Makanan khas Jawa Tengah Dengan Cita Rasa Terbaik

Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mempunyai makanan kuliner dengan ciri khas tersendiri, tentu saja dengan cita rasa yang lezat sehingga membuat banyak orang ketagihan dengan makanan khas Jawa Tengah berupa camilan ataupun makanan berat.

Oleh karena itu, saat kamu berkunjung ke Jawa Tengah jangan lupa mencicipi makanan kuliner khas Jawa Tengah yang pasti pas di lidah dan membuatmu ketagihan.

Contoh Makanan Khas Jawa Tengah

Sumber : nazwaproduction.com

Beberapa kuliner khas Jawa Tengah juga sudah memiliki kepopuleran tersendiri bagi para wisatawan loh. Hal tersebut tentu dikarenakan rasanya yang sangat susah dilupakan.

Berikut Ini 10 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer

Bagi kamu yang suka dengan dunia kuliner maka janganlah lupa untuk mencoba makanan khas Jawa Tengah populer dengan cita rasa lezat, berikut ini ulasannya.

Wajik

Salah satu makanan khas Jawa Tengah wajib kamu coba yaitu Wajik makanan yang identik rasa manis gula jawanya memberikan kenikmatan. Makanan ini terbuat dari beras ketan dengan gula jawa.

Rasa manisnya yang sangat khas disukai oleh banyak orang, meskipun Wajik dikenal dengan warna coklat jawa tetapi kini terdapat varian baru Wajik dengan berbagai warna seperti pink, hijau, dan merah.

Lumpia

Berikutnya, terdapat makanan khas Jawa Tengah dari Semarang yaitu Lumpia yang berupa kulit dan isi. Nah, kulit lumpia ini terbuat dari adonan tepung terigu dan putih telur.

Sedangkan, isian lumpia ini berisi sayuran yang ditumis ditambah dengan udang cincang, daging cincang, dan orak-arik telur.Untuk menambahkan rasa kenikmatan lumpia, biasanya disajikan dengan saus citarasa sehingga rasanya lebih gurih.

Getuk Goreng Sokaraja

Getuk Goreng Sokaraja juga menjadi salah satu makanan khas Jateng yang berasal dari Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Makanan ini menjadi jajanan yang memiliki cita rasa khas dari rasa gula, singkong, dan parutan kelapanya.

Kini, getuk goreng mempunyai rasa yang cukup bervariatif loh, tidak hanya rasa gula jawa tetapi terdapat rasa durian, nangka, dan masih banyak lagi varian yang lainnya.

Kue Leker

Pernah dengar nama makanan kue leker? sebenarnya jajanan kuliner leker ini asli dari Jawa Tengah loh. Dalam Bahasa Belanda leker artinya sedap, makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu dengan beberapa campuran dalam adonan yang dimasak dalam cetakan lingkaran.

Kelezatan leker ini ditambah dengan adanya variasi rasa pisang dan coklat di bagian tengah. Nah, kue leker ini memiliki pinggiran yang gurih dan renyah sehingga disukai oleh banyak kaum, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak namanya yang cukup unik menjadi salah satu makanan khas Jateng dengan cita rasa manis dan gurih. Makanan ini berasal dari kota Solo yang berupa ketupat dengan bumbu wijen dan sambal cabuk yang terbuat dari wijen dicampur dengan kelapa parut dan kemiri.

Jadi, tampilan Cabuk Rambak yaitu potongan kupat nasi yang disiram sambal kacang ditambah dengan kerak. Nah, kerak yaitu nasi kering yang rasa gurih.

Enting-Enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk merupakan camilan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kacang, gula pasir, dan sirup frambozen. Makanan ini berasal dari Salatiga yang dulunya makanan ini dibuat untuk orang Tionghoa yang ada di Salatiga.

Tampilannya berupa warna coklat memiliki rasa manis dengan perpaduan rasa kacang yang melekat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Molen Tawangmangu

Molen Tawangmangu juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Tengah yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis molen biasanya.

Tentu saja jenis molen yang satu ini juga memiliki varian rasa yang cukup lezat mulai dari rasa pisang, kacang ijo, dan coklat. Meskipun, ukuran molennya besar tetapi tetap cocok dijadikan sebagai makanan oleh-oleh.

Roti Ganjel

Sesuai dengan namanya yang unik, Roti ganjel bentuknya juga unik karena teksturnya sangat mengembang dan bantat. Meskipun agak keras tetapi rasanya cukup lezat, bahkan membuat perut cepat kenyang.

Roti Ganjel ini dahulunya dijadikan sebagai menu sarapan orang Belanda, tetapi teksturnya yang sangat padat membuat banyak orang menyebutnya seperti roti ganjel rel. Nah, bentuk roti yang satu ini mirip dengan alat musik tradisional gambang.

Serabi

Serabi merupakan camilan khas Jateng dari Koto Solo yang terbuat dari adonan tepung terigu dicampur dengan santan dan tepung beras. Makanan yang satu ini dimasak dengan cetakan yang terbuat dari gerabah kemudian dimasak dengan anglo.

Nah, penggunaan cetakan anglo tersebut dibakar dengan arang memberikan rasa khas pada makanan serabi.  Sekarang ini, serabi juga memiliki varian rasa coklat, keju, pisang, dan lainnya.

Wingko Babat

Wingko babat merupakan kue tradisional khas Lamongan yang berbentuk bulat pipih dengan rasa manis legit dengan perpaduan parutan kelapa sehingga menambahkan rasa kelezatannya.

Kini Wingko babat juga memiliki variasi warna dengan rasa sesuai dengan warnanya. Tentu saja, rasa parutan kelapanya tetap melekat sehingga disukai banyak orang.

Meniran

Terdapat pula jenis makanan meniran yang terbuat dari beras kecil yang sudah dimasak dengan santan. Rasa santannya yang melekat memberikan cita rasa khas sehingga disukai oleh banyak orang.

Meniran dapat dimakan dengan gorengan yang membuat perut menjadi kenyang. Bahkan, biasanya meniran juga dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan makanan khas Jateng yang disajikan dalam daun pisang dengan lauk daging sapi yang disiram dengan kuah segar. Tentu saja rasanya yang lezat akan membuatmu merasa ketagihan.

Cocok disantap menjadi menu makanan sarapan, menu makan siang ataupun malam hari.

Rondo Royal

Sumber : inibaru.id

Rondo Royal makanan khas Jateng olahan tape singkong yang digoreng dengan adonan tepung terigu. Cita rasanya yang manis dan gurih membuat banyak orang ketagihan saat memakannya.

Mangut Beong

Mangut Beong memiliki rasa yang lezat karena terbuat dari daging ikan yang sangat terasa.Hal tersebut dikarenakan tekstur ikannya yang tidak terlalu halus sehingga menjadi cita rasa khas makanan ini.

Brekecek

Brekecek merupakan salah satu makanan khas Cilacap, Jawa Tengah yang terdengar unik. Tetapi rasanya tentu saja cukup enak dan buat kamu merasa ketagihan.

Sebenarnya, makanan brekecek ini merupakan menu makanan kepala ikan Jahan atau pathak yang dicampur atau dikecek dengan bumbu khas. Nah, ketahuilah cita rasa brekecek ini hampir menyerupai rasa rica–rica dengan berbagai jenis ikan yang dimasaknya.

Nasi Gombyang

Pernah mendengar istilah makanan Nasi Grombyang? menu makanan yang satu ini berisi perpaduan nasi dengan kuah. Tetapi, kuahnya lebih banyak sehingga nasiya dikatakan grombyang grombyang.

Adanya tambahan daging sapi juga memberikan kelezatan pada jenis makanan yang satu ini.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu coba karena cita rasanya sangatlah khas.

Leave a Comment