Mengenal Tanaman Suweg, Bisa Jadikan Obat Herbal yang Efektif Untuk Kesehatan

tanaman suweg

Tanaman suweg merupakan salah satu umbi-umbian dengan marga Amorphophallus dan masih memiliki kerabat dekat dengan bunga bangkai raksasa. Nama lain yang terdapat di dalam bahasa Inggris ialah stink lily atau ada juga yang menyebutnya elephant foot. Tanaman suweg merupakan tanaman asli Asia tenggara dan tumbuh di kawasan hutan Malaysia, Filipina dan di daerah India tropik.

Tanaman ini diyakini memiliki banyak manfaat. Selain bisa bermanfaat di bidang pangan, manfaat lain yang bisa digunakan ialah sebagai bahan pembuatan lem dan pembuatan kosmetik. Penasaran dengan ulasan tentang tanaman suweg? Berikut penjelasannya:

Manfaat Tanaman Suweg Sebagai Makanan Fungsional

Sumber : indozone.com

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya bahwasanya tanaman suweg memang bermanfaat pada bidang pangan. Hal inilah banyak penelitian tentang tanaman suweg sehingga munculah makanan fungsional yang berasal dari tanaman suweg. Berikut manfaat dari tanaman suweg sebagai makanan fungsional:

Indeks Glikemik yang Rendah

Dengan mengandung indeks glikemik yang rendah, maka sangat cocok untuk Anda yang sedang menurunkan kadar gula darah. Sehingga aman untuk penderita diabetes.

Mengandung Glukomanan

Glukomanan merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Glukomanan berfungsi mampu memberikan rasa kenyang didalam perut serta mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, dengan adanya senyawa glukomanan mampu menjaga kesehatan organ pada bagian pencernaan.

Memberi Pertahanan Terhadap Timbulnya Berbagai Penyakit

seperti diverticular, kardiovaskular, kanker usus besar, obesitas, serta kencing manis.

Memiliki Kandungan yang Rendah Kalori

Pada setiap 100 gr tanaman suweg hanya mengandung 69 kalori saja. Artinya tanaman ini sangat cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Mampu Menjaga Fungsi Otot Tubuh

Manfaat berikutnya yang bisa Anda ambil ketika mengonsumsi tanaman suweg ialah mampu menjaga fungsi otot tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman suweg juga mengandung senyawa kalsium.

Mampu Menyembuhkan Jerawat Maupun Bisul

Tanaman suweg tak hanya untuk penderita diabetes maupun kolesterol, namun juga bisa menyembuhkan jerawat dan bisul. Hal ini dikarenakan tanaman suweg mempunyai senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri didalamnya, seperti mannan, fosfor, alkaloid dan lainnya.

Olahan Hasil Dari Tanaman Suweg

Sumber : shoppe.com

Dengan memiliki manfaat yang banyak pastinya banyak juga inovasi pengembangan produk olahan yang berasal dari tanaman suweg. Rasa yang terdapat didalam hasil olahan tanaman suweg ialah netral. Sehingga mudah sekali orang melakukan berbagai macam inovasi, baik olahan tradisional maupun olahan modern.

Berikut olahan dari tanaman suweg yang harus Anda ketahui:

Dijadikan Sebagai Pengganti Tepung Terigu

Di Filipina, tanaman ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung, sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti.

Sebagai Bahan Pembuatan Mie

Jepang dikenal dengan kemajuan teknologi di bidang apapun, termasuk di bidang pangan. Oleh karena itu, Jepang memanfaatkan tanaman suweg sebagai bahan baku pembuatan mie.

Kandungan Gizi yang Terdapat Pada Tanaman Suweg

Dengan berbagai macam manfaat yang bisa Anda temui pastinya terdapat kandungan didalamnya. Berikut kandungan yang terdapat tananam suweg dari 100 gr, diantaranya:

  • Kalori sebesar 69 kkal
  • Protein sebesar 1 g
  • Karbohidrat sebesar 15,7 g
  • Lemak sebesar 0,1 g
  • Kalsium sebesar 62 mg
  • Zat besi sebesar 4,2 mg
  • Fosfor sebesar 41 mg
  • Thiamin sebesar 0,07 mg
  • Air sebesar 82 g.

Efek Samping Mengonsumsi Suweg Pada Kesehatan

Meskipun tanaman suweg mampu memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, tanaman suweg juga bisa memberikan efek samping apabila dikonsumsi berlebih ataupun salah mengonsumsinya. Berikut efek samping yang ditimbulkan, diantaranya:

Tinggi Asam Oksalat

Tanaman suweg mengandung senyawa asam oksalat yang tinggi. Apabila asam oksalat terlalu tinggi dikhawatirkan dapat menimbulkan pengikatan dengan senyawa lain, sehingga akan terbentuk senyawa padat yang tidak dapat dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh.

Akibatnya akan menumpuk pada organ ginjal sehingga akan menimbulkan penyakit batu ginjal.

Perut terasa kembung

Efek berikutnya yang ditimbulkan jika mengonsumsi secara berlebihan ialah akan mengalami perut kembung. Hal ini dikarenakan tanaman suweg mengandung kandungan serta mannan sehingga menimbulkan banyak gas di dalam perut.

Tips Menyimpan Tanaman Suweg Dengan Baik

Sumber : universitasbengkulu.com

Menyimpan tanaman suweg memanglah tidak boleh sembarangan. Selain menyebabkan kebusukan pada tanaman suweg juga akan menyebabkan bakteri jahat bisa masuk sehingga suweg akan terkontaminasi oleh bakteri. Berikut tips menyimpan suweg dengan baik, diantaranya:

  1. Menyiapkan tanaman suweg yang akan disimpan
  2. Suweg disimpan dalam keadaan masih utuh Bersama kulitnya
  3. Membersihkan tanaman suweg dengan air yang mengalir
  4. Simpan suweg di dalam kulkas pada bagian rak khusus sayuran.

Perbedaan Tanaman Suweg Dengan Porang

Sumber : tempo.com

Keberadaan dua tanaman ini, suweg dan porang memang sudah ada sejak lama. Namun kurang populer dikalangan masyarakat luas sehingga masih dianggap tanaman luar yang menjadi makanan ular. Porang dan suweg sering dianggap sama hanya karena bentuknya hampir serupa. Padahal jika diamati lebih dalam keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Berikut perbedaan antara porang dan suweg yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  1. Pada porang memiliki batang sejati dan berkulit halus, sedangkan pada suweg memiliki batang kasar dan berduri
  2. Pada porang memiliki daun yang lebar, runcing, bercabang serta berbintik banyak, sedangkan pada suweg berbentuk kecil-kecil sedikit Panjang dan runcing
  3. Pada porang memiliki bunga lebih mirip seperti cabai gendot, sedangkan pada suweg memiliki bentuk bunga seperti bunga bangkai
  4. Pada porang permukaan umbi tidak berbintil, sedangkan pada suweg terdapat guratan.

Itulah ulasan mengenai tanaman suweg. Meskipun belum populer dikalangan masyarakat umum namun bisa dilihat manfaatnya jika dikonsumsi. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment