Mengenal Makanan Khas Surabaya Terenak yang Mudah Ditemukan

Ketahuilah bahwa kota Surabaya memiliki kuliner yang wajib Anda coba karena cita rasanya yang enak dengan bumbu pilihan.

Nah, makanan khas Surabaya mempunyai rasa yang bervariasi seperti manis,gurih, dan pedas sehingga Anda bisa memilih jenis makanan dengan cita rasa sesuai selera.

Jika Anda pernah makan rujak cingur maka Anda sudah mencoba salah satu kuliner Surabaya dengan rasa pedas. Well, rasanya yang pedas ternyata membuat lidah ketagihan untuk mencobanya loh.

Tak hanya rasanya yang enak dan lezat, ternyata beberapa namanya yang unik dan menarik juga membuat banyak orang susah lupa dengan kuliner Surabaya.

Nama Makanan Khas Surabaya TerEnak

Ketahuilah beberapa nama makanan khas Surabaya terEnak sehingga wajib Anda coba, berikut ini ulasan lengkapnya.

Sego Sambel

Sego sambel salah satu kuliner khas Surabaya yang rasanya menggugah selera dari cita rasa yang nikmat dan khas.

Nah, bagi Anda yang suka dengan rasa pedas maka sangat recomended mencoba makanan ini.

Sego sambel ini disajikan berupa makanan nasi hangat dengan lauk pauk yang berupa ikan pari yang dilumuri sambal merah menyala yang rasa pedasnya akan membuatmu ketagihan saat mencicipinya.

Sebenarnya, lauk pauk yang disajikan juga terdapat varian lainnya yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

Rujak Cingur

Berikutnya, makanan khas Surabaya yaitu rujak cingur yang sudah sangat populer di Indonesia. Menu makanan ini terdiri dari potongan cingur atau hidung hewan sapi yang sudah diolah dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga rasanya kenyal dan empuk.

Olahan cingur tersebut dicampur dengan irisan lontong dan sayur rebus kemudian disiram dengan bumbu kacang dan petis sehingga rasanya yang khas semakin menggugah selera.

Rawon

Saat Anda berkunjung ke Surabaya maka tak boleh melewatkan untuk mencicipi masakan rawon. 

Menu makanan ini berupa sup daging sapi yang berkuah hitam karena dicampur dengan bumbu khas sehingga rasanya akan  membuatmu ketagihan saat sudah mencicipinya.

Bahan utama makanan ini yaitu daging sapi dengan bahan bumbu berupa jeruk purut, sereh, lengkuas, garam, minyak sawit, jahe, dan bawang putih.

Semua bumbunya dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam kuah lalu dimasak sampai aromanya menggoda.

Tampilan sop dengan potongan daging sapi kecil-kecil memang tetap terlihat menarik, meskipun warna sopnya hitam.

Pecel Semanggi Suroboyo

Sesuai dengan namanya pecel semanggi disajikan dari menu makanan berupa daun semanggi yang sudah dikukus lalu dihidangkan dengan sambal pedas sehingga akan menambahkan rasa kenikmatan saat dikonsumsi.

Biasanya, makanan khas Surabaya yang satu ini juga dihidangkan dengan kangkung, kecambah, dan  kerupuk uli yang terbuat dari beras kemudian dibaluri bumbu yang terbuat dari ketela rambat.

Nah, untuk rasa pecel yang satu ini cukup manis didominasi oleh rasa ketelanya. Tetapi, dengan rasa manis yang khas dijamin membuatmu ketagihan saat sudah mencicipinya.

Anda dapat menjumpai penjual pecel semanggi dengan mudah di Surabaya dari pagi sampai sore hari.

Lontong Kupang

Ketahuilah Lontong Kupang juga menjadi makanan khas Surabaya yang terbuat dari bahan utama kupang putih yatu hewan laut yang mirip kerang tetapi bentuknya kecil-kecil.

Nah, kupang yang sudah diolah dengan cara direbus tersebut disajikan dengan lontong dan lentho.

Kelezatan rasanya berasal dari bumbu kuahnya yang diracik dengan jeruk nipis, sehingga cita rasanya sangat khas yang mengharuskanmu untuk mencicipinya.

Rasanya yang gurih dari sambal petisnya juga akan menambahkan kenikmatan, sebagian besar orang mengkonsumsi lontong kupang dengan sate kerang.

Lontong Balap

Lontong Balap merupakan makanan yang disajikan berupa lontong, tahu goreng, tauge, lentho, kecap, bawang goreng, dan sambal yang memiliki rasa gurih sehingga recomended untuk disantap.

Tampilan kuliner yang satu ini cukup menarik dengan irisan lontong kecil-kecil, ditambah irisan tahu, dan remasan lentho yang ditumpangi kecambah kemudian disiram dengan kuah manis.

Biasanya lontong balap dikonsumsi dengan sate kerang yang akan menambahkan kelezatan dari makanan ini.

Sate Klopo

Sate Klopo merupakan kuliner khas Surabaya yang disukai oleh banyak orang.

Meskipun, makanan sate sudah ada di segala daerah di Indonesia. Tentu saja sate yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri loh.

Sate madura yang satu ini disajikan cukup berbeda yaitu sate ayam yang diurap dengan kelapa paruh dan bahan rempah seperti bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, ketumbar.

Daging ayam yang sudah diurap parutan kelapa dan bumbu rempah kemudian dibakar lalu disajikan dengan sambal kacang.

Tentu saja rasanya jauh berbeda dengan sate biasanya. Sebenarnya, sate klopo tidak hanya berupa sate ayam saja, tetapi bisa saja daging sapi yang diolah dengan parutan kelapa dan bahan rempah lainnya.

Sate Lisidu

Pernahkah kalian mendengar kuliner sate lisidu? sate khas Surabaya yang satu ini memiliki keunikan dari cara memasaknya yang cukup unik.

Jadi, untuk memasak sate lisidu dimulai dari memotong daging ayam ke dalam bentuk pipih kemudian dimasak, setelah itu lumuri daging dengan bumbu sampai meresap.

Kemudian daging ayam yang sudah dilumuri bumbu dibakar, uniknya setiap satu tusuk sate lisidu hanya memiliki satu potong daging saja.

Bumbu yang digunakan untuk memasak sate lisidu yaitu bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kencur.

Tahap akhir penyajiannya, sate lisidu disajikan dengan disiram sambal kacang khas Tuban yang membuat cita rasanya makin khas.

Sate Karak

Selanjutnya, terdapat menu makan khas Surabaya sate karak. Namanya yang cukup unik ternyata memiliki cita rasa yang lezat sehingga wajib Anda coba saat berkunjung ke Surabaya, sekarang ini sate karak mudah  ditemui di pinggir jalan Ampel.

Penyajian makanan sate karak diolah dari jeroan daging sapi yang dilumuri bumbu kacang nasi ketan hitam, dan taburan serundeng yang rasanya cukup nikmat dan lezat.

Adanya ketan hitam ini dijadikan sebagai pengganti nasi sehingga cocok dikonsumsi kapanpun saat lapar.

Tahu Tek

Tahu Tek makanan yang dijual dengan gerobak dorong hingga menghasilkan suara tek  tek tek saat penjual memakai alat masak untuk memotong tahu.

Meskipun, bahan dasar makanan ini sederhana hanya berupa tahu tetapi mengenai rasanya jangan diragukan. Apabila Anda sudah mencicipinya maka akan merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya lagi.

Nah, menu makanan tahu tek tidak hanya menyajikan potongan tahu saja, tetapi disajikan dengan irisan lontong, telur goreng, kentang, tahu goreng yang disiram dengan bumbu petis ditambah dengan kecambah dan kerupuk udang sehingga tidak hanya terlihat menarik, tetapi rasanya juga sangat enak.

Meskipun harganya murah, tetapi rasanya yang lezat akan membuatmu merasa puas saat mencoba makanan satu ini. Penjual tahu tek dapat kita jumpai dengan mudah di pinggiran jalan di Surabaya.

Itulah sederet makanan khas Surabaya yang wajib Anda coba dengan cita rasa khas yang lezat sehingga wajib untuk dicoba.

Leave a Comment