12 Makanan Khas Jakarta Paling Enak, Wajib Coba!

Jakarta atau Betawi adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat terkenal. Bukan hanya dari segi budaya dan seninya saja, makanan khas Jakarta juga sangat terkenal akan rasanya yang enak. Seperti yang kita tahu setiap kota memiliki makanan khas nya sendiri.

Betawi ini memiliki banyak sekali makanan khas yang tidak kalah enak dengan makanan-makanan khas di kota lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa contoh makanan khas Jakarta yang harus Anda coba jika berkunjung ke kota ini.

Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk adalah kuliner yang cukup terkenal dan ada di beberapa kota Indonesia salah satunya di Jakarta. Di Jakarta terdapat makanan khas nasi uduk betawi yang mana proses memasak nasi uduk ini adalah dengan menggunakan air santan, daun jeruk, salam, laos, dan serai yang dikukus.

Biasanya nasi uduk Jakarta ini disajikan dengan taburan bawang dari goreng, sedangkan untuk lauknya adalah ayam goreng dengan sambal dan pelengkap lain seperti daun kemangi.

Kerak Telor

Jika Anda berkunjung ke Jakarta, tentu Anda tidak boleh melewatkan makanan khas yang satu ini. Kerak telor adalah makanan khas betawi yang dibuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur bebek atau ayam, ebi yang disangrai sampai kering menjadi serundeng.

Selain itu kerak telor juga ditambah bawang goreng supaya semakin nikmat, kemudian kerak telor tersebut diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai dan sebagainya. Cara memasak kerak telor ini cukup unik karena telur dimasak setengah matang kemudian wajan dibalik ke arang panas.

Gado-Gado Betawi

Makanan tradisional betawi selanjutnya adalah gado-gado. Gado-gado sendiri dalam bahasa Betawi memiliki arti campur aduk, gado-gado Betawi menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Betawi.

Berbagai macam sayuran direbus bersama dengan kentang, tempe, tahu, dan telur yang kemudian disiram dengan sambal kacang dan taburan kerupuk membuat makanan ini semakin lezat. Kuliner khas Jakarta ini sangat enak dimakan bersama dengan lontong atau nasi.

Roti Buaya

Dalam adat Betawi, roti buaya ini mempunyai peranan yang penting dalam pernikahan. Kuliner khas Jakarta ini umumnya memiliki panjang 50 cm dan dibawa oleh mempelai laki-laki untuk diberikan ke mempelai perempuan dalam suatu pernikahan atau lamaran dengan adat Betawi.

Roti buaya memiliki makna sebagai ungkapan kesetiaan untuk setiap pasangan yang menikah. Makna ini dipercaya oleh masyarakat Betawi secara turun temurun sampai sekarang.

Getuk Lindri

Makanan khas Jakarta yang selanjutnya adalah getuk lindri. Getuk adalah makanan dengan bahan utama singkong dengan ditaburi parutan kelapa. Selain di Jakarta, makanan ini juga sering terlihat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Getuk lindri diolah dari singkong yang telah dikupas, kemudian singkong tersebut dikukus. Setelah matang, singkong tersebut digiling atau ditumbuk, ditambah dengan gula dan pewarna makanan. Sedangkan untuk penyajiannya, getuk lindri biasanya diberi parutan kelapa di atasnya.

Bir Pletok

Makanan khas betawi yang selanjutnya adalah minuman yang bernama bir pletok, bir pletok ini bukan bir biasa. Bir ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan tidak membuat Anda mabuk karena tidak mengandung alkohol di dalamnya.

Bir pletok dibuat dari rempah-rempah dengan campuran jahe, daun pandan, dan serai. Supaya lebih menarik, biasanya bir pletok ini dicampur dengan kayu secang yang membuat warna bir tersebut menjadi merah ketika ditambah air panas.

Kue Pancong

Kue pancong adalah makanan khas dari Jakarta yang bisa Anda temukan dengan mudah. Biasanya cemilan khas Jakarta ini berbentuk setengah lingkaran. Kue pancong terbuat dari santan, kelapa, garam, dan tepung besar.

Biasanya kue ini dimakan di sore hari dengan teh hangat. Kue ini juga bisa ditambah dengan taburan parutan kelapa atau taburan gula pasir di atasnya supaya lebih enak.

Kembang Goyang

Jajanan khas betawi yang selanjutnya adalah kembang goyang, sampai sekarang kembang goyang menjadi jajan favorit masyarakat Betawi. Kue ini dibuat dari bahan dasar berupa tepung ketan yang sekarang ini memiliki banyak varian rasa.

Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang seperti kembang atau kelopak bunga dan proses pembuatannya yang digoyang-goyang sampai adonan lepas dari cetakan.

Kue Cucur

Kue cucur merupakan kue tradisional khas Betawi yang bisa Anda temui dengan mudah di pasar tradisional ataupun toko kue di Jakarta. Kue ini bisa juga bisa Anda temui di tempat-tempat tertentu seperti upacara pernikahan, pemotongan rambut bayi, dan lain sebagainya.

Rasa kue cucur terkenal manis dengan tekstur kuenya yang lembut di bagian tengah dan renyah di bagian pinggir. Kue cucur terbuat dari beras dan gula merah yang dimasak dengan cara digoreng. Jika Anda berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mencoba kue yang satu ini.

Semur Jengkol

Hidangan khas Jakarta yang selanjutnya adalah semur jengkol yang terkenal akan baunya yang sangat menyengat. Bagi beberapa orang bau dari semur jengkol ini tidak enak, namun untuk penggemar jengkol, hidangan ini sangatlah enak.

Setelah dimasak menggunakan berbagai bumbu, jengkol yang tadinya pahit bisa menjadi sangat lezat untuk dimakan. Biasanya semur jengkol disajikan dengan nasi putih maupun nasi uduk.

Roti Gambang

Roti gambang merupakan roti tradisional khas Betawi yang lain, roti ini berbahan dasar dari tepung terigu dan gula merah sama.

Gula merah dalam bahan pembuatan inilah yang membuat roti ini berwarna cokelat tanpa tambahan pewarna buatan. Roti yang satu ini sangat cocok dijadikan cemilan bersama keluarga karena rasanya yang manis dan enak.

Es Doger

Selain makanan, ada juga minuman khas Jakarta yaitu es doger. Es doger adalah salah satu minuman khas betawi yang merupakan campuran dari susu, kelapa dan es. Es doger ini dijual dengan gerobak dorong keliling di Jakarta, Malang, bandung, Surabaya, dan kota lainnya.

Selendang Mayang

Selendang mayang merupakan sebuah kue yang dibuat seperti agar-agar dengan warna yang menarik. Warna-warni cantik dari kue ini seperti warna selendang, karena itulah kue ini dinamakan selendang mayang. Adonan kue disajikan bersama siraman sirup gula jawa, potongan es, dan santan.

Ketupat Sayur

Makanan khas Jakarta yang berikutnya adalah ketupat sayur atau lontong sayur. Ketupat sayur adalah hidangan yang wajib ada ketika Idul Fitri. Biasanya makanan ini disajikan bersama semur daging, opor ayam, dan makanan lain.

Sayur Besan

Hidangan khas Jakarta terakhir adalah sayur besan, hidangan ini biasanya disajikan ketika acara pernikahan dengan adat Betawi. Makanan ini mirip seperti sayur lodeh, rasanya juga tidak jauh berbeda dari sayur lodeh.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas betawi yang harus Anda coba ketika berkunjung ke kota tersebut. Selain makanan-makanan di atas, masih banyak makanan khas Betawi lain yang juga tidak kalah enak dan harus Anda coba.

Tinggalkan komentar