Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Herbivora

Hewan Herbivora- Menurut makanannya, hewan yang hidup di bumi di bagi menjadi empat golongan. Herbivora, karnivora, omnivora dan insektivora, nama ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk telingan kita. Tetapi seiring berjalannya waktu, mungkin ada sesuatu yang terlupa tentang masalah ini.

Maka disini saya mengajak teman-teman semua untuk kembali mengulang ilmu yang pernah kita pelajari sebelumnya. Agar ilmu yang pernah kita pelajari sebelmnya tidak hilang begitu saja. Kan sayang, setelah belajar sekian lama, terus ilmu itu hilang begitu saja, pastinya kita rugi uang, rugi waktu dan rugi tenaga.

Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang hewan herbivora. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya sampai contoh-contoh hewan yang termasuk dalam golongannya. Tidak usah berlama-lama lagi saya akan segera menjelaskan perihal hewan herbivora.

Baca Juga: Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Insektivora

Selamat membaca!!

Pengertian Herbivora

Hewan herbivora sapi
sumber:pelexs.com

Herbivora adalah salah satu pengelompokan hewan menurut dengan jenis makananya. Hewan yang termasuk dalam golongan herbivora adalah semua hewan yang makanan utamanya adalah rumput. Maka selain hewan yang memakan rumput tidak bisa dikatakan sebagai golongan hewan herbivora.

Pada umumnya hewan yang tergolong herbivora banyak hidup di tempat-tempat seperti padang rumput, hutan dan persawahan. Selain itu mereka juga hidup dengan cara berkelompok dengan sesama jenisnya. Sebagian besar hewan herbivora adalah mangsa utama hewan karnivora.

Sebagian besar hewan herbivora, mereka memiliki daging dengan rasa yang enak dan dapat dikonsumsi manusia. Maka tidak sedikit manusia yang menjadikan hewan herbivora ini sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan. Karena memang, hewan ini memiliki banyak manfaat manusia, dan hewan ini tidak berbahaya bagi manusia.

Baca Juga: Perkembangbiakan Pada Hewan

Ciri-ciri Hewan Herbivora

  • Makanan utamanya adalah rumput atau dedaunan lainnya.
  • Pada umumnya mereka berkembang biak secara vivipar (beranak).
  • Biasanya golongan hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup dengan cara berkelompok.
  • Sebagian hewan herbivora hidup di darat, karena sumber makan mereka berada di darat.
  • Termasuk dalam golongan hewan yang berdarah panas
  • Memiliki gigi geraham yang lebar.
  • Sebagian herbivora berkaki empat.
  • Termasuk dalam golongan hewan yang memiliki tulang belakang.
  • Memiliki banyak manfaat bagi manusia.
  • Sebagian hewan herbivora adalah mangsa dari hewan karnivora.

Baca Juga: Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Melata

Contoh-Contoh Hewan Herbivora

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dan ciri-ciri tentang hewan herbivora. Alangkah baiknya apabila kita juga mengetahui contoh hewan yang termasuk golongan hewan herbivora. Agar kita bisa membedakan antara golongan hewan herbivora dengan golongan hewan yang lain, langsung saja contoh hewan herbivora antara lain.

1. Sapi

contoh hewan herbivora
sumber:pexels.com

Sapi termasuk salah satu hewan ternak yang berasal dari suku bovidae dan anak suku bovinae. Hewan ini banyak dijadikan sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan karena memiliki banyak manfaat. Mulai dari dagingnya, susunya, kulitnya bahkan kotoran hewan ini bisa dimanfaatkan menjadi pupuk.

Selain dijadikan sebagai hewan ternak, sapi juga dapat dimanfaatkan tenaganya untuk membantu pekerjaan manusia. Misalnya untuk membajak sawah, menarik kereta barang, atau untuk mengangkat barang bawaan. Makanan utama sapi adalah sejenis rumput atau dedaunan yang lainnya.

2. Kuda

hewan herbivora, kuda
sumber:pexels.com

Kuda adalah satu satu dari sepuluh mamalia modern yang berasal dari genus equua. Hewan ini adalah hewan yang memiliki peran penting dalam pangangkutan barang maupun manusia selama ratusan tahun yang lamanya. Selain itu kuda juga salah satu hewan yang dijadikan sebagai hewan ternak.

Karena hewan ini memiliki berbagai manfaat seperti halnya sapi, tetapi kuda lebih dimanfaatkan tenaganya dari pada daging dan susunya. Karena hewan ini terkenal memiliki tenaga yang kuat dan juga bisa berlari dengan cepat. Pada jaman dahulu kuda juga digunakan sebagai kendaraan perang.

3. Keledai

contoh hewan herbivora, keledai
sember:pexels.com

Keledai adalah hewan mamalia yang berasal dari keluarga equidae. Keledai adalah hewan jinak yang dimanfaatkan manusia sebagai alat transportasi atau untuk menarik kereta barang. Hewan ini bisa dikatakan sebagai keluarga kuda, karena memiliki kesamaan bentuk tubuh.

Hal yang membedakan antara keledai dan kuda hanyalah ukuran tubuh kedua hewan ini. Keledai cenderung memiliki ukuran badan yang lebih kecil dan pendek dari kuda. Satu hal lagi yang membedakan kedua hewan ini, keledai berjalan dengan lambat sedangkan kuda dapat berjalan dengan cepat.

4. Kambing

contoh hewan herbivora
sumber:pexels.com

Kambing adalah hewan mamalia yang mempunyai ukuran tubuh sedang. Binatang ini juga dimanfaatkan manusia untuk hewan ternak atau sebagai hewan peliharaan. Karena kambing mempunyai banyak manfaat bagi manusia seperti, daging, susu dan kulitnya.

Tetapi tidak semua kambing dapat menghasilkan susu yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Hanya sebagian kecil jenis kambing saja yang dapat diambil susunya. Pada umumnya kambing dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 140 cm dengan berat mencpai 120 kg.

Kambing telah dipelihara oleh manusia selama kurang lebih 8.000 sampai 9.000 tahun. Hewan ini hidup dengan berkelompok dengan jumlah 5 ekor sampai dengan 20 ekor kambing. Kambing juga termasuk dalam golongan hewan pemakan rumput atau dedaunan lainnya.

5. Gajah

contoh hewan herbivora
sumber:pexels.com

Gajah adalah sejenis mamalia yang memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan besar. Hewan ini juga termasuk dalam keluarga elephantidae dan proboscidae. Gajah adalah salah satu hewan yang berasal dari benua afrika.

Gajah Afrika jantan adalah hewan darat terbesar yangmempunyai tinggi mencapai 4 m dan berat sekitar 7 ton. Hewan ini memiliki beberapa ciri khusus, ciri-ciri yang paling terlihat adalah belalainya. Yang digunakan gajah untuk berbagai macam hal, salah satunya digunakan untuk bernafas.

Selain itu gajah mempunyai gigi seri yang tumbuh menjadi gigi taring, yang biasa digunakan untuk senjata saat terancam. Gajah juga mempunyai sepasang telinga yang besar. Gajah juga termasuk dalam goloongan hewan pemakan rumput (Herbivora).

6. Jerapah

contoh hewan herbivora jerapah
sumber:pexels.com

Jerapah termasuk dalam keluarga hewan mamalia berkuku genap dan merupakan spesies tertinggi yang hidup di darat. Tinggi spesies jantan mencapai 4,8 sampai 4,4 meter dasn beratnya mencapai 1.360 kg. Pada spesies betina memiliki tinggi dan berat di bawah jerapah jantan.

Hewan ini masih memiliki hubungan dekat dengan hewan lain seperti rusa, sapi, namun dari suku yang berbeda. Habitat utama jerapah adalah wilaya chad sampai dengan wilayah afrika selatan. Jerapah termasuk dalam golongan hewan pemakan rumput (Herbivora).

7. Zebra

contoh hewan herbivora
sumber:pexels.com

Zebra adalah hewan mamalia yang masih memiliki hubungan dekat dengan kuda. Pada umumnya hewan ini memiliki tubuh sedang, yang menjadi ciri utama zebra adalah warna tubuhnya yang belang. Zebra tersebar di daerah afrika selatan, afrika barat dan afrika timur.

Warna belang pada zebra dapat membatu hewan ini untuk sistem pertahanan dari predator. Warna belang pada tubuh zebra akan membingungkan para pemangsa yang akan memangsa zebra. Zebra hidup dengan cara berkelompok, dan habitat utama hewan ini adalah padang rumput.

8. Kelinci

contoh hewan herbivora kelinci
sumber:pexels.com

Kelinci adalah sejenis hewan mamalia bertubuh kecil dari golongan leporidae, yang hidup di seluruh bagian bumi. Kelinci berkembang biak dengan jalan beranak atau Vivipar. Hewan ini juga sering dijadikan sebagian manusia untuk hewan peliharaan bahkan untuk hewan ternak.

Dengan maksud untuk dimanfaatkan dagingnnya, tetapi tidak semua jenis kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya, hanya beberapa jenis kelinci saja. Dari jenis bulunya kelinci dibagi menjadi dua jenis yaitu kelinci yang berbulu pendek dan kelinci yang berbulu panjang.

9. Badak

contoh hewan herbivora badak
sumber:pexels.com

Badak adalah salah satu dari lima hewan yang berasal dari keluarga rhinocerotidae dari ordo perissodactyla. Hewan ini memiliki ukuran badan yang besar dan memiliki tanduk pada bagian kepalanya. Badak adalah hewan yang berasa dari Benua Afrika atau Benua Asia.

Badak juga termasuk salah satu hewan mamalia dan hewan herbivora. Tetapi jangan salah, walaupun termasuk hewan herbivora, badak juga merupakan salah satu hewan yang berbahaya. Di Negara Nepal dan india badak merupakan penyebab kematian terbesar melebihi harimau dan macam tutul.

10. Kanguru

contoh hewan herbivora kanguru
sumber:pixabay.com

Hewan herbivora yang selanjutnya adalah hewan yang berasal dari Benua Australia yaitu kanguru. Kanguru adalah sejenis mamalia yang memiliki kantung (marsupialia) pada bagian depan tubuhnya. Hewan ini terkenal sebagai mascot atau simbol Negara Australia.

Kanguru memiliki sepasang kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar digunakan untuk melompat. Hewan ini biasa melompat dengan kecepatan 20-25 km/jam. Tepi sebenarnya hewan ini mampu melompat hingga kecepatan 70 km/jam.

11. Rusa

contoh hewan herbivora rusa
sumber:pexels.com

Rusa adalah sejenis hewan mamalia yang termasuk dalam keluarga cervidae. Ciri yang paling menonjol pada hewan ini adalah antler (tanduk rusa). Namun tanduk yang dimiliki rusa berbeda dengan tanduk yang dimiliki hewan lain. Tanduk rusa hanya akan berkembang saat musim panas, terutama untuk rusa jantan.

Pada umumnya rusa dewasa memiliki berat antara 30 sampai 250 kg. Rusa juga termasuk hewan yang memiliki luwes, badan kompak dan panjang dan kaki yang kuat yang cocok untuk habitat hutan. Rusa juga termasuk hewan yang hidup di darat, walau hidupnya didarat rusa adalah perenang yang handal.

12. Kijang

contoh hewan herbivora
sumber:pixabay.com

Kijang atau muncak adalah hewan mamalia dari genus muntiacus, kijang juga termasuk kerabat dari rusa. Daerah penyebaran rusa antara lain, Asia Selatan, Asia Tenggara mulai dari India sampai Indonesia. Beberapa jenis kijang dibawa ke inggris untuk diintroduksi.

Hewan ini tidak mengenal masa kawin, mereka melakukan hal itu kapanpun mereka mau. Biasanya kijang jantan mereka memiliki tanduk yang pendek yang dapat tumbuh bila tanduk itu patah. Hewan ini hidup dan berkembang biak di daerah padang rumput atau di hutan liar.

13. Kerbau

contoh hewan herbivora, kerbau
sumber:pexels.com

Kerbau merupakan hewan memamah biak yang banyak di jadikan sebagai hewan ternak dunia, terutama di Benua Asia. Hewan ini hanya dapat hidup dan berkembang biak di beberapa tempat saja. Seperti Paskistan, India, Bangladesh, Nepal, Bhutan, Vietnam, Cina, Fhilipina,Indonesia dan Thailand.

Namun saat ini populasi kerbau liar mulai menurun, dan dikhawatirkan akan punah dalam waktu dekat ini. Kerbau jantan rata-rata memiliki berat antara 300kg sampai 600 kg. Untuk kerbau betina memiliki berat di atas kerbau jantan yaitu mencapai 800 kg.

14. Kuda Nil

contoh hewan herbivora, kuda nil
sumber:pexels.com

Kuda nil adalalah hewan mamaila yang memiliki badan terbesar ketida setelah gajah dan badak. Kuda nil memiliki gading yang berukuran besar digunakan untuk memeprtahankan diri mereka saat merasa terancam. Selain itu mereka juga memiliki tubuh dan mulut yang besar.

Pada umumnya kuda nil dewasa memiliki ukuran tubuh antara 1.5-3 ton. Walapun tubuh mereka pendek dan gemuk, mereka mampu berlari dengan cepat sekitar 30 km/jam. Dan walaupun termasuk hewan herbivora mereka juga termasuk salah satu hewan yang berbahaya khususnya di Benua Afrika.

15. Banteng

conteoh hewan herbivora, bantang
sumber:pexels.com

Banteng adalah hewan mamalia yang masih memiliki hubungan dengan sapi. Hewan ini ditemukan di Asia Tenggara dan dibawa ke Benua Australia pada masa kolonisasai pada tahun 1849. Banteng terdiri dari tiga jenis antaranya, javanicus javanicus, javanicus lowi dan javanicus birmanicus.

Mereka hidup di daerah yang banyak ditumbuhi rumput atau tanaman lainnya. Hewan ini juga hidup secara berkelompok, dengan jumlah dua puluh sampai tiga puluh ekor per kelompok. Banteng dewasa memiliki panjang 2.3 m dan lebar 1.6 m dan beratnya bisa mencapai 810 kg.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri dan contoh-contoh hewan herbivora. Semoga apa yang saya tuliskan ini membantu dan bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. Saya ucapkan terimakasih atas kunjungannya ke website karyapemuda.com, jangan lupa subcribe yah!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu pemikiran pada “Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Herbivora

Tinggalkan komentar