Lidah Mertua: Cara Merawat dan Manfaatnya

MANFAAT LIDAH MERTUA

Lidah mertua Sansevieria atau Snake plant merupakan tanaman yang sudah sejak lama dijadikan tanaman hias. Asal tanaman ini adalah dari Afrika barat, ciri khas dari lidah mertua adalah memiliki daun yang kasar, lebar, panjang dengan warna hijau, dan memiliki garis kuning di tepinya.

Lidah mertua ini memiliki daun yang menarik, dan bisa tumbuh sampai dengan 1,5 meter. Bukan Cuma cantik dan menarik, lidah mertua ini merupakan tanaman hias yang tidak mudah mati dan cara perawatannya sangat mudah.

Cara Merawat Lidah Mertua

Nah bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman lidah mertua ini di rumah sebagai tanaman hias, berikut ini adalah beberapa tips cara merawatnya.

Pilih Pot dengan Drainase Baik

Sumber : sementigaroda.com

Ketika menanam dan merawat lidah mertua, Anda harus memerhatikan pot yang digunakan. Hal ini karena lidah mertua tidk tahan terhadap tanah yang terlalu jenuh. Jadi pastikan gunakan pot dengan drainase yang baik.

Supaya mudah Anda bisa meletakan lidah mertua di dalam pot plastik yang memiliki lubang drainase. Ketika menyiram, lepas pot tengah dan biarkan air mengering sepenuhnya sebelum Anda pindahkan kembali ke pot yang lebih besar.

Jangan Terlalu Sering Disiram

Sumber : 99.com

Anda tidak boleh asal dalam menyiram tanaman lidah mertua ini. Anda harus memerhatikan ukuran pot, bahan yang digunakan, dan media tanamnya karena memengaruhi seberapa sering Anda harus menyiram tanaman lidah mertua Anda.

Hal ini karena lidah mertua sangat rentan terhadap penyiraman yang berlebihan. Jadi Anda tidak boleh memberikan tanaman ini terlalu banyak air di waktu tertentu. Disarankan untuk menyiram lidah mertua hanya satu kali seminggu saja.

Tempatkan di Bawah Sinar Matahari Tidak Langsung

Sumber : cintamobil.com

Tanaman lidah lebih bagus jika diletakan di bawah sinar matahari secara tidak langsung. Lidah mertua ini sangat mudah beradaptasi dengan kondisi cahaya yang ada di dalam rumah, termasuk di tempat-tempat yang redup cahayanya.

Namun sebaiknya hindari meletakkan lidah mertua ini di tempat yang menerima sinar matahari secara langsung dari barat. Hal ini karena bisa menyebabkan tanaman lidah mertua menjadi kering bahkan daunnya bisa terbakar.

Pangkas Secara Berkala

Sumber : umalandscape.com

Jika Anda melihat ada daun dari tanaman lidah mertua yang berubah warna atau mati maka anda bisa memotongnya. Supaya terlihat lebih rapi, sebaiknya potong pada titik yang bentuknya sama seperti daun-daun di sekitarnya.

Apabila seiring berjalannya waktu daun yang lebih panjang mulai tumpah ke luar pot, maka sebaiknya potong sampai ke tanah.

Tanam di Tanah dengan Drainase Baik

Sumber : pupukorganik.com

Salah satu cara untuk mencegah penyiraman yang berlebihan adalah dengan memastikan tanah yang digunakan dalam pot mempunyai drainase yang baik. Contohnya campuran campuran pot sukulen dan kaktus, atau bisa juga campuran yang di dalamnya mengandung perlit.

Jika Anda lebih suka menggunakan pupuk cair, maka Anda bisa memupuknya sebulan sekali dengan takaran ½ karena tanaman lidah mertua ini tidak membutuhkan pemupukan berat.

Manfaat Lidah Mertua

Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua ini mempunyai banyak sekali manfaat lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat luar biasa dari tanaman lidah mertua.

Pembersih Udara Alami

Sumber : dekoruma.com

Lidah dapat membersihkan udara di sekitar lebih baik dibanding jenis tanaman hias dalam ruangan yang lain. Jadi bagi Anda yang sadar akan kesehatan sangat cocok untuk memilih lidah mertua sebagai tanaman hias.

Pemasok Oksigen Melimpah

Sumber : kompas.com

Lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang menghasilkan banyak oksigen, jadi tanaman ini sangat bermanfaat bagi manusia. Lidah mertua secara efisien dapat menyerap racun dan melepas oksigen baik ke sekitar.

Menyerap CO2 di Malam Hari

Sumber : antaranewsbengkulu.com

Selain menghasilkan oksigen melimpah, lidah mertua juga bisa mengurangi karbon dioksida di malam hari. Lidah mertua membuka stomata di malam hari untuk meminimalkan hilangnya air saat kondisi iklim yang sedang panas.

Tanaman Anti Kanker

Sumber : halodoc.com

Lidah mertua dapat menyerap polutan udara yang beracun dan agen-agen lain penyebab kanker seperti xilen, benzena, formaldehida, dan toluena. Jadi merawat tanaman lidah mertua di dalam rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Membantu Mengobati Wasir

Sumber : kesehatan.com

Wasir merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan penderitanya sulit melakukan BAB atau buang air besar. Nah ternyata lidah mertua ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan obat wasir. Lidah mertua ini bisa membantu melancarkan proses BAB.

Bahan Tonik Rambut Alami

Sama seperti lidah buaya, lidah mertua ini juga mempunyai manfaat untuk rambut kita. Jika Anda menginginkan rambut yang indah dan halus alami, maka Anda hanya perlu mengambil gel dari daun lidah mertua ini dan mengoleskannya ke rambut.

Dapat Menyerap Radiasi

Sumber : sehatQ.com

Lidah mertua merupakan tumbuhan yang secara aktif menyerap radiasi, salah satunya adalah radiasi yang diakibatkan barang-barang elektronik. Karena itulah tanaman ini sangat cocok diletakan di ruang keluarga yang sering digunakan untuk berkumpul.

Dapat Menyerap Bau

Sumber : bacaterus.com

Lidah mertua mempunyai bau yang khas dan bisa menyerap segala sesuatu yang tidak baik untuk manusia. Di beberapa negara, lidah mertua ini digunakan untuk membuat parfum. Karena itulah Anda bisa meletakan lidah mertua di dapur atau kamar mandi yang sering berbau tidak sedap.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tanaman lidah mertua. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda mengetahui manfaat dan tips cara merawat lidah mertua.

Leave a Comment