Bunga Aglonema: Cara Merawat dan Jenisnya

tanaman aglonema

Bunga aglonema atau yang dikenal dengan nama Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman yang populer dan banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia. Alasannya adalah karena bunga aglonema ini dipercaya bisa meningkatkan semangat bekerja dari pemiliknya, namun ini hanya sebatas kepercayaan masyarakat setempat saja.

Pada faktanya, aglonema ini mempunyai daun yang indah dan eksotik. Jadi tidak heran jika bunga ini menjadi salah satu incaran para pecinta tanaman hias di Indonesia. Aglonema juga dijuluki sebagai ratu daun karena corak pada daun-daun lebarnya yang indah dan eksotis.

Bunga aglonema mempunyai daun besar yang oval, mengkilap, dan ramping dengan batang yang pendek. Tanaman ini mudah dirawat karena mempunyai toleransi yang tinggi terhadap sinar matahari yang rendah. Jadi bunga aglonema cocok sekali digunakan sebagai hiasan ruangan.

Tips Merawat Aglonema

Sumber : kompas.com

Nah bagi Anda yang tertarik untuk membeli dan memelihara bunga ini di rumah, Anda bisa mengikuti beberapa tips merawat aglonema berikut ini supaya bunga tersebut tumbuh subur.

  1. Media tanam yang tepat, tanaman aglonema ini memerlukan komposisi tanah yang pH 6-7 atau netral. Sedangkan untuk campurannya, silahkan gunakan kompos daun yang bisa Anda buat dari sampah organik dan pasir dengan perbandingan 3:1.
  2. Media tanam untuk aglonema ini tidak perlu terlalu kering ataupun basah, jadi dalam penyiraman bunga ini membutuhkan cukup perhatian supaya tidak terlalu basah atau kering. Penyiraman bisa Anda lakukan satu kali sehari atau lebih, menyesuaikan tingkat kelembapan dari media tanam yang digunakan.
  3. Adapun untuk waktu pemupukannya, tanaman ini memiliki jarak waktu yang cukup lama yaitu 3 bulan sekali. Namun Anda harus memastikan pupuk yang Anda berikan merupakan pupuk khusus daun.
  4. Tanaman ini sangat menyukai tempat yang teduh atau suhu dingin, jadi pastikan Anda meletakan tanaman aglonema ini di tempat yang teduh dan tidak terkena cahaya matahari langsung.
  5. Untuk merawat daun aglonema dibutuhkan alat khusus seperti sponge yang basah dan kering. Hal ini diperlukan supaya keindahan dari bunga aglonema ini tidak kotor apalagi rusak.

Cara Merawat Daun Aglonema

Sumber : 99.com

Ada beberapa cara untuk merawat daun aglonema yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Melapisi daun dengan air:

  1. Basahi spons dengan air yang bersih
  2. Bilas seluruh daun aglonema dengan spons tersebut
  3. Aglonema akan terlihat bersih dan mengkilap.

Melapisi daun dengan susu:

  1. Campurkan susu bubuk dengan air
  2. Celupkan spons ke campuran susu tersebut
  3. Bersihkan seluruh daun dengan menggunakan spons
  4. Aglonema akan tumbuh lebih subur setelah dilapisi dengan susu.

Melapisi daun dengan ampas kelapa:

  1. Oles daun aglonema jenis lipstik dengan ampas kelapa
  2. Daun akan terlihat mengkilat dan tumbuh lebih subur.

Jenis-Jenis Aglonema

Bunga aglonema memiliki beberapa jenis yang memiliki ciri khasnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis bunga aglonema:

  1. Aglonema Bidadari. Aglonema jenis ini termasuk jenis aglonema yang mahal, hal ini karena kombinasi warnanya yang terlihat sangat cantik. Daun bunga ini terdiri dari warna pink, kuning, jingga, hijau dan memiliki tangkai penopang berwarna merah mudah dengan ujung bercak-bercak hijau.
  2. Aglonema Widuri.Bunga aglonema yang satu ini sangat populer karena mempunyai warna daun kemerahan, hijau, dan kekuningan serta tulang daun yang berwarna merah menyala. Bentuk daunnya oval dan sedikit cekung di bagian tengahnya.
  3. Aglonema Moonlight. Jenis aglonema ini merupakan salah aglonema terbaik di Indonesia dengan bentuk daunnya yang bulat dan berbentuk seperti mangkuk. Warnanya juga sangat indah dan memberikan kesan kecerahan jika diletakan di rumah Anda.
  4. Aglonema Cinta. Aglonema ini dinamakan Cinta karena bentuknya yang mirip seperti love atau hati. Banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai sebuah bentuk kasih sayang. Algonema cinta ini mempunyai warna daun perpaduan antara kuning, merah, oranye, dan hijau.
  5. Aglonema Claudia. Jenis aglonema ini mempunyai warna hijau pucat dan tulang daunnya yang berwarna merah mudah. Namun meski begitu semua daunnya tumbuh dengan baik dan teratur. Algonema jenis ini cukup mudah dirawat, yaitu dengan penyiraman dan pemupukan secara rutin.
  6. Alglonema Lipstik. Aglonema ini juga sering disebut dengan nama siam aurora, bunga ini memiliki warna merah muda atau merah di pinggirannya seperti lipstik. Bunga aglonema jenis ini memiliki harga yang cukup terjangkau.
  7. Aglonema Anyamane. Jenis ini termasuk aglonema yang mahal karena hasil pengembangan pembudidaya tanaman hias dari Thailand pada tahun 2019. Keindahan aglonema jenis ini terletak pada daunnya yang lebar dengan warna merah, putih, dan hijau. Jenis aglonema ini sangat terbatas jumlahnya, jadi wajar saja jika harganya mahal.
  8. Aglonema Pride of Sumatra. Variasi yang selanjutnya ini ditemukan di Sumatra dan menjadi tanaman hias mahal sejak tahun 1993. Aglonema ini memiliki daun dengan perpaduan warna hijau gelap dan merah gelap. Pada daunnya juga terdapat bercak kekuningan yang sangat indah.

Selain beberapa jenis aglonema di atas tadi, ada juga jenis-jenis bunga aglonema yang lain seperti aglonema red ruby, aglonema nitidum, aglonema modestum, dan aglonema harlequin. Mungkin ada juga beberapa jenis yang belum disebutkan, jika Anda tahu silahkan komentar.

Demikianlah informasi tentang bunga aglonema yang merupakan tanaman hias cantik dan populer di Indonesia. Semoga dengan informasi di atas Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang bunga aglonema dan lebih yakin untuk membelinya sebagai hiasan di rumah.

Leave a Comment