Ragam Jenis Hewan Rusa dan Fakta Menarik Tentangnya

Bisa dikatakan jika rusa termasuk salah satu hewan yang cukup populer dan banyak dikenal oleh beragam kalangan masyarakat,sekilas mirip hewan kijang.

Hal ini dikarenakan adanya sebutan bahwa rusa adalah hewan yang anggun karena memiliki tanduk yang sangat indah.

Oleh karenanya, hewn yang satu ini pun secara resmi dijadikan peliharaan oleh pemerintah Indonesia di Istana Bogor.

Pada dasarnya, rusa termasuk hewan yang cukup mudah ditemukan di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Hanya saja, rusa di beberapa negara tentu memiliki ciri khusus yang berbeda-beda sesuai dengan lingkungan hidup tempat ia bernaung.

Jika di total, ada sekitar 100 jenis rusa yang tersebar di dunia. Jumlah ini tentu saja sangat banyak dan menjadikan rusa sebagai hewan dengan variasi yang begitu menarik.

Nah, kali ini akan dibahas tentang beragam jenis hewan rusa yang cukup populer di dunia serta beberapa fakta menarik tentang hewan satu ini. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Beragam Jenis Rusa yang Hidup di Dunia

Sumber : wikipedia.com

Sebagaimana disinggung di awal, ada cukup banyak jenis rusa yang hidup di dunia. Tentu, beragam rusa tersebut memiliki ciri yang berbeda menyesuaikan dengan habitat hidup.

Nah, adapun beberapa jenis rusa yang cukup populer dan menarik untuk diketahui adalah sebagai berikut:

Rusa ekor putih

Salah satu jenis rusa yang paling populer adalah rusa ekor putih. Seperti namanya, jenis rusa ini memiliki ekor putih yang cukup unik yang tidak terlalu panjang. Selain itu, ada pula beberapa patch putih yang ada di sekitar ekornya yang tidak ditemukan pada jenis rusa lainnya.

Rusa merah

Rusa merah adalah jenis rusa yang begitu mempesona karena memiliki mantel cantik. Sesuai dengan namanya, mantel cantik tersebut memiliki warna merah yang memukau.

Pada jenis lainnya, warna mantel terkadang berwarna cokelat menyerupai warna kulit rusa. Mantel tersebut menjadi pelindung rusa dari hawa dingin yang merasuk.

Rusa Amerika Utara

Sesuai namanya, rusa Amerika Utara mendiami beberapa wilayah bagian Amerika Utara untuk hidup dan berkembang. Nah, apa yang menarik dari jenis rusa ini adalah ukurannya yang besar.

Ya, dibandingkan dengan jenis lainnya, rusa Amerika Utara memiliki ukuran yang paling besar dengan berat yang bisa mencapai 1800 pound untuk rusa jantan.

Rusa air

Rusa air merupakan sebutan untuk rusa yang memiliki kemampuan berenang cukup bagus. Selain itu, jenis rusa ini juga memiliki ciri khas berupa taring yang tergolong tajam dan lebih mencolok daripada tanduknya.

Taring ini membantu rusa air untuk mengunyah makanan dengan lebih mudah dan cepat.

Rusa tutul

Rusa tutul juga sering disebut dengan nama rusa chital. Apa yang menarik dari rusa ini adalah adanya tutul atau bintik-bintik putih di bagian tubuhnya. Bintik putih tersebut akan muncul ketika rusa masih berusia muda dan tetap ada hingga ia dewasa.

Rusa besar atau Elk

Meskipun tidak memiliki berat seberat rusa Amerika Utara, Elk atau rusa besar memiliki fisik yang sangat kuat. Ini adalah jenis spesies rusa yang cenderung memiliki postur tegap dibandingkan dengan jenis rusa lainnya.

Sika deer

Sika deer adalah jenis spesies rusa yang bisa dikatakan sangat menarik. Spesies rusa ini memiliki postur tubuh yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan rusa pada umumnya.

Hal ini dikarenakan Sika deer memiliki kaki serta kepala yang relatif kecil. Namun, rusa ini memiliki bulu ekor yang lebih indah dibandingkan rusa lain.

Nah, beberapa jenis rusa di atas adalah spesies rusa yang hidup dan tersebar di beberapa belahan dunia. Tentu, selain ketujuh spesies rusa tersebut, masih ada cukup banyak spesies rusa lainnya yang hidup di lingkungan yang berbeda.

Berbagai Fakta Menarik Rusa Untuk Diketahui

Selain memiliki spesies yang cukup banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia, rusa juga memiliki beragam fakta yang menarik untuk disimak. Beberapa fakta menarik rusa tentu bisa menjadi tambahan wawasan Anda.

Nah, adapun fakta menarik terkait rusa diantaranya sebagai berikut:

Sumber : pixinio.com
  • Semua rusa jantan dari beragam spesies yang berbeda memiliki tanduk, kecuali rusa air, sedangkan rusa betina tidak memiliki tanduk. Umumnya, tanduk rusa memiliki tiga buah cabang yang membedakannya dari tanduk kijang yang memiliki dua buah cabang.
  • Rusa tersebar hampir diseluruh belahan dunia, kecuali Antartika dan Australia. Peneliti mengatakan rusa tidak bisa hidup di Antartika karena hawa dingin yang sangat menusuk, sedangkan alasan kenapa rusa tidak hidup di Australia masih menjadi misteri.
  • Rusa memiliki banyak sekali otot di bagian telinga. Karena adanya otot inilah seekor rusa memiliki pendengaran yang sangat baik, terlebih jika dibandingkan dengan pendengaran manusia. Bahkan, mereka bisa mengubah arah telinga tanpa harus menggeser tubuh mereka.
  • Rusa memiliki kemampuan berenang yang baik meskipun cenderung hidup di padang yang luas yang terkadang tanpa genangan air yang dalam.
  • Rusa memiliki kemampuan berlari yang sangat baik dengan rata-rata kecepatannya adalah 35 mil per jam ketika berlari dalam jarak yang relatif pendek
  • Rusa tidak memiliki bau khas sehingga membuat predator cenderung lebih susah untuk mendeteksi keberadaan mereka, kecuali jika predator menemukannya secara kasat mata
  • Rusa termasuk binatang yang malas, terutama ketika musim dingin. Mereka hanya akan sesekali keluar untuk mencari makanan dan selebihnya berdiam diri untuk menjaga energi dan kondisi
  • Rata-rata usia rusa yang tinggal di alam liar adalah 15 hingga 20 tahun

Nah, demikian beberapa ulasan tentang hewan rusa, berikut jenis dan fakta yang menarik untuk diketahui. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment