Pengertian dan macam-macam hewan Insektivora

Hewan Insektivora- Tahukah anda selain jenis hewan herbivora, karnivora dan omnivora. Ternyata masih ada satu jenis hewan lagi yang jarang kita ketahui. hewan itu adalah hewan yang berjenis insektivora (pemakan serangga).

Tidak sedikit hewan yang berjenis insektivora ini berada di sekitar lingkungan yang kita tempati. Tetapi kadang-kadang sebagian dari kita tidak menyadari dengan adanya hal tersebut. Marilah kita pelajari lebih dalam tentang hewan ini. selamat membaca !

Pengertian Hewan Insektivora

Hewan insektivora adalah binatang yang makanan utamanya adalah serangga yang berukuran kecil. Selain memakan serangga, hewan jenis ini juga biasa memakan hewan-hewan yang memiliki ukuran kecil.

Karena pada umumnya kebanyakan hewan yang berjenis insektivora juga memiliki ukuran yang kecil, walaupun ada sebagian yang berukuran agak besar. Dan biasanya hewan insektivora mempunyai habitat utama di darat.

Baca Juga: Cara Perkembangbiakan Hewan

Ciri-ciri Hewan Insektivora

  • Memiliki ukuran yang kecil.
  • Merupakan mamalia terestial yang tinggal dilubang, pohon atau amfibus.
  • Mempunyai puncak gigi yang tajam.
  • Daerah olfaktori pada bagian kepala lebih panjang dari daerah kranial.
  • Tidak mempunyia posorbital.
  • Tulang air mata tidak melebar ke bagian wajah.
  • Mempunyai taju paroccipital yang jelas.

Contoh-contoh Hewan Insektivora

Setelah kita mengetahui pengertian dan ciri-ciri hewan insektivora. Lebih baiknya kita juga mengenal hewan-hewan yang termasuk dalam keluarga insektivora. Disini saya akan memberikan 25 contoh hewan yang tergolong insektivora.

1. Katak

hewan insektivora
sumber:pexels.com

Hewan insektivora yang pertama adalah katak, selain termasuk hewan insektivora katak juga termasuk dalam keluarga hewan ampibi. Katak bisa hidup di darat maupun di air. Tetapi habitat utama katak adalah air tawar di daerah yang beriklim tropis.

2. Cicak

hewan insektivora
sumber:kompas.com

Hewan insektivora yang kedua adalah cicak, hewan ini sering kita jumpai saat malam hari di dinding rumah kita. Hewan ini termasuk dalam hewan insektivora yang makanan utamanya nyamuk, atau hewan kecil lainnya. Cicak juga memiliki kelebihan memutus ekornya saat dirinya merasa terancam.

3.Tokek

hewan insektivora
sumber:wordpress.com

Tokek merupakan saudara dari cicak, karena memiliki bentuk tubuh yang sama. hanya berbeda ukuran dan warnanya saja. Tokek juga termasuk golongan hewan reptile yang hidup disekitar lingkungan kita. Tokek juga mempunyai suara yang nyaring, biasanya tokek bersembunyi di atap rumah kita.

4. Bunglon

hewan insektivora
sumber:pexels.com

Bunglon adalah hewan yang memiliki kemampuan khusus untuk merubah warna kulit pada saat dirinya merasa terancam. Tujuannya adalah agar dia bisa mengelabuhi dan melindungi dirinya dari serangan musuh. Hewan ini biasanya hidup di pepohonan yang memiliki ranting.

5. Laba-laba

hewan insektivora
sumber:pexels.com

Laba-laba adalah hewan arthropodo sekaligus hewan insektivora. Laba-laba membuat jaring dengan maksud untuk menjebak hewan-hewan kecil yang melewati jaringnya. Setiap hewan yang terperangkap di jaring yang dia buat akan menjadi makanan laba-laba.

6. Kadal

hewan insektivora
wikipedia.org

Kadal adalah hewan reptile yang mempunyai hubungan dekat dengan tokek. Kadal menangkap serangga menggukan lidahnya yang panjang. Kadal mempunyai ciri-ciri fisik bertubuh kecil dan mempunyai sisik pada tubuhnya.

7. Trenggiling

hewan insektivora
sumber:kompas.comĀ 

Trenggiling termasuk hewan mamalia yang makanan utamanya adalah semut. Tetapi hewan yang satu ini termasuk dalam hewan langka yang dilindungi. Karena hewan ini banyak duburu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

8. Capung

hewan insektivora
sumber:nationalgeographic.co.id

Capung adalah hewan yang memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki sayap untuk terbang. Capung berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Dan habitat utama capung adalah di daerah hutan, kebun, sawah, sungai, danau dan masih banyak lagi

9. Iguana

hewan insektivora
sumber:pexels.com

Iguana ialah jenis kadal yang hidup di daerah beriklim tropis di Negara Amerika Serikat. Iguana memiliki penglihatan yang baik, karena dapat melihat bayangan dan bisa melihat pada jarak yang jauh. Pada umumnya iguana memiliki bewarna hijau alami, untuk melindungi dirinya.

10. Biawak

hewan insektivora
sumber:wordpress.com

Biawak adalah hewan yang termasuk dalam keluarga hewan reptile dan juga kadal besar. Selain memakan serangga hewan ini juga bisa memakan hewan yang lainnya. Seperti rusa, babi hutan dan kerbau, karena hewan ini berukuran cukup besar, dan memiliki gigi dan kuku yang tajam.

11. Tikus

sumber;seruni.id

Hewan yang satu ini adalah hewan yang sering kita temui dirumah kita, atau bisa dikatakan hama di rumah kita. Tikus termasuk hewan mamalia yang memiliki makanan utama hewan-hewan kecil. Tikus memiliki beberapa jenis spesies yang berbeda, selain hewan insektivora tikus juga termasuk hewan omnivora.

12. Rakun

hewan insektivora
sumber:pixabay.com

Rakun adalah hewan mamalia yang berukuran sedang yang berasal dari daerah di Amerika Serikat. Rakun termasuk dalam keluarga hewan procyonidae. Rakun memiliki kulit berupa tambut yang berwarna abu-abu yang tebal sampai menutupi tubuhnya.

13. Landak

hewan insektivora
sumber:merdeka.com

Landak adalah hewan pengerat yang memiliki rambut yang tebal dan berbentuk duri yang tajam. Duri pada tubuh landak digunakan untuk melindungi dirinya dari para predator. Hewan ini biasa ditemukan di Benua Asia, Amerika dan Afrika tetapi cenderung mnyebar di daerah tropika.

14. Bubut Besar

hewan insektivora
sumber:kutilang.or.id

Burung but-but adalah spesies burung dari keluarga cuculidae dari genus. Burung ini merupakan burung pemakan serangga atau hewan kecil yang lainnya. Dan habitat utama burung but-but adalah di tepi hutan, semak tepi sungai dan hutan mangrove.

15. Meerkat

hewan insektivora
sumberr:mnn.com

Meerkat atau disebut juga suricate adalah anggota dari hewan luwak. Meerkat biasa hidup di gurun Kalahari yang berada di Bostwana Afrika Selatan. Hewan ini hidup dengan cara berkelompok, rata-rata dalam satu kelompok berjumlah minimal hewan ini adalah 20 ekor meerkat

16. Belalang Sentadu

hewan insektivora
sumber:i.ytimg.com

Belalang sertadu atau bisa juga disebut dengan belalang sembah. Hewan ini termasuk hewan serangga yang termasuk dalam ordo mantodea. Walaupun termasuk golongan serangga tetapi belalang sentadu termasuk hewan karnivora, dan juga pemakan serangga kecil.

17. Lebah

hewan insektivora
sumber:sumber.com

Lebah merupakan sekelompok serangga yang hidup dengan cara berkelompok. Hewan ini mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan tumbuhan. Lebah hidup disarang yang dibuatnya, biasanya lebah membuat sarang di atas pohon, atas bukit atau bahkan di atap rumah.

18. Kukang

hewan insektivora
sumber:mongabay.co.id

Kukang adalah jenis binatang primate yang mempunyai bergerak dengan lambat. Rambut kukang mempunyai beberapa variasi warna, tetapi hewan ini memiliki ciri khas yaitu garis pada punggungnya. Biasanya hewan ini hidup di hutan di daerah yang beriklim tropis.

19. Kumbang

hewan insektivora
sumber:wordpress.com

Kumbang termasuk dalam keluarga serangga yang membentuk ordo coleopteran. Kumbang adalah termasuk hewan mempunyai sayap dan hewan yang bisa terbang. Tetapi kumbang tidak bisa terbang dalam waktu lama dan juga tidak tinggi, layaknya burung.

20. Kelelawar

hewan insektivora
sumber:detik.com

Kelelawar termasuk dalam keluarga mamalia dari ordo chiropterra. Kelelawar juga termasuk mamalia yang mempuyai sayap yang digunakan untuk terbang. Kelelawar biasa tinggal didalam gua yang gelap, karena kelelawar tidur pada siang hari dan keluar mencari makan pada malam hari.

21. Ikan

hewan insektivora
sumber:pexels.com

Ada berbagai jenis ikan tawar juga termasuk dalam golongan hewan insektivora. Pada umumnya ikan memakan serangga yang masih dalam bentuk telur. Tetapi ada beberapa ikan yang memakan serangga yang sudah berbentuk sempurna.

22. Aardwolf

hewan insektivora
sumber:wikipedia.org

Aardwolf adalah hewan yang termasuk dalam keluarga mamalia yang memakan serangga kecil. Hewan ini memiliki biasanya hidup di dalam lubang, hewan ini banyak di jumpai di daerah Afrika Timur dan Afrika Selatan. Makanan utama hewan ini adalah sejenis rayap.

23. Armadillo

hewan insektivora
sumber:media.npr.org

Armadillo termasuk dalam keluarga hewan mamalia plasental yang memiliki tubuh kecil. Pada ukuran normal hewan ini adalah hanya berukuran 75 cm, dan ukuran yang paling besar yaitu 90 cm saja. Hewan ini merupakan hewan asli Amerika, yang bisa hidup di segala lingkungan.

24. Burung Walet

hewan insektivora
sumber:reps-id.com

Burung walet adalah jenis burung yang memiliki sayap runcing dan berekor panjang. Habitat utama burung jenis ini adalah di pantai, daerah pemukiman, gua atau ruang yang besar. Akan tetapi burung ini tidak bisa bertengger karena memiliki kaki yang pendek.

25. Ikan Gurame

hewan insektivora
sumber:fishwalpapers.com

Hewan insektivora yang terakhir adalah ikan gurame, ikan ini termasuk dalam ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini banyak di jumpai di Benua Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan ini juga terkenal mempunyai rasa yang enak, selain di konsumsi ikan ini juga sering dipelihara di dalam akuarium.

Nah, itu dia pembahasan tentang pengertian, ciri-ciri dan juga contoh-contoh hewan insektivora. semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman. Saya mengucapkan terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Jangan pernah bosan untuk membaca yah !

 

Leave a Comment