20+ Contoh Pembukaan Pidato yang Mudah Dihafalkan

Pembukaan Pidato – Sebagian besar dari kita pasti tidak asing lagi dengan istilah pidato. Apalagi untuk kalian yang masih duduk di bangku sekolahan. Dapat dipastikan kalian mendengarkan pidato seminggu sekali, tepatnya saat ucapcara bendera.

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya pidato terbagi menjadi tiga bagian. Yaitu bagian pembukan, isi dan penutup. Nah, pada artikel kali ini, kita akan belajar bersama mengenai contoh pembukaan pidato.Mulai dari contoh pidato bahasa Indonesia, bahasa inggris hingga bahasa arab.

Nah untuk kalian yang sedang belajar berbicara/berpidato artikel ini sangat tepat untuk kalian jadikan sebuah acuan untuk belajar mengenal contoh pembukaan pidato. Di dalam artikel ini setidaknya kalian akan mendapati setidaknya 15 contoh pembukaan pidato dari berbagai bahasa.

Dengan begitu kalian dapat menggunakan contoh pembukaan pidato tersebut sesuai dengan suasana yang sedang kalian hadapi. Langsung saja, untuk lebih jelasnya mengenai contoh pembukaan pidato silahkah baca artikel ini dengan seksama.

Selamat Membaca!!

Pengertian Pidato

Pengertian pidato
Pengertian Pidato-amazonaws.com

Sebelum berbicara banyak mengenai pembukaan pidato, alangkah baiknya bila kita mengetahui definisi pidato itu sendiri. Pidato merupakan sebuah aktivitas berbicara atau berorasi didepan umum untuk menyampaikan pendapat atau untuk menjelaskan sebuah masalah kepada masyatakat umum.

Tentunya masalah yang dibawakan seorang orator harus masalah-masalah yang cocok untuk di bincangkan di kalayak umum. Bukan sebuah masalah yang bertujuan untuk menjelek-jelekkan individu atau kelompok lain.

Pada umumnya pidato juga digunakan sebagai sarana untuk memberikan arahan atau perintah dari atasan kepada bawahannya. Bisa juga digunakan sebagai sarana memberikan sebuah nasihat, pembelajaran dan mengajak seseorang dengan suatu hal yang baik.

Misalnya, jika kita sedang mengikuti sebuah acara sholat jumat, pasti akan mendengarkan sebuah pidato dalam acara tersebut. Dalam acara sholat juma’at biasanya seorang khotib menyampaikan pidato mengenai agama islam atau untuk mengikuti sebuah ajaran agama islam.

Contoh Pembukaan Pidato Upacara Bendera

pembukaan upacara bendera
Pembukaan Pidato Upacara Bendera-

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah Yang Maha Esa. Karena dengan nikmat-Nya kita dapat berkumpul pada pagi hari ini untuk melaksanakan upacara bendera. Dan shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Seperti agenda kita yang telah kita kerjakan setiap secara rutin setiap hari senin adalah upacara bendera. Dengan adanya upacara bendera ini, saya selaku kepada sekolah berharap agar para siswa lebih disiplin lagi, dengan datang ke sekolah lebih awal dari hari-hari yang lainnya.

Contoh Pembukaan Pidato Yang Baik Dan Benar

pembukaan pidato yang baik dan benar
Pembukaan Pidato Baik dan Benar-notepam.com

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seorang yang baru belajar berpidato adalah susah mengolah kata-kata. Dengan begitu, perkataan yang keluar dari mulut orang tersebut akan ambur adul. Sehingga menyebabkan berbagai kesalahan, dan kata-katanya sulit difahami oleh para audiens.

Saya disini akan sedikit berbagi mengenai pembukaan pidato yang benar dan mudah untuk kalian hafalkan. Yah, barang kali ada perintah mendadak untuk pidato, dengan begitu kalian tidak akan panic dan kebingungan untuk mencari pembukaan pidato.

Berikut contoh mengenai pembukaan pidato yang baik dan benar.

Selamat Pagi Para Hadirin Semua

Alhamdulillah, pagi hari ini kita semua masih dapat berkumpul diruangan ini dengan keadaan sehat. Karena salah satu nikmat yang sering dilupakan oleh manusia adalah nikmat sehat. Apa gunanya kehidupan ini apabila kesehatan tidak menempel pada tubuh kita.

Percuma kita memiliki banyak harta benda bila di dalam tubuh kita tumbuh berbagai penyakit. Jadi agar kita selalu dipertemukan dengan keadaan sehat kita harus selalu menjaga pola makan dan juga tidak lupa untuk berolahraga yang cukup.

Contoh Pembukaan Pidato Rapat Guru

pembukaan pidato rapat guru
Pembukaan Pidato Rapat Guru-wordpress.com

Seperti yang saya katakan di atas, pidato juga dapat digunakan sebagai sarana pemimpin untuk menasehati atau memberikan arahan pada bawahannya. Salah satu contoh yang bisa diambil adalah saat seorang kepala sekolah tengan memimpin sebuah rapat.

Nah, berikut contoh pembukaan pidato mengenai arahan dari kepada sekolah untuk segenap guru dan staf yang ada.

Assalamualaikum

Alhamdulillah pagi hari ini kita masih bisa dikumpulkan dalam ruangan yang berbarokan ini, untuk membahas mengenai sekolah kita. Sebelum memasuki inti dari pembahasan pada pagi hari ini, tak bosan-bosannya saya sebagai kepala sekolah mengingatkan para guru dan staf agar selalu bersemangat dalam bekerja.

Agar siswa siswi yang menjadi anak didik kita kelak bisa menjadi seorang yang berguna dan bermanfaat untuk bangsa ini. Atau setidaknya beli mereka tidak dapat menjadi orang yang berguna, mereka tidak menyusahkan kehidupan orang lain.

Contoh Pembukaan Pidato Siswa Baru

Pembukaan Pidato Memperkenalkan Diri
Pembukaan Pidato Memperkenalkan Diri-crazywolfy.com

Salah satu masalah yang dialami sebagian siswa adalah saat diminta untuk memperkenalkan dirinya di depan kelas. Jika hal ini menimpa seorang siswa yang sudah terbiasa untuk berbicara didepan umum, mungkin ini bukan sebuah masalah yang berarti.

Tetapi untuk seorang yang tidak pandai berbicara, ini adalah sebuah masalah besar. Ngomong di depan teman sendiri aja malu, apalagi ngomong di depan orang yang baru kita kenal. Hal ini biasanya banyak terjadi saat penerimaan siswa baru atau jika kalian pindah kesekolah lain.

Nah untuk itu, saya akan sedikit berbagi pembukaan pidato yang benar dan mudah dihafal untuk seorang siswa baru. Simaklah dengan seksama contoh pembukaan untuk seorang siswa baru.

Selamat pagi teman-teman.

Bagaimana kabarnya hari ini? Seperti yang kalian semua ketahui, saya adalah seorang siswa baru di sekolah ini. Jadi izinkan saya untuk mengenalkan diri saya kepada teman-teman semua.

Baiklah, pertama nama saya adalah Budi Purnama, saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Saya lahir di Jakarta, 19 April 1998 dan rumah saya tidak jauh dari sekolah ini. Tepatnya di Jalan Mawar No. 64 Perumahan Kebun Asri Surabaya Timur.

Bila teman-teman ada waktu, saya mengundang teman-teman semua untuk bermain dan berkunjung di rumah saya. Dengan begitu saya akan merasa senang sekali. Dan sebelumnya saya bersekolah di SMA Panca Bakti Jakarta, karena ada pemindahan pekerjaan ayah saya.

Yang mengharuskan saya untuk pindah sekolah dari Jakarta menuju Kota Surabaya ini. Saya berharap teman-teman semua dapat menerima saya sebagai seorang teman yang baik. Agar saya sebagai seorang siswa baru tidak merasa asing dan sungkan untuk bergaul dengan teman-teman semua, salam kenal.

Pembukaan Pidato Islami

pembukaan pidato islami
Pembukaan Pidato Islami-suarapesantren.net

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering dihadapkan masalah pidato yang berbasis agama/khutbah. Jika kita pernah belajar atau bersekolah di pondok pesantren mungkin masalah itu bukan masalah besar bagi kita.

Tetapi, jika kita tidak pernah belajar di pondok pesantren masalah ini adalah sebuah masalah yang besar. Tidak sedikit dari kita yang ingin mengelak dari tugas atau amanah ini. Malah terkadang ada yang sakit mendadak bila mendapat tugas semacam ini.

Tetapi inilah yang dimanakan sebuah proses, tanpa melewati fase ini kita tidak akan pernah melangkah maju. Maka jangan sia-siakan tugas ini,itung-itung buat latihan berbicara di depan umum, kapan lagi bisa ngomong didepan umum.

Jadi saya akan sedikit berbagi mengenai pembukaan pidato islami singkat yang mudah di hafal. Tentunya dengan pembukaan ini, pdato kalian akan menjadi lebih menarik dan menghipnotis pada jamaah. Langsung saja berikut contoh pembukaan pidato islami yang mudah dihafalkan.

Contoh Pembukaan Pidato Islami Memuji Allah

pembukaan pidato memuji allah
Pembukaan Pidado Memuji Allah-googleusercontent.com

Salah satu pidato yang sering kita dengarkan adalah pidato yang berbasis agama, khususnya untuk agama islam. Oleh karena itu pada artikel ini saya juga akan sedikir berbagai mengenai pembukaan pidato untuk memuji Allah.

Pidato seperti ini biasanya digunakan untuk acara-acara mauled nabi,  pernikahan atau saat pondok ramadhan. Langsung saja berikut adalah contoh pembukaan pidato yang dapat kalian gunakan untuk acara yang berbasis agama.

Assalamualaikum

Segala hanyalah milik Allah semata, karena berkat nikmat hidayah, inayah dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam acara mauled nabi ini dengan keadaan iman dan islam. Karena tanpa kedua nikmat ini, segala kegiatan yang kita lakukan tidak akan bernilai dihadapan Allah.

Dan perlu kalian semua ketahui, nikmat islam ini tidak diberikan kepada semua orang. Oleh karena itu kita selaku orang yang beriman kita harus senantiasa bersyukur, karena Allah telah menanamkan keimanan itu dihati kita.

Dengan begitu kita termasuk seorang hamba yang dipilih Allah, dan Allah juga menginginkan kita menjadi manusia yang baik. Karena dalam sabda Rasulullah beliau menyebutkan “Siapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka dia akan difahamkan tentang perkara agama”

Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Karena berkat perjuangannya lah kita dapat menikmati manisnya islam yang masih bisa kita rasakan dan kita perjuangankan hingga hari, menit dan detik ini.

Contoh Pembukaan Pidato Islami Tentang Ramadhan

pembukaan pidato ramadhan
Pembukaan Pidato Ramadhan-bimbinganislam.com

Assalamualaikum

Alhamdulilah segala puji kita haturkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa. Karena berkat bimbingannya lah kita masih dipertemukan dengan bulan yang berbarokah ini. Bulan diturunkannya Al-Qur’an dan bulan penghapus dosa syarul Mubarak.

Karena tanpa nikmat adanya nikmat dari Allah, mustahil kita dapat mengijakkan diri kita pada bulan yang berbahagia ini. Dan dengan datangnya bulan ini, semoga menjadi bulan perbaikan, bulan penambahan amal baik kita.

Karena salah satu keutamaan bulam ramadhan adalah pintu-pintu neraka akan ditutup serapat-rapatnya dan pintu surge akan dibuka selebar-lebarnya dan para setan akan dibelenggu. Demikianlah salah satu sabda yang disampaikan oleh orang yang paling mulia di muka bumi ini yaitu Nabi Muhammad.

Marilah kita meningkatkan ketaqwaan kita di sisi Allah, karena salah satu moment yang tepat untuk berbenah yaitu datangnya bulan ramadhan.

Semoga shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad. Manusia mulia yang telah memperjuangkan islam ini dari jaman jahilihan menuju jaman yang islamiah ini. Yang selalu kita rindukan syafaat dan pertolongannya di hari kiamat kelak. Dan kita selalu berharap agar beliau mengakui kita sebagai umatnya.

Contoh Pembukaan Pidato Islami Tentang Idul Fitri

pembukaan pidato idul fitri
Pembukaan Pidato Idul Fitri-wordpress.com

Assalamualaikum

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar

Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Salah satu bentuk kasih sayang Allah pada manusia yaitu dengan menurunkan bulan ramadhan sebagai bulan pembersihan. Kita telah berpuasa selama 30 hari, sholat tarawih dan amalan lainnya selama 1 bulan, semoga Allah menerima amal ibadah kita di bulan ramadhan kemarin. Amin

Setelah melakukan ibadah puasa selama 30 hari atau lebih tepatnya 1 bulan penuh. Pada hari ini kita dikumpulan Allah di masjid yang berbarokah ini untuk melaksanakan ibadah sholar Idul Fitri. Semoga dengan berkumpulnya kita disini, semoga Allah memperkuat hubungan ukhuwah kita.

Seperti yang kita ketahui, pada hari ini kita dianjurkan untuk saling bersilaturahmi kepada setiap saudara kita. Kita saling meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah kita lakukan kepada mereka. Dan Idul Fitri adalah salah satu hari kemenangan umat islam, karena umat islam telah berhasi memerangi hawa nafsu mereka dengan berpuasa ramadhan.

Yang kedua, tak lupa shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad. Seorang manusia mulia yang pernah menginjakkan kakinya di muka bumi ini. Karena kita rindu bertemu dengan beliau, kita selalu berusaha meniru setiap perbuatan beliau. Menghafalkan setiap perkataan beliau dan menghormati setiap diamnya beliau.

Contoh Pembukaan Pidato Lucu

pembukaan pidato lucu
Pembukaan Pidato Lucu-inspirilo.com

Selamat Pagi semua ! bagaimana kabarnya hari ini? semoga tetap sehat selalu ya

Sebelum kita melanjutkan materi pada siang hari ini, perkenankan saya untuk sekedar mengenalkan diri saya pada anda semua. Kata ada pepatah yang mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang” Perkenalkan teman-teman semua, nama saya adalah Budi Andika, nama legendaris yang sering kalian dengar saat belajar membaca sewaktu duduk di sekolah dasar.

Saya tinggal di Surabaya, tapi saya tidak akan menyebutkan alamat lengkapnya, tapi kalian masih maksa coba tanyaka di Google Map, barang kali dia tau alamat rumah saya. Dan saya berkerja di sebuah perusahaan yang lumayan besar yang bertugas menjadi sekertaris manager.

Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Arab

pembukaan pidato bahasa arab
Pembukaan Pidato Bahasa Arab-Blogsport.com
pembukaan pidato bahasa arab
Pembukaan Pidato Bahasa Arab-Blogsport.com
pembukaan pidato
Pembukaan Pidato Bahasa Arab-Blogsport.com

Untuk kalian yang baru menuntut ilmu di pondok pesantren, salah satu musuh yang akan kalian hadapi adalah sebuah kultum. Karena ada sebagian pondok pesantren yang tidak memperkenankan santrinya kultum dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Bila kita belum terbiasa dengan hal ini, mungkin hal ini akan terlihat WOW dan luar biasa. Mungkin kita merasa malu karena kita tidak bisa berpidato dengan menggunakan Bahasa Arab. Bahkan ada yang berusaha menghindari tugas ini, dengan berbagai alasan, sakitlah, ke toiletlah dan lain sebagainya.

Kalo begitu ceritanya kapan kita akan belajar ngomong pake Bahasa Arab. Memang awal-awal mondok kita dituntut untuk menghafalkan teks pidato tersebut. Tapi lama kelamaan setelah kita belajar Bahasa Arab kita melakukannya dengan mudah.

Jadi untuk kalian yang sedang mencari pembukaan pidato Bahasa Arab, mungkin kalian dapat menggunakan contoh pembukaan yang saya tampilkan diatas. Sengaja saya tampilkan dalam bentuk gambar, adar kalian bisa mendownload dan menyimpannya di handphone kalian.

Penutup Pidato yang Baik dan Benar

Setelah mengenal beberapa macam pembukaan pidato, kita akan sedikit belajar mengenai penutup pidato yang baik dan benar. Yang bisa kalian gunakan sebagai refrensi saat mendapat tugas untuk kultum atau pidato di depan umum. Langsung saja berikut beberapa penutup pidato yang baik dan benar.

Penutup Pidato Rapat Guru

Itu tadi beberapa masalah yang harus segera kita selesaikan dalam waktu dekat ini, semoga masalah tersebur bisa membukan mata kalian semua. Dan semoga dengan adanya rapat ini, kita bisa saling menasehati dan saling mengingatkan atas segala tugas yang diberikan kepada setiap individu.

Saya mohon agar setelah acara ini selesai, tidak ada lagi yang santai-santai dan segera untuk bergegas menyelesaikan tugas masing-masing. Semoga Allah selalu memberikan kekuatan agar kita selalu sanggup mengerjakan tugas yang diamanahkan kepada kita ini.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini, saya selaku kepala sekolah bila selama menjabat memiliki kesalahan. Entah dari perkataan maupun perbuatan saya mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum

Contoh Penutup Pidato Upacara Bendera

Itulah segelintir kata-kata yang dapat saya sampaikan pada kesempatan pagi hari ini. Semoga segelintir kata-kata itu dapat menjadi pendongkrak semangat kalian semua. Dan dengan nasihat yang saya sampaikan ini semoga siswa-siswaku semakin giat belajar dan selalu menjaga akhlak kepada para guru.

Saya sangat berharap di masa depan kelak kalian menjadi seorang yang memimpin Negara Indonesia ini. Dan saya akan sangat bangga sekali bila salah satu dari kalian bisa mencapai cita-cita ini. Sekian yang dapat saya sampaikan, ada salah kata saya mohon maaf.

Wassalamualaikum

Contoh Penutup Pidato Memuji Allah

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan malam hari ini. Semoga dari pidato saya tadi, kalian semua dapat mengabil hikmahnya. Dan saya berharap dengan mendengarkan pidato dari saya ini, dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah yang telah menciptakan kita.

Seperti yang sampaikan tadi “Barang siapa bersyukur pada-KU maka akan AKU tambah nikmatnya, dan barang siapa kufur terhadap nikmatku maka azabku amat pedih” begitulah yang difirmankan Allah dalam Surat Ibrahim ayat: 7.

Mungkin cukup itu saja, semoga Allah memberikan kita kesempatan kedua untuk bertemu dan mengingat tentang nikmat Allah. Sekian bila ada salah kata dan perbuatan saya mohon maaf, bila ada baiknya silahkan diambil, dan bila ada buruknya mohon ditinggalkan.

Wassalamualaikum

Contoh Penutup Pidato Ramadhan

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada pertemuan di malam bulan yang barokah ini. Semoga apa yang saya sampaikan tadi bisa bermanfaat dan menambah iman kalian semua. Tak bosan-bosannya saya mengingatkan betapa indah dan utamanya bulan ini di sisi Allah.

Oleh karena itu, janganlah kita menyia-nyiakan bulan yang sangat barokah ini. Cukup sampai disini pertemuan kita pada malam hari ini. Jika ada benarnya itu dari Allah dan salahnya itu dari saya pribadi, sekian.

Wassalamualaikum

Contoh Penutup Pidato Idul Fitri

Sekian yang dapat saya sampaikan pada hari yang berbahagia ini. Semoga dengan datangnya hari yang fitri ini menjadikan kita sebagai orang yang selalu menjaga tali ukhuwah diantara kaum muslimin semua. Dan semoga dengan hari yang fitri ini Allah menjadikan kita sebagai manusia-manusia yang sholih.

Dan dengan datangnya hari yang fitri ini, semoga Allah menurunkan rahmatnya kepada kita semua. Sehingga kita dapat memaafkan setiap dosa yang dilakukan oleh saudara kita, baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja.

Sekian yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini, semoga yang sedikit tadi bisa bermanfaat bagi ara hadirin dan hadirot. Tak lupa apabila selama ini saya memiliki dosa atau kesalahan kepada bapak/ibu semua saya mengucapkan minal aidin wal faidin, mohon maaf lahir dan batin.

Sekian, Wassalamualaikum

Contoh Penutup Pidato Perkenalan Siswa Baru

Karena saya sudah mulai gemetar untuk memperkenalkan diri saya kepada teman-teman semua. Mungkin itu tadi sedikit identitas dan alasan saya memutuskan untuk menuntut ilmu di sekolah yang sama-sama kita cintai ini. Saya berharap dengan hadirnya saya di sekolah ini bisa lebih memejukan sekolah ini.

Dan saya berharap, teman-teman semua membimbing saya bila saya melakukan sebuah kesalahan atau hal yang tidak baik. Saya juga berharap kalian semua bisa akrab dengan saya, agar kita bisa menjadi teman yang selalu mengingatkan pada kebaikan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Barang kali ada yang masih kepo dengan identitas saya lebih mendalam, nanti mungkin bisa dibicarakan.

Sekian, Wassalamualaikum

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar