Tanaman Monstera Memberikan Nuansa Eksotis

tanaman monstera

Sebagai salah satu jenis tanaman yang populer saat ini, tanaman Monstera lebih dikenal dengan sebutan janda bolong mempunyai keindahan dari bentuk daun unik dan cantik sehingga memperindah rumahmu. Tetapi, untuk memiliki tanaman yang satu ini ternyata Anda harus mengeluarkan budget yang cukup fantastis loh.

Sebagian besar orang menggunakan jenis tanaman monstera untuk dijadikan tanaman hias tropis yang memberikan kesan minimalis atau skandinavia. Sebenarnya, tanaman ini memiliki bentuk daun mengkilap dengan ukuran lebar yang berwarna hijau pekat sehingga menambahkan nuansa asri di sekitar rumah hunianmu.

Keindahan dan keunikan lainnya yaitu tanaman ini mempunyai lubang yang estetik di setiap daunnya. Hal tersebut menjadi salah satu ciri khas tanaman monstera yang mudah dikenali oleh para pecinta tanaman.

Jenis-Jenis Tanaman Monstera

Sebagai salah satu jenis tanaman yang merambat ternyata Monstera mempunyai banyak jenisnya loh, yuk ketahui beberapa varian tanaman monstera yang akan memperindah rumahmu.

Monstera Epipremnoides

Sumber : pinterest.com

Monstera Epipremnoides atau Swiss Chesee Plant tidak termasuk ke dalam jenis tanaman langka sehingga Anda dapat menjumpainya di pasaran dengan mudah. Nah, saat memasuki usia cukup tua tanaman Monstera yang satu ini memiliki keunikan dari lubang daunnya yang mulai menghilang dan berubah dengan bentuk daunnya yang menyirip.

Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu hal yang menjadi keunikan tersendiri, bentuknya yang unik juga dapat memperindah desain interior di sekitar rumahmu.

Nah, ketahuilah tumbuhan ini dapat berkembang sampai ketinggian 13 kaki atau tiga meter loh.

Monstera Adansonii

Sumber : pinterest.com

Berikutnya, jenis tanaman Monstera yang dianggap paling unik adalah Monstera Adansonii atau populer dengan sebutan monstera topeng monyet. Nah, jenis tanaman ini memiliki keunikan dari keunikannya yang mampu merambat dan dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Tetapi, saat memiliki tanaman ini maka kamu harus meletakkannya di daerah yang dingin. Jangan berada di lingkungan berangin karena tanaman ini tidak suka dengan paparan sinar matahari langsung.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa meletakan tanaman ini di depan rumah untuk memperindah desain interior hunianmu.

Monstera Borsigiana

Sumber ; dekoruma.com

Monstera Borsigiana jenis yang populer untuk dijadikan sebagai hiasan di rumahmu. Jenis tanaman ini juga sangat mudah kita jumpai. Borsigiana populer dengan sebutan janda bolong memiliki keunikan dari daunnya yang memiliki jumlah lubang lebih sedikit dengan ukuran batangnya yang lebih kecil dan berbentuk bulat.

Cocok dijadikan sebagai tanaman dalam pot, Anda bisa meletakan jenis tanaman yang satu ini ke dalam pot tanaman. Tetapi, tanaman janda bolong ini juga tidak suka terkena dengan paparan sinar matahari langsung. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menjadikannya sebagai tanaman dekorasi indoor.

Monstera Deliciosa Variegata

Sumber : Lazada.com

Monstera Deliciosa Variegata merupakan jenis MOnstera yang mudah Anda temui di pasaran. Keunikan tanaman ini memiliki penampakan daun berwarna putih mencolok sehingga berbeda dengan jenis Monstera yang lainnya.

Tetapi, tanaman ini cukup sulit menyerap sinar matahari sehingga kita harus menghindari peletakan tanamannya d ruang yang gelap atau kekurangan sinar matahari.

Nah, perawatan tanamannya juga cukup mudah Anda cukup menyiram tanaman saat kering sehingga tak perlu menyiramnya setiap hari.

Monstera Karstenianum

Sumber : shopee.com

Monstera karstenianum atau monstera Peru sekilas terlihat seperti daun sirih yang dapat Anda gunakan untuk menghiasi meja tamu. Ukurannya yang tak tak terlalu besar ternyata dapat memperindah ruangan agar terlihat estetik dengan nuansa yang asri.

Tak perlu khawatir, jenis tanaman ini dapat dijadikan sebagai tanaman hias dengan harga yang terjangkau.

Tetapi, jenis Monstera yang satu ini membutuhkan banyak air sehingga recomended di letakan di tempat yang mempunyai kelembaban tinggi. Disarankan untuk menyemprot tanaman secara teratur.

Monstera Obliqua

Sumber : IDMtimes.com

Monstera Obliqua atau Monstera adansonii memiliki keunikan dari bentuknya yang unik, selain itu monstera ini juga termasuk tanaman langka dipasaran. Nah, tanaman ini bentuk daunnya memiliki lubang sangat besar yang disatukan dengan filamen kecil.

Selain itu, batangnya sangat tipis sehingga cukup sulit untuk merawatnya. Pastikan perawatan yang tepat maka tanaman akan tumbuh menjadi subur.

Monstera Acuminata

Sumber : blibli.com

Monstera acuminata menjadi salah satu monstera unik karena tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas tanah. Tanaman ini saat masih muda daunnya memiliki bentuk bundar seperti hati dengan daun tebal dan berukuran kecil sehingga terlihat sangat cantik dan indah.

Saat usia tanamannya sudah tua maka tanamannya akan nampak seperti deliciosa dengan batang pohonnya dapat tumbuh hingga 20 meter.

Monstera Minima

Sumber : shopee.com

Monstera Minima merupakan tanaman mungil dengan daun berwarna hijau yang bentuknya kecil-kecil. Untuk menjumpai tanaman ini, Anda bisa melihatnya d alam liar karena Monstera jenis ini dapat tumbuh pesat sampai ketinggian lima meter.

Nah, merawat jenis tanaman ini juga cukup mudah loh, Anda dapat meletakkannya di lokasi yang lembab baik di dalam maupun di luar ruangan tanpa terkena sinar cahaya matahari langsung.

Monstera Dubia

Sumber : shopee.com

Monstera Dubia menjadi salah satu jenis tanaman langka yang dapat koleksi menarik tanaman hias Anda untuk mempercantik hunian rumahmu. Ketahuilah, jenis tanaman yang satu ini hampir mirip dengan Satin photos yang mempunyai penampilan daun yang lebar dengan batang yang menempel kokoh di pohon lainnya.

Selain itu, keunikan dari tanaman ini yaitu mempunyai daun muda yang utuh sehingga akan berkembang lebih besar dan membelah.

Itulah beberapa jenis tanaman Monstera yang akan membuat hunian rumahmu menjadi lebih asri dan indah dipandang.

Leave a Comment