Perkembangbiakan pada hewan

Perkembangbiakan Hewan – Setiap makhluk hidup memiliki kemampuan untuk memperbanyak atau mempertahankan jenisnya. Proses menambah keturunan ini disebut juga dengan perkembangbiakan makhluk hidup. Perkembangbiakan makhluk hidup sendiri dibagi menjadi dua yaitu generative dan vegetative.

Tetapi pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang cara perkembangbiakan pada hewan. Untuk sekedar menambah pengetahuan kita tentang alam disekitar kita. Dan juga untuk melihat kebesaran  Allah yang telah menciptakan dunia ini dengan berbagai ragam.

Baca Juga: Pengertian Efek Rumah Kaca

Perkembangbiakan hewan secara generative

Perkembangbiakan generative adalah perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara perkawinan. Perkawinan ini terjadi apabila sel dari spesies jantan bertemu dengan sel dari spesies betina. Dari perkawinan tersebut akhirnya menghasilkan keturunan dari jenis yang sama dari induknya.

Perkembangbiakan secara generative dibagi menjadi 3 antara lain :

  • VIVIPAR (Beranak).
  • OIVIPAR (Bertelur).
  • OVOVIVIPAR (Bertelur dan Beranak).

1. Perkembangbiakan secara Vivipar (Beranak)

Vivipar adalah perkembangbiakan dengan cara melahirkan atau beranak. Pada umumnya perkembangbiakan jenis ini banyak terjadi pada hewan jenis mamalia atau hewan menyusui. Dengan cara pembuahah sel jantan terhadap sel telur betina di dalam tubuhnya.

Dari pembuahan itu akan mengalami pertumbuhan spesies baru dari jenisnya yang akan dilahirkan dari induknya. Induk akan mengandung anaknya selama beberapa waktu. Untuk proses penyempurnaan bentuk tubuh pada spesies baru tersebut, selama dikandungan dia mendapat asupan makanan dari induknya.

Baca Juga: Pengertian Gempa Bumi

Ciri-ciri Hewan Berkembang biak dengan Vivipar (Beranak):

  • Menyusui anaknya.
  • Biasanya termasuk hewan mamalia.
  • Mempunyai daun telinga.
  • Tubuhnya ditutupi dengan bulu atau rambut.
  • Induk mengandung keturunannya selama beberapa waktu.
  • Mempunyai kelenjar susu.
  • Perlu diketahui manusia juga berkembang biak dengan cara vivipar.

Contoh Hewan yang berkembang biak dengan vivipar:

1. Sapi

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Sapi adalah salah satu anggota hewan ternak, tujuan memelihara sapi karena memiliki banyak manfaat bagi manusia. Selain memiliki banyak manfaat hewan ini juga memiliki jenis dan jumlah spesies yang banyak. Selain daging dan susunya bisa di konsumsi, tenaga sapi juga bisa dimanfaatkan untuk membajak sawah.

2. Kucing

perkembangbiakan hewa
sumber:pexels.com

Kucing adalah salah satu hewan pemakan daging (karnivora). Meskipun termasuk dalam hewan karnivora, tetapi kucing tidak berbahaya bagi manusia. Tetapi hewan ini disukai oleh sebagian manusia, dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan dirumah mereka.

3. Anjing

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Anjing adalah sejenis hewan mamalia yang mengalami dosmetikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu. Hewan ini berkembang biak menjadi berbagai macam jenis. Sama seperti kucing hewan ini salah satu hewan yang disenangi oleh sebagian manusia.

4. Kuda

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Kuda adalah hewan yang berkembang biak dengan cara mengandung atau beranak. Selain itu kuda telah lama manjadi salah satu hewan ternak secara ekonomis dan historis. Biasanya hewan ini dimanfaakan tenaganya, untuk mengangkut barang, menarik delman bahkan dijadikan kendaraan perang.

5. Harimau

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Harimau tergolong dalam hewan filum chordate atau mempunyai saraf tulang belakang. Dan hewan ini juga disebut-sebut sebagai dengan kucing raksasa. Tidak seperti kucing, hewan ini adalah pemangsa yang ganas karena memiliki kuku dan gigi taring yang tajam.

2. Perkembangbiakan secara Ovipar (Bertelur)

Ovipar adalah perkembangbiakan ini dilakukan dengan cara bertelur. Ovipar sendiri berasal dari kata ovum yang berarti telur. Setelah bertelur induk akan mengerami telur tersebut beberapa waktu agar bisa menjadi spesies atau individu baru yang sejenis.

Ciri-ciri hewan berkembang biak dengan vivipar (Betelur):

  • Tidak mempunyai daun telinga.
  • Tidak menyusui anaknya.
  • Biasanya bukan golongan mamalia.
  • Tidak mempunyai kelenjar susu.
  • Biasanya hewan unggas.
  • Induk mengerami telur.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan ovipar:

1. Ayam

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Ayam adalah salah satu hewan unggas yang berada di sekitar lingkungan kita. Dan hewan ini biasanya dimanfaatkan sebagai hewan ternak. untuk diambil daging dan telurnya yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi manusia.

2. Burung

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Hewan ini juga termasuk dalam keluarga hewan unggas. Selain hewan termasuk unggas burung juga termasuk hewan yang memiliki tulang belakang dan hewan yang memiliki sayap untuk terbang.

3. Ikan

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Ikan adalah salah satu anggota dari hewan vartebrata poikilotermik atau berdarah dingin. Hewan ini hidup di dalam air karena bernafas menggunakan insan, kecuali beberapa jenis ikan. Ikan merupakan hewan vertebrata yang beranekaragam dengan jenis spesies lebih dari 27.000.

4. Katak

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Selain hewan yang berkembang biak dengan cara berelur, katak juga termasuk dala hewan ampibi. Makanan utama katak adalah serangga, katak bisa hidup di air tawar ataupun di darat. Apabila berada di air hewan ini mempunyai keahlian berenang yang baik dan saat di darat katak bergerak dengan melompat.

5. Bebek

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Bebek juga dikenal sebagai burung akuatik yang memiliki ukuran lebih kecil dari hewan angsa. Hewan ini dapat ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut. Bebek sering dihubungkan dengan burung air lainnya karena memiliki bentuk tubuh yang sama.

3. Perkembangbiakan secara Ovovivipar

Ovovivipar adalah perkembangbiakan makhluk hidup dengan menggabungkan antara ovipar dengan vivipar. Embrionya berkembang dalam telur, tetapi telur itu berada di dalam tubuh induknya. Setelah telur itu menetas baru induk melahirkan seekor spesies baru yang sejenis dengannya.

Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar

Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar tidak memiliki ciri-ciri khusus atau mencolok. Akan tetapi perbedaan hewan ovovivipar dangan hewan lain hanyalah dari proses pembuahan hingga melahirkan. Tetapi secara fisik hewan ovivipar memiliki ciri-ciri seperti hewan ovipar.

Contoh hewan yang berkembang dengan cara Ovovivipar:

1. Ikan Hiu

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Ikan hiu adalah ikan yang memiliki tulang rawan yang lengkap. Hewan ini bernafas menggunakan lima liang insan. Hiu biasanya hidup di laut yang memiliki kedalaman lebih dari 1.500 meter, hewan ini merupakan salah satu pemangsa di lautan.

2. Ikan Pari

perkembangbiakan hewan
sumber:pixabay.com

Ikan pari atau bisa desebut dengan ikan peh. Ikan laut yang memiliki jumlah 560 spesies dan tergolong dalam 13 famili. Hewan ini merupakan salah satu hewan yang memiliki racun yang mematikan, yang terdapat pada ekornya.

3. Buaya

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Buaya termasuk hewan reptil yang berkembang biak dengan cara ovovivipar. Habibat utama buaya adalah perairan tawar, danau, rawa dan lahan yang basah. Dan buaya juga termasuk pemangsa yang ganas, makanan utama buaya adalah hewan yang bertulang belakang.

4. Kadal

perkembangbiakan hewan
sumber:pexels.com

Kadal mencakup semua jenis hewan yang bertubuh kecil, bersisik licin, berkilau dan hidup di tanah. Hewan ini juga termasuk dalam hewan reptile yang memiliki empat kaki. Kebanyakan kadal hidup di atas tanah sementara sebagian kecil kadal hidup di dalam tanah yang gembur.

5. Kuda Laut

perkembangbiakan hewan
sumber:pixabay.com

Kuda laut termasuk jenis ikan yang hidup dan tinggal di dalam laut yang genus. Hewan ini berukuran kecil yaitu antara 16 mm sampai 35 cm, Kuda laut banyak ditemukan di daerah perairan tropis. Uniknya hewan ini adalah spesies jantannya bisa hamil dan juga bertelur.

Nah itu dia cara perkembangbiakan hewan yang disertai pengertian, ciri-ciri dan contohnya. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuaan dan wawasan teman-teman semua. Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang saya tulis. Jangan lupa SUBCRIBE yah !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 pemikiran pada “Perkembangbiakan pada hewan

Tinggalkan komentar