Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Ovovivipar

Hewan Ovivipar– Di artkel sebelumnya saya telah selesai membahas tentang hewan ovipar dan hewan vivipar. Untuk melengkapi kedua artikel tersebut maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hewan ovovivipar. Tentang pengertian ovovivipar, ciri-cirinya dan contoh-contohnya.

Tujuan saya menuliskan artikel tentang hewan ovovivipar adalah, agar kita semua mengetahui keragaman hewan yang ada di dunia ini. Dan untuk berbagi ilmu dan informasi tentang hal-hal yang saya ketahui. Semoga teman-teman dapat mengambil manfaat dari artikel ini.

Baca Juga: Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Unggas

Selamat Membaca!!

Pengertian Hewan Ovovivipar

hewan ovovivipar
sumber:ebiologi.com

Pada dasarnya ovovivipar adalah sebuah sistem perkembangbiakan pada hewan. Ovovivipar adalah perkembangbiakan pada hewan dengan cara bertelur dan beranak. Yang embrio hewan ovovivipar berada dan berkembang biak di dalam telur.

Akan tetapi telur tersebut masih berada di dalam tubuh induk sampai telur itu menetas. Baru setelah menetas induk akan melahirkan spesies baru dari sejenisnya. Selama berada di dalam tubuh induk embrio tersebut mendapatkan asupan makanan dari cadangan makanan di dalam telur tersebut.

Baca Juga: Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Inteksivora

 

Ciri-ciri Hewan Ovovivipar

Pada dasarnya hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar tidak mempunyia ciri khusus dalam bentuk tubuhnya. Hanya saja perbedaan itu berada pada saat induk bertelur sampai melahirkan spesies baru. Tetapi rata-rata hewan yang berkembang biak secara ovovivipar mempunyai bentuk tubuh mirip dengan hewan ovipar.

Perlu diketahui hewan yang berkembang biak secara ovovivipar hanya sebagian kecil saja. Karena sebagian besar hewan yang ada di dunia berkembang biak dengan cara ovipar atau vivipar. Biasanya hewan yang berkembang biak dengan ovovivipar dapat hidup di dua alam.

Baca Juga: Cara Perkembangbiakan Pada Hewan

 

Contoh-contoh hewam Ovovivipar

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ciri-ciri dari hewan ovovivipar. Alangkah baiknya apabila kita melengkapinya dengan mengenal hewan apa saja yang termasuk dalam golongan hewan ovovivipar. Di sini saya akan sedikit memberikan contoh-contoh hewan yang termasuk dalam keluarga hewan ovovivipar.

1. Ikan Pari

hewan ovovivipar
sumber:pixabay.com

Ikan pari merupakan salah satu ikan yang dapat ditemukan di perairan seluruh dunia, dan masih bersaudara dengan ikan jerung. Hewan ini memiliki pangkal ekor yang terdapat taji sekitar 8 inci yang memiliki racun. Pada saat ikan pari merasa terancam maka ekornya akan mengeras dan menjadi senjata untuknya.

Biasanya ikan pari jarang menyerang atau menyengat manusia yang ada di dekatnya. Hanya saja ikan pari akan menggunakan tajinya untuk mempertahankan dirinya saat terancam. Saat ini kira-kira terdapat 200 spesies yang hidup di dunia, ikan pari terdapat di air tawar maupun air laut.

2. Ikan Hiu

hewan ovovivipar
sumber:pexels.com

Ikan hiu merupakan kelompok ikan yang memiliki kerangka tulang yang lengkap dan memiliki tubuh ramping. Hiu bernafas menggunakan lima liang insang bahkan kadang-kadang menggunakan enam sampai tujuh. Hal itu tergantung pada jenis spesiesnya.

Hiu memiliki tubuh yang dilapisi dengan kulit demal denticles untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan menambah dinamika air. Hewan ini memiliki beberapa deret gigi yang bisa digantikan. Sebagian besar hewan ini merupakan pemangsa yang ganas di dalam laut.

Kerangka pada hiu memiliki perbedaan dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang lainnya, misalnya ikan kod. Pada umumnya, ikan hiu lambat untuk mencapai kedewasaan seksualnya sehingga tidak banyak menghasilkan keturunan. Apabila dibandingkan dengan hewan-hewan laut lainnya.

3. Kadal

hewan ovovivipar
wikipedia.org

Kadal merupakan kelompok hewan reptile yang mempunyai hubungan dekat dengan cicak. Kadal menangkap serangga dengan menggukan lidahnya yang panjang. Hewan ini memiliki ciri-ciri fisik bertubuh kecil dan mempunyai bersisik pada tubuhnya.

4. Bunglon

hewan ovovivipar
sumber:pexels.com

Bunglon merupakan hewan reptile yang termasuk dalam suku agamidae dan masih berhubungan dekat dengan kadal. Bunglon memiliki kemampuan untuk berubah warna (mimikri) saat dirinya merasa terancam oleh hewan lain. Biasanya berubah dari warna terang menjadi warna yang gelap.

Bunglon memililki ukuran badan yang cenderung kecil tetapi memiliki ekor yang panjang. Hewan ini hidup dan tinggal di pepohonan, dan kerap di temukan di perkebunan, sawah dan pekarangan rumah. Reptile ini adalah hewan pemangsa serangga atau hewan lain seperti kupu-kupu, capung, lalat dan lain-lain.

5. Kuda Laut

hewan ovovivipar
sumber:pixabay.com

Kuda laut adalah sejenis ikan yang hidup di laut dan tergolong dalam genus hippocantum dan keluarga Syngnathidae. Pada umumnya kuda laut memiliki tubuh yang kecil hanya 16 mm sampai 35 cm. Hewan ini biasanya menghuni daerah perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.

Kuda laut memiliki keunikan yang tidak terdapat pada hewan lain yaitu spesies jantan dapat hamil dan melahirkan. Akan tetapi populasi kuda laut semakin lama semakin berkurang. Karena sering ditangkap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Anaconda

hewan ovovivipar
sumber:wikipedia.org

Anaconda merupakan ular yang termasuk dalam keluarga phylum chordate. Dan termasuk dalam hewan yang memiliki notokorda atau chorde yaitu tali sumbu tubuh syaraf belakang dengan rangka. Anaconda memiliki ukuran yang beragam ada yang memiliki ukuran tubuh yang kecil hingga yang besar.

Anaconda tinggal di daerah Amerika Selatan sebelah timur Andes dan sebagian besar hidup di Sungai Amazon. Tetapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa ular ini juga di temukan di Pulau Kalimantan. Namun belum ditemukannya bukti nyata akan kebenaran hal tersebut.

Habitat utama anaconda di rawa-rawa dan di semak belukar, hewan ini jarang ditemukan jauh dari daerah perairan. Rawa-rawa merupakan salah satu daerah favorit anaconda. Ketika keluar dari air, tubuh anaconda akan dirundung oleh parasit seperti kutu-kutu atau jamur.

Anaconda memulai reproduksi sejak usia muda dengan masa kehamilan hanya 6 bulan. Seekor anaconda betina mampu beranak antara 20 sampai 40 ekor bahkan kadang-kadang melebihi 100 ekor. Seekor bayi anaconda memiliki panjang 60 cm, hebatnya baru beberapa jam bayi anaconda sudah bisa berenang.

7. Platipus

hewan ovovivipar
sumber:australia.com

Platipus termasuk dalam keluarga hewan semi akuatik yang banyak tinggal di timur Negara Australia. Hewan ini termasuk salah satu hewan aneh yang berasal Kerajaan Animalia. Platipus mempunyai paruh seperti bebek dan memiliki selaput pada kakinya.

Selain kangguru dan koala, platipus juga menjadi salah satu simbol fauna Negara Australia. Pada dasarnya platipus adalah hewan yang hidup dan tinggal di dalam air. Hewan ini termasuk hewan yang memiliki kemampuan berenang yang handal.

hewan ovovivipar
sumber:liputan6.com

Ular boa merupakan salah satu primitive yang berkembang biak di hutan hujan di wilayah Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Ular boa memiliki tubuh berwarna cokelat muda dengan bercak belang berwarna cokelat tua. Biasanya binatang ini memiliki panjang tubuh mencapai 3 sampai 7 meter.

Spesies betina memiliki ukuran lebih besar dari spesies jantan. Ular boa juga termasuk salah satu ular yang memiliki umur panjang, yang bisa mencapai 40 tahun. Tidak seperti ular lainnya yang hanya memiliki satu paru-paru, ular ini memiliki paru-paru ganda.

9. Salamander

hewan ovovivipar
sumber:media.mnn.com

Salamander adalah sebutan umum untuk 550 spesies amfibi. Secara umum salamander memiliki ciri-ciri seperti kadal yang memiliki tubuh ramping, ekor panjang, dan hidung pendek. Salamder memiliki empat jari pada kaki depan dan lima jari pada kaki belakang.

Selain itu salamder juga memiliki kulit yang lembab, yang menyebabkan mereka senang tinggal di daerah dekat dengan air. Ada beberapa jenis salamander yang sepanjang hidupnya berada di air. Namun ada sebagian salamander yang hidup di darat saat mereka telah dewasa.

10. Iguana

hewan ovovivipar
sumber:pexels.com

Iguana adalah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis, di wilayah Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Karibia. Hewan ini memiliki penglihatan yang baik dan hewan ini bisa melihat bayangan dan melihat dalam jarak yang jauh. Mereka menggunakan matanya untuk berkomunikasi dengan sejenisnya.

Hewan ini sulit untuk di ketahui keberadaannya karena memiliki kemampuan untuk menyatu dengan alam yang baik. Karena hewan ini memiliki tubuh berwarna hijau alami yang membantunya untuk bersembunyi dari para pemangsa. Dan itu merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh iguana.

11. Ular Pucuk

hewan ovovivipar
sumber:blogsport.com

Ular pucuk adalah kelompok ular yang memiliki racun, tetapi racun pada ular pucuk bisa dikatakan lemah atau tidak berbahaya. Dinamakan ular pucuk karena ular ini memiliki bentuk menyerupai pucuk sulur-suluran yang ada di hutan. Ular ini memiliki ukuran yang panjang dn berwarna hijau seperti halnya daun.

Ular pucuk menyebar terutama di daerah India bagian barat sampai Tiongkok bagian timur. Hewan ini merupakan jenis ular yang sering diperdagangkan sebagai hewan timangan. Hewan ini  juga menjadi barang export yang dikirim ke Negara-Negara Barat.

12. Ikan Guppy

hewan ovovivipar
sumber:ikanguppy.com

Ikan guppy adalah salah satu spesies ikan hias paling terkenal yang hidup dan berkembang di air tawar. Karena ikan guppy mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan cepat dalam beranak pinak. Di Indonesia sendiri hewan ini salah satu hewan liar yang hidup di selokan dan parit-parit.

Ikan guppy merupakan anggota dari suku Poecilidae yang memiliki ukuran kecil. Antara spesies jantan dan betina mudah untuk dibedakan, baik dari segi ukuran atau warnanya. Panjang spesies betina antara 4-6 cm sedangkan spesies jantan hanya 2,5-3 cm.

13. Ular Kadut

hewan ovovivipar
sumber:satujam.com

Ular kadut memiliki tubuh berwarna abu-abu dengan corak berwarna putih, dan hidup di air tawar atau air payau. Ular kadut memiliki kulit yang tipis dan mudah robek saat berada di daratan. Tetapi pada dasarnya ulat kadut memiliki terkstur kulit yang sangat kasar.

Pada spesies betina memiliki ukuran lebih besar dan lebih panjang dari spesies jantan. Yang menarik dari hewan ini adalah spesies jantan lebih aktif berburu dari pada spesies betina. Spesies betina hanya diam dan menunggu untuk menyergap mangsanya.

14. Buaya

hewan ovovivipar
tstastic.com

Anggota ovovivipar selanjutnya adalah buaya, selain binatang ovovivipar buaya juga termasuk anggota hewan reptile. Buaya memiliki habitat utama di air tawar, danau, rawa dan lahan yang lembab. Tetapi ada sebagian jenis buaya yang hidup di perairan air payau atau danau muara.

Buaya juga termasuk dalam golongan hewan yang ganas dan hewan karnivora (pemakan daging). Makanan utama buaya adalah hewan-hewan yang memiliki tulang belakang. Bahkan kadang-kadang juga memakan reptile, mamalia, moluska, krustasea atau bahkan manusia.

15. Ular bangkai Laut

hewan ovovivipar
sumber:indonesiakehati.com

Ular bangkai laut adalah sejenis ular yang memiliki bisa yang berbahaya bagi makhluk lain. Hewan ini biasa dikenal masyarakat umum dengan sebutan ular hijau, karena ular ini memiliki tubuh berwarna hijau. Tetapi nama ini bisa menyesatkan, karena banyak ular jenis lain yang memiliki warna hijau.

Ular ini memiliki ukuran sedang, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Mereka memiliki tubuh pendek dan gemuk, tetapi memiliki pergerakan yang lambat. Panjang pada spesies jantan hanya 60 cm, dan pada spesies betina bisa mencapai 80 cm.

Demikianlah tentang hewan ovovivipar mulai dari pengertian, ciri-ciri dan contoh-contohnya. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. Dan saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan teman-teman ke website karyapemuda.com, pokoknya jangan pernah mampir ke sini yah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Ovovivipar”

Leave a Comment