Ciri-Ciri dan Klasifikasi Hewan Invertebrata serta Habitat Hidupnya

Ada dua kelompok hewan di dalam kingdom animalia, yaitu hewan vertebrata dan hewan invertebrata. Hewan invertebrata merupakan hewan yang mempunyai kolom vertebral atau tidak mempunyai tulang belakang. Invertebrata merupakan kelompok yang beragam dengan 12 juta spesies hidup, mencakup seluruh hewan kecuali hewan vertebrata.

Ciri-Ciri

  • Tidak mempunyai tulang belakang dan tulang punggung, merupakan ciri utama hewan invertebrata. Hewan ini tidak mempunyai dinding sel, dan merupakan organisme multiseluler.
  • Karena kurangnya sistem tulang yang kompleks, hewan ini tidak mempunyai endoskeleton ada juga beberapa invertebrata bergerak lambat dan memiliki ukuran kecil.

Walaupun invertebrata ditemukan ditempat-tempat dengan lingkungan keras, namun mereka tidak dapat menempati beberapa lingkungan keras karena kekurangan tulang punggung dan sistem sarafnya juga kompleks.

  • Hewan ini berespirasi dengan menggunakan kulit, karena mereka tidak mempunyai paru-paru. Tubuh hewan invertebrata terdiri dari tiga bagian yaitu kepala, dada, dan perut. Sebagian invertebrata mempunyai eksoskeleton yang keras dari kitin. Mereka juga mempunyai jaringan dengan organisasi sel tertentu, hal ini berlaku untuk sebagian invertebrata.

Cara reproduksi invertebrata adalah secara seksual dengan fungsi gamet jantan dan betina. Sebagian besar organisme invertebrata adalah motil, namun beberapa seperti spons yang menetap. Tidak dapat membuat makanan sendiri adalah ciri hewan ini.

  • 95 % populasi hewan di bumi yang memiliki keberagaman spesies adalah invertebrata. Ada sekitar 75% spesies di bumi ini adalah invertebrata. Jumlahnya tidak diketahui secara pasti, beberapa prediksi menyebutkan ada puluhan juta invertebrata. Dan sebagian besar invertebrata adalah serangga.
  • Contoh hewan invertebrata adalah cacing, siput, laba-laba, gurita, dan masih banyak lagi.

Contoh hewan invertebrata adalah cacing, siput, laba-laba, gurita, dan masih banyak lagi.

Klasifikasi

Hewan invertebrata mencakup beberapa klasifikasi, yaitu :

Ordo Asteriodea

Ordo ini biasa disebut bintang laut. Ciri-cirinya memiliki bentuk seperti bintang yang memiliki lima lengan, mempunyai duri-duri pendek dan tumpul, memiliki mulut dan anus, mempunyai daya regenerasi besar, serta alat geraknya berupa kaki ambulakral. Contohnya adalah Astrias Vulgaris (bintang laut besar).

Ordo Ophiuroidea

Tubuh pada ordo ini memiliki bentuk cakram segi lima yang dilengkapi dengan lengan panjang yang berjumlah 5 buah. Hewan pada ordo ini tidak memiliki anus, mempunyai alat gerak gerak berupa kaki ambulakral dan memiliki mulut. Contohnya adalah bintang ular laut.

Ordo Echinoidea

Kelas ini memiliki ciri tubuh berbentuk bulat, tidak mempunyai lengan, mempunyai duri yang dapat digerakkan, bergerak dengan kaki ambulakral, untuk beberapa spesies mempunyai kelenjar racun pada durinya, dan memiliki anus. Hewan ini biasa disebut dengan kelas landak laut.

Contohnya yaitu Echinocardium cordatum (landak laut).

Ordo Holothuroidea

Ciri-ciri hewan pada ordo Holothuroidea adalah memiliki tubuh berupa bulatan panjang osikula yang halus, memiliki anus dan juga mulut, mempunyai tentakel di sekitar mulut (dapat digerakkan), alat geraknya berupa kaki ambulakral. Contoh hewan ini adalah Cucumari Planci atau teripang.

Ordo Crinodea

Kelas  Crinodea mempunyai tubuh dengan ciri-ciri seperti mirip bunga dengan bakung, tubuhnya melekat di dasar laut, hidup di dalam laut dan dapat beregenerasi.

Filum Hewan Invertebrata

Beberapa filum pada hewan invertebrata adalah sebagai berikut.

Filum Protozoa

Protozoa merupakan hewan bersel satu dan habitatnya di air, protozoa hidup dengan memakan tumbuhan dan hewan-hewan. Protozoa berkembangbiak dengan cara reproduksi unseksual atau vegetatif, caranya adalah membelah diri dan juga generatif konjugasi.

Ada beberapa kelas dalam filum protozoa, seperti kelas hewan yang mempunyai rambut getar (cikata), kelas hewan dengan kaki semu (rhizopoda), kelas hewan dengan spora (sporozoa), dan kelas hewan dengan bulu cambuk (flogellato).

Filum Porifera

Hewan yang hidup di dalam air ini dan mempunyai habitat di laut adalah Porifera. Porifera mempunyai bentuk tubuh seperti tumbuhan yang melekat di dasar laut, porifera dapat berpindah tempat secara bebas. Porifera memiliki banyak pori dan tubuhnya menyerupai tabung. Hewan ini berkembang biak dengan cara regeneratif dan vegetatif.

Filum Coelentrata

Hewan pada filum coelentrata memiliki ciri dan dua bentuk pasif yang menempel pada dasar, serta tidak berpindah-pindah. Kelas dalam filum ini adalah kelas anthozoa, kelas hydrozoa, dan kelas scyphozoan.

Kelas-kelas dalam filum ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Hewan ini mempunyai ciri-ciri multiseluler dan radial simetris
  • Berbentuk seperti tabung
  • Mempunyai tentakel di sekitar mulut. Lapisan tubuh hewan ini terdiri atas eksosderm (jaringan luar), endoderm (jaringan dalam), dan sistem otot mesoglea (membujur dan menyilang)
  • Mempunyai knidoblast, sel eksoderm yang beracun dan berduri (nematocyt)
  • Hewan ini biasanya hidup di air laut, air tawar, berkoloni, dan melekat pada dasar perairan (secara solider)
  • Mempunyai nematosis (sel penyengat)
  • Merupakan hewan yang memakan invertebrata kecil (karnivora)
  • Tidak mempunyai sistem organ atau organ
  • Hanya memiliki impuls saraf yang berjalan melalui tubuh dan dapat mendeteksi sinyal lingkungannya, artinya hewan ini tidak memiliki otak.

Filum Platyhelminthes

Platyhelminthes berasal dari bahasa Yunani plays artinya pipih dan hemlines artinya cacing. Hewan ini mempunyai bentuk pipih dan mempunyai tubuh simetris bilateral (kedua sisi sama).

Kelas dalam filum ini ada tiga, yaitu kelas tubellaria (cacing berambut getar), kelas cestroda (cacing pita), dan kelas trematoda (cacing isap). Dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mempunyai tubuh simetri bilateral
  • Tubuhnya berbentuk pipih dan juga lunak
  • Tidak mempunyai segmen kecuali cestroda
  • Mempunyai lapisan tubuh triploblastik aselomata
  • Flamel cell, merupakan alat ekskresin
  • Inverterata mempunyai mata
  • Hewan ini memiliki sifat hermafrodit
  • Mempunyai alat respirasi
  • Gastrovaskuler adalah sistem pencernaannya
  • Ganglion adalah sistem saraf hewan ini
  • Hidup di tempat yang lembab dan hidup di air tawar.

Semoga informasi mengenai hewan invertebrata yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment