Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Kemuning

Dalam bahasa ilmiah tanaman kemuning disebut dengan Murraya paniculata. Jika kita amati sekilas kemuning terlihat seperti bunga melati.

Akan tetapi jika kita mengamatinya lebih detail akan terdapat perbedaan-perbedaaan yg terlihat. Tanaman kemuning tergolong tanaman yg semakin hari semakin sulit untuk kita temui.

Salah satu penyebab langkanya tenaman ini ialah banyak nya manfaat yg terdapat pada tanaman ini. Sehingga banyak orang yg mengambilnya, akan tetapi tidak membududayakannya.

Disini, marilah kita bersama-sama belajar tentang tanaman kemuning. Dengan harapan semakin kita mengetahuinnya semakin kita bisa menjaganya.

Asal Tanaman Kemuning

Tanaman Kemuning

Tanaman kemuning pertama kali ditemukan di Negara India. Masyarakat india biasa menggunakan tanaman ini senagai obat herbal dan sebagai hiasan.

Biasanya tanaman ini hidup diantara semak belukar, dan termasuk tanaman perdu yg memiliki tinggi mencapai 8 meter.

Kemuning mempunyai berbagai macam istilah daerah antara lain : kamuning, kemuni, kamoni dll.

Manfaat Tanaman Kemuning

Tanaman Kemuning

Seperti yang dijelaskan diawal, tanaman kemuning memiliki berbagai khasiat dan sering digunakan untuk obat herbal. mungkin beberapa dari kita belum mengetahui apa saja manfaatnya

Mengatasi Batu Ginjal

Sumber: Kompas.com

Salah satu organ yg vital dalam tubuh kita adalah ginjal. Ginjal memiliki fungsi antara lain untuk membuang kotoran air dalam bentuk air urin. Jika ginjal kita memiliki masalah, maka fungsi ginjal tidak akan berfungsi dengan maksimal.

Salah satu manfaat kemuning adalah untuk mengatasi masalah batu ginjal. Kemuning memiliki senyawa aktif yang diyakini pada ahli dapat mencegah adanya batu ginjal.

Kalian hanya perlu minum air rebusan daun kemuning secara teratur. Selain bermanfaat untuk kesehatan ginjal, kemuning juga bermaanfaat untuk melancarkan peredaran aliran darah serta dipercaya mencegah penyakit kronis lainnya.

Manfaat tanaman kemuning – Mengatasi Peradangan

Sumber : Halodoc.com

Selain ampun untuk mengatasi masalah batu ginjal manfaat tanaman kemuning lainnya adalah untuk mengatasi peradangan. Karena daun kemuning diyakini memiliki zat adiktif yg ampuh untuk meredakan peradangan.

Selain meredakan peradangan daun kemuning juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka terbuka. Caranya cukup mudah untuk dilakukan dirumah.

Kalian hanya tinggal mengambil beberapa daun kemuning dan merebusnya. Kemudian tumbuk daun kemuning tersebut setelah itu oleskan pada luka atau bagian yg sakit.

Menyehatkan Kulit

Selain dapat digunakan untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Manfaat lainnya dari tanaman kemuning ialah untuk kesahatan kulit kita.

Sejak dahulu daun kemuning dipercaya dapat menyehatkan, mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Untuk kalian yang ingin mencobanya dirumah, caranya cukup mudah. Pertama pilihlah daun kemuning yg dikiranya bagus. Kemudian cuci dan tumbuk daun kemuning hingga halus.

Dan langkah terakhir usapkan pada bagian tubuh kalian hingga merata, hal ini dilakukan sebelum tidur.

Mencegah Penuaan Dini

Sumber: Kompas.com

Banyak dari kita yg selalu berusaha agar kulit kita selalu tampak muda. Tidak sedikit perusahaan yg menjual skin care anti aging, yang berguna untuk meremajakan kulit.

Salah satu manfaat tanaman kemuning yang mungkin tidak banyak diketahui adalah untuk mencegah penuaan dini. Kemuning memiliki senyawa yg dapat mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat kalian hanya perlu meminum air rebusan daun kemuning secara rutin sebelum tidur.

Mencegah Rematik

Sumber: Klikdokter.com

Manfaat tanaman kemuning yang terakhir adalah untuk mencegah Rematik. Penyakit rematik disebabkan oleh sistem imun yang menyerang sistem jaringan persendian kita.

Nyeri sendi dan rasa kaku menjadi gejala yang umung bagi penderita rematik. Seperti yang kita ketahui penyakit rematik jika tidak segera diobati akan menyebabkan gannguan lainnya.

Menkonsumsi akar kemuning dipercaya dapat meredakan gejala rematik. Karena kemuning memiliki senyawa yang membantu meredakan gejala rematik.

Hanya ini yang dapat saya bahas pada artikel ini. Semoga artikel diatas bisa memberikan sedikit wawasan pada kalian. Apabila ada kesalahan pada penyampaian mimin mohon maaf.

Leave a Comment