Apa Sih Pengertian dari Hewan Mamalia?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mamalia artinya kelompok hewan binatang dalam kelas vertebrata. Mamalia merupakan hewan menyusui yang memiliki kelenjar mamae atau susu sebagai sumber makanan untuk anak-anaknya.

Hewan mamalia juga melahirkan lho! Mamalia juga merupakan hewan vertebrata, berarti bertulang belakang.

Mamalia adalah hewan unik yang memiliki ciri khas berupa rambut. Tetapi ada juga mamalia laut yang tidak memiliki rambut saat sudah dewasa.

                   Ciri-ciri Hewan Mamalia

Sumber : okezoneteckno.com

Mamalia merupakan hewan homoiterm atau berdarah panas. Mamalia masuk kedalam jenis hewan vertebrata atau bertulang belakang. Tubuh mamalia memiliki sistem organ yang lengkap dan dapat dibedakan anggota-anggota tubuhnya, seperti kepala, leher, badan, dan ekor. Pada hewan mamalia, terdapat glandula mammae atau kelenjar susu yang mempunya fungsi sebagai sumber energi untuk anak-anaknya.

Hewan mamalia memiliki rambut, dan juga bernafas dengan menggunakan paru-paru. Mamalia juga memiliki alat indera yaitu mata, telinga, lidah, kulit, dan hidung. Alat kelamin pada hewan mamalia terpisah antara jantan dan betina dalam satu individu. Selain itu, hewan mamalia memiliki otak yang berukuran cukup besar dan dapat berkembang dengan baik.

                   Klasifikasi Hewan Mamalia

Hewan mamalia terbagi menjadi 29 ordo yang penting sekali untuk kamu ketahui. Nah, dibawah ini beberapa ordo yang penting untuk kamu ketahui.

Artiodactyla

hewan mamalia yang pertama adalah ordo Artiodactyla. Anggota dari  ordo Artiodactyla merupakan hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan dan memiliki jumlah kuku yang genap. Hewan herbivora mempunyai perut yang besar dan cukup kompleks.

Contoh hewan anggota  ordo Artiodactyla adalah Jerapah, Babi, Unta, Sapi, Kambing, dan lainnya.

Proboscidea

Ordo Proboscidea anggotanya ditandai dengan proboscis atau belalai yang memiliki dua hidung. Kamu pasti tau hewan dalam ordo ini, yaitu gajah.

Carnivora

Ordo Carnivora merupakan ordo yang memiliki anggota pemakan daging. Contohnya adalah kucing, singa, anjing, beruang, dan lain sebagainya.

Rodentia

Rodentia atau yang sering dikenal sebagai hewan pengerat adalah salah satu jenis hewan mamalia dengan gigi depannya yang selalu tumbuh dan juga aktif. Hal inilah yang menyebabkan hewan ini harus menggerogoti sesuatu untuk mengasah giginya.

Contoh hewan pengerat adalah tikus, hamster, dan marmut.

Perissodactyla

Ordo Perissodactyla merupakan hewan berkuku ganjil, hewan ini termasuk ordo yang berukuran besar. Tetapi jumlah kuku yang dimilikinya adalah ganjil. Hewan ordo  Perissodactyla mencerna selulosa tumbuhan di ususnya, bukan di lambung. Contohnya adalah zebra.

Cetacea

Ordo Cetacea memiliki anggota berupa hewan laut besar. Berasal dari bahasa latin, yakni cetus yang artinya paus atau binatang laut besar. Hewan ini termasuk kedalam jenis mamalia laut, dengan salah satu cirinya yaitu memiliki rambut. Rambut pada mamalia laut atau paus biasanya berkurang, bahkan biasanya menghilang. Hal ini disebabkan adaptasi di lautan agar paus mudah bergerak.

Lagomorpha

Ordo Lagomorpha juga termasuk kedalam hewan mamalia. Berasal dari bahasa Yunani, logos memiliki arti kelinci dan ​morphe artinya serupa. Hewan pada ordo ini memiliki ciri diantaranya, bertelinga panjang, memiliki empat gigi pahat, memiliki kaki belakang lebih panjang, menyusui, berbulu, berdarah panas, dan untuk jantan penisnya terletak di hadapan zakar yang tidak bertulang.
Contohnya adalah kelinci.

Sirenia

Ordo Sirenia memiliki anggota dengan ukuran tubuh yang besar. Anggota ordo ini tidak mempunyai kaki belakang dan mempunyai ekor yang berbentuk pipih seperti daun. Hewan dalam ordo ini termasuk kedalam hewan herbivora, yaitu pemakan tumbuh-tumbuhan.

Contohnya adalah dugong atau dayung dan sapi laut.

Monotremata

Monotremata berasal dari bahasa Latin, yaitu monos artinya tunggal dan trema artinya lubang. Anggota ordo Monotremata adalah hewan mamalia yang menghasilkan anak dengan cara bertelur, tetapi menyusui. Ciri-ciri hewan ini adalah berdarah panas, berambut, dan memiliki tulang tunggal di rahang bawah.

Contoh hewan ini adalah Platipus dan Echidna.

Primata

Primata adalah ordo mamalia yang cerdas. Mempunyai ciri-ciri volume otak yang besar, ibu jari berlawanan arah, telapak kaki mendatar, pandangan mata fokus ke depan dengan sudut pandang sempit, berdarah panas, memiliki kelenjar susu, memiliki plasenta, dan mempunya tulang belakang.

Contohnya adalah kera, manusia, dan simpanse.

Hewan mamalia dibagi berdasarkan jenisnya, yaitu eutheria, marsupial, dan monotremata.

                             Eutheria

Nama Eutheria berasal dari bahasa Yunani, eu artinya berkembang dan  ther artinya binatang buas. Eutheria adalah hewan mamalia yang memiliki plasenta dan tali pusar, disebut juga mamalia plasenta.

Plasenta dan tali pusar pada hewan ini mempunyai fungsi sebagai media pertukaran nutrisi dan gas yang dibutuhkan oleh janin dari induknya.

Contoh hewan Eutheria yaitu kelinci, anjing, sapi, tikus, gorilla, monyet, domba, armadillo, gajah, jerapah, orang utan, monyet dan simpanse.

                             Marsupial

Marsupial merupakan hewan mamalia, dengan betinanya mempunyai marsupium atau kantung perut. Hewan ini melahirkan bayinya dalam kondisi yang belum sempurna, bayi yang lahir kemudian disimpan di kantong perut sampai berkembang dan menjadi sempurna.  Bayi akan mendapatkan nutrisi yang berasal dari kelenjar susu induknya.

Contohnya adalah kanguru, koala, wombat, wallaby, possum, dan tazmania devil.

                             Monotremata

Monotremata adalah hewan mamalia yang bertelur, walaupun bertelur hewan ini memproduksi susu untuk menyusui anaknya. Hewan ini termasuk salah satu hewan paling purba. Monotremata mempunyai ciri yaitu berdarah panas, memiliki rambut, memproduksi susu untuk menyusui anaknya, memiliki tulang tunggal pada rahang bawah, dan mempunyai tiga tulang telinga.

Contoh hewan monotremata adalah echidna dan platypus, selain kedua hewan ini tidak ada jenis hewan monotremata yang lainnya.

Leave a Comment