Daftar Makanan Khas Sunda yang Fenomenal dan Bikin Ketagihan

Indonesia terkenal dengan keberagamannya, baik keberagaman suku, bahasa, budaya, atau kulinernya. Ya, tiap daerah memiliki kuliner khas dengan cita rasa yang kuat. Cita rasa kuat tersebut didukung oleh aneka rempah, seperti lengkuas, jahe, sereh, kencur, kunyit, kemiri, dan temu kunci. Selain kaya akan rempah, makanan Indonesia juga diolah dengan teknik memasak yang beragam.

Nah, salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan keragaman kulinernya adalah Jawa Barat. Provinsi yang berada di pulau Jawa ini lebih dikenal dengan tanah Sunda, sehingga makanannya pun dijuluki makanan khas Sunda.

Apa saja sih makanan Sunda yang terkenal dengan kelezatannya? Yuk simak daftar camilan, makanan, hingga minuman Sunda di bawah ini!

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah makanan khas Sunda yang lebih enak disantap dalam keadaan hangat. Kuliner ini berupa nasi yang dicampur dan ditumbuk dengan oncom bakar atau oncom goreng. Biasanya nasi oncom dihidangkan bersama ayam goreng, tempe tahu goreng, sambal terasi, dan lalapan. Nah, agar Sunda banget, nasi tutug oncom ini menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Kupat Tahu

Sering beli kupat tahu? Ternyata menu yang satu ini berasal dari tanah Sunda, lho. Ketupat yang dihidangkan bersama irisan tahu goreng, bumbu kacang, dan tauge rebus, lalu diberi sedikit kuah ini memiliki cita rasa yang gurih dan sedap. Untuk mempercantik tampilannya, biasanya kupat tahu diberi taburan bawang goreng dan irisan seledri di atasnya.

Bakakak Hayam

Dari namanya saja sudah terdengar Sunda banget, ya. Anda harus mencicipi makanan khas Sunda yang berbahan utama ayam ini! Bakakak hayam berupa satu ekor ayam utuh yang diberi bumbu khas Jawa Barat, lalu dipanggang. Tentu saja sajian ini dilengkapi dengan lalapan dan sambal hijau atau sambal merah.

Mie kocok

Dinamakan mie kocok karena proses memasaknya adalah mengocok-ngocok mie ke dalam air mendidih. Apakah sama dengan mie ayam? Tentu berbeda. Mie khas Sunda ini mengandalkan kaldu sapi untuk menciptakan rasa gurih. Tak hanya itu, mie kuning gepeng ini pun kerap dihidangkan bersama kikil, bakso, dan sum-sum. Tak heran jika banyak yang menjadikannya makanan favorit.

Batagor

Pasti Anda sering menemukan penjual camilan ini bukan? Jangan salah, camilan gurih dan renyah ini juga berasal dari tanah Sunda, lebih tepatnya Bandung. Batagor sebenarnya sebuah singkatan dari bakso tahu goreng yang kemudian dilengkapi dengan tepung sagu, kulit pangsit, dan telur, lalu diberi bumbu kacang.

Gepuk

Gepuk adalah empal yang digepuk atau ditumbuk sedikit. Cara mengolah empal menjadi makanan khas Sunda adalah diberi bumbu-bumbu dan kelapa, lalu digoreng. Kelapa tentu membuat cita rasa gepuk menjadi gurih dan nikmat. Anda bisa menyantapnya dengan nasi hangat, sambal, juga lalapan. Hati-hati, menu yang satu ini sering membuat ketagihan.

Empal Gentong

Satu lagi makanan Sunda yang berbahan dasar empal, yakni empal gentong. Mengapa dinamakan empal gentong? Karena cara memasaknya menggunakan gentong dan kayu bakar, ini yang membuat cita rasanya tradisional banget. Jika gepuk disajikan tanpa kuah, maka empal gentong ini memiliki kuah santan yang gurih.

Tahu Gejrot

Makanan Sunda berikutnya yang tak kalah lezat adalah tahu gejrot. Kuliner ini berbahan utama tahu sumedang goreng yang dipotong-potong. Tahu tersebut lalu disajikan dengan bumbu yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, kencur, cabai, dan air asam jawa.

Perpaduan bumbu tersebut yang membuat rasa tahu gejrot menjadi asam, pedas, dan segar. Jika membelinya di resto atau rumah makan, biasanya penyajiannya menggunakan cobek kecil dari tanah liat.

Peuyeum

Tentu sudah tak  asing lagi dengan camilan yang satu ini bukan? Peuyeum merupakan camilan khas Sunda yang kerap dijadikan oleh-oleh. Orang-orang sering menyamakannya dengan tape singkong, tapi mereka tidaklah sama. Peuyeum memiliki kadar air lebih sedikit, teksturnya lebih kering, sehingga lebih tahan lama dibanding tape biasa.

Kue Gemblong

Tak kalah terkenal dengan peuyeum, kue gemblong pun menjadi camilan yang digemari masyarakat Sunda dan sekitarnya. Makanan khas Sunda ini berupa kue berbentuk bulat yang dilapisi gula karamel. Nah, bagian dalam dari kue gemblong berisi campuran kelapa dan ketan, sehingga sangat mengenyangkan.

Es Goyobod

Mau mencoba yang seger-seger di Jawa Barat ? Belilah es goyobod. Es ini berisikan peuyeum, alpukat, pacar cina, roti tawar, kolang-kaling, dan kelapa muda. Kuah yang digunakan pun berupa santan, susu kental manis, serta serutan es. Dijamin menyegarkan ! jangan khawatir, minuman khas Sunda ini dibandrol dengan harga terjangkau, yakni mulai Rp 3000 saja.

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus dengan daun pisang, lalu disajikan bersama lauk pauk seperti ikan asin, ayam goreng, pepes ikan, empal, atau lauk lainnya. Nah, yang tidak boleh ketinggalan untuk menu nasi timbel ini adalah sambal dan lalapannya. Dengan bumbu khas Sunda, disajikan dengan alas daun pisang, dan disantap di alam terbuka, tentu rasanya lebih nikmat.

Sate Maranggi

Makanan khas Sunda yang satu ini kerap dijumpai di daerah Cianjur dan Purwakarta. Daging yang digunakan biasanya adalah daging sapi atau kambing. Daging tersebut harus melalui proses marinasi terlebih dahulu agar bumbunya lebih meresap. Sate yang disajikan bersama acar ini bisa Anda santap bersama lontong atau nasi timbel.

Kue Cucur

Satu lagi camilan Sunda yang memiliki rasa manis, yakni kue cucur. Kue ini berbahan dasar tepung terigu, tepung beras, dan gula merah, sehingga warnanya kecoklatan. Bentuk kue cucur cenderung pipih, seperti kue dorayaki. Uniknya, kue ini diproses dengan cara digoreng, tidak seperti kue lain yang umumnya dikukus atau dipanggang.

Cuanki

Cuanki hampir sama dengan bakso Malang, yakni berisikan bakso, bakso goreng, pangsit goreng, pangsit rebus, mie dan siomay. Hanya saja cuanki khas Sunda memiliki tambahan bakso aci di dalamnya. Selain itu, rasa kuahnya lebih gurih meski berwarna bening. Anda bisa mendapat semangkuk cuanki dengan harga Rp 10.000 di pedagang kaki lima.

Ulukutek Leunca

Saat mendengar namanya, sudah dapat dipastikan bahwa makanan ini dari tanah Sunda. Ya, masakan berisi leunca, oncom, daun kemangi, dan bumbu rempah ini adalah makanan khas Sunda yang kaya gizi. Selain kaya gizi, ulukutek leunca kaya akan rasa, mulai dari gurih, pedas, renyah, hingga pahit bisa Anda dapatkan di satu hidangan unik ini.

Itulah daftar kuliner Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatannya. Beberapa menu bahkan bisa didapat di pinggir jalan dengan harga murah, padahal rasanya juara. Bahkan, Anda akan dibuat ketagihan saat mencicipinya. Beberapa lagi bisa bertahan lama, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman atau saudara. Jadi, Jangan ngaku liburan ke Jawa Barat kalau belum merasakan makanan khas Sunda!

Leave a Comment