Makanan Khas Betawi Paling Populer yang Wajib Anda Coba. Bikin Ketagihan

Seperti yang kita ketahui kuliner Betawi berarti berada di sekitar DKI Jakarta yang mempunyai jenis makanan sangat beragam.tidak kalah dengan makanan khas jawa tengah, Tentu saja jenis makanan khas Betawi tak kalah dengan masakan barat yang juga lumayan populer di wilayah Ibukota tersebut.

Cita rasa lezat yang melekat membuat orang yang pernah mencicipinya akan merasa ketagihan. Biasanya kuliner Betawi memiliki cita rasa gurih sehingga pas di lidah semua orang. Tak hanya rasanya yang enak, tampilan makanannya juga menarik dan unik sehingga wajib Anda coba saat berkunjung kesana.

10 Makanan Khas Betawi yang Bikin Ketagihan

Sumber : daihatsu.com

Kuliner Betawi recomended banget Anda coba karena cita rasa makanannya sangat gurih loh, Yuk ketahui apa saja makanan Betawi yang buatmu ketagihan.

Sayur Besan

Pertama, terdapat makanan khas Betawi yang wajib Anda coba yaitu Sayur Besan. Namanya yang cukup unik ternyata memang sering dijumpai pada acara pernikahan. Ketahuilah makanan Betawi ini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada mereka yang menjadi besan atau keluarga baru pada hubungan perintah.

Namun, sekarang ini Sayur Besan tidak selalu bisa dijumpai di berbagai tempat. Biasanya, makanan ini hanya disajikan di sebuah acara spesial sehingga akan cukup sulit menjumpai sayur ini di era sekarang.

Nah, makanan ini dibuat dari bahan khusus yaitu tebu telur yang bagian pucuknya diolah menjadi sayur dilengkapi dengan udang, kentang, dan petai.

Soto Betawi

Berikutnya, terdapat jenis makanan Soto Betawi yang akan membuatmu ketagihan apabila sudah mencicipinya. Ketahuilah soto memiliki cita rasa khas dari isiannya yang berupa daging sapi, jeroan sapi maupun ayam, dan kuah santan.

Tentu saja, soto Betawi memiliki cita rasa gurih dengan daging yang kenyal sehingga membuat banyak orang menjadikannya sebagai makanan favorit. Jangan khawatir, makanan ini mudah ditemui loh.

Asinan Betawi

Sumber : myeatandtravelstory.com

Asinan Betawi menjadi kuliner khas yang bahan makanannya berupa sayuran lengkap yaitu tauge, kol, selada, tahu putih, sawi, dan kacang tanah. Nah, campuran sayuran tersebut disiram dengan kuah cuka, ditambah cabai, ditaburi kerupuk, dan mie kuning.

Rasanya yang segar dan asam sangat recomended dinikmati saat siang hari, terutama saat cuaca sedang panas.

Asinan Betawi ini masih mudah kita jumpai di berbagai penjual makanan, baik di pinggir jalan maupun di tempat wisata. Tak perlu khawatir, tentu saja harga makanan ini sangatlah terjangkau loh. Tetapi, soal rasa pasti akan membuat ketagihan.

Pecak Lele

Berikutnya, terdapat kuliner Betawi yang juga wajib Anda cicipi yaitu Pecak Lele. Sesuai dengan namanya makanan ini dihidangkan dari ikan lele yang digoreng kemudian ditambah dengan sambal pedas. Meskipun terkesan biasa, tetapi terdapat cara penyajian yang membedakan dengan kuliner lainnya.

Nah, Pecak Lele ini disajikan dengan cara ikan lele disiram dengan kuah pecak. Kuah ini terbuat dari perpaduan saus kacang,santan, dan air asam jawa sehingga rasanya sangat khas.

Cocok disantap saat siang maupun malam hari dengan cita rasanya yang sangatlah gurih.

Semur Jengkol

Sudah kalian tahu Semur Jengkol ternyata makanan khas Betawi loh. Tentu saja, makanan tersebut memang sudah tidak asing lagi karena memiliki aroma yang khas. Bagi para pecinta jengkol tentu saja mengatakan rasanya yang sangat enak, tetapi terdapat juga beberapa orang yang tidak suka dengan aroma makanan ini.

Meskipun aromanya yang sangat menyengat, ternyata Jengkol yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang pas akan membuat makanan ini menjadi sangat nikmat.

Biasanya orang-orang menyantap semur jengkol langsung dengan nasi uduk maupun nasi uduk.

Gado-Gado

Sumber : masakapahariini.com

Menurut orang Betawi Gado-Gado memiliki arti campur aduk, tentu saja karena makanan ini dipadukan dari berbagai jenis sayuran, tahu, tempe, dan telur. Meskipun, menu makanannya campuran tetapi rasanya sangat nikmat loh.

Hal tersebut dikarenakan makan ini disajikan cukup menarik dari sayuran yang sudah direbus, dicampur kentang, tempe, tahu, dan telur yang disiram dengan bumbu kacang kemudian ditaburi kerupuk.

Bubur Ase

Berikutnya, kuliner khas Betawi yang harus dicoba yaitu bubur Ase. Masih asing dengan nama makanan tersebut? Ketahuilah bubur ase merupakan bubur spesial yang berbeda dari bubur biasanya loh.

Jadi, bubur Ase dihidangkan saat sudah tidak hangat, selain itu bubur ini juga memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan bubur biasa. Mengapa? hal tersebut dikarenakan bubur khas Betawi ini tidak dicampur dengan irisan ayam.

Bubur Ase dicampur dengan semur daging, tauge, kentang, dan kacang sehingga rasanya yang nikmat berbeda dengan jenis bubur yang lainnya.

Kerak Telor

Kerak telor menjadi kuliner Betawi yang sudah tidak asing lagi, makanan ini memang memiliki rasanya yang gurih sehingga membuat orang ketagihan saat sudah mencicipinya.

Sesuai dengan namanya, kerak telor terbuat dari telur yang sudah dimasak setengah matang kemudian biarkan sampai matang dan berkerak, baik telur ayam maupun telor bebek.

Setelah itu, makanan ini dicampur dengan ketan putih, kelapa sangrai, bawang goreng, dan serundeng sehingga tampilannya sangat menggoda loh.

Nasi Ulam

Sumber : foodnesia.com

Nasi Ulam merupakan salah satu makanan khas Betawi yang masih kurang populer dibandingkan dengan kerak telor. Nah, apa sih Nasi Ulam? tentu saja makanan ini mempunyai cita yang gurih dari rempah-rempah serai, daun salam, dan lengkuas.

Tak hanya itu, makanan ini juga ditaburi dengan gerusan bawang merah, cabai, jintan,dan ketumbar sehingga rasanya cukup khas dan unik.  Nasi Ulam akan sangat nikmat apabila dikonsumsi saat hangat.

Nasi Ulam memang tidak mudah dijumpai di berbagai penjual, sehingga kalian bisa mencarinya di berbagai tempat wisata, biasanya banyak penjual menawarkan makanan khas betawi.

Nasi Kebuli

Pernah mendengar istilah makanan Nasi Kebuli? tentu saja makanan khas Betawi yang satu ini sudah cukup populer. Rasanya yang nikmat dari racikan rempah-rempah membuat banyak orang ketagihan saat sudah mencicipinya.

Kelezatan rasanya juga berasal dari masakan kaldu kambing dan santan yang disajikan dengan tumisan daging kambing.

Biasanya,  menu masakan ini dihidangkan dengan asinan nanas agar rasanya lebih nikmat.

Lontong Sayur

Lontong sayur for breakfast in Jakarta. Lontong rice cake served with vegetables, tofu, and boiled eggs in coconut milk soup, with kerupuk and sambal chili paste. Popular Betawi cuisine in Jakarta, Indonesia.

Nama makanan Lontong Sayur sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? kuliner khas Betawi yang satu ini cocok disajikan untuk hidangan keluarga. Makanan ini masih sangat populer di Jakarta sehingga mudah dijumpai penjualnya dimana saja.

Lontong Sayur disajikan dari lontong atau kupat yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian disiram dengan kuah santan yang sudah dibuat dari racikan bumbu khas Betawi.

Selain itu, keunikan lontong sayur ini biasanya menggunakan sayur labu atau irisan pepaya muda yang ditambahkan dengan suwiran ayam dan kerupuk di atasnya sehingga rasanya lebih nikmat.

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang bikin ketagihan, cita rasanya yang khas dan gurih tentu tak kalah dengan masakan Western yang sekarang ini banyak di Jakarta.

Leave a Comment