah satu tanaman yang pernah Berjaya pada tahun 2007an dimana harga tanaman ini bisa mencapai miliaran rupiah. Tanaman ini dapat memberikan energi positif bagi Anda dan juga dapat memberikan daya tarik guna mempercantik ruangan-ruangan yang berada di rumah Anda.

Tanaman gelombang cinta ini memiliki bentuk dan warna yang unik, sehingga sangat bagus jika dijadikan sebagai penghias ruangan. Gelombang cinta ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghias baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tanaman ini bisa memberikan kesan indah dan cerah karena tampilannya sangat menarik.

Memberikan Kesegaran

Gelombang cinta selain berguna sebagai hiasan tanaman ini juga memiliki energi yang dapat menyegarkan ruangan. Gelombang cinta ini memiliki kandungan O2 (oksigen) yang dapat menyejukan ruangan sangat cocok dipasang pada rumah yang panas karena gelombang cinta ini mampu memberikan kesegaran.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan salah satu alternatif di rumah Anda apabila Anda ingin menyejukan ruangan. Hasil fotosintesis dari tanaman ini bisa menghasilkan udara yang sejuk sehingga sangat cocok dipakai sebagai AC alami. Gelombang cinta ini juga mampu meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan Anda.

Jenis Tanaman Gelombang Cinta

Sumber : carousell.com

Tanaman gelombang cinta ini bisa dibedakan dari bentuk daunnya yang berbeda-beda.  Anthurium Crystallinum ini memiliki daun yang berbentuk oval dengan urat putih, Anthurium Jemani jenis ini memiliki bunga yang terlihat kokoh dan bergelombang dibandingkan jenis gelombang cinta lainya, Anthurium Corong memiliki daun yang mirip dengan corong, Anthurium Hookeri pada jenis ini bagian tubuh memiliki warna hijau kehitaman sehingga berbeda dengan jenis lainya.

Sekian penjelasan mengenai gelombang cinta ini, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya dan memiliki bunga ini, semoga artikel ini dapat membantu Anda. Terimakasih salam pecinta bunga.

Leave a Comment