Cita Rasa Makanan Khas Jawa Timur Terlezat yang Wajib Kalian Coba

Anda Pecinta Kuliner? Setelah membahas makanan khas betawi, Ini Dia Makanan Khas Jawa Timur Terlezat yang Wajib Dicoba

Ketahuilah bahwa Jawa Timur menjadi salah satu provinsi yang mempunyai wisata kuliner cukup menggoda bagi para wisatawan. Nah, makanan khas Jawa Timur yang mempunyai cita rasa pedas dan gurih ini ternyata disukai oleh banyak orang.

Bagi Anda pecinta kuliner dengan cita rasa pedas maka sangat disarankan untuk mencicipi makanan khas Jatim terlezat yang bisa buat Anda ketagihan. Beberapa makanannya identik dengan rujak yang sudah pasti rasa pedasnya buatmu ingin lagi.

Selain makanannya yang lezat, ternyata nama beberapa makanannya juga menarik sehingga sangat mudah diingat.

Saat kita berkunjung ke Jawa Timur tentu saja ingin mencicipi makanan khasnya dengan rasanya yang paling enak, Yuk ketahui beberapa jenis makanannya.

Sego Tempong

Makanan Khas Jawa Timur - Sego Tempong

Sego Tempong kuliner Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi, makanan ini memiliki cita rasa sangat pedas. Sesuai dengan namanya “Nasi Tempong” memiliki arti “Nasi Tampar” sehingga saat memakannya seperti ditampar.

Menu makanan ini disajikan dari perpaduan sayuran kubis, kenikir, bayam, sambal, dan lauk. Terdapat beberapa jenis sambal dalam sajian nasi tempong yakni sambal kacang dengan aroma kencur dan sambal terasi pedas.

Lauk yang disajikan juga beragam seperti tempe goreng, ikan jambal, tahu, dan ayam goreng. Pilihan lauknya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Soto

Soto Lamongan

Berikutnya, Soto Jawa  Timur juga recomended dicoba saat berada di Jawa Timur. Rasanya yang lezat memiliki cita rasa yang khas dari bumbu rempah-rempah pilihannya. Nah, tampilan Soto Jawa Timur ini memiliki kuah bening yang tak bersantan.

Meskipun demikian rasanya tetap nikmat dan lezat karena dibuat dari bumbu pilihan seperti sereh, ketumbar,  jahe, lengkuas, garam, bawang putih, kemiri, dan bawang goreng.

Seperti yang kita ketahui makanan Soto terdapat di setiap daerah, tetapi memiliki sajian dan cita rasa yang berbeda-beda.

Rujak Cingur

Makanan Khas Jawa TImur – Rujak Cingur

Rujak Cingur juga menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur dari Surabaya. Kuliner Jatim ini disajikan dari berbagai jenis buah dan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kangkung, dondong, nanas, dan berbagai jenis lainnya.

Berbagai jenis sayuran dan buah dicampurkan dengan lontong, tahu, tempe, dan cingur atau hidung sapi yang menjadi ciri khas dari makanan tersebut.

Biasanya makanan ini juga disajikan dengan bumbu kacang dan petis untuk rujak dalam cobek batu lalu semua campuran sayur dan buah diaduk secara merata sehingga rasanya cukup nikmat.

Rujak Soto

Makanan Khas Jawa TImur – Rujak Soto

Rujak Soto merupakan salah satu masakan khas Banyuwangi, Jatim. Sesuai dengan namanya menu masakan ini terbuat dari perpaduan soto kuning dan rujak. Jika dibayangkan, tentu saja rasanya mungkin  cukup aneh. Tetapi ternyata Rujak Soto Banyuwangi memiliki kombinasi yang unik dan lezat loh.

Tentu saja menu makanan tersebut dipadukan dari kuah soto kuning dengan rujak petis ditambah terasi, sehingga rasanya sangat khas, gurihnya juga sangat terasa.

Rawon

Makanan Khas Jawa Timur - Rawon

Jika ditanya apa makanan khas Jawa Timur yang Anda ketahui, tentu saja Rawon menjadi menu makanan yang pertama disebutkan. Namanya yang sudah cukup populer memang menjadi kuliner Jatim yang susah dilupakan karena rasanya yang enak dengan tampilan sajiannya yang juga menarik.

Ketahuilah Rawon merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang sudah ada sejak 901 Masehi saat masih era Kerajaan Mataram. Makanan ini berwarna hitam pekat yang diolah dengan kluwek.

Kelezatan rasanya ini berasal dari olahan daging sapi yang direbus dalam kuah kluwek. Makanan tersebut diolah dalam waktu lama sehingga teksturnya empuk. Sajian rawon ditambahkan dengan telur asin, taoge, dan kerupuk udang.

Tahu Campur

Pernah mendengar istilah tahu campur? makanan khas Jatim yang satu ini mudah dijumpai di Surabaya dan Lamongan. Menu makanan ini dihidangkan dengan sayuran taoge dan selada, ditambah lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong.

Kesemua bahannya disiram dengan kuah kaldu  daging sapi sehingga rasanya sangat nikmat dan gurih, pastinya buatmu ketagihan saat mencicipinya.

Tentu saja makanan yang satu ini masih mudah kita jumpai di Jawa Timur karena tersedia di berbagai tempat makan.

Pecel Pincuk

Selanjutnya, terdapat menu makanan pecel yang berasal dari kota Madiun yaitu Pecel Pincuk. Nah, selain dari kota Madiun terdapat pula pecel asal Blitar dan Kediri yang memiliki ciri khas dari sayuran yang digunakan.

Nah, sesuai dengan namanya pecel pincuk kuliner khas Madiun disajikan di atas pincuk daun pisang.

Menu makanan pecel pincuk disajikan dengan nasi dan sayuran, ditambah dengan lauk pendamping yang berupa tempe mendoan, telur asin, sate ati ampela, peyek, dan lainnya. Anda dapat memilih lauknya sesuai dengan yang diinginkan.

Pecel Lele

Tentu saja Anda sudah tidak asing dengan nama makanan pecel lele, bukan? ternyata makanan yang satu ini berasal dari Jawa Timur loh. Nah, meski namanya pecel tetap makanan ini tidak menggunakan bumbu kacang dan sayuran loh.

Tampilan menu makanannya yaitu ikan lele dibumbui kemudian digoreng kering lalu disajikan dengan cara diulek di atas cobek yang sudah berisi sambal tomat.

Nah, pecel lele ini biasanya dikenal sebagai makanan lamongan yang tidak hanya menawarkan menu makan lele, tetapi juga ayam goreng, tahu dan tempe, bahkan bebek goreng.

Kita tak perlu jauh jauh ke Jawa Timur untuk mencicipinya karena sekarang ini sudah banyak penjual pecel lele di berbagai daerah.

Lontong Balap

makanan khas jawa timur -lontong balap

Terdapat jenis makanan khas Jawa Timur yaitu Lontong Balap dari Surabaya. Menu kuliner ini berisi tahu goreng, lontong, kecap, dan taoge yang disiram dengan kuah gurih sehingga rasanya sangat nikmat dan khas.

Lontong Balap merupakanan makanan khas Jatim yang disajikan dengan sate kerang dan lentho atau gorengan yang dibuat dari kacang tolo, sehingga penyajiannya juga terlihat menarik dan unik.

Tetapi, kita tidak dapat menjumpai makanan khas ini dengan mudah, apabila tertarik untuk mencobanya maka bisa langsung datang ke kawasan Jalan Kranggan di Surabaya. Disana terdapat penjual lontong balap dari pedagang kaki lima sama tempat makan seperti restoran.

Tahu Tek

makanan khas jawa timur - tahu tek

Tahu Tek juga menjadi salah satu makanan khas Jatim yang memiliki rasa lezat sehingga bikin ketagihan. Sesuai dengan namanya tahu tek terbuat dari bahan utama yaitu tahu goreng ditambah lontong dipotong kecil-kecil, kentang goreng, mentimun, dan taoge.

Semua bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang petis ditambah dengan kerupuk udang sehingga sajiannya terlihat menarik. Rasanya gurih dan pedas membuat cita rasa makanan ini jadi lebih nikmat.

Leave a Comment