Tanaman Selasih Manfaat, Ciri-ciri dan Asalnya

Tanaman selasih adalah salah satu contoh tanaman unik yang dapat diambil manfaatnya pada seluruh bagiannya. Akan tetapi yang sangat familiar ditelinga kita adalah bagian bijinya.

Karena bagian biji dari tanaman ini kerap dijadikan campuran pada es buah atau es campur. Pada dasarnya biji selasih memiliki bentuk seperti telur katak.

Selain bijinya tanaman selasih masih memiliki beberapa bagian yang bisa dimanfaatkan. Seperti halnya tanaman kemuning, daun selasih juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita.

Asal Tanaman Selasih

Selasih memiliki sebutan latin Ocimum basilicum dan berasal dari golongan Ocimum. Akan tetapi setiap daerrah memiliki sebutan tersendiri untuk tanaman ini.

Sebagai contohnya masyarakat jawa mengenal tanaman selasih dengan sebutan telasih. Beda lagi dengan orang melayu yang menyebutnya selaseh, dan masih banyak lagi.

Serta untuk masyarakat inggris disebut dengan sweet basil. Kata basil diambil dari Bahasa Yunani Kuno adalah basileus atau dapat diartikan sebagai raja.

Tanaman selasih sudah ditemukan sekitar 3.000 tahun lalu pada masa pemenrintahan mesir kuno. Yang menjadikannya sebagai salah satu tanamany kuno.

Walaupun tergolong sebagai tanaman kuno, tanaman selasih tetap dibudayakan sampai saat ini. Karena selain untuk melestarikannya, selasih juga memiliki bergagai manfaat.

Banyak orang yang berspekulasi bahwa tanaman selasih ditemukan di Benua Asia yaitu India dan Asia tenggara. Akan tetapi selasih tidak hanya tumbuh di benua asia saja.

Bahkan tanaman ini ditemukan juga di Benua eropa. Sehingga tidak ada yang tau pasti dimana ditemukannya tanaman ini untuk pertama kali.

Ciri-ciri Tanaman Selasih

Setelah membahas mengenai asal usul tanaman selasih tidak ada salahnya jika kita mengetahui ciri-ciri mirfologinya.

Selasih tergolong dalam keluarga tumbuhan yang tumbuh di iklim subtropis dan wilayah dengan iklim hangat. Dan juga tergolong dalam tanaman yang memiliki usia pendek.

Pada umumnya selasih memiliki tinggi mencapai satu meter dengan bentuk batang segi empat atau yang dikenal sebagai quadrangular.

Batang nya sendri memiliki ukuran dengan tebal 6 mm dengan jumlah cabang yang banyak. Untuk cabangnya sendiri memiliki tekstur halus dan berbulu ketika muda.

Pada umumnya daun tanaman ini memiliki karakter yang sangat kuat dan memiliki rasa pedas hingga manis . Sama halnya dengan batang selasih.

Pada umumnya daunnya berwarna hijau hingga keunguan dan memiliki tekstur halus berbulu ketika dipegang. Untuk bentuknya, terlihat mirip seperti elips ujung yang runcing yang berukuran sekitar 5 cm.

Untuk bunganya seindri tergolong dalam jenis bunga majemuk. Memiliki mahkota tebular yang terdiri dari dua lapis dan memiliki panjang sekitar 5-8 mm.

Warna dari bunga selasih beragam, mulai dari putih , putih keunguan serta kuning cream. Buah selasih memiliki 4 bagian nutlet, mulai dari buah-buah kecil hingga cangkang.

Pada umumnya nutlet buah selasih memiliki bentuk seperti telur berwarna cokelat sampai hitam.

Selain itu selasih memiliki ciri lain, yaitu memiliki bau wangi, langu dan juga manis. Hal tersebut disebabkan oleh kultivar yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Manfaat Tanaman Selasih

Tanaman Selasih terkenal dengan berbagai manfaat yang diberikannya. Mungkin kita selama ini hanya mengetahui jika biji selasih hanya salah satu komponen dalam es buah.

Akan tetapi tanaman selasih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat selasih?

Tanaman Selasih Untuk Menurunkan Berat Badan

Biji selasih memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga berguna untuk menurunkan berat badan sesseorang. Kandungan serat yang tinggi dapat membantu seseorang untuk kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Maka dari itu tidak sedikit orang yang menggunakan biji selasih sebagai untuk menurunkan berat badan. Untuk kalian yang sedang menurunkan berat badan bisa mencobanya.

Meningkatkan Penglihatan

Human eye on blue background (shallow DoF)

Kita mengetahui bahwa salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang banyak adalah wortel.

Akan tetapi biji selasih juga mengandung vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Biji selasih juga diyakinin dapat mencegah katarak karena mengandung antioksidan kuat.

Mencegah Kolesterol

Pada jaman sekarang kolesterol menjadi salah satu momok untuk manusia. Penyakit ini dikarenakan menkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Biji selasih memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kolesterol.

Mengandung Omega 3

Omega -3 merupakan golongan asam amino yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu fungsi yang vital untuk omega-3 addalah untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Sering kali kita mendengar jika ikan memiliki kandungan omega-3. Selain pada ikan salah satu makanan yang memiliki kandungan omega -3 adalah biji selasih.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Biji selasih dipercaya dapat meningkatkan kekuatan tulang. Karena dalam biji selasih mengandung beberapa gizi sepeti zat besi, kalium, tembaga, kalsium.

Oleh karena itu menkonsumsi biji selasih dalam takaran yang sesuai dapat mencegah keroposnya tulang dan mencegah osteoporosis.

Mengurangi Stress

Stess mungkin menjadi penghambat berbagai aktivitas yang sudah kita rencanakan. Stress disebabkan berbagai hal, seperti stress mengerjakan tugas, stress karena pekerjaan dan lain-lain.

Selain dikonsumsi ternya biji selasih juga dapat dimanfaatkan aromanya. Aroma selasih memiliki efek menenangkan sehingga dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Mengobati Batuk dan Flu

Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian banyak orang. Banyak obat yang sering kita gunakan untuk mengobatinya seperti jahe, teh hangat dan air putih.

Tanaman selasih juga diyakin dapat menyembuhkan batuk karena memiliki antioksidan flavonoid. Hal tersebut dapat membantu sistem imun tubuh untuk membunuh virus penyebab batuk.

Mengatasi Insomnia

Tidur merupakan cara kita untuk mengistirahatkan dari aktivitas pada siang hari. Ketika tubuh mendapat waktu beristirahat yang cukup, tubuh akan terasa enteng dan enak.

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur. Memang banyak tempat yang menjual obat tidur untuk membantu kita untuk segera terlelap.

Akan tetapi jika dikonsumsi dalam waktu yang lama tanpa resep dokter, mungkin akan membahayakan tubuuh kita. Salah satu cara alami untuk mencegah insomnia.

Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala adalah hal yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang. banyak hal yang dapat memicu sakit kepala, mulai dari stress, kurang tidur, kafein dan lain-lain.

Denfan mengkomsusi 5 biji rebusan selasih ditambahkan madu dan air panas diyakini dapat mengurangi sakit kepala.

Manfaat Tanaman Selasih untuk Kesuburan

Selain dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah dalam tubuh. Tanaman selasih juga dapat digunakan untuk menambah kesuburan tubuh kita seperti pertumbuhan sperma dan menyehatkan kandungan.

Biji selasih mengandung zat afrosidiak yang berperan pentinh untuk menunjang sperma pada lelaki. Hal tersebut seperti yang sudah diteliti oleh beberapa ahli.

Manfaat Tanaman Selasih untuk Keccantikan

Tampil cantik merupakan keinginan semua wanita didunia ini. Bahkan tidak sedikit yang rela membeli berbagai macam produk untuk mempercantik diri.

Ternyata selasih juga bermanfaat untuk kecantikan diri lo guys. Sebagai contohnya, untuk menjaga kesehatan rambut, untuk mencegah jerawat dan mengurangi glek hitam.

Kesimpulan

Tenaman selasih merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Selain dimanfaat daunnya, ternyata biji selasih juga mempunyai banyak manfaat.

Semoga tulisan ini memberikan wawasan kepada para pembaca.

Leave a Comment