Pengertian dan Macam macam olahraga air

Olahraga Air- Di dalam kehidupan sehari-hari mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya olahraga. Olahraga adalah salah satu kebutuhan di dalam kehidupan kita, dengan berolahraga lemak yang ada dalam tubuh akan terbakar. Selain itu, berolahraga juga dapat menambah kekebalan dan kebugaran tubuh.

Tapi tahukan anda bahwa olahraga tidak hanya dapat dilakukan di darat saja. Seiring berkembangnya jaman, membuat seseorang lebih kreatif dalam mengembangkan kegiatan yang satu ini. Tujuannya adalah agar kita tidak menjadi bosan, dan sebagai sarana untuk bersantai tetapi dengan hal yang bermanfaat.

Yah, kali ini saya akan sedikit berbagi kepada teman-teman tentang olahraga yang dimainkan di dalam air. Mungkin bila dikatakan olahraga yang dimainkan di dalam air kita langsung berfikir olahraga renang. Tapi ternyata selain renang masih banyak lagi lho olahraga yang dapat dimainkan di dalam air.

Sebelum membahas lebih dalam tentang olahraga air, kita harus faham terlebih dahulu dengan pengertian olahraga itu sendiri. Agar saat kita melakukan kegiatan ini menjadikan kita lebih semangat karena mengetahui tujuan dan manfaat dari kegiatan ini.

Pengertian dan Manfaat Olahraga

Olahraga diartikan sebagai aktivitas fisik maupun rohani yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Selain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga juga dapat dijadikan sarana untuk bersantai saat kita megalami kepenatan.

Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme serta mempengaruhi kelenjar di dalam badan. Yang akan menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk menghilangkan stress. Karena sebab itu setiap orang dianjurkan melakukan kegiatan ini secara rutin dan terstruktur dengan baik.

Agar manfaat yang diperoleh lebih sempurna, para ahli mengajurkan untuk berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi lebih baiknya apabila hal ini dilakukan setiap hari selama 20-30 menit. Selain dilakukan secara rutin, seseorang juga harus melakukan kegiatan ini dengan menggunakan tekhnik (tidak asal).

BACA JUGA PENGERTIAN DAN PERATURAN OLAHRAGA FUTSAL

Macam-macam olahraga air

 

1. Berenang

Olahraga air
Sumber:pexels.com

Renang adalah mengerakkan tubuh dengan melintas di dalam air dengan menggunakan tangan dan kaki. Tujuan berenang adalah untuk berpindah tempat saat kita berada di dalam air. Atau bisa dikatakan sebagai pengganti berjalan, saat kita berada di dalam air.

Berenang adalah salah satu olahraga yang sangat dianjurkan kepada umat Islam, oleh Nabi Muhammad. Karena memang olahraga satu ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Yang tidak akan kita temukan dalam cabang olahraga lain.

Manfaat olahraga berenang antara lain :

  • Dapat melatih sistem pernafasan.
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang pada tubuh.
  • Dapat menambah tinggi badan.
  • Baik untuk kesehatan jantung manusia.
  • Membentuk tubuh menjadi lebih ideal.
  • Menghilangkan stress.
  • Meningkatkan kebugaran tubuh.
  • Meredakan persendian.
  • Dapat menurunkan berat badan.
  • Menurunkan resiko terkena penyakit diabetes.

2. Polo Air

Olahraga air
Sumber:http://media.viva.co.id

Polo air adalah salah satu cabang olahraga air yang dimainkan dengan beregu. Olahraga ini juga dianggap sebagai perpaduan antara renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Walaupun terlihat menarik, tetapi olahraga ini belum begitu dikenal oleh sebagian besar masyarakat umum.

Satu tim polo air, terdiri dari enam pemain dan satu penjaga gawang. Peraturan olahraga ini mirip seperti peraturan sepak bola, yaitu memasukkan bola sebanyak-banyaknya. Dan setiap kali memasukkan bola maka tim tersebut mendapatkan satu poin.

Olahraga polo air merupakan salah satu cabang olahraga yang telah dipertandingkan di Indonesia. Bahkan olahraga ini telah dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama. Pada tahun 1948 yang dilaksanakan di Kota Solo.

3. Renang indah

olahraga air
Sumber: media.viva.id

Renang indah atau dalam bahasa inggris disebut dengan synchronized swimming. Adalah suatu olahraga air yang memadukan dari unsur-unsur renang, senam dan tari. Olahraga ini bisa dimainkan dalam bentuk regu, tunggal maupun trio.

Olahraga ini memadukan antara kekuatan fisik dengan keluwesan dan keindahan nilai artistik. Dan juga kemampuan untuk menahan nafas saat berada di dalam air. Olahraga ini berkembang di Negara Kanada pada awal tahun 1900-an, Namun olahraga ini hanya didominasi oleh kaum wanita.

Untuk bisa menjadi seorang atlet renang indah harus memiliki kekuatan fisik kelenturan tubuh dan juga kemampuan aerobik. Olahraga renang indah berada dalam naungan Federasi Renang Internasional (FINA). Di Indonesia sendiri olahraga ini berada dalam naungan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

4. Snorkeling (selam permukaan)

olahraga air
Sumber: pexels.com

Snorkeling adalah olahraga berenang atau menyelam dengan menggunakan peralatan seperti masker dan snorkel. Selain memakai peralatan tersebut para penyelam biasanya juga mengenakan kaki katak. Agar lebih lincah bergerak saat berada di dalam air.

Olahraga ini bisa dimainkan oleh semua orang, dengan syarat utama bisa berenang. Ketika menyelam di daerah yang bersuhu rendah, penyelam biasa memakai baju selam agar tubuhnya tetap hangat. Dan selain untuk menghangatkan tubuh, baju selam juga bisa menjaga tubuh agar tidak terlukai oleh karang.

Cabang olahraga air ini juga telah popular untuk kegiatan rekreasi. Terutama pada daerah pantai beriklim tropis dan daerah selam scuba yang dangkal. Karena keindahan alam bawah lautnya, jadi penyelam bisa mengamati ragam flora dan fauna yang ada di bawah laut.

5. Arum Jeram

olahraga air
Sumber: pixabay.com

Arum jeram adalah suatu kegiatan dengan memadukan unsur olahraga, petualangan, edukasi, dan juga rekreasi. Olahraga ini dimainkan dengan menggunakan media boat karet, dayung, dan kano. Olahraga ini termasuk olahraga yang dapat menguji nyali kita, dan memiliki resiko yang cukup besar.

Olahraga ini dimainkan dengan beregu, dengan satu regu berjumlah 4 orang peserta dan 1 pemandu. Kekompakan dan ketaatan dalam regu sangat dibutuhkan dalam olahraga ini. Agar bisa mencapai keberhasilan dan melewati berbagai rintangan yang ada di sungai.

6. Ski Air

olahraga air
Sumber: pexels.com

Ski air adalah olahraga yang dimainkan permukaan atas air, dengan menggunakan sebuah papan yang ditarik dengan perahu. Selain menggunakan sebuah papan olahraga ini juga dapat dimainkan dengan menggunakan tubing. Tujuan penggunaan tubing adalah untuk melatih keseimbangan untuk para pemula.

Olahraga ini pertama kali dimainkan oleh Ralph Samuelson pada tahun 1922. Dengan menggunakan sebuah drum kayu dan ditarik oleh sebuah perahu kecil. Tetapi usahanya meluncur dengan menggunakan drum kayu gagal dan memaksanya untuk membuat sebuah papan untuk bermain ski.

7. Kano

olahraga air
Sumber: bintang.com

Kano adalah sebuah perahu yang kecil dan biasanya digerakkan dengan menggunkan tenaga manusia. Kano memiliki kedua ujung yang lancip, dan bagian atasnya terbuka. Namun bagian atas bisa diberikan sebuah penutup, sesuai keinginan pemakainya.

Kano yang menggunakan dengan tenaga manusia digerakkan dengan cara mengayuh. Jumlah orang yang mengayuh kano ditentukan seberapa besar ukuran kano. Tetapi pada umumnya kano hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja, mengingat karena kano adalah sebuah perahu kecil.

Hal yang membedakan kano dengan olahraga dayung adalah cara mendayungnya. Jika olahraga dayung posisi para pendayung membelakangi tujuan. Tetapi dalam kano para pendayung dapat bersisi tunggal maupun bersisi ganda.

8. Selancar (surfing)

olahraga air
Sumber:pexels.com

Selancar merupakan sebuah olahraga yang hanya bisa dimainkan di pantai yang mempunyai ombak tinggi. Olahraga ini dimainkan menggunkan sebuah papan sebagai alat untuk bermanuver diatas ombak. Papan tersebut digerakan oleh arus ombak, namun arahnya dikendalikan oleh peselancar.

Olahraga ini dapat memacu adrenaline, karena kita dipaksa untuk bisa mengarahkan papan sekaligus menjaga keseimbangan tubuh. Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang extreme dan memiliki resiko yang tinggi. Akan tetapi olahraga ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat selancar Antara lain :

  • Membuat otot terus bergerak, sehingga baik untuk membentuk tubuh yang ideal.
  • Memperlancar peredaran darah pada tubuh.
  • Menjadikan tubuh lebih prima.
  • Dapat mengurangi rasa jenuh.
  • Menimbulkan sikap tenang pada diri kita.
  • Menjaga Kebugaran tubuh

9. Selam Bebas

olahraga air
Sumber: media.viva.co.id

Senam bebas adalah olahraga menyelam tanpa menggunkan alat bantu apapun. Olahraga ini bergantung pada kemampuan penyelam untuk menahan nafasnya. Semakin lama ia bisa menahan nafas, semakin lama pula ia bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut.

Pada dasarnya olahraga ini memiliki resiko yang besar, namun resiko yang ada pada olahraga ini tidak mengurangi semangat dari penyelam. Bagi mereka olahraga ini adalah cara mereka untuk dapat menikmati indahnya alam bawah laut. Tanpa perlu merasa canggung atau tidak nyaman saat memakai peralatan scuba.

10. Selam Scuba

olahraga air
Sumber: pixabay.com

Olahraga ini adalah kebalikan dari selam bebas, yaitu menyelam dengan menggunakan peralatan menyelam. Agar bisa berada di dalam air dalam waktu yang lama dan memudahkan pergerakan dan penglihatan penyelam. Yang terpenting untuk menjaga keselamatan diri mereka saat berada di dalam air.

Nah, itu dia beberapa macam olahraga air beserta penjelasan singkat tentang olahraga tersebut. Semoga setelah membaca artikel tentang olahraga air ini membuat teman-teman lebih semangat untuk berolahraga. Sekian yang dapat saya tuliskan pada artikel kali ini, terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa SUBCRIBE yah !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar