Unik, Ternyata Hewan Kaki Seribu tidak Memiliki Seribu Kaki

Hewan Kaki Seribu – Tahukah kamu apa saja hewan yang termasuk kedalam kelompok hewan Arthropoda ? Hewan Arthropoda termasuk jenis hewan invertebrata yang terbagi kedalam lima kelompok. Hewan dengan kaki bersendi seperti belalang, udang, atau laba-laba termasuk kelompok hewan Arthropoda.

Arthropoda berasal dari bahasa latin yaitu arthra berarti ruas, buku, segmen dan podos berarti kaki.

Hewan jenis ini dilengkapi segmen di bagian dalam tubuhnya. Selain itu, tubuh Arthropoda terdiri dari simetri bilateral serta tergolong kedalam triploblastik selomata.

Simetri bilateral pada hewan ini mampu membagi tubuhnya menjadi dua bagian dengan bagian yang sama antara kanan dan kiri.

Hewan Arthropoda mempunyai kaki bersendi, dan termasuk kedalam kelompok hewan yang memiliki eksoskeleton. Eksoskeleton ini merupakan penutup keras yang terdapat di bagian luar organisme. Fungsinya adalah untuk menyangga dan melindungi tubuh hewan ini.

Ciri lain pada hewan Arthropoda adalah bentuk tubuhnya yang berbuku-buku dan sistem organ tubuhnya yang lengkap.

Hewan  Arthropoda dibagi menjadi 20 kelas berdasarkan struktur tubuh dan kali. Berikut ini tiga kelas yang paling sering kita jumpai.

Arachnoidea

Arachnoidea berasal dari bahasa Yunani, yaitu arachno artinya laba-laba. Arachnoidea bisa disebut juga laba-laba, walaupun anggotanya tidak hanya laba-laba. Contohnya adalah kalajengking, hewan ini masuk kedalam kelas Arachnoidea yang mempunyai jumlah spesies sekitar 32.

Arachnoidea adalah hewan darat yang hidup secara bebas ataupun parasit. Mempunyai tubuh yang bervariasi antara 0,5 mm sampai 9 mm. Arachnida yang hidup bebas, biasanya bersifat karnivora.

Arachnoidea terbagi menjadi tiga ordo yaitu Acarina , Arachnida, dan Scorpionida. 

Salah satu hewan Arachnoidea adalah laba-laba, tubuhnya terdiri dari dua bagian yaitu kepala dan dada di bagian anterior dan abdomen bagian posterior.

Laba-laba adalah hewan yang bernapas dengan paru-paru buku atau trakea. Trakea merupakan organ respirasi berlapis yang banyak, ada buku dan terletak di bagian abdomennya.

Laba-laba berekskresi dengan tubula Malpighi. Tubula Malpighi merupakan sebuah tabung yang kecil dan panjang serta buntu. Tubula Malphigi terletak didalam hemosol dengan muara ke usus.

Myriapoda

Myriapoda adalah hewan berkaki banyak, salah satu contohnya adalah kaki seribu. Kamu bisa saja menjumpai kaki seribu disekitar kamu.

Myriapoda hidup di daratan dengan tempat yang lembab, misal dibawah batu, di bawah daun dan di tumpukan kayu. Sulit untuk membedakan bagian tubuh Myriapoda, kamu akan sulit membedakan antara toraks dan abdomennya karena Myriapoda memanjang seperti cacing.

Tubuh Myriapoda memiliki segmen, terdapat antena di kaputnya, mulut serta memiliki satu pasang rahang bawah, dua pasang rahang atas dan juga matanya tunggal.

Pada setiap segmen, memiliki lubang respirasi yang dinamakan dengan spirakel yang menuju trakea. Myriapoda berekskresi dengan tubula malpighi. Hewan ini bersifat dioseus dan bereproduksi seksual secara internal. Myriapoda dibagi kedalam dua ordo, yaitu Chilopoda dan Diplopoda.

Chilopoda

Chilopoda dikenal sebagai kelabang. Kelabang memiliki tubuh yang memanjang dan agak pipih. Bagian kepala Chilopoda memiliki antena dan mulut dengan sepasang mandibula dan juga dua pasang maksila. Pada tiap segmen tubuh, hewan ini memiliki kaki dan sepasang spirakel.

Pada sepasang kaki pertamanya termodifikasi menjadi alat beracun. Alat ini berfungsi untuk menyengat musuh atau pengganggu. Sengatan pada hewan ini bisa menimbulkan bengkak serta rasa sakit.

Contoh hewan kelompok chilopoda adalah kelabang.

Diplopoda

Hewan kelompok ini biasanya dikenal dengan kaki seribu, walaupun jumlah kakinya tidak seribu. Nama lain dari kaki seribu adalah keluwing. Kaki seribu memiliki tubuh yang bulat memanjang.

Hewan ini memiliki dua pasang maksila dan juga bibir bawah. Setiap segmen tubuh kaki seribu terdapat dua pasang kaki dan dua pasang spirakel.

Diplopoda memiliki sifat herbivora atau pemakan sisa-sisa organisme, selain itu hewan ini tidak memiliki cakar yang beracun.

Kaki seribu termasuk hewan dekomposer, yaitu memakan sisa-sisa tumbuh-tumbuhan. Kotoran yang dikeluarkan oleh kaki seribu juga bermanfaat, yaitu dapat meningkatkan zat hara didalam tanah sehingga dapat membantu menyuburkan tanah.

Gerakannya cukup lambat, kakinya bergerak seperti gelombang. Jika mendapatkan gangguan hewan jenis ini akan menggulungkan tubuhnya dan berpura-pura mati.

Tahukah kamu, bahwa jumlah kaki pada hewan ini menyesuaikan panjang tubuhnya. Setiap segmen tubuhnya memiliki 17 – 100 pasang kaki. Kaki seribu tidak sama dengan kelabang, walaupun sama-sama memiliki jumlah kaki yang banyak. Kelabang bergerak lebih cepat dari pada kaki seribu.

Walaupun termasuk kedalam hewan herbivora, tetapi ada juga kaki seribu termasuk kedalam hewan karnivora. Kaki seribu ini memiliki sepasang rahang penghisap. Kaki seribu jenis ini biasanya memakan kelabang, cacing tanah, dan serangga kecil serta hewan-hewan lain yang mereka temui di tanah.

Selain dapat melindungi diri dengan cara menggulungkan tubuhnya, kaki seribu dapat mengeluarkan cairan beracun atau gas hidrogen sianida dari pori-pori tubuhnya. Racun ini tidak berbahaya bagi manusia, tetapi jika terhirup bisa membuat mabuk.

Ketika lahir, kaki seribu hanya mempunyai tiga pasang kaki dengan 4 segmen kosong. Dengan bertambahnya usia kaki seribu, jumlah kaki dan segmennya juga bertambah.

Kamu bisa membedakan antara jantan dan betina ? Cara membedakannya adalah dilihat dari kaki. Kaki seribu jantan memiliki kaki khusus bernama genopod. Kaki seribu betina mampu kawin berulang kali dan bertelur sebanyak 1.200 sampai 2.000 butir.

Crustacea

Crustacea berasal dari bahasa latin, yaitu crusta artinya kulit. Crustacea merupakan hewan yang memiliki kulit keras. Contohnya adalah udang, lobster, dan kepiting.

Hewan kaki seribu adalah hewan akuatik, walaupun ada juga yang hidup di darat. Tetapi kebanyakan hewan itu hidup di air tawar dan air laut. Beberapa kelompok hewan tersebut susah beradaptasi dengan kehidupan darat, contohnya adalah kepiting darat.

Leave a Comment