Pengertian Dan Contoh Hewan Vivipar

Hewan Vivipar- Apabila kita pernah sekolah pasti kita akan menjumpai materi tentang perkembangbiakan pada hewan. Yaitu berkembang biak secara ovipar, vivipar dan juga ovovipar. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang hewan vivipar.

Agar kita bisa mengetahui secara keseluruhan tentang seluk beluk hewan vivipar. Atau mungkin untuk mengulang kembali ilmu kita yang telah kita pelajari sebelumnya. Agar ilmu itu tidak hilang begitu saja, karena ilmu adalah sesuatu yang sulit didapat.

Selamat membaca!

Baca Juga: Perkembangbiakan Pada Hewan

 

Pengertian Hewan Vivipar

hewan vivipar
sumber:slidesharecdn.com

Vivipar merupakan perkembangbiakan dengan jalan melahirkan atau beranak. Biasanya perkembangbiakan ini terjadi kepada hewan jenis mamalia dan hewan menyusui. Dengan jalan pembuahah sel jantan terhadap sel telur betina di dalam tubuh induknya.

Pembuahan tersebut akan mengalami masa pertumbuhan spesies baru dari jenisnya yang akan dilahirkan dari induknya. Sang induk akan mengandung spesies baru tersebut selama beberapa waktu. Untuk proses penyempurnaan pembentukan tubuh pada spesies baru tersebut.

Baca Juga: Pengertian Dan Contoh-Contoh Hewan Ovipar

 

Ciri-ciri Hewan Vivipar

  • Sang induk akan menyusui anaknya.
  • Pada umumnya memiliki daun telinga.
  • Banyak terdapat pada hewan mamalia.
  • Seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu atau rambut.
  • Induk mengandung anaknya selama beberapa waktu.
  • Memiliki kelenjar susu.
  • Manusia juga berkembang biak dengan cara vivipar.

Baca Juga:Pengertian Dan Macam-Macam Hewan Unggas

Contoh-Contoh Hewan Vivipar

Setelah mengetahui tentang pengertian dan ciri-ciri hewan vivipar. Kurang lengkap apabila kita tidak mengetahui contoh-contoh hewan yang termasuk dalam golongannya. Marilah kita simak tentang contoh-contoh hewan yangtermasuk golongan hewan vivipar:

1. Monyet

hewan vivipar
sumber:mentari.online

Monyet adalah istilah yang diberikan untuk semua primate yang bukan golongan prosimia atau kera. Pada dasarnya monyet berbeda dengan kera, monyet memiliki ukuran tubuh dan ekor lebih kecil dari kera. Tetapi kebanyakan masyarakat umum salah faham dan sering menyamakan dua hewan ini.

Monyet memiliki kemampuan untuk belajar atau menggunakan alat untuk membantunya mencari makan. Beberapa jenis monyet juga dimanfaatkan manusia sebagai hewan timangan karena kemampuannya itu. Seperti untuk mengambil buah pada pohon yang tinggi dan dijadikan hiburan topeng monyet.

2. Sapi

hewan vivipar
sumber:pexels.com

Sapi adalah hewan vivipar yang termasuk dalam anggota hewan ternak dari suku bovidae. Pemeliharaan sapi dengan tujuan untuk diambil susu, daging dan kulitnya. Selain digunakan sebagai hewan ternak sapi juga biasa dimanfaatkan tenaganya, untuk membajak sawah mengangkut barang dan lain-lain.

Sapi juga disebut-sebut hewan yang memiliki berjuta manfaat bagi kehidupan manusia. Hewan ini memiliki berbagai macam jenis spesies mulai dari sapi perah hingga sapi pembajak sawah. Sapi juga termasuk dalam golongan hewan pemakan rumput (Herbivora).

3. Gajah

hewan vivipar
sumber:huffingtonpost.com

Gajah merupakan hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan sangat besar. Selain itu gajah juga termasuk dalam golongan elephantidae dan ordo proboscidae. Gajah merupakan hewan yang berasal dari benua afrika.

Gajah Afrika jantan adalah hewan darat terbesar yangmempunyai tinggi mencapai 4 m dan berat sekitar 7 ton. Gajah memiliki beberapa ciri khusus, ciri-ciri yang paling terlihat adalah belalainya. Yang digunakan gajah untuk berbagai macam hal, salah satunya digunakan untuk bernafas.

Selain itu gajah memiliki gigi seri yang tumbuh menjadi gigi taring yang dapat digunakan untuk senjata saat terancam. Gajah juga memilliki telinga yang besar, yang digunakan untuk mengatur suhu tubuh. Dan gajah juga termasuk dalam goloongan hewan pemakan rumput (Herbivora).

4. Kuda

hewan vivipar
sumber:pexels.com

Kuda merupakan salah satu spesies dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus equus. Kuda adalah salah satu hewan yang dijadikan sebagai peliharaan manusia. Pada umumnya manusia memelihara untuk dimanfaatkan tenaganya, bahkan juga untuk diambil susu dan dagingnya.

Kuda adalah hewan yang memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun lalu. Selain itu kuda juga biasa digunakan sebagai kendaraan perang oleh orang jaman dahulu. Di Indonesia sendiri kuda dimanfaatkan sebagai penarik delman dan olahraga memacu kuda.

5. Paus

hewan vivipar
sumber:sejujurnya.com

Paus adalah salah satu mamalia yang habitat utamanya berada di dalam laut. Walaupun hidupnya di laut tetapi hewan ini bernafas dengan menggunakan paru-paru. Dengan cara sesekali paus menuju ke permukaan laut untuk menghirup udara kemudian kembali ke laut, begitu seterusnya.

6. Kambing

hewan vivipar
sumber:dkompas.net

Kambing merupakan hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh menengah. Hewan ini juga dijadikan manusia sebagai hewan ternak maupun sebagai hewan peliharaan. Karena kambing memiliki berbagai manfaat seperti, daging, susu dan kulitnya.

Akan tetapi tidak semua jenis kambing dapat menghasilkan susu yang dapat dikonsumsi manusia, hanya sebagian kecil jenis kambing saja. Pada umumnya kambing dewasa memiliki panjang tubuh sekitar 140 cm belum termsuk ekor. Dan beratnya dapat mencapai 120 kg untuk spesies jantan dan 50-55 kg untuk spesies betina.

Kambing telah dibudidayakan manusia selama 8.000 sampai 9.000 tahun yang lalu. Kambing hidup dengan cara berkelompok dengan jumlah 5 ekor sampai dengan 20 ekor kambing. Hewan ini juga termasuk dalam golongan hewan pemakan rumput dan dedaunan lainnya.

7. Singa

hewan vivipar
sumber:blogsport.com

Singa merupakan salah satu spesies yang termasuk dalam keluarga felidae atau jenis kucing besar. Hewan ini hidup dengan cara berkelompok, dengan satu spesies jantan dan beberapa spesies betina. Akan tetapi singa betina lebih produktif dalam berburu dan mencari mangsa.

Sedangkan singa jantan bersikap lebih tenang dan hanya meminta bagian dari hasil buruan singa betina. Singa jantan dipercaya lebih perkasa dan lebih buas dari kucing besar lainnya. Akan tetapi singa juga memiliki kelemahan yaitu, mereka tidak bisa memanjat seperti kucing besar lainnya.

8. Harimau

hewan vivipar
sumber:liputan6.com

Harimau termasuk salah satu hewan yang tergolong dalam keluarga kucing besar. Harimau adalah hewan terbesar dari golongan kucing besar, bahkan melebihi ukuran singa. Selain itu harimau juga kucing tercepat kedua dalam masalah berlari setelah saudaranya cittah.

Hewan ini juga dikenal sebagai hewan karnivora sekaligus pemangsa yang buas dan ganas. Harimau biasa memangsa hewan yang memiliki ukuran yang agak besar sepeti, rusa, kijang, babi. Apabila hewan tersebut tidak didapati harimau, maka harimau akan mencari mangsa yang berukuran lebih kecil seperti landak.

9. Unta

hewa vivipar
sumber:ardiyansyah.com

Unta adalah spsies hewan berkuku belah dari genus camelus yang hidup di daerah kering, gurun dan Benua Asia. Pada umumnya unta memiliki harapan hidup antara 30-50 tahun. Unta sering disebut-sebut masyarakat umum sebagai hewan yang hidup padang pasir.

Unta mampu hidup di daerah padang pasir yang memiliki temperature udara yang bisa membunuh makhluk lain. Selain itu unta juga memiliki kemampuan untuk tidak makan dan minum selama beberapa waktu. Hal itu karena unta memiliki punuk yang digunakan untuk menyimpan air.

10. Codot

hewwan vivipar
sumber:blogsport.com

Codok atau biasa disebut dengan julukan kalong adalah hewan pemakan buah. Sebagian kelelawar pemakan buah memiliki ukuran tubuh kecil ukuran lengan bawah tidak lebih dari 70 mm. Akan tetapi ada sebagian kelelawar yang memiliki berat hingga 1.500 gram dan ukuran lengan bawah hingga 228 mm.

11. Tikus

hewan vivipar
sumber;seruni.id

Hewan ini adalah hewan yang sering kita jumpai dirumah kita, atau bisa dikatakan sebagai hama di rumah kita. Tikus hewan mamalia yang memiliki makanan utama hewan-hewan kecil. Tikus memiliki beberapa jenis spesies, selain hewan insektivora tikus juga termasuk hewan omnivora.

12. Kucing

hewan vivipar
sumber:pexels.com

Kucing salah satu hewan yang termasuk dalam keluarga mamalia pemakan daging. Tetapi pada dasarnya kucing tidak terlalu membahayakan kehidupan manusia. Kucing memiliki tubuh kecil yang ditutupi oleh bulu dengan berbagai variasi.

Karena keindahan tubuh dan bulunya tidak sedikit orang yang tertarik untuk memelihara hewan ini. Walaupun ada sebagian orang yang tidak suka bahkan alergi terhadap hewan ini. Kucing telah berbaur dalam kehidupan manusia sejak 6.000 tahun sebelum masehi.

13. Jerapah

hewan vivipar
sumber:tribunnews.com

Jerapah adalah hewan mamalia berkuku genap dan merupakan spesies tereinggi yang hidup di darat. Tinggi jerapah jantan bisa mencapai 4,8 sampai 4,4 meter memiliki berat sekitar 1.360 kg. Jerapah betina memiliki tinggi dan berat di bawah jerapah jantan.

Jerapah masih memiliki hubungan dengan hewan lain seperti rusa, sapi, tetapi dari suku yang berbeda. Habitat aslijerapah adalah daerah chad sampai dengan afrika selatan. Jerapah juga termasuk dalam keluarga hewan pemakan rumput (Herbivora).

14. Anjing

hewan vivipar
sumber:pexels.com

Anjing adalah sejenis mamalia yang telah mengalami domestikasi sejak 15.000 tahun yang lalu. Hewan ini mengalami perkembangan yang sangat baik hingga menghasilkan berbagai macam jenis. Anjing termasuk mamalia yang makanan utamanya adalah daging, seperti kucing.

Walaupun termasuk hewan pemakan daging tidak sedikit manusia yang memelihara hewan ini. Karena hewan ini memiliki bulu dan rambut yang indah, menurut sebagian orang. Dan juga anjing termasuk dalam hewan yang pintar apabila anjing tersebut dilatih dengan baik.

15. Orang Utan

hewan vivipar
sumber:wildfor.life

Orang utan merupakan hewan sejenis kera yang memiliki ukuran tubuh yang besar dengan warna bulu kemerahan atau cokelat. Biasanya hewan ini hidup di daerah hutan tropika Indonesia dan malaysia. Khususnya di daerah Pulau Kalimantan atau Pulau Sumatra.

Orang utan memiliki tubuh yang gemuk dan besar, juga lengan besar dan panjang. Hewan ini memiliki tinggi antara 1,25-1,5 m, dan tubuhnya ditutupu bulu berwarna merah kecoklatan. Mereka memiliki kepala yang besar dan posisi mulut yang tinggi.

16. Lumba-lumba

hewan vivipar
sumber:blogsport.com

Lumba-lumba merupakan salah satu mamalia laut memiliki kecerdasan tingkat tinggi dibandingkan dengan hewan laut lainnya. Hewan ini memiliki kemampuan untuk mengurangi gesekan dengan air. Sehingga mereka dapat tanpa hambatan dan berenang dengan cepat.

Lumba-lumba juga termasuk dalam golongan hewan menyusui karena lumba-lumba adalah mamalila. Mereka memilik habitat utama di laut atau sungai seluruh dunia. Lumba-lumba juga kerabat dari ikan paus dan pesut, jenis mereka sekitar 40 lumba-lumba.

17. Anjing Laut

hewan vivipar
sumber:pbs.twimg.com

Anjing laut merupakan mamalia yang memiliki badan besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk. Hewan ini memilik tubuh yang licin dan berukuran agak besar. Anjing laut beradaptasi dengan baik di untuk habitat akuatik.

Semua jenis anjing laut adalah hewan pemakan daging (karnivora) , seperti cumi, ikan dan hewan laut lainnya. Anjing laut jenis leopard adalah predator terbesar di antara anjing laut lainnya. Yang memakan berbagai macam hewan sperti penguin, krill hingga anjing laut jenis lain.

18. Singa Laut

hewan vivipar
sumber:thinglink.com

Singa laut merupakan salah satu spesies pada eman genera pinnipedia modern. Selain itu mereka salah satu mamalia yang hidup di laut bersama kerabatnya anjing laut dan lumba-lumba. Singa laut memiliki habitat utama di semua samudra seluruh dunia kecualil Samudra Atlantik.

19. Tupai

hewan vivipar
sumber:vebma.com

Tupai adalah hewan mamalia kecil yang memiliki kesamaan tubuh dengan hewan bajing. Secara umum tupai tidak sama dengan keluarga bajing. Hewan ini termasuk salah satu hewan pemakan serangga (insektivora). Sedangkan bajing termasuk dalam hewan pengerat.

20. Kelinci

hewan vivipar
sumber:cdn.qubicle.id

Kelinci merupakan hewan mamalia bertubuh kecil dari keluarga leporidae, yang hidup di banyak bagian bumi. Hewan ini berkembang biak dengan cara beranak atau mengandung (vivipara). Kelinci juga sering dijadikan hewan peliharaan bahkan hewan ternak.

Dengan maksud untuk dimanfaatkan dagingnnya, namun tidadk semua kelinci bisa dimanfaatkan dagingnya, hanya beberapa jenis kelinci saja. Dari jenis bulunya kelinci dibagi menjadi dua kelinci berbulu pendek dan kelinci berbulu panjang. Kelinci termasuk hewan herbivora atau hewan pemakan rumput.

Nah, itu dia penjelasan dan penjabaran tentang hewan vivipar, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan contoh-contohnya. Semoga teman-teman menjadi lebih faham tentang hewan vivipar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman semuanya, jangan pernah bosan untuk membaca yah!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar