Aneka Manfaat Tumbuhan Cocor Bebek Untuk Kesehatan

tanaman cocor bebek

Cocor bebek umumnya diketahui sebagai jenis tanaman hias. Hal ini wajar saja karena faktanya, tanaman ini memang memiliki bentuk daun yang unik dan cocok untuk dijadikan hiasan di halaman atau ruang lain di bagian rumah. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa tumbuhan cocor bebek bisa diandalkan sebagai salah satu media pengobatan alami.

Ya, perlu diketahui bahwa cocor bebek adalah salah satu tumbuhan super yang memiliki banyak manfaat. Konon, salah satu kandungan terbesar dari tanaman ini adalah zat anti-radang yang bisa diandalkan untuk mengobati berbagai peradangan yang diderita secara alami.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beragam manfaat terbaik cocor bebek, terutama untuk masalah kesehatan. Apa saja manfaat dari tanaman yang satu ini? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Tumbuhan Cocor Bebek

Sebelum membahas tentang manfaat dari cocor bebek, tentu mengetahui beberapa informasi terkait tumbuhan ini juga penting. Sebagaimana disinggung di awal, cocor bebek lebih banyak diketahui sebagai tanaman hias karena faktanya, tanaman ini memang dibudidayakan sebagai tanaman hias di Indonesia

Cocor bebek sendiri termasuk tanaman yang masuk dalam famili crassulaceae. Selain di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di daerah lain, mulai dari Australia, Myanmar, China, India, Madagaskar, Amerika dan juga Jerman.

Ciri umum dari tanaman ini adalah daun berwarna hijau yang cukup terang dengan bagian pinggir yang bergerigi. Detail daun inilah yang membuat cocor bebek dijadikan tanaman hias. Selain itu, cocor bebek memiliki batang beruas empat yang tumbuh cenderung melebar.

Beragam Manfaat Cocor Bebek Untuk Kesehatan

Selain dijadikan tanaman hias untuk memberikan kesan estetik pada dekorasi ruang atau halaman, cocor bebek dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan ada cukup banyak nutrisi baik yang terkandung di dalam tanaman yang satu ini, seperti antioksidan tinggi serta anti radang.

Nah, adapun beberapa manfaat dari cocor bebek untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengatasi diabetes

Diabetes adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup serius dan konon cenderung susah untuk disembuhkan. Penanganan pada penderita diabetes harus dilakukan dengan segera dan kontinu agar gangguan kesehatan ini bisa disembuhkan secara total.

Cocor bebek bisa menjadi opsi alternatif untuk mengatasi diabetes. Pada tanaman ini terkandung zat anti-diabetes yang dipercaya mampu menstabilkan kadar gula di dalam tubuh. Dengan demikian, nantinya penderita diabetes akan memiliki kesehatan yang lebih baik

  • Menurunkan kolesterol

Selain diabetes, kolesterol juga masuk dalam salah satu gangguan kesehatan serius dan banyak diderita. Tentu, masalah kolesterol yang berlarut dan tidak ditangani secara tepat nantinya akan memberikan dampak yang lebih buruk bagi kesehatan.

Tanaman cocor bebek bisa dijadikan salah satu solusi alami untuk menangani masalah kolesterol yang menyerang. Tanaman yang satu ini memiliki ekstrak hidroalkohol yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL yang berlebih di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, dengan penanganan yang tepat serta konsumsi ekstrak cocor bebek yang teratur, jumlah kolesterol baik di dalam tubuh pun akan cenderung meningkat. Dengan demikian, secara umum, level kesehatan tubuh juga akan meningkat.

  • Mengatasi infeksi jamur

Infeksi jamur yang menyerang bisa mengakibatkan rasa gatal yang menjalar sehingga membuat penderita merasa tidak nyaman. Bahkan, pada kasus yang lebih serius, infeksi jamur yang menyerang nantinya akan membuat kulit menjadi rusak.

Penanganan infeksi jamur secara alami salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan daun cocor bebek. Daun pada tanaman cocor bebek memiliki kandungan ekstrak etanol. Nah, kandungan inilah yang akan menjadi antiseptic untuk masalah infeksi jamur yang menyerang kulit.

  • Mengatasi peradangan

Sebagaimana disinggung di awal, salah satu kandungan terbaik dari cocor bebek, terutama di bagian daun, adalah anti peradangan. Bisa dikatakan jika peradangan termasuk gangguan tubuh yang cukup banyak terjadi dan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Nah, untuk mengatasi peradangan yang terjadi, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun cocor bebek. Kandungan anti peradangan pada bagian daun cocor bebek akan bekerja dengan optimal di dalam tubuh hingga peradangan yang terjadi tidak terasa lagi.

  • Mengatasi infeksi bakteri

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari tanaman cocor bebek adalah mengatasi infeksi bakteri. Perlu diketahui bahwa pada tanaman cocor bebek terdapat kandungan asam fumarat.

Senyawa ini memiliki sifat anti-bacterial yang cukup ampuh sehingga beragam infeksi karena bakteri bisa diatasi dengan maksimal.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda nantinya hanya perlu untuk merebus daun cocor bebek dan meminum air rebusan tersebut secara teratur. Akan tetapi,

jika masalah infeksi bakteri cenderung cukup serius, ada baiknya jika Anda juga melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengambil tindakan sendiri.

  • Mencegah kanker

Kanker masuk dalam kategori gangguan kesehatan serius. Bahkan, banyak kasus kanker yang terjadi dan menyebabkan kematian pada penderitanya. Oleh karenanya, penanganan pada kanker harus dilakukan sesegera mungkin sebelum dampak terburuk terjadi.

Memang, pengobatan secara medis cenderung disarankan, terutama untuk kasus kanker yang lebih serius. Namun, tidak ada salahnya jika penderita menggunakan cara alami untuk pencegahan dan penanganan awal. Salah satunya dengan tanaman cocor bebek.

Perlu diketahui, daun cocor bebek memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Nah, kandungan antioksidan inilah yang dapat melindungi tubuh dari serangan aneka penyakit, termasuk bisa diandalkan untuk mencegah kanker.

Jika dilihat, ada cukup banyak manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman cocor bebek. Dengan manfaat yang terkandung di dalamnya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membudidayakannya.

Leave a Comment