Referensi Kuliner Enak dari Makanan Khas Jawa Barat. Ada Apa Saja?

Hampir sama dengan makanan Jawa Timur, ternyata kuliner Jawa Barat juga tak lepas dari rasa pedas yang menambahkan kenikmatan. Meskipun di daerah tersebut sudah banyak tersebar makanan dari luar negeri, tetapi cita rasa makanan khas Jawa Barat tak terkalahkan sehingga sampai saat ini kita masih mudah menjumpai beberapa jenis makanannya.

Nah, bagi Anda pecinta kuliner maka harus tahu beberapa jenis makanan yang wajib dicoba saat ke Jawa Barat. Jika tak suka pedas maka tak perlu khawatir karena terdapat pula jenis makanan yang tidak pedas, tetapi kenikmatannya juga tidak berkurang.

10 Referensi Makanan Khas Jawa Barat

Para pecinta kuliner beberapa referensi makanan khas di Jawa Barat ini akan buat Anda ketagihan loh, berikut ulasan lengkapnya.

Sate Maranggi

Sate Maranggi dikenal sebagai makanan khas Jawa Barat dengan cita rasa sangat nikmat dan lezat dibandingkan dengan jenis sate lainnya yang sudah populer bagi masyarakat Indonesia.

Bedanya sate maranggi dengan sate lainnya yaitu terbuat dari daging sapi dibalut dengan bumbu kecap manis, tetapi dibubuhi dengan rasa pedas sehingga rasanya cukup nikmat. Tak hanya itu, sate khas Jawa Barat ini juga memiliki aroma yang sangat khas karena dibuat menggunakan ketan bakar yang rasanya cukup gurih.

Cumi Hideung

Berikutnya makanan khas Jawa Barat yaitu Cumi Hideung yang dibuat dari bahan dasar cumi-cumi. Dikenal sebagai makanan tradisional yang identik dengan cumi hitam sudah dimasak sekaligus dengan tinta hitamnya sehingga warna masakannya menjadi hitam.

Tak perlu khawatir, meski dimasak dengan tintanya tetapi mengenai rasa cumi hitam tidak terbukti mempunyai rasa yang enak.

Surabi

Surabi juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat yang menjadi favorit banyak orang dengan dua varian yaitu surabi manis dan surabi asin.

Nah, surabi manis disajikan dengan kinca gula pasir yang diolah menjadi gula merah, daun pandan, dan santan. Ketahuilah perbedaan serabi Jawa Barat dengan surabi lainnya yaitu memiliki perpaduan bahan campuran oncom di bagian atasnya.

Berbeda dengan jenis surabi lainnya, di Jawa Barat makanan ini dijadikan sebagai menu sarapan kudapan sarapan.

Combro

Combro merupakan jenis makanan khas Jabar yang sudah cukup populer, jenis makanan ini terbuat dari bahan oncom dan singkong. Rasa gurih dan pedas memberikan rasa khas yang disukai oleh banyak orang.

Oncom itu tempe yang dimasak dengan rasa pedas untuk isian combro, sehingga rasa singkongnya yang menjadi bagian luar kuliner ini memiliki rasa gurih yang sangat khas.

Cara membuat oncom yaitu singkongnya diparut terlebih dahulu, lalu adonan singkong tersebut dibentuk lonjong atau bulat kemudian isikan oncomnya ke dalamnya. Setelah itu, goreng sesuai dengan tingkat kematangan yang Anda sukai.

Rujak Kangkung

Berikutnya, kuliner Jabar yang harus diketahui yaitu rujak kangkung. Berbeda dengan kuliner rujak biasanya yang dibuat dari bahan buah-buahan kemudian ditaburi dengan bumbu kacang.

Nah, sesuai dengan namanya rujak kangkung khas Jawa Barat menggunakan bahan utama kangkung yang ditaburi dengan bumbu olahan asam jawa dan cabai sehingga rasanya asam dan pedas.

Tampilan rujak kangkung tidak berair sehingga cocok disantap dengan nasi maupun tanpa nasi.

Lotek

Sebagai salah satu makanan khas Jawa Barat lotek juga sering dikenal dengan nama pecel, hal tersebut dikarenakan makanan ini terbuat dari sayuran segar yang sudah diolah dengan cara direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang, mirip dengan rujak.

Bedanya, lotek khas Jawa Barat mempunya bahan sambal yang dicampurkan dengan tempe, bawang putih, terasi, dan gula merah sehingga rasanya sangat khas.

Ketahuilah, lotek ini rasanya lebih manis dibandingkan dengan bumbu pecel pada umumnya loh. Tentu saja rasanya sangatlah nikmat apabila dikonsumsi bersamaan dengan nasi hangat dan lontong,

Doclang

Ketahui makanan khas Jawa Barat selanjutnya yaitu Doclang yang terbuat dari bahan dasar kentang, ketupat, telor, tahu, dan bumbu kacang dengan cita rasa yang sangat khas sehingga sangat direkomendasikan untuk dicoba saat Anda bepergian ke Jawa Barat.

Tampilan makanan Jawa Barat yang satu ini cukup sederhana, biasanya Doclang dibungkus dengan daun patat. Menambahkan kerupuk saat mengkonsumsinya akan menambahkan rasa gurih dan nikmat.

Sebagian besar orang menyebut Doclang hampir mirip dengan Gado-Gado, perbedaannya hanya saja tidak ada campuran sayurannya.

Karedok

Karedok makanan khas Jawa Barat yang sudah cukup populer, jenis makanan ini hampir mirip dengan pecel. Tetapi, perbedaannya yaitu sayuran untuk membuat Karedok tidak perlu direbus sehingga makanan ini disebut sebagai salad tradisional.

Nah, biasanya karedok ini berbahan dasar tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, terong, dan mentimun yang disiram dengan bumbu kacang sehingga rasanya hampir sama dengan pecel.

Hanya saja bumbu kacang karedok yaitu bahan olahan cabe merah, bawang putih, air asam, gula merah, gula merah, kacang tanah, dan kencur.

Empal Gentong

Selanjutnya, terdapat makanan khas Jawa Barat Empal Gentong yang berasal dari Cirebon. Ketahuilah, makanan ini menggunakan bahan utama olahan daging sapi yang sudah dimasak di gentong khusus. Uniknya, makanan ini biasanya dimasak menggunakan kayu bakar sehingga memberikan rasa yang sangat khas.

Tak heran rasa masakan kliner yang satu ini sangatlah sedap dengan aroma yang kuat sehingga menambahkan kenikmatan, oleh karena itu makanan ini wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Jawa Barat.

Peuyeum

Salah satu makanan yang populer di Jawa Barat yaitu Peuyeum, biasanya makanan ini juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Dikenal sebagai makanan ringan, Peuyeum terbuat dengan bahan dasar singkong yang sudah difermentasi.

Sebagian besar orang mengenal peuyeum dengan sebutan tape singkong dari proses olahan fermentasi makanan.

Peuyeum dibuat dengan cara dikukus ditaburi dengan ragi yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan jamur pada singkong tersebut. Biasanya, peuyeum dikonsumsi sebagai makanan ringan yang akan membuatmu ketagihan saat sudah mencicipinya.

Cireng

Selanjutnya, terdapat makanan ringan khas Jawa Barat yang wajib Anda cicipi yaitu Cireng. Dengan harga yang lumayan rumah, sekitar ribuan rupiah Anda sudah dapat mencicipinya dengan berbagai varian rasa.

Nah, ketahuilah cireng merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, dan bumbu yang sederhana yaitu garam, merica bubuk, dan bawang putih.

Sebagian besar orang mengkonsumsi cireng dengan bumbu kacang atau jenis sambal yang lainnya.  Sekarang ini cireng memiliki berbagai varian rasa sehingga sangat enak dapat disesuaikan dengan seleramu seperti cireng rasa ayam, sosis, sapi, keju, BBQ, dan rasa lainnya.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang recomended untuk Anda cicipi karena rasanya yang lezat sehingga akan membuatmu ketagihan loh. Selamat  Mencoba!

Leave a Comment