Inilah Deretan Makanan Khas Solo yang Wajib Anda Coba

Kota Solo atau Surakarta tidak hanya terkenal akan keramah tamahan penduduknya saja, tapi juga terkenal dengan kuliner yang menggugah selera. Makanan khas Solo cukup beragam, bahkan Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah.

Ingin berkunjung ke Kota Batik yang berada di Jawa Tengah ini? Jangan lupa icip kuliner uniknya! Berikut beberapa makanan Solo yang harus masuk daftar kulineran Anda.

Selat Solo

Menu pertama yang wajib Anda coba adalah selat solo. Makanan yang hampir mirip dengan steak ini digemari oleh masyarakat Solo dan sekitarnya, karena hidangannya simple tapi rasanya nagih. Selat solo juga cocok untuk pejuang diet, karena terdiri dari aneka sayuran, seperti buncis, wortel, kentang, dan selada.

Yang paling utama dari hidangan tersebut adalah daging semur dengan bumbu khas Solo. Selain itu, selat solo dilengkapi dengan kuah manis yang sedikit encer. Jadi, selain gizi terpenuhi, lidah juga akan dimanja dengan rasa lezat makanan khas yang satu ini.

Sate Buntel

Sate buntel berarti sate yang dibungkus, namun membungkusnya dengan lembaran lemak kambing. Menarik bukan? Daging giling dipadatkan pada tusukan sate, lalu dibungkus dengan lemak kambing agar tetap rapi. Lemak kambing juga mampu membuat daging tidak kering saat proses pembakaran.

Nah, karena menggunakan daging giling, pastinya sate ini tidak alot, sehingga cocok dikonsumsi semua kalangan usia. Soal rasa jangan ditanya, bumbu yang digunakan cukup lengkap, membuat bau prengus daging hilang dan menciptakan rasa serta aroma yang menggugah selera.

Timlo Solo

Makanan khas Solo berikutnya yang harus dicoba adalah timlo solo. Menu ini berupa sup ayam bening yang dilengkapi dengan telur rebus, sosis solo, dan ampela ayam. Dengan isian yang komplit itu, Anda akan merasa kenyang meski tanpa nasi putih.

Kuah beningnya sangat segar dan gurih, terlebih jika disantap saat hangat. Untuk menambah kelezatan, tambahkanlah sambal kecap pada hidangan timlo solo.

Nasi Liwet Solo

Sama seperti daerah Jawa Barat, Solo juga memiliki makanan khas berupa nasi liwet. Jika nasi liwet sunda tidak memakai santan, maka nasi liwet solo justru menggunakan santan sebagai salah satu bahan utamanya. Oleh sebab itu, rasanya pun lebih gurih dari nasi liwet khas sunda.

Menu ini menggunakan beras putih yang dimasak bersama bawang merah, bawang putih, santan, serai, daun salam, cabai, lengkuas, dan garam. Jika ingin cita rasa lebih gurih dan nendang, biasanya ditambah dengan ikan asin.

Cabuk Rambak

Anda juga harus icip makanan khas Solo yang satu ini, ya, karena cabuk rambak merupakan sajian unik. Makanan yang bisa dijumpai di pinggiran Kota Solo ini bisa disebut makanan ringan maupun makanan berat, karena berupa ketupat yang disiram dengan saus wijen.

Ketupat tersebut dilengkapi dengan kerupuk nasi atau karak agar lebih nikmat saat menyantapnya. Meski hidangan sederhana, tapi rasanya juara. Disamping itu, harganya pun sangat terjangkau. Jadi jangan sampai lewatkan menu ini saat berkunjung ke Solo.

Serabi Solo

Kue berbahan dasar tepung beras dan santan ini menjadi salah satu makanan khas Solo yang digemari banyak orang. Perbedaan paling menonjol serabi solo dengan serabi daerah lain adalah cara penyajiannya, yakni dengan digulung kemudian dibungkus daun pisang. Camilan manis gurih ini cocok untuk santapan di pagi atau sore hari, ditemani secangkir the maupun kopi panas.

Serabi solo juga terkenal dengan teksturnya yang lembut, inilah yang membuatnya jadi makanan favorit semua kalangan usia. Bagi Anda yang belum pernah mencoba, wajib beli di daerah Solo untuk mendapat rasa yang otentik serta harga murah.

Tengkleng

Ada lagi makanan Solo yang wajib Anda icip, yakni tengkleng. Banyak yang menyebut tengkleng mirip dengan gulai kambing, hanya saja kuahnya lebih cair. Selain itu, isiannya menggunakan tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat, berbeda dengan gulai yang didominasi oleh dagingnya.

Anda dapat memadukan menu ini dengan nasi serta sate kambing agar lebih mantap. Jika ingin mendapat kesan traditional, gunakanlah daun pisang yang dipincuk sebagai wadah tengkleng. Harga makanan khas Solo yang satu ini pun cukup masuk di akal, yaitu sekitar Rp 25.000 saja.

Brambang Asem

Makanan khas Kota Budaya selanjutnya adalah brambang asem. Brambang atau bawang merah memang menjadi bahan terpenting dalam sajian ini. Selain itu, ada bahan utama berupa daun ubi jalar yang direbus. Daun ubi tersebut diolah bersama bawang merah, sehingga rasanya sedikit pedas namun aromanya menggugah selera.

Brambang asem biasa disandingkan dengan tempe yang terbuat dari ampas tahu atau disebut tempe gembus. Makanan ini tergolong dalam jenis camilan yang bisa disantap kapanpun dimanapun. Jangan khawatir, menu ini dibandrol dengan harga mulai Rp 3000 saja.

Lenjongan

Makanan khas Solo selanjutnya adalah lenjongan. Lenjongan merupakan camilan gabungan dari cenil, tiwul, klepon dan gethuk, bercita rasa manis dan gurih. Ya, rasa gurih lenjongan berasal dari parutan kelapa yang ditabur di atasnya.

Camilan ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional hingga pinggir jalan Kota Solo. Harganya juga ramah di kantong, untuk satu porsi lenjongan hanya seharga Rp 4000 saja. Jika ingin membawanya pulang, Anda bisa request kepada penjual untuk membungkusnya dengan daun pisang.

Es Dawet Telasih

Bosan dengan makanan yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba es dawet telasih khas Surakarta. Minuman ini tentu cocok disantap saat siang hari, terlebih di saat yang terik. Isian minuman ini diantaranya adalah cendol, bubur sumsum, biji selasih, dan beberapa bahan lainnya. Nah, kuah yang digunakan sama seperti dawet pada umumnya, yakni santan serta lelehan gula merah.

Minuman segar ini dapat Anda dapatkan dengan harga Rp 8000 saja satu untuk satu mangkoknya. So, jangan lewatkan es dawet telasih saat berkunjung ke Kota Solo!

Es Gempol Pleret

Selain es dawet telasih, ada pula minuman segar yang harus dicoba, yaitu es gempol pleret. Es gempol berbahan dasar tepung beras dan santan yang kemudian dijadikan es berbentuk bulatan kecil berwarna putih. Selain es gempol, terdapat isian lain berupa cendol dan kelapa muda yang menambah kesegaran es gempol pleret ini.

Kuah es gempol sendiri terbuat dari santan cair, gula pasir, dan daun pandan, sehingga rasanya pun manis gurih dan segar. Tertarik mencobanya ? Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp 3000 saja. Bahkan, Anda bisa menemukan minuman segar yang murah ini di setiap sudut Kota Solo.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Solo yang terkenal akan kelezatannya. Ada yang berupa makanan berat, camilan, hingga minuman segar. Jangan lupa coba beberapa kuliner tersebut saat berkunjung ke Solo, karena liburan Anda belum lengkap jika belum icip kulinernya.

Tinggalkan komentar